Wagub Setuju Penamaan Jalan dengan Tokoh Betawi

6
95

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyambut baik usulan budayawan Betawi soal penamaan beberapa jalan di Jakarta dengan nama-nama tokoh Betawi. Namun, keputusan tetap di tangan gubernur karena harus diputuskan melalui peratutan daerah.

Saat bertemu dengan perwakilan budayawan Betawi, beberapa waktu silam, sempat diusulkan penetapan beberapa nama jalan baru di Jakarta dengan nama-nama tokoh Betawi. Nama yang diusulkan antara lain Si Pitung, Kapiten Suoe Beng Kong, tokoh keturunan Tionghoa di zaman penjajahan Belanda, atau nama-nama tokoh Betawi lainnya.

Basuki mengatakan bahwa mengganti nama jalan di Jakarta harus berdasarkan peraturan daerah sehingga bila usulan disetujui harus di-sahkan berdasarkan Perda.[metrotvnews]

6 COMMENTS

  1. Kalau untuk nama legendaris macam Si Pitung memang sudah sepantasnya dijadikan nama salah satu jalan utama di Kota Jakarta mengingat peran sejarahnya sebagai tokoh “Robin Hood” dari tanah Betawi pada zaman penjajahan Belanda. Ini sekedar saran saja (dan sangat boleh kalau mau diabaikan)… untuk nama-nama lainnya… alangkah baiknya apabila menggali dan memeriksa kembali kepada para “ahli sejarah” tanah Betawi yang masih eksis di dunia nyata, misalnya : Engkong Haji Ridwan Saidi atau Engkong Firman Mutaco (kalau masih ada). Terima kasih.

  2. terserah mau nama Betawi kek, atau nama apa aja, Jakarta kan multi etnis, sah-sah aja…yang penting noh sopir angkot, pakein seragam, jangan kayak preman sopir tembak…taxi juga yang dah reyot bulukan, dicabut izinnya, malu-maluin aja di ibukota masih ada taxi kayak githu…..

  3. @DIC:
    Jangan lupakan ‘ahli sejarah’ Betawi dari kalangan mudanya, salah satunya si JJ itu loh (lupa ane nama benernye. koq bisa ye?) yg ilmunya bisa jadi rujukan juga, ga kalah ilmunye sama si babeh Ridwan Saidi, soal sejare Depok/Tangerang aje ngerti banget die (pernah denger die lagi bacod di tipi soal sejare gituan, tutur katanya terstruktur dan jelas banget lagi macem sejarawan lulusan akademi/univ. gitu – ane pikir.. eh, bole juge nih ilmunye si abang).
    —–
    @L1N:
    eh, ini pertanyaan juga maha penting lho, jangan salah – banyak orang mati ketabrak di jalan yg pake nama orang yg udah mati, Jl. Gajah Mada contoh yg paling gresss – coba klo pake nama orang yg masih idup, nah.. bakal sama aja kale ye? 😀
    Engga.. engga pamali.. koq.. pake nama orang masih napas (bukan hidup) – buwat sayah sih ga pamali yach, gatau yah klo ada yg punya kepercayaan laen.
    Zombay (zombie lebay) dan Vampay (vampir lebay) itu pada ga napas, ga detak, ga pernah sakit peyut, tapi ‘idup’ – ya jalan2 ya lari2 kemana2 – gimana tuch jadinya klo barang2 rejekan alam baka yg kaya gitu jadi nama jalan? “Jalan Suster Ngesot” misalnya, wah serem euy! orangnya ga jelas dah mati apa masih idup… hiiiiyy!
    Yg jelas sih dia lupa belajar cara jalan waktu masih ‘idup’/napas – and ga ada kursus singkat yg tersedia di alam ‘ga napas’ ini agar tidak mempermalukan rekan sejawatnya yg rata2 bisa jalan dan bahkan bisa terbang super norak/lebay.
    Klo “Jalan Suster Ngebor” yg dipake, nah ini baru manteb, orangnya jelas masih ‘idup’/napas, masih tinggal di PI/Pondok-Indah, and masih berbisnis Karaoke Keluarga.
    Klo pake nama orang yg masih idup kan ga serem jadinya, bener ga? ga perlu mikirin lagi matinya dia itu gimana/krn apa yach (sengaja dijorogin/diceburin, dst), apa dia jadi setan nungguin disitu ga ya, dst.

