Penjelasan BTP ke UKP4 Soal Cabut Subsidi BBM di Jakarta

19
173

Ahok.Org – Terkait rencana pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan mengajukan usulan untuk mencabut subsidi BBM di DKI Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku telah menemui Unit Kerja Presiden Bidang Pengendalian Pengawasan Pembangunan (UKP4) untuk menjelaskan rencana tersebut.

“UKP4 ingin mengetahui kenapa keputusannya seperti itu, kita bilang lifting minyak kan tidak capai target. Kemudian, mata uang dolar kan naik terus, ini ibarat orang kena usus buntu dikasih panadol, satu hari saja terus jebol. Nah, kita harus lakukan,” ujar pria yang akrab disapa Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (27/12/2013).

Menurut Ahok, walau pemerintah pusat secara resmi belum memberikan restu atas rencana pencabutan subsidi tersebut, namun Ahok mengklaim karena UKP4 yang merupakan kepanjangantangan pemerintah pusat telah sepakat dengan dan memberikan lampu hijau atau rencana tersebut.

“Mereka juga setuju, tetapi awalnya mereka berpikir kalau uang subsidi mau dipindahkan ke DKI Jakarta dari APBN. Kami tidak pernah berpikir uang itu untuk kami. Kami berpikir dengan uang subsidi itu anda bisa bangun transportasi massal seperti kereta loopline dan bangun pelabuhan-pelabuhan kasih ke yang lain jangan di Jakarta,” kata Ahok.

Ia pun mengaku, bila rencana penghapusan subsidi BBM tersebut dikabulkan oleh pemerintah pusat, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi dengan menyiapkan ratusan armada bus baru agar para pengendara pribadi beralih ke transpotasi massal.

“Kan target kami kurangi pemakaian kendaraan pribadi di Jakarta. Kalau anda ngisi di luar DKI kan gak tahan juga di DKI musti bolak balik. Rugi kan. Itu kita mau batasi,” tukas Ahok. [Liputan6.com]

Jokowi Rayu Pertamina Stop Pasokan BBM Subsidi ke Jakarta

19 COMMENTS

  1. dari jaguar pake premium, mercy pake premium, bmw pake premium, smp kijang juga pake premium. orang kaya koq ga tahu malu ya… hr gni msh pake bbm bersubsidi, kalah donk sm rakyat miskin yg beli minyak tanah yg harganya smp 10rb/ltr.
    daripada begini terus ga ada yg sadar-sadar, mendingan cepat dhe direalisasikan. dan pemprov DKI berhak koq menghentikan ini semua,,, anda org2 pintar pasti tahu gmn mengaturnya. i love ahok

  2. Menurut opini saya, semua angkutan umum, bajaj, angkot, metromini, kopaja, taksi, lebih baik di konversikan ke CNG, yang jauh lebih murah, dan untuk konversinya disediakan Pertamina daripada memasang RFID pada mobil pribadi, untuk Premium subsidi di hapuskan sepenuhnya, dan untuk solar lebih baik tetap disubsidi, dikarenakan angkutan barang memakai mesin diesel….

  3. HOK, bukan soal orang jkt pasti ga tahan bolik balik isi bensinnya di perbatasan dki..tapi justru orang-orang perbatasan & sekitarnya yg bolak balik ke jkt naik mobil pribadi.. Sebaiknya diperluas hingga jabodetabek.. toh mautakmau-sukataksuka kebijakan subsidi yg kelihatannya baik tapi sebenarnya tidak mendidik ini pasti.. haqulyaqin akan berakhir.. seperti pepatah lama yg tetap akan berlaku…tiada pesta tanpa tiada akhir…PEMERINTAH BARU nanti harus berani menaikkan bertahap setiap enam bulan sekali..jangan seperti sby ingin dipuji baik pro rakyat harga bbm berani2nya diturunkan….emangnya kita brunei apah

