KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BERITA, NEWS, TENTANG JAKARTA » Puskesmas dan RS Akan Gunakan Sistem Rujukan Online

Ahok.Org – Upaya peningkatan pelayanan dan penyempurnaan sistem jaminan sosial kesehatan melalui Kartu Jakarta Sehat (KJS) terus ditingkatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Salah satu cara peningkatan pelayanan tersebut adalah dengan membuat sistem rujukan online bagi pasien di puskesmas maupun rumah sakit (RS) di DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama mengatakan, saat ini dokter di setiap puskesmas di DKI Jakarta dalam pemeriksaan pasien rata-rata membutuhkan waktu antara 7-10 menit. Namun demikian, kata Basuki, sebelum proses pemeriksaan itu membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk dipanggil.

Untuk itu, sambung Basuki, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan membuat sistem rujukan online di setiap puskemas dan RS bagi pasien, hal itu agar antrean di puskesmas atau RS dapat diminimalisir dan pasien tidak harus menunggu lama sehingga pelayanan dapat berjalan maksimal.

“Jadi misalnya satu orang berobat di sini, kasih tahu di rumah sakit itu nomor (antreannya) 30, dan itu butuh waktu 3 jam lagi misalnya. Dia nggak usah langsung ke sana, ke rumah aja dulu istirahat. Supaya orang tidak perlu lagi antre sampai setengah jam, dokternya bilang mohon maaf nih, gak bisa ditangani di sini mesti dirujuk ke sana (RS lain),” kata Basuki, usai menjadi narasumber di Seminar Urun Rembug Nasional 2013, Mewujudkan Pelayanan Kesehatan Yang Berkeadilan Di Negeri Berdaulat, di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (28/8).

Penerapan sistem rujukan online itu, kata Basuki, akan dilaksanakan dalam waktu tidak lama lagi yakni setelah pihaknya menyelesaikan proses lelang jabatan kepala puskesmas. “Ini sudah akan mau jalankan, makanya kita mau lelang kepala puskesmas supaya ngerti ini,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati menambahkan, sistem rujukan online itu perlu dilakukan sinkronisasi antara puskesmas dan RS. Karena itu, pihaknya akan melakukan pembenahan sistem di puskesmas dan RS terlebih dahulu.

“Sistem yang tadi prosesnya kita benahin dulu, fiber optiknya kita benahin, kemudian yang sudah ada, sistem yang tidak real time kita scrub dulu. Itu kita jalankan, yang penting untuk pasien jangan ditelantarkan,” tandasnya.[Beritajakarta]

  • Share/Bookmark

2 Responses to “Puskesmas dan RS Akan Gunakan Sistem Rujukan Online”

  1. maju terus pak ahok..kami menaruh harapan pada bapak untuk membuka jalan bagi generasi muda yang baik untuk memimpin dan memajukan daerah …..
    Kami dukung DWITUNGGAL JOKOWI- BASUKI untuk menjadi PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN…
    jujur kalo aku sih terserah yang mana jadi presidennya mau pak JOKOWI ATO PAK AHOk asal kan tetap DWITUNGGAL JOKOWI – BASUKI yang memimpin negri ini.

    Reply
  2. well bagus ini, contoh2nya lebih jelas diceritakan jalan ceritanya skrg, shg yg kurang ngerti bisa lebih ngerti yg dimaksud pak Ahok soal sistem rujukan online itu…
    semoga bisa terus dikembangkan lain waktu nanti… (ini bisa utk nambah vote juga lho 😉 krn lebih ‘merakjat’)

    “nice one, ka-ka!” 🙂

    Reply

Leave a Reply