Syarat Siswa Penerima KJP

30
767

Ahok.Org – Kartu Jakarta Pintar (KJP) telah diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo sejak 1 Desember tahun lalu. Namun hingga saat ini masih terjadi kebingungan bagi para orang tua siswa soal syarat siswa yang berhak mendapatkan fasilitas ini.

Hingga saat ini banyak banyak pertanyaan yang datang ke Balaikota Jakarta termasuk melalui email atau nomor telp seluler milik Wakil Gubernur, Basuki T. Purnama soal persyaratan-persyaratan tersebut.

KJP diluncurkan dengan sasaran utama para siswa dari keluarga tidak mampu (miskin). Siswa miskin dalam hal ini adalah peserta didik pada jenjang satuan pendidikan sekolah dasar sampai dengan menengah yang secara personal dinyatakan tidak mampu baik secara materi maupun penghasilan orang tuanya yang tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan dasar pendidikan. Kebutuhan dasar pendidikan yang dimaksud mencakup : seragam, sepatu, dan tas sekolah, biaya transportasi, makanan serta biaya ekstrakurikuler.

Berikut kriteria siswa yang berhak menerima KJP:
1. Tidak merokok dan atau mengkonsumsi narkoba
2. Orang tua tidak memiliki penghasilan yang memadai
3. Menggunakan angkutan umum
4. Daya beli untuk sepatu dan pakaian seragam sekolah/pribadi rendah
5. Daya beli untuk buku, tas, dan alat tulis rendah
6. Daya beli untuk konsumsi makan/jajan rendah
7. Daya pemanfaatan internet rendah
8. Tidak dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang berpotensi mengeluarkan biaya

Alokasi dana KJP sebagai berikut:

1. SD/SDLB/MI sebesar Rp. 180.000,-/bulan (Rp. 2.160.000/ tahun).
2. SMP/SMPLB/MTs sebesar Rp. 210.000,-/bulan (Rp. 2.520.000/ tahun).
3. SMA/SMALB/SMK/SMKLB/MA sebesar Rp. 240.000,-/bulan (Rp. 2.880.000/ tahun).

Siswa kurang mampu yang berhak menerima KJP harus memenuhi pesyaratan seperti berikut:
1. Warga DKI Jakarta yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga atau surat keterangan lain yang dapat dipertanggung jawabkan.
2. Membuat surat pernyataan tidak mampu/miskin yang diketahui orang tua dan Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat.
3. Terdaftar dan masih aktif disalah satu satuan pendidikan di Provinsi DKI Jakarta.
4. Diusulkan oleh sekolah yang telah ditandatangani oleh Kepala Sekolah, Komite Sekolah, dan Kepala Seksi Dikdas/Dikmen Kecamatan setempat yang selanjutnya diajukan ke Suku Dinas/Dinas Pendidikan setempat.
5.Menandatangani lembar Pakta Integritas yang telah disediakan.

KJP bisa dicabut dari siswa yang melanggaran peraturan seperti dibawah ini:

Dengan adanya syarat-syarat tersebut diharapkan pendistribusian KJP bisa tepat sasaran kepada para siswa yang memang harus mendapatkanya, sebagai pengontrol tentu diharapkan partisipasi dari masyarakat luas agar KJP tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.[Sak]

30 COMMENTS

  1. Disamping lewat media, Sekolah, manfaatkan juga Lurah, agar para Lurah membuat edaran kesetiap RW, dan RW membuat edaran kesemua RT serta RT mengedarkan ke warganya, disamping masyarakat tahu, instansi yang berfungsi memberikan keterangan tidak mampu juga menguasai masalahnya………

  2. kartu jakrta pintar ternyata bukan untuk klngn tidak mampu saja pak ahok,,,sepertinya bnyk yg menyalah gunakan.nyatanya ada yg pake mobil,motor bagus ngurus kjp,dgn mengurus surat keterangan tdk mampu,padahal di selebaranya tertulis hanya untuk warga yg sngt miskin/tidak mampu,,,di satu sekolahan negri semua ngurus kjp.harusnya sekolahan menyeleksi orng2 tak mmpu,bukan semua murid di beri kjp.anehnya pihak rt maupun kelurahan memberi sktm,walau mreka mampu.tolong evaluasi ulang pak ahok.agar tidak dijadikan sarang korupsi modus baru.kasihan saudara2 qt yg lebih membutuhkan,lebih miskin tp tak bs merasakan hidup yg lbh baik.satu haal lg pak ahok,mungkin ada baiknya orng2 kaya di mintai subsidi silang untuk orng2 yg sngt miskin,tiap bulan nyumbang 10.000 sy kira tidak akan mmbuat mereka miskin,kasihan orng2 yg kurang gizi dan kelaparan.kobarkn semangat perjuangan untuk wong cilik ,selalu mnjadi pemimpin yg membanggakan bagi kami u/ pak jokowi dan pak ahok…..terimakasih

