KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » Catatan Ahok, DPR » Kegiatan Reses Di Belitung Induk dan Beltim (19/4/11)

Ahok.Org – Selasa, Apr 19, 2011 pukul 09:35:57 kami memulai acara di desa Batu Itam kecamatan SijukĀ  Kab Belitung induk.

Pukul 09:37:54 Kata sambutan Kepala Desa Bapak Lorry. jarak desa Batu Itam ini hanya sekitar 7 km dari kota Tj Pandan, perjalanan ke pantai wisata Tanjung Kelayang dan Tj tinggi.
09:42:10 sambutan ketua BPD Bapak Mulkan Basyari, mata pencaharian adalah petani, perkebunan dan nelayan. Menurut mereka ini adalah pertama kali ada anggota DPR RI melakukan Kunjungan kerja ke desa tersebut.
09:45:36 Saya mendapatkan giliran menyampaikan kata sambutan.

10:08:14 Tanya jawab guna menyerap aspirasi:
1. Mario, menanyakan masalah dolphin island.
2. Darus rahman, nelayan memiliki perahu dengan mesin 8 PK, tidak memiliki modal untuk membeli pukat, menanyakan perihal bantuan.
3. Suparman (wakil BPD Batu Itam), perihal homor atau insentif untuk perangkat desa dan BPD sangat minim honornya.
4. Suherman, nelayan, mengeluhkan tindakan Pemkab terkait anak bibir sumbing yang seharusnya segera di operasi.
5. Kepala Dusun tiga, Pak Khairul, minta penjelasan perihal pengelolaan hutan karena desa mayoritas dikelilingi oleh hutan produksi dan hutan lindung, selain itu dilaporkan juga masalah tambak dimana penambak butuh pembinaan dan pelatihan pembibitan karena sarana tambak sudah ada.
Selain itu Khairul juga menyampaikan keluhan perihal warga sakit yang dikembalikan ke keluarganya dan tidak dirujuk ke rumah sakit di Jakarta.
6. Aryadi (tinggal di rumah mertua), pejabat PLN buat keresahan, merasa dibohongi oknum PLN, harga tarif listrik tidak sesuai dengan tarif resmi.
7.Ibu kades : susah jadi kades dan perangkat desa, ke kota dan bangun rumah bisa dituduh korupsi.

Acara akan diakhiri 11:12:02, dilanjuntukan dengan menikmati makanan kecil buat hadirin. Kami akan melanjuntukan kunjungan ke desa lain. Minta Pak dukun untuk memimpin doa penutup.
Sambil menikmati laksa, Pak Kades dan Wakil Ketua BPD minta diberikan perangkat wireless audio untuk acara, kami bawa sendiri,dan tidak mungkin kami berikan. kami masih terus pakai, terdapat laporan bahwa ada anak umur 10 tahun penderita bibir sumbing yang perlu dioperasi namun tidak ada biayanya.
Pembina sepakbola meminta sumbangan bola untuk pemain junior 8-16 (ada 42 anak) butuh beberapa bantuan bola, kami memberikan bantuan Rp 500 ribu.

11:38:02 Kami saling Berpamitan

13:38:48 Acara baru dimulai di desa Air Seruk kecamatan Sijuk kab .Belitung. Pak kades memberikan kata sambutan, mengingatkan terobosan sistem jaminan kesehatan di Belitung Timur menjadi standar contoh bagi calon-calon bupati lainnya .
Profil desa,luas wilayah 6.180.hektar.ada hutan kawasan HP dan hutan konservasi, luasnya 1/3 desa. HPL 1500 hektar di pakai sawit swasta, usaha tambang timah dan kaolin, jumlah penduduknya 1.241 kk atau sekitar 4288 jiwa..

Pada pukul 14:09:53, masyarakat memberikan aspirasinya:
1.Aris, Kapolres datang dan tanya apa yang masyarakat kuatirkan? Nyatanya kami dikejar-kejar dalam usaha timah rakyat, bagaimana cara usahakan usaha kaolin bisa hidup lagi
2.Thamrin. Wakil ketua BPD, kenapa kita masih miskin sebagai negara yang kaya raya ? Kenapa anggota DPR tidur pada saat rapat ? apa karena sangat nyaman diruangan tersebut?
3.Ibu sekdes: masalah kesejahteraan perangkat desa? Dibawah UMR! Masalah kelangkaan BBM, lalu ada oknum yang masuk jual bensin non subsidi

Selesai menjawab 14:51:20
Lanjut pertanyaan sesi ke-2.
4.Agustian: apa yang bapak lakukan dalam menolak pemberian pengusaha dari uang proyek. Belitung belum siap sebagai tujuan wisata, apa saran ke Pemkab? Jawaban soal tambang rakyat belum dijawab.
5.Arsik, guru SLB Tanjung Pandan: Pak Ahok asli Belitung iya? Berjuang habis2an untuk biaya sekolah anak sampai sarjana, tiap kali test CPNS anak-anak kami kalah bersaing dengan anak-anak dari luar daerah, harusnya prioritaskan orang asli Belitung apa benar orang Belitung kalah pintar dari orang luar?
6.Sadarno, PNS supir: Bupati Belitung karena orang Beltim ,makanya tidak pikirkan masyarakat belitung? Jangan biarkan penduduk asli seperti orang luar urus atau kelola timah. Dirikan PLTN sebaiknya antara gedung DPR dan istana negara saja. Pak Ahok pulang saja ke Belitung.
Seperti daerah di Riau? Bupatinya tentukan hanya terima putra asli daerah khusus yang dibawah S1.banyak PNS yang sarjana faktanya tidak bisa kerja, makanya korup.
7.Hasan (tokoh agama): hukuman para koruptor tidak berat akhirnya tidak pernah jera
Pada pukul 15:39:36 aku mengakhiri tanya jawab

