Tanggapan Ahok Soal Tuntutan Kenaikan Upah oleh Buruh di May Day

1
54
Bersama warga Cipinang - Minggu (1/5/16)

Ahok – Kenaikan upah menjadi tema utama yang dituntut para buruh dalam memperingati May Day yang jatuh setiap tanggal 1 Mei. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan yang terpenting bukanlah meminta kenaikan upah, namun meningkatkan produktivitas agar laju inflasi dapat ditekan.

“Yang paling penting bukan memaksakan kenaikan upah, tapi bagaimana pemerintah membantu buruh supaya mereka punya uang untuk ditabung, untuk investasi. Buat apa naik gaji tapi inflasi tinggi?” ujar Ahok kepada wartawan di rumahnya di kawasan Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Minggu (1/5/2016).

Menurut Ahok, menekan laju inflasi DKI masuk dalam salah satu target millenium development goals (MDG). Pemprov DKI, lanjut Ahok, salah satunya sudah melakukan target pembangunan dengan mengoperasikan bus TransJ Bekasi-Tangerang.

“Itu kan untuk menurunkan biaya hidup anda. Termasuk operasi pasar, beras, gula, minyak sayur dengan merek Food Station (Food Station Tjipinang-red) dan RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) itu dalam rangka menekan biaya hidup Anda, termasuk BPJS dan KJP serta KJS,” jelas Ahok.

“Jadi bukan nuntut naik gaji. Karena (kalau) kami gagal menekan inflasi, ini yang menjadi bencana. Inflasinya tinggi, kamu tidak bisa hidup, kamu minta naikin gaji. Biaya produksi barang kamu tinggi, bisa gak kamu bersaing di masyarakat ekonomi dunia? Gak bisa,” sambungnya.

Ahok pun memberi saran kepada para buruh yang saat ini tengah berdemo agar upah mereka dapat kembali dinaikkan. “Sekarang bagaimana caranya produktivitas kamu tinggi, biaya hidup kami tekan, biayanya jadi murah sehingga anda dapat gaji yang tidak besar pun, sisanya banyak,” kata dia.

Hari buruh yang diperingati dengan long march ini tak ditanggapi terlalu dipusingi oleh Ahok. Pasalnya, massa buruh sudah berjanji akan menjalankan aksinya dengan tertib dan damai.

“Hari May Day sudah dijamin mereka tidak akan anarkis, ya sudah. Kita percaya sama mereka saja. Kita terima kasih aparat telah menjaga dengan baik,” kata Ahok.

“Saya kira ya, sekadar hari libur ya silakan karena hari libur juga, tidak akan macet,” tutupnya. [Detik.com]

1 COMMENT

  1. Good Idea. Lanjutkan Mr. Governor.
    Semoga Pemerintah bisa menjadi yg terbaik buat rakyatnya.
    Harapan Indonesia yg lebih baik, lebih adil segera bisa terwujud.
    Sehingga anak cucu kita kelak bisa sejajar dengan bangsa bangsa lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here