  3. Semenjak diadakan atau dimulai berlakukan KJP ternyata semakin banyak warga yang mengaku miskin padahal mereka (masih muda, Hp keren, bawa motor, memakai perhiasan) sekolah tidak bisa menolak pendaftaran karena mereka mempunyai SKTM… yang jadi pertanyaan saya semudah itukah SKTM didapatkan???? tolong ditangulangi…

  4. kemarin di sekolah anak saya ribut-ribut dimintakan surat keterangan Rt/Rw yg katanya untuk persyaratan mendapatkan KJP. Kepsek bilang tidak melihat apakah ortu punya mobil atau motor, pokoknya semua ajukan saja.
    sy sudah heran sejak awal, kok persyaratannya semudah itu? apalagi pemberitahuan dari pihak sekolah juga amat mendadak. Ortu baru dikasih tahu pagi hari dan harus mengumpulkan surat keterangan Rt/Rw itu jam 12 siang.
    Di hari berikut baru diumumkan lagi kalau setiap murid juga harus melampirkan SKTM dari kelurahan.
    Pertanyaan saya:
    1. Kenapa pengumuman yg diberikan sekolah(kepsek) begitu mendadak dan tidak konsisten?
    2. Apakah Kepsek yg memang jarang datang ke sekolah ini tidak tahu prosedur dan syarat KJP?
    Sependek yg sy tahu, anggaran KJP ini terbatas hanya untuk siswa miskin dan beprestasi. Tentu sy amat senang dan mendukung program Pak Jokowi-Basuki ini. Tapi sayang, sepertinya aparat di bawah belum paham detil teknis pelaksanaannya. Sy pikir ini berpotensi menimbulkan masalah di tingkat bawah.
    Bahkan sy juga khawatir kalau ini dijadikan bagian dari sabotase politik atas program-program kerja Pak Jokowi-Basuki. Sy khawatir ada pihak yg memang sengaja menghambat program sehingga rakyat yg awam akan langsung menyalahkan pemerintahan Jokowi-Basuki.
    Kekhawatiran sy bukan tanpa dasar, kemarin sudah sy dengar bbrp keluhan ibu-ibu yg merasa kerepotan harus mengurus surat keterangan Rt/Rw secara mendadak. Walau yg meminta surat itu adalah kepsek namun keluhan mereka adalah: “gimana sih ini, Jokowi..?”
    Mohon program-program yg langsung menyentuh masyarakat bawah spt ini diawasi lebih ketat dan baik lagi, pak…
    Maju terus Jokowi-Ahok untuk Jakarta Baru…!!!

  5. USUL pak, umumkan segera di media massa, mereka yg ketahuan mengajukan KJP pdhal dari keluarga masih mampu, akan dikenai denda langsung dan dipidanakan nantinya.

    Syarat2 kel mampu dijabarkan dgn jelas.
    Dan ortu murid/guru, bisa membantu memberikan info.
    Bagaimana anak2 kepsek/guru yg bersekolah juga, apakah mrk berhak mendpt KJP?

    Kasihan anak2 yg memang membutuhkan..

  6. pak jokowi atau pak ahok saya mau nanya boleh tidak uang kjp d gunakan untuk les bimbel untuk menunjang prestasi anak, setelah perlengkapan sekolah anak tepenuhi?

  7. Pak Jokowi dan Pak Ahok… saya cuma minta kepastian… untuk siswa SD negeri sebenarnya berapa dana yg di terima oleh siswa dalam setahun?? krn di SD anak saya penerima mendapatkan dana Rp. 540/6bln atau Rp. 1.080.000/thn…

  8. mau tanya dong pak ahok, saya dan keluarga tinggal di Jakarta, anak sy jg sekolah di Jakarta, tp KTP saya masih Bekasi, bisakah dpt KJS ? Bagaimana caranya ? Thanks

  9. mau tanya pak ahok, dalam stansar baku penggunaan KJP, pembelian sepatu dalam setahun hanya 1 pasang, bagaimana jika dalam waktu 3 bulan sepatu sudah rusak, atau pada musim hujan sepatu basah tidak ada salinan, apa tidak boleh beli lagi dengan dana KJP sehingga dalam 1 tahun membeli sepatu 2 atau tiga pasang? trus disebutkan juga dana kjp untuk pembelian seragam olahraga. sedangkan seragam olahraga sudah pasti beli di sekolah, sedangkan sekolah tidak mau atau tidak dapat mengeluarkan kuitansi pembelian, bagaiman orang tua siswa dapat mengklaim dengan dana KJP tersebut ? satu lagi pak bagaiman dengan siswa yang tinggal dekat sekolah sehingga dana transportasi tidak terpakai apakah boleh dipakai untuk membeli tambahan seragam atau alat tulis? kalau boleh bagaiman dengan pelaporannya apakah penggunaan dana transportasi dikosongkan saja? mohon penjelasannya pak