Acara ini dihadiri 54 orang, pak kades mau menutup acara lalu kami segera melanjuntukan perjalanan ke Desa Kacang Butor Kecamatan Badau Kab. Belitung.
16:16:23 acara dimulai,pak Kades Iskandar membuka acara dengan mengatakan bahwa jumlah penduduk 2079 jiwa. Mata pencaharian, bidang pertanian dan kebun, karet dan sawit, batubata merah (kepayang), dan terdapat lahan sawah (panen 10 hektar,nambah 20 hektar lagi). masalah kawasan hutan yang menghambat

Saat tanya jawab:
1.Kadus aik Begantung,(Ade a Said) menyatakan bahwa ada wisata gurok berae di gn tajam bagaimana mengelolanya?, termasuk adanya Kubur keramat, jalan sudah dibangun pengusaha keturunan Tionghoa Pak Dipan (seorang mualaf).
2.Susilawati, SDN 7 Badau.lokasi sekolah belok ke dalam, hari hujan ada lubang gede, terguling di jalan.
3.Kadus trans Bukit Indah, Junaidi menyampainbak perihal Saluran air pipa dan bak sudah rusak,ajukan bantuan agar air dari gunung lancar.
4.Setio, kuasa hukum dan manager pabrik Agunta, mengeluhkan masalah sulitnya mendapatkan BBM Solar, sedangkan aparat bisa mendapatkan jatah minyak berlebih sedangkan untuk warga hanya mendapatkan jatah 60 liter.
Apa bedanya Kampit (Beltim) dengan Tanjung (Belitung Induk) yang ada diskriminasi.
5.Guru SMP N 3 badau ,lokasi di desa Kacang butor. dapat 3 lokal saja Pak Iskandar, minta standarnya sepert laboratorium komputer dan bahasa bisa didapat dari dana pusat, minta capai SPM. khusus di daerah-daerah terpencil.
6.Kader Posyandu, Meriati: tugas perempuan, apa tanggapan bapak? Penting atau tidak? Gaji hanya 100 ribu/tahun,
17:44:08 camat Badau Suksesyadi menutup acara dengan menyatakan bahwa sudah 2 tahun 6 bulan, tidak pernah mencari pengusaha. UU tenaga kerja terlalu memihak kalangan pengusaha, upah minimum selalu berdasarakan survei Kehidupan hidup rakyat, putusan selalu tidak sesuai hasil survei, keputusan adalah versi Gubernur seharusnya survei KHR di tiap kabupaten beda,dan upah minimum kabupaten harus berbeda juga dan sesuai hasil survei.

Acara selesai ditutup setelah kata sambutan camat dan kades .17:55:45
Kami segera kembali ke rumah untuk bersiap ke desa Renggiang kecamatan Gantung Kab. Beltim.
19:38:33 acara dimulai dengan dibuka kata sambutan dari pak Kades.
Pak Kades menanyakan perihal program yang diusulkan, pak Kades meminta para hadirin menyampaikan semua yang ingin ditanyakan.

Selain itu Pak kades juga menanyakan tugas provinsi terkait dengan drainage yang perlu diperjelas, tiap musim hujan terjadi banjir yang memasuki kawasan pemukiman selain itu juga menanyakan masa depan pohon sengon,apa ada pabriknya, manfaat HTR di hutan produksi.
19:56:08 pak kades akhiri kata sambutan,selanjutnya giliran Saya berbicara dalam acara pertemuan tersebut.
20:13:23 selesai bicara, saatnya menanti aspirasi masyarakat.
1.Ardianto,soal brosur CDT waktu kampanye Basuri, disitu tertera ada dana pinjaman biaya kecil, menurutnya dikasih uang berapapun akan habis. selain itu dia juga menanyakan perihal Partai Golkar dengan menanyakan kenapa Golkar berbelok dari koalisi?
2.Aza, biaya sewa alat berat untuk pertanian apa bisa setengah harga saja sekitar 250 ribu/jam.
3.Sofyan, ada 2 SDA hutan, dan SDM petanian, bibit pupuk tidak dapat. soal program BTP. Bibit karet 20% dari harga pasar. bantu SDM desa ke Jakarta agar bisa punya wawasan bangun desa. Sawah sampai sekarang tidak lakukan apa-apa, tidak berhasil, selain itu dia juga menanyakan kepada saya apakah setuju dengan pembangunan gedung baru DPR RI?
Di desa ini agak susah menanti warga yang mau bertanya padahal terdapat 101 warga yang hadir
Saya minta keluarkan saja makanan bubur kacang hijau campur ubi kayu. Kami makan. 21:01:18,teruskan pertanyaan sofyan soal razia polisi yang menangkap pencari timah kecil dan jaminan sosial bagi orang miskin.

21:43:57 acara pertemuan ditutup.
Besok pagi (20/4) pukul 7.30 berangkat ke Tj Rusa Ujung selatannya Belitung dengan perahu menyebrang teluk balok dari Beltim ke wilayah induk.

Gantung, 22:35:15
BTP

  • Share/Bookmark

2 Responses to “Kegiatan Reses Di Belitung Induk dan Beltim (19/4/11)”

  1. jadi kades atau perangkt desa , dtduh kotipsi, bg yg mersa berslah pst klang kabut, tp nok ndx biase aj.

    Reply
  2. Hari hari yang melelahkan tapi anda merupakan contoh wakil rakyat sejati

    Reply

Leave a Reply