Pertemuan 30 Menit Jokowi dan Menlu Jepang

0
37

Ahok.Org – Menteri Luar Negeri Fumio Kishida menemui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, di Balaikota Jakarta, pada Selasa (12/8/2014) pagi ini. Menurut Jokowi, pertemuan membahas tiga hal, yakni mengenai masalah laut; investasi dan infrastruktur; serta tambang.

“Intinya beliau ingin ke depan hubungan dengan Indonesia ingin diperkuat lagi dan terutama hal yang berkaitan dengan supermasi hukum yang berada di laut, ini lebih diperkuat. Karena Jepang juga punya masalah yang sama,” ujarnya, usai pertemuan.

Menurut presiden terpilih itu, pertemuannya dengan Kishida juga membahas mengenai rencana penerapan tol laut. Ia berharap, apabila nantinya telah dilantik sebagai presiden, salah satu program andalannya itu dapat segera diwujudkan.

“Beliau menyampaikan akan memberikan dukungan. Infrastruktur berkaitan dengan pelabuhan dalam, dan kita butuh di semua pulau,” jelasnya.

Sementara mengenai tambang, Jokowi mengaku ia dan Kishida membahas mengenai pengelolaan mineral dan batu bara. “Saya sampaikan kita berpegang pada UU Minerba dan konstitusi yang mengamanatkan bahwa kekayaan alam digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Artinya mereka harus untung dan kita juga,” tukasnya.

Pertemuan Jokowi dan Kishida berlangsung singkat, kurang lebih 30 menit. Tiba di Balaikota sekitar pukul 09.00, Kishida telah beranjak meninggalkan gedung yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan itu sekitar pukul 09.30. [Kompas.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here