    • iya masalahnya juga banyak kendaraan dari luar jakarta yg masuk ke jakarta dan ini juga harus diperhitungkan perbandingannya, karena bukan hanya mobil dijakarta saja yg menjadi sumber macet tapi banyak jg yg masuk dari botabek akan juga semakin bertambah jika yg dijakarta sudah berkurang mobil.yg penting angkutan umumnya sudah baik dalam hal akses ke angkutan umumnya juga mudah dan ini juga penting, angkutannya bersih,aman,nyaman, murah dan trotoarnya baik baru setelah itu bbm subsidinya dicabut tapi dalam catatan angkutan umum yg bukan milik pemda pasti mereka akan menaikkan tarif angkutan dan ini dpt membebani rakyat ekonominya pas-pasan dan ini harus dipikirkan juga.

  4. Kalo BBM subsidi tidak beredar di Jakarta, kok dibilang melanggar undang-undang. Kalo gitu pusing benturan dgn undang2. Ane punya ide gimana kalo BBM dipajakin (spt pajak penjualan/ppn)shingga harganya sama dgn harga non subsidi. Mobil angkutan umum tetap bayar beli bbm harga non subsidi, nantinya mobil angkutan DKI dpt subsidi kompensasi bbm menurut data RFID.
    sedangkan mobil pribadi tidak mendapat subsidi kompensasi.

  5. Sebelum bebas BBM subsidi:
    SPBG diperbanyak dulu, kalau perlu mobile tank.
    Bus berBBG ditambah dan managementnya diperbaiki.
    Konversi angkot yang berpremium jadi BBG.
    Kemudian:
    Konversi subsidi BBM ke subsidi pengangkutan massal di DKI. Jangan dibagikan ke daerah lain dulu agar terasa manfaatnya bagi penduduk DKI.

  6. Lifting Minyak tidak tercapai, koq subsidi BBM di cabut? Dollar US menguat terhadap Rupiah, koq subsidi BBM di cabut? Kenapa semua kesalahan pengeloan pemerintah itu di tanggung oleh rakyat ?? Nah loh, kalo BBM sudah di cabut, dan setelah itu Lifting minyak tidak tercapai lagi dan Dolar US menguat terus, apakah pemerintah sudah lepas tangan lagi dan mau pakai amunisi apa lagi untuk mengemban tanggung jawab?

    • hahaha… bener bener
      Kenapa kesalahan pengelolaan pemerintah, selalu rakyat yang kena getahnya.

      makanya rakyat harus kritis dalam memilih pemimpinnya, jgn “cuma sby doang ” ( cuma ngomong doang )

      Saya setuju pendapat pendapat diatas, kenapa tidak konversi BBM ke BBG benar-benar di lakasanakan sebagai prioritas utama, terutama di jakarta.
      Dari dulu selalu hanya menjadi wacana saja, krn buktinya belum banyak stasiun BBG sampai sekarang.

    • sebetulnya kalo bbm subsidi dicabut bagi mereka yg punya kendaraan pribadi memang betul kata pak ahok “beli mobil aja sanggup koq” dan gak masalah sebtulnya. tapi yg masalah psikologi rakyat yg mesti dipersiapkan karena begitu bbm naik pasti semuanya akan ikut naik. masalahnya yg miskin gimana siapa yg bantu kasihan mereka ini sebetulnya PR pemerintah pusat bukan cuma memberikan dana BLSM. negara kita ini kaya bro-bro cuma pengelolaanya yg memang harus lebih baik jangan kalo APBN tekor rakyat lg yg dibebani. sebaiknya pemerintah memanfaatkan sebesar-besarnya kekayaan alam yg sudah diberikan Tuhan untuk bangsa kita. terimakasih

  7. Salam sejahterah

    pak ada yang ingin saya tanyakan. Jika subsidi bbm di jkt di hapus itu berdampak besar tidak bagi perekonomian jakarta ?
    Karena tdk semua org bekerja di kantoran saja, banyak pekerja” yang dinasnya di luar / mobilitas yang cukup tinggi
    Dan biaya” transportasi angkutan barang” perusahaan itu bagaimana ? Krn kalau itu sampai di cabut, menurut pemikiran bodoh saya, bisa berdampak kemerosotan perekonomian di jakarta khususnya dan kalah bersaing dgn perusahaan” di luar jakarta. mohon penjelasannya. terima kasih