    • pa ..ahok..ternyata memangharusdiseleksiulang atwdiadakan pendataan silang jangan dr pihak lingkungan krn bener emang tdk selektif sekolah memilih siswa yg mendapat kjp …. setelah mendapat ternyata ada yang langsung untuk membayar kontrakan , hutang orng tua , modal dagang bensin…. tolong pakahok lebih baik dpt aja semua biar adil ……. pdhalda kasus suaminya di bengkel pjka anak ada 2 motor bisa kridit , gaji tiap bulan , belum lembur knp dpt kjp nya pa …./////

  10. Bagaimana untuk persyaratan bgi anak yg sudah menerima kjp th 2013. Pad th ini siswa yg sudah mnrima kjp apa harus bawa persyaratan spt untuk org yg baru ingin mendaftar

    mohon di jawab
    terimakasih

  11. Pak,saya mau masukkan anak saya ke SMK namun tak ada biaya,walau saya masih bekerja tapi gaji tak cukup tuk biaya anak masuk ke SMK,bagaimana cara agar anak saya dapatkan KJP,waktu di SMP sdh di daftarkan melalui sekolahnya……tolong saya dan anak saya agar bisa melanjutkan sekolahnya…..

  12. Pak saya mau tanya anak saya sekarang duduk d bangku SMP kelas 7 gimana caranya agar anak saya disekolah yang baru(SMP) masih dapat menerima KJP mohon Penjelasan trimaksih

  13. selamat sore pak, sy mau tanya yang di bilang keluarga tidak mampu itu spt ap y?mslhnya jaman skrg pemulung saja pakai handphone dan mempunyai motor cuma bedanya mungkin tempat tinggalnya kumuh atau ngontrak dan kalau ada sebuah keluarga yang msh numpang di rumah mertua atau orangtua karena walaupun bekerja tapi tidak mampu atau cukup untuk beli atau ngontrak dan penghasilan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kadang di bantu orang tua itu masih tergolong mampu atau tidak y pak?terimakasih.

  14. Pak, Ahok Sy seorang Aktivis Sosial di salah satu Lsm, memiliki 2 Orang Anak yang bersekolah di Sekolah Negeri, keduanya sekoalah Anak Sy ditopang Oleh Kakanya yang sudah berkerja Kerana Penghasilan Sy hanya Pas pasan dan hidup ngontrak; apakah anak Sy berhak mendapatkan Dana JPS tersebut..?

  15. Pak saya siswa SMK Widya Manggala ,jakarta timur. saya mendapatkan KJP thn anggaran 2014 tapi ditahun anggaran 2015 jadi beda karena yang dapat yang mempunyai motor tetapi saya yang tidak punya motor(jalan kaki) tidak dapat KJP dan penghasilan orang tua saya tidak terlalu banyak Pak,saya meminta tolong pak bisakah saya mendapatkan KJP pak. dengan cara apapun saya lakukan pak.
    Terima Kasih Pak Ahok
    Tuhan Yesus Memberkati

  16. Banyak wali murid yg masuk kategori sangat mampu mengajukan diri utk mendapatkan KJP. Mohon dilakukan survey yg seteliti mungkin agar tepat sasaran.

    Terima kasih

  17. pak ahok, apa benar peraturan mendapatkan KJP harus yg rumahnya tak ber ubin? memasak memakai bambu? karena saya dapat informasi harus seperti itu. Terimakasih.

    • tidak harus demikian syaratnya pak, yg berhak menerima KJP yg paling utama adalah memiliki SKTM dari kelurahan (anak dari keluarga tidak mampu)

  18. Yth bpk ahok. Sy sbagai salah satu dari orang tua murid di SD01 cipedak sangat heran dg program ini. Sbagaimana kita semua sudah tau syarat utk mendapat kan kjp itu sperti apa, yg membuat sy heran adalah kenapa murid yg memiliki rumah pribadi dan sepedah motor yg bagus juga ekonomi nya jauh di atas sy mendapat kan sedang kan sy yg jelas2 memiliki kartu miskin rumah ngontrak dan tdk pnya penghasilan tetap tapi tdk mendapat kan KJP????. Ada apa dg program ini????

  19. Yth bapak ahok.

    Saya salah satu orang tua murid di sd didaerah cilebut. Ada yg saya mau tanyakan.. Ktp dan kartu keluarga saya dki jakarta tetapi saya tinggal di daerah cilebut bogor ( ngontrak ) dan anak saya disekolah kan di sd cilebut bogor. Apakah anak saya bisa mendapatkan kjp ?

