Soal Bakal Cagub Militer, Ahok: Sipil juga Bisa Berdisplin Baik

7
77

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) mengatakan ketegasan dan disiplin bukan cuma milik militer. Calon Gubernur DKI Jakarta dari sipil pun bisa punya sikap disiplin seperti militer.

“Orang kalau sudah pensiun tidak ada lagi latar belakang militer enggak militer. Militer memang dilatih disiplin. Tapi bukan berarti sipil disiplinnya enggak baik kan. Saya juga tiap hari bangun pukul 04.30 WIB,” kata Ahok di RPTRA Karang Anyar, Jalan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa (24/5/2016).

Nama Sjafrie Sjamsoeddin menjadi satu dari tiga nama calon yang bakal diusung oleh Partai Gerindra di pemilihan gubernur DKI 2017. Sjafrie tak lain mantan Wakil Menteri Pertahanan pada era kepemimpinan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sjafrie yang berlatar belakang militer tak bikin Ahok gentar. Dia bilang, publik tak perlu mempersoalkan latar belakang seorang, baik dari sipil maupun militer. “Kita tidak boleh mempersoalkan militer ataupun enggak militer. Bicara soal rekam jejak saja,” imbuhnya.

Ahok mengaku tak terlalu mengikuti kinerja Sjafrie di bidang pemerintahan. Meski begitu, mantan bupati Belitung Timur ini mengungkapkan punya hubungan yang baik dengan Sjafrie. “Saya mengenal beliau baik tapi rekam jejak saya enggak terlalu mengikuti,” tandas Ahok.

Masuknya nama Sjafrie dalam radar Partai Gerindra dinilai memiliki pesan khusus. Partai bentukan Prabowo Subianto ini dinilai ingin menampilkan cita rasa militer menjelang Pilkada 2017.

“Gerindra tengah berputar otak mencari sosok yang tepat untuk menandingi Ahok yang kita akui perkasa. Kemudian muncul nama mantan Wakil Menteri Pertahanan Letnan Jenderal (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin. Ini akan mengingatkan publik soal sosok pemimpin berlatar belakang militer,” kata Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Ari Junaedi, saat berbincang dengan Metrotvnews.com, Senin 23 Mei.

Dia menambahkan publik Jakarta tidak asing dengan sosok pemimpin militer. Sebab beberapa nama mantan Gubernur DKI Jakarta berlatar belakang militer. “Jakarta pernah dipimpin Ali Sadikin, Sutiyoso,” terangnya. [Metrotvnews.com]

7 COMMENTS

  1. Wah bakal seru nih, jendral yg 1 ini bukan jendral biasa. Beliau ini jendral idola yg ganteng dan menjadi Pangdam Jaya di masa kerusuhan mei 98.
    Yg waktu itu begitu mempesona dg seragam militer dg ganteng dan gagah membawa tongkat komando mengendarai panser keliling Jkt, sementara kerusuhan, pemerkosaan, penjarahan, pembakaran berlangsung terus tanpa henti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here