KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BERITA, NEWS, TENTANG JAKARTA » Waduk Tomang Barat Target Jokowi Berikutnya

Ahok.Org – Setelah memulai penataan Waduk Pluit di Jakarta Utara serta Waduk Ria Rio di Jakarta Timur, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan menata waduk lain, yakni Waduk Tomang Barat di Jakarta Barat.

“Habis ini (Waduk Ria Rio) baru Tomang Barat,” ujar Jokowi seusai peresmian penghijauan di sisi selatan Waduk Ria Rio, Kamis (26/9/2013).

Dari laporan Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta kepada dirinya, Waduk Tomang Barat itu memiliki situasi dan kondisi yang tidak berbeda jauh dari waduk-waduk yang sebelumnya ditata.

Permukaannya penuh eceng gondok, beberapa sisi dipenuhi permukiman warga dan sebagainya. Jokowi yakin dengan penataan waduk-waduk tersebut, tempat penampungan air di Jakarta menjadi lebih banyak. Dengan demikian, dapat berimbas pada pengurangan titik-titik banjir. Setidaknya, ada sekitar 30 waduk di Jakarta yang telah masuk dalam perencanaan penataan.

“Nanti satu per satu kita tata. Semua waduk itu akan dinormalisasi. Semuanya itu memang tidak pernah terpelihara dengan baik,” lanjut Jokowi.

Hingga kini, pengerjaan penataan Waduk Pluit dan Waduk Ria Rio masih terus dilakukan. Sebagian permukiman di tepi Waduk Pluit telah direlokasi, sementara sebagian lagi belum karena menunggu rampungnya rumah susun. Adapun relokasi warga Waduk Ria Rio baru dilakukan pada Oktober 2013 mendatang.[Kompas.com]

  • Share/Bookmark

4 Responses to “Waduk Tomang Barat Target Jokowi Berikutnya”

  1. Wah, mantap nih kalo 30 waduk di DKI sdh di normalisasi, kalo bisa 2 waduk di 5 wilayah di DKI ini yang di normalisasi,tentunya dampaknya akan sangat terasa sekali bagi masyarakatsekitarnya . Banjir dan kumuh akan segera berkurang dan lenyap dari DKI.Lalu menyusul transportasi murah dan nyaman yg Massal MRT/Monorail,Bus Sedang dan transjakarta semua terintegrasi. Tapi semua ini harus sabar ya masyarakat DKI, Gubernur/Wagub kite ini emang TOPMarkotop.

    Reply

Leave a Reply