  8. Warga Jakarta ini aneh. sewaktu pemerintah pusat naikkan harga BBM, teriak2 dan demo besar dengan alasan harga barang2 terutama kebutuhan pokok jadi naik semua dengan tajam. daya beli warga melemah. tapi ini pemprov DKI mau hapus subsidi BBM, malah sepertinya didukung sekali. Apa tidak mikir ya dengan penghapusan subsidi BBM, harga akan turun naik seperti yoyo karena tergantung kurs dollars amrik ke rupiah.

    Sebelumnya rupiah bisa menguat karna kebijakan BI untuk kelontorin cadangan devisa yang ada. dengan pelepasan subsidi, harga barang semua naik, inflasi akan laju naik sulit terkendali. harga dollar amrik bisa tembus Rp. 15 ribu per dollar. subsidi bbm dicabut, saya akan taruh uang saya di dollar / euro / LM. saat BBM saja masih disubsidi, pemprov DKI sudah tidak mampu kendalikan harga inflasi barang2. apalagi bila subsidi BBM dicabut 🙂 mimpi lah.

    • sekali lagi hahaha…
      betul sekali Grace, dulu BBM naik aja semuanya kacau ya.. demo lah, harga barang naik lah.. kacauuu.

      Saya prinsipnya setuju dengan apapun yg di rencanakan oleh JB ( krn bukti kerja keras dan keterbukaan mereka dan keberpihakan mereka terhadap rakyat Jakarta yang membuat saya 100% mendukung mereka ), namun yg menjadi kritisi saya adalah ( khusus untuk masalah penghapusan subsidi BBM ini ), tolong dong sosialisasi konsep pemikirannya, maksudnya apa subsidi BBM dihapuskan, bagaimana pelaksanaannya, siapa saja yang akan kena penghapusan subsidi BBM, apakah semua sarana dan prasarana sudah disiapkan, apakah dampak yg akan terjadi sudah ada rencana antisipasinya, bagaimana dengan effek inflasi di Jakarta dll apakah sudah di pikirkan ( mungkin sudah ya.. ), hal ini yg saya rasa perlu di jelaskan, agar kami tidak menebak-nebak maksud dan tujuan penghapusan subsidi BBM ini, krn program ini akan berdampak terhadap orang banyak.

  9. mbak yu kang mas… yang dicabut subsidinya kan cuma untuk mobil… yang sdh mampu beli mobil ya jangan pake premium, BBM subsidi kan untuk rakyat yg kurang mampu… jadi yang pake motor dan angkutan umum aman lah…
    lanjutkan pak ahok… semoga pemikiran bapak bisa meracuni para birokrat negara ini agar bisa lebih cerdas memandang permasalahan negara & mencari solusi yang tepat demi seluas2nya kemakmuran rakyat…. bukan malah menyengsarakan rakyat…

    • Wah Susri, jadi kamu mendukung perlakuan diskriminasi antar warga jakarta ya ? lupa ya… kontributor yang terbesar untuk pajak pemasukan buat pemprov DKI supaya bisa kerja dan beroperasional itu siapa ????…. orang2 yang punya mobil. mereka bisa hasilkan pemasukan pajak besar buat pemprov DKI karena mereka punya mobil sehingga mudah pergi kesana kemari berbisnis.

      Selihai apapun orang pajak untuk menjerat orang2 kaya, maka kebijakan mereka akan selalu berujung dengan akhirnya orang2 kecil dan miskin yang harus pikul beban beratnya. karna orang2 bermobil yang kaya tahu sekali bagaimana menghindari keharusan bayar pajak. yang non-kaya lah yang iri kepada orang2 bermobil yang jadi korban sapi perahnya hehehee…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here