Taman Waduk Pluit Jadi Contoh Taman Penampungan PKL

11
127

Ahok.Org – Taman Waduk Pluit di Kelurahan Penjaringan, Pluit, Jakarta Utara, akan dijadikan sebagai taman percontohan untuk menampung pedagang kaki lima (PKL). Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, taman penampung pedagang ini digunakan untuk memindahkan PKL dari tempat-tempat yang tidak semestinya.

“Kita akan dorong mereka masuk, termasuk ke taman-taman. Taman Waduk Pluit akan dijadikan contoh pertama,” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (14/8/2013).

Menurut Basuki, seharusnya taman-taman itu boleh diisi oleh PKL agar mereka tidak berjualan di jalan dan menimbulkan kemacetan. Namun, PKL dalam taman penampungan itu tidak boleh mengotori area taman. Dengan cara seperti itu, PKL akan diuntungkan karena pengunjung pun nyaman di taman tersebut.

“Taman yang bagus pasti banyak pengunjung di dalamnya. Kalau ada PKL, mereka pasti tambah laku jualannya. Jadi, konsepnya seperti itu, kita itu bukan anti-PKL karena PKL itu kan mendorong perekonomian,” kata Basuki.

Kendati demikian, pria yang kerap disapa Ahok itu tidak menampik bahwa pedagang tidak lagi boleh berdagang di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI akan mengkaji dan mengatur lebih dalam tentang rencana pemindahan PKL ke taman-taman.

Saat ini, pembangunan ruang terbuka hijau di Waduk Pluit sudah hampir rampung. Ruang terbuka hijau ini baru terdapat di sisi barat waduk dan akan dibuat pula di sisi lain.[Kompas.com]

11 COMMENTS

  1. Hati hatiiii pak….jgn sampe nanti jadi kotor dan rusak. Harus dibina dulu, dan ada penanggungjawab nya, untuk kebersihan lokasi, pengangkutan sampah, keserasian lingkungan, kesehatan makanan dll.
    Batasi maximal misalnya 20 pedagang, dll.

      • Sdh saatnya bro, kita bisa nikmati jajanan yg enak2, tanpa kuatir…ini daging tikus kah? Tahu formalinkah? Ikan sapu2 kah? Pewarna textile? Borax, bahkan plastik yg digoreng di minyak???
        Sangat mengerikan ya….dan pemda DKI terdahulu, DPRD sekrg, BPOM sekrg?? Usulkan sesuatukah sbg dasar hukum yg tegas untuk praktik spt ini? Supaya ada efek Jera.
        Jk rakyat banyak yg sakit, ini sangat membebani APBD dan ekonomi rakyat itu sendiri…gmana mau bangun negara, jk pd sakit…
        Lagi2 butuh petugas berpakaian sipil, yg senantiasa cek secara berkala….dan menangkap pelakunya. reporter tv aja sanggup menelusuri praktik2 itu…

        • Betul banget nih… ini isu lainnya yang perlu diintervensi juga. Masalah kesehatan sangat penting.

          Jahat bener hari2 ini kasus kecurangan2 dalam pengolahan makanan sering terjadi.

    • bagaimana kalau angkat kepengurusan dari PKL yang berjualan. Pemimpin PKL ini kan bisa jadi “preman” baik yang mengawasi kebersihan taman juga. 🙂

  2. Betulx3 bro wirss, sebelum Mulai br Dagang, di Dalam Taman yg Baru, Indah Dan Bersih itu.’ ‘ Anggota pedagang2 nya di Tata-Bina. Tata Ter tib. Tata Bersih. Tata-Sehat. Tata-Laku. Tata-Tanggung Jawab pd Alam Sekitar. Tata-krama. Tata-Hukum/undang2.Tata-mn Jadi lebih Professional.’ Biar wawasan standard per PKL an kita ini naek tingkat derajat nya. yg lebih ‘Gaul’ men jadikan ParaWisatawan dari luar negri Ber bondong2 Datangi JB, kita dengan Kesan, Possitive.’ Dan per Ekonomian PKL jg Maju Jaya, Maju Jaya JB!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here