KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BALAI KOTA, BERITA, NEWS, Video & Audio » Video – Wawancara MetroTV dengan Wagub BTP Terkait 100 Hari Kerja

Ahok.Org – Masalah banjir dapat diibaratkan benang kusut yang sulit untuk diurai dan diluruskan. Masalah ini terus terulang, bahkan sejak zaman penjajahan Belanda. Banjir menjadi pekerjaan rumah yang sepertinya sulit dan hampir mustahil diselesaikan, bila tidak didukung formulasi tepat sasaran.

Belum lama ini, banjir besar lima tahunan kembali melanda DKI Jakarta. Di antara banyak wilayah tergenang banjir, Pluit di Jakarta Utara menjadi yang terparah karena ketinggian genangan dapat mencapai dua meter lebih. Banjir ini diakibatkan meluapnya air dari Waduk Pluit, yang rupanya belum direnovasi sejak era 60-an.

“Di Jakarta sejak lima tahun silam belum ada pengerukan waduk. Kalau di Pluit sepuluh tahun lebih belum tersentuh,” ucap Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di program Prime Time News Metro TV, Kamis (24/1).

“Pompa-pompa air di sana belum pernah diganti sejak tahun 1960,” tambahnya.

Untuk menghindari musibah serupa, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan melakukan normalisasi Waduk Pluit. Tidak semudah itu, karena dari 80 hektare luas keseluruhan waduk, 20-30 hektare-nya ‘ditumbuhi’ perumahan liar warga.

“Kalau waduk dikeruk lebih dalam, rumah gubuk di sekitarnya bisa roboh. Kita tidak mau ada kematian luar biasa di sana,” tegas Ahok. “Mereka memang tinggal di tanah terlarang, tapi tetap saja mereka itu manusia.”

Ahok mengkhawatirkan kemungkinan banjir susulan, terkait peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, yang memprediksi cuaca buruk mulai 27 hingga 30 Januari mendatang. “Kalau sampai Waduk Pluit jebok, semua yang ada di situ bisa mati,” pungkasnya.

Saat ini Pemprov DKI Jakarta tengah mempersiapkan rumah susun sewa sebagai tempat tinggal pengganti warga di sekitar Waduk Pluit. Diharapkan pekan mendatang semua rusun bisa selesai.

“Semua yang terancam banjir bisa pindah, tapi rusunnya tidak bisa dijual. Mereka hanya mendapat hak sewa,” ujar Ahok.[metrotvnews]

Video

Video: Metrotvnews

  • Share/Bookmark

3 Responses to “Video – Wawancara MetroTV dengan Wagub BTP Terkait 100 Hari Kerja”

  1. dari tahun 1960???
    dan rusak pula, kalo dari tahun segitu, dirawat baik dan berfungsi, itu sebuah prestasi…
    ini pada rusak, coba di cek, biaya perawatan nya ada tdk di gub sebelumnya..

    Reply
  2. SALAM ,BUNG BTP AHOK. MEMANG TIDAK SEMUA ORANG BISA MENERIMA GAYA BICARA AHOK, TAPI KALAU APA YANG DISAMPAIKAN DAN DILAKUKAN TINDAKAN DEMI MASYARAKAT,MAKA MASYARAKAT AKAN CINTA AHOK,DUKUNG JOKOWI AHOK.

    Reply

Leave a Reply