Sepasang Orangutan Diberikan ke Korea Utara

1
52

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bakal memberi sepasang orangutan kepada pemerintah Pyongyang, Korea Utara. Hal ini terkait hubungan sister city yang terjalin antara DKI Jakarta dengan Pyongyang.

Meskipun orangutan merupakan salah satu satwa langka yang dilindungi, lanjut Basuki, pemberian satwa ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

“Kami saja dulu pernah kasih komodo juga ke Hungaria. Semua sister city itu kami kirimi hewan-hewan khas kami, mereka yang minta,” kata Basuki, di Balai Kota, Rabu (22/4/2015).

Nantinya jika sepasang orangutan itu berkembang biak di Pyongyang, anak-anaknya akan dibawa kembali ke Indonesia.

Basuki menambahkan pemberian orangutan itu bukan keinginnya, melainkan permintaan pemerintah Pemerintah Pyongyang. “Dari zaman dulu Pak Foke (Fauzi Bowo) mereka (Pyongyang) sudah minta (orangutan), tapi makanya kami mesti persiapan segala macam dulu. Aku sih juga enggak tahu (DKI) ada sister city sama Pyongyang,” kata Basuki.

Rencana pemberian orangutan ini juga telah disampaikan Basuki saat bertemu YM Kim Yong Nam, Presiden Presidium Republik Demokratik Rakyat Korea (RDRK) di President Suite, Hotel Intercontinental, Jakarta, Selasa (21/4/2015) kemarin. [Kompas.com]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here