Pengadaan Bus DKI Bantu Kembangkan Karoseri Lokal

3
80

Ahok – Pemesanan bus Transjakarta melalui karoseri lokal membantu pengembangan produksi dalam negeri. Mulai tahun lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sengaja tidak melakukan impor untuk pengadaan bus Transjakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, tidak mempermasalahkan jika pembelian melalui karoseri lokal menjadi lebih lama. Langkah ini justru membantu karoseri lokal untuk lebih berkembang.

“Kamu lebih puas mana? Mau saya beli bus semua dari luar negeri langsung 3.000 unit, atau tunggu tapi karoseri bisa hidup,” kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (21/10).

Karoseri lokal yang saat ini tengah memproduksi bus Transjakarta berasal dari beberapa daerah. Seperti di Ungaran, Malang, Kudus, serta Magelang.

“Gara-gara kami sekarang karoseri pada hidup semua. Di Ungaran bisa produksi, yang gandeng sehari satu unit,” katanya.

Menurut Basuki, sebelumnya karoseri lokal ini selalu kalah bersaing saat lelang pengadaan bus Transjakarta. Sehingga bus selalu dibeli di luar negeri dengan berbagai merk Tiongkok.

“Dulu karoseri lokal nggak berani produksi karena selalu kalah sama bus dari Cina (Tiongkok). Sekarang lihat saja di Malang, Kudus, dan Magelang pada produksi bus,” tandasnya. [BeritaJakarta]

3 COMMENTS

  1. setelah dapat pemerintah/pemimpin yang baik, tinggal sekarang bagaimana masyarakat luas n khususnya pengusaha lokalnya, bisakah mereka mengimbangi dng kebaikan, kemajuan pula ???
    .
    saya share sebuah rahasi n sebuah fakta : pemerintah baik itu. terutama di kita, bukan barang yang umum terjadi, bahkan bisa2 sekian puluh tahun belum tentu ada sepasang saja !!!!
    .
    apa itu pemerintah/pemimpin baik ??? cirinya : menaruh kepentingan orang banyak diatas kepentingan diri sendiri or golongan, tak pernah kehabisan akal utk itu, berani n teguh melaksanakannya, tiada apapun bisa menghambatnya, tidak nyawa, tidak kepentingan keluarga, sampai2 agama pun tidak !!!
    .
    abaikan tetek-bengek dalam menentukan pilihan kita, fokus kepada kebaikan semata, kalau tidak mau dikatakan ela-elo oleh anak cucu !!!
    .
    salam,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here