Basuki: Pasar Rakyat Harus Diperbanyak

1
49
Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi, Gubernur DKI Basuki T Purnama dan Dirut PD Pasar Jaya Djangga Lubis

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan Pasar Manggis di Jakarta Selatan. Pasar ini merupakan salah satu dari lima pasar rakyat yang dibangun oleh PT Kurnia Reality Jaya sebagai kompensasi atas pemberian izin revitalisasi Pasar Bendungan Hilir.

Ahok, sapaan Basuki, mengatakan jumlah pasar rakyat di Jakarta harus diperbanyak. Pasar dengan skala kecil bisa menjadi inkubator pengusaha yang baru memulai kariernya. “Pasar ini memberikan kesempatan bagi kaum muda untuk berwiraswasta,” kata dia di Pasar Manggis, Rabu 19 Agustus 2015.

Di Pasar Manggis ada 380 tempat usaha, 283 kios, dan 93 los. Sebagian tempat usaha ini masih kosong dan akan ditawarkan ke pedagang di pasar lain. Kegiatan di Pasar Manggis sudah berjalan sejak enam bulan yang lalu.

Upaya penawaran tempat usaha, Ahok berujar, juga ditujukan bagi warga non-pedagang. Tujuannya adalah membantu warga yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja agar bisa bangkit.

Khusus untuk pedagang makanan, Ahok juga akan menambah fitur baru pada program Smart City Jakarta. Fitur itu bakal berisi data sertifikasi semua pedagang makanan di Pasar Manggis dan pasar lainnya. Warga Ibu Kota bisa mengakses situs Smart City guna mengetahui lokasi pedagang yang sudah memiliki tanda pengenal yang dikeluarkan oleh Bank DKI dan terintegrasi dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

Menurut Ahok, sertifikasi pedagang bisa menarik minat masyarakat untuk berbelanja di pasar. Sebab, selama ini mereka enggan berbelanja di pasar lantaran banyaknya pedagang yang menggunakan bahan berbahaya sebagai campuran makanan. “Sertifikat itu bisa menjadi jaminan bagi pembeli,” kata Ahok. [Tempo.co]

1 COMMENT

  1. Pak Djangga jadi sudah selesai tugas. Itu yang Blok G itu bagaimana, yang PakGubnya marah banget sidak dengan Pak Besari itu?
    Pak Djangga sudah lelah atau mau bisnis yang lain, whatever, terimakasih banyak juga, moga ini menjadi bagian yang terbaik dalam hidup Anda mengabdi untuk JKT dan bekerja untuk PakGub yang ceplas ceplos dalam mengayomi penduduk JKT, please stay in touch Mr Djangga! Ayo kerja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here