    contoh mudahnya ya sayah sendiri:
    Jl. TaZ, amat pendek, singkat, unik dan mudah diingat orang – nah yg terakhir ini yg lebih penting: agar mudah diingat/ditulis wajib singkat/pendek dan unik namanya ato bisa disingkat tanpa konotasi negatif tertentu.

    Ada dimana persisnya jalan ini, ga tau deh, lagi nunggu slot kosong ato yg mo diganti nama jalannya krn terlalu panjang ato berbau SARA/pornografi misalnya (cth: ‘oknum’ Jalan Batang-Heri, apalagi pake tambah angka segala dibelakangnya, ntar dikira Heri punya batang lebih dari satu. Mending diganti ajah jadi Jalan TaZ, lebih Trendy-and-Zuper modis, dan dijamin kaum wanita ga akan lupa nama jalan ini 😀 – ya sering dibawa/ditenteng kemana2 mana bisa lupa yach. Btw, TaZ ini nama jalan apa nama merek aksesoris beken sih?:D).

  4. Ha…ha…ha… Lin, diskusinya memang pantasnya sama si TaZ aja tuh. Dia memang ahlinya soal-soal ngelantur. Coba tanya dia aja soal, bagaimana kalau pake nama orang yang masih hidup? Sorry, Bro (TaZ)… ane gak pernah denger ada ada generasi muda belia yang ahli dalam sejarah tanah Betawi, ane cuma kenal nama-nama beken (dedengkot) asal Betawi yang konsep berpikirnya sudah bebas dari pengaruh primordialisme seperti Haji Rosihan Anwar (Alm.), Haji Mahbub Junaedi (Alm.), Engkong Ridwan Saidi (ini masih eksis) dan Firman Mutaco (ini ane gak tau lagi kabarnya, masih eksis gak?) Buat Bro Hattori… iya laaaah, kita disini kan udah paham semua… : Kota Jakarta ini memang multietnis dan dengan persoalan yang multikompleks. Jadi, buat kita-kita yang masih waras pikirannya memang harus paham betul bahwa semua jenis perbedaan itu memang gak penting. Lalu, apa yang penting? Kalau ane gak keseleo mikir : yang paling penting dan paling substansial di tengah kehidupan multietnis Kota Jakarta ini adalah : KEBERSAMAAN DALAM PERBEDAAN UNTUK MEWUJUDKAN KEADILAN. Inget-inget tuuuh… motto serta visi-misi Jokowi-Ahok : Keadilan untuk Rakyat serta Bersih, Transparan, dan Profesional untuk mewujudkan Jakarta Yang Manusiawi dan Bermartabat. Artinya, begini : kalau kita sebagai warga Kota Jakarta takut (gak berani) mewujudkan visi-misi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Periode 2012-2017 sekarang ini maka kita semua sebagai warga Kota Jakarta tidak akan pernah samapi pada derajat kehidupan bermasyarakat YANG MANUSIAWI SERTA BERMARTABAT. OK, dilanjut aja diskusinya sama Bro-Bro semua, ane mau selanang-selonong dulu ke halaman lain di ahok.org ini. Thanks yaaaaa… buat semua Bro-Bro yg sudah merespon dan diskusi secara sehat ini. Cherioooooo…

  5. 100% setuju. sudah saatnya.
    trus wujudkan juga pakai batik betawi atau pakaian khas betawi. setiap hari kamis/jumat setiap minggu.
    agar bermunculan, kreativitas desainer” lokal. dan menumbuhkan perekonomian jakarta.
    baju lokal bos, tapi bekerja harus multinasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here