Penanganan Sampah dan Saluran Semakin Baik

8
101
PPSU membersihkan saluran air

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama memastikan, banjir dan genangan di wilayah Propinsi DKI Jakarta tidak lebih buruk dari tahun sebelumnya. Walau masih terjadi banjir dan genangan, durasinya tidak akan lebih dari satu hari.

Kondisi tersebut menurut Basuki karena penanganan sampah dan saluran air kian membaik. Termasuk berfungsinya pompa stationer di rumah-rumah pompa.

“Hujan disertai banjir rob biasanya agak lama. Lepas tujuh jam rob turun, genangan juga pasti turun,” ujarnya, Sabtu (27/2).

Dikatakan Basuki, di Jakarta terdapat 13 sungai utama dan 1.086 saluran penghubung. Sebelum penanganan, hampir seluruhnya tertutup oleh bangunan dan sampah sehingga menyebabkan pendangkalan serta penyempitan. Kini secara bertahap sudah mulai dilakukan normalisasi.

“Dulu pengerjaan sampah dan saluran diswatanisasi, dengan dana triliunan rupiah. Kini kita kerjakan sendiri. Selain menghemat juga serius mengerjakannya,” tandasnya.

Basuki menambahkan, jika masih terdapat genangan yang lama surut, dapat dipastikan adanya unsur kesengajaan. Seperti saluran air tersumbat dengan adanya sampah dan bangunan di atas saluran atau di bantaran kali. [Beritajakarta]

8 COMMENTS

  1. PakGub tolong perhatikan teman2 PPSU ini outfitnya, ada yang tidak pakai di tempat2 tertentu juga berikan jas hujan dan topi dan boots dan sarung tangan yang baik untuk bekerja, perhatikan mereka Pak, kalau sungguh mereka bekerja 24 jam. Waktu2 berat masih akan datang, efisiensi tenaga dan human resources!

  2. Pak Gub sy mau tanya apa saat truk sampah ada di wilayah lain kita yg dekat dgn posisi truk tersebut hanya ingin membuang sampah tetapi tidak di perbolehkan oleh lurah wilayah (Utan panjang) tersebut ibu Eti, yg sy mau tanyakan memang jika banjir datang suatu hari ada pembagian wilayah jg, itu saja dr sy terima kasih

  3. Pak Gub sy mau tanya apa saat truk sampah ada di wilayah lain kita yg dekat dgn posisi truk tersebut hanya ingin membuang sampah tetapi tidak di perbolehkan oleh lurah wilayah (Utan panjang) tersebut ibu Eti, sementara sy ada di seberang persis truk trsb standby. yg sy mau tanyakan memang jika banjir datang suatu hari ada pembagian wilayah jg, itu saja dr sy terima kasih

  4. Selama menunjang kegiatan rasional ppsu, apapun akan disetujui pak Gub (terencana, profesional, aman dan manusiawi) – masak sampe SOP n detil di lapangan pak Gub harus involve? weleh2..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here