Peran RT/RW Penting untuk Petakan Kerawanan Sosial

3
58

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, kasus aborsi yang belakangan terbongkar menegaskan pentingnya peran RT/RW mengawasi lingkungan. Bila terjadi tindakan kriminal atau kerawanan sosial, RT/RW lah yang paling tahu karena paling memahami pemetaan sosial masyarakat.

“Bahwa aborsi segala macem, yang paling tahu wilayah itu siapa? RT/RW. Jadi bagaimana kalau kita enggak punya RT/RW yang memperhatikan, melaporkan?,” kata Basuki, di Balai Kota, Kamis (26/5).

Selain untuk melaporkan kerawanan sosial di wilayahnya, laporan RT/RW melalui aplikasi Qlue, juga akan memudahkan pemetaan sosial. Bila pun terjadi bencana, dengan mudah terlacak wilayah yang membutuhkan bantuan.

“Makanya ada RT/RW. Kayak di Jepang, kalau ada gempa, RT/RW-nya ini yang tahu persis ini rumah siapa, rumah siapa,” ujarnya.

Tidak hanya itu, semua data dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga berawal dari laporan RT/RW. Basuki menilai, lurah, camat dan wali kota tidak maksimal jika tidak ada kepedulian RT/RW terhadap masalah di wilayahnya. [Beritajakarta]

3 COMMENTS

  1. RT/RW adalah pekerja sosial,mereka yg menawarkan diri untuk melayani warga, bukan paksaan penempatan kayak PNS.

    Yang ga punya waktu dan hidupnya masih sibuk ngurusi keluarganya, sebaiknya mengundurkan diri.
    Kasih kesempatan yg punya banyak waktu, ini bukan lahan cari obyekan, kaya RT/RW masa lalu.

    Lurah/Camat mestinya jangan kura-kura dalam perahu.

    Banyak noh taman berubah fungsi, bantaran saluran jadi gubuk permanen, mestinya tugas satpol PP mengawasi lahan kosong tersebut!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here