    Terima kasih

  20. Yth Bpk Ahok

    Saya memiliki anak yg bersekolah diSalah satu SDN diJak-Bar, Kemarin saya baru melihat tetangga saya berbondong2 membelanjakan Dana KJP yg mereka terima. Yang saya baru sadari bbrp dr mereka adalah keluarga yg saya bilang cukup mampu jika harus bersekolah diSD Negeri yg bebas biaya. Pertanyaan saya :

    1. Kenapa begitu mudahnya Surat SKTM dibuat oleh seorang RT tanpa melihat background siPenerima KJP ? (Ditempat saya ada klrg yg mampu (punya Motor & Mobil) pny 2 anak yg keduanya mendapatkan KJP & anak2nya sama sekali tidak Berprestasi/Pintar).

    2. Mohon sy diKoreksi jika salah…. Arti kata Kartu Jakarta PINTAR….. Yang sy tahu Pintar itu adalah anak yg mendapat Ranking/berprestasi disekolah atas dasar penilaian dari Guru yg mengajarnya, dan Jika Pintar hanya dlm arti Kartu bisa digesek dimana saja. harusnya jangan pakai nama Pintar mungkin Kartu Jakarta Mantap/apalah… itu Sempit sekali pengertiannya.

    Jadi Jujur saya agak tersinggung karena Saya dr klrg Mampu & kebetulan anak saya selalu mendapat Ranking 3 besar diSekolahnya. jadi sy merasa pogram dengan nama KJP itu adalah “PROGRAM YG TIDAK SESUAI DENGAN NAMANYA”, seharusnya mungkin bisa diganti dengan misalnya “Kartu Bantuan Siswa Kurang Mampu”……
    Jika memang ingin tetap menggunakan Nama tersebut seharusnya digunakan untuk Siswa DiJakarta yang Berprestasi (Reward u Siswa) agar Seluruh Siswa berlomba2 agar bisa mendapatkan Rangking teratas diSekolahnya. (Walhasil Pintar semua dech Siswa2nya karena termotivasi untuk mendapatkan KJP).

    Jadi Saya Mohon bapak bisa Kaji Ulang Nama Programnya & Diperiksa Ulang penerima Dana KJP yg ada saat ini. Saya takut ini malah jadi makanan empuk u para ketua RT mencari tambahan, Yang saya ingin Nama Program & Pelaksanaan tepat Sasaran…. Jangan sampai Nama Bapak jadi malah jelek karena Nama & Pelaksanaanya tidak sesuai.

    Saya Pendukung Bapak Terdepan….!!!!

    Terima kasih
    Denny

  21. 1. Ini program perlu di evaluasi dari sisi seleksi calon penerima sampai monitoring penggunaanya.
    2. Saya setuju dengan pendapat bapak/ibu diatas, banyak yg punya mobil/motor dapat SKTM dan KJP
    3. Awal bulan lalu sy liat di pasar tradisional (ps minggu) banyak toko (emas, kosmetik, pakaian) pasang tulisan “menerima kjp”
    4. Kemarin saya liat seorang ibu membeli 2lusin tempat pensil, buku tulis dll pakai kjp (gk rau buat dibagiin apa warung dah).
    5. Mungkin lebih baik jangan kasih bentuk tunai utk anak kita, tapi kasih dalam bentuk fasilitas lengkap disekolah, transportasi umum gratis semua siswa, klo perlu sekolah gk perlu seragam asal sopan. Mungkin itu lebih efektif dibanding bantuan tunai walaupun via kartu

  22. Pak Ahok saya siwa dari Taman Permata Indah, saya mau bertanya, kata petugas bank DKI waktu saya dapat KJP, katanya KJPnya udh dipotong sama spp sklh, tapi pas tgl mudah msh dmnt uanh spp.
    Hanya itu yang saya ingin tanyakan Pak Ahok.
    GBU.

  23. Pak ahok… Saya mendapatkan bukti dilapangan.. Bahwa ada seorang loyer (pengacara) sarjana hukum yg sangat mampu… Anak nya Mendapatkan KJP. Dilihat dari performent nya.. Anak tersebut dilihat dari gaya hidup nya sangat mewah.. Menggunakan hp iphone apple.. Sepatu nike asli yg harga nya juta an rupiah.. No. Kartu nya 504948854020063794 atas nama ibu Theresia Purba SH QQ Laura Hutauruk seklohan SMP PGRI 10. terimakasih pak ahok..

  24. Tlong pak ahok utuk pemberian dana KJP di lakukan audit..krna bnyak orang tua siswa yg membelanjakan dana KJP untuk keprluan lain..misal utk membeli perhuaiasan atau utk membeli perabot rumah tangga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here