KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » Catatan Ahok, DPR » Kegiatan Reses Di Belitung Induk dan Beltim (20/4/11)

Ahok.Org – Rabu, April 20, 2011 pada pukul 08:23:42 kami sudah berada di Pelabuhan nelayan desa Suge, Kecamatan Simpang Pesak. Dengan menggunakan perahu kami melintasi teluk balok di selatan pulau Belitung ke wilayah paling selatan kabupaten Belitung Induk, yaitu desa Tj Rusa kecamatan Membalong.

(Kapalnya kecil jadi memakan waktu 1,5 jam,harusnya setengah jam saja. Rencananya kembali nantinya akan lewat darat saja.
Pukul 10:03:05 kami memulai acara, Bapak Kades membuka acara dengan memberikan kata sambutan meminta masyarakat sampaikan aspirasinya, sebelah selatan desa ini berbatasan dengan laut Jawa, penduduk 2018 jiwa, terdapat 3 dusun dengan 13 RT dan 5 RW.

10:07:20 Saya mulai memberikan paparan dilanjuntukan menampung pertanyaan guna menyerap arpirasi.
1.Ketua BPD Sudihartono:
Masalah kapal isap, karena 95% penduduk desa adalah nelayan, bagaimana agar kapal isap tidak masuk ke desa ini.
2.Zaini, ada balai pembenihan katanya merupakan salah satu yang terbesar faktanya masih kalah dari Situbondo (balai benih ikan kerapu), budidaya masih pesan bibit ke Situbondo. Membalong dicanangkan jadi wilayah agropolitan, jangan hanya slogan, masyarakat galakkan kebun kelapa sawit, sudah ada 3500 hektar kebun masyarakat di 3 kecamatan,dirikan pabrik kelapa sawit oleh swasta? Prona jangan hanya buat rumah,untuk kebun juga, Pelabuhan t.j rusa dikembangkan sepertt rencananya di dendang.
3.Masri (kadus dusun 1, dusun Sabung): menyampaikan adanya masalah masyarakat dengan PT AKS (milik Cong Asan), supaya tidak membuka kantor di dusun sabung.
4.Suryadi (ketua pemuda setempat): kalau mau demo caranya bagaimana, masyarakat ke Tj pdn, pejabatnya tidak berada ditempat, hutan sudah habis, HPL diambil oleh pengusaha kebun, sisa hutan lindung, dan meminta solusi agar bisa bekerja di kebun, juga menyampaikan kritik bahwa katanya pemerintah pro rakyat namun faktanya rakyat masih hidup susah.
Suryadi juga menyampaikan perihal razila TI yang meresahkan, masalah kesehatan di Puskesmas tidak ada fasilitas yang memadai dan selalu dirujuk ke RSUD Tj Pandan.

11:33:23 Setelah menjawab beberapa pertanyaan tersebut acara selesai lalu kami melanjuntukan perjalanan menuju Belitung Timur lewa darat.
14:21:53 memulia acara pertemua di desa Burung Mandi Kecamatan Mengkubang Beltim:, Kades membuka dengan kata sambutan lalu dilanjutkan dengan menedengarkan aspirasi:

1.Azis, masalah hutan lindung, antara pantai burung Mandi ke pabrik PT. Nurindra Ekapersada (milik saya), minta dibebaskan.
2.Jauhari,apa hal-hal mendasar yang pak Ahok perjuangkan, apa rencana kedepan khususnya mengenai perkembangan wisata bukit batu dan sumbangsih buat desa.
3.Sudarsono (ketua PD Golkar), fokuskan satu desa sebagai pengembangan pariwisata, kenapa partai hanya janji-janji saja?, seperti program rumah layak huni sampai dimana realisasinya?
4.Kades koko, dana alokasi buat desa, prosesnya sangat ruwet,sudah 4 bulan Operasional tetap jalan nanti kami pakai uang pendptan asli desa, insentif RT, kades dan sebagainya .
15:37:38 selesai jawab pertanyaan-pertanyaan
5.Azis, kembali bertanya,soal lapangan tembak rencananya sampai dimana? Apa putusannya?
6.Abdul muin, soal SKT tidak boleh dekat pantai kalau 200 m atau 500 m.
15:56:02 kades menutup acara

16:40:52 kami tiba di kantor Desa Buding kelapa kampit.
Langsung menampung pertanyaan dari warga:
1.Saharin, mengapa Plasma sawit ada dilahannya tambang PT Timah?
2.Agus,menanyakan soal lokasi wisata air panas,
3.Assalam. Pengaturan minuman keras jangan sembarangan.
17:04:45 selesai jawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah dikumpulkan sebelum aku hadir.

Ada pada pertemuan ini kesalahpahaman jadwal, Kades Buding kirim undangan hari ini jam 15, yang hadir ada 18 orang karena jam kerja banyak buruh kebun sawit ,harusnya jadwalnya besok.
4.Pak kades (irwan bahani), masalah tambang
Di lahan HP kenapa jaman PT Timah dulu bisa,sekarang kenapa tidak bisa.
5.Pak kadus ,sukardi: istilah otonomi daerah, banyak pria ke tambang timah rakyat, istrinya di kebun sawit, bagaimana caranya tenang dari razia polisi. Masalah PLN, jalannya sudah bagus hotmix, ternyata tidak ada program alirkan listrik dari pemerintah. Bisa usulkan ke Bupati (butuh 400 meter).
17:42:00 selesai jelaskan, ditutup karena waktu telah mendekati Maghrib

20:11:13 tiba terlambat di desa Lintang acara sudah dimulai pertanyaan/aspirasi, kades lintang hadir dalam acara pertemuan ini.
1.Marsawi, banyak bantuan sapi, namun kesulitan dengan pakannya. Rencannya tahun 2014 Indoneisa ingin swasembada daging? Berat apabila masalah mendasar seperti ini masih ada.
Masalah lahan, setelah dimekarkan ke air madu kawasan hutan jadi payah, soal penguasaan lahan yang begitu luas.
2.Jasiman PNS, masalah hutan produksi, kena HL/HP langsung ditangkap, apa hukum bisa tenggang rasa? Jangan langsung dipenjara sekian malam kasian anak istri, hukum hanya untuk yang kecil, Gayus dihukum sebentar, dimana keadilan di negeri ini?
Bagaimana Babel Pasca timah? Ada mineral mangan, habis timah dilanjuntkan lagi.
21:21:07 selesai menjawab uraian dan pemaparan,
3.Jasiman. kembali bertanya soal gedung DPR, agar dibangun tapi jangan mewah
4.Herman, SDA yang sangat kaya sesuai pasal 33 UUD 45 semua untuk kemakmuran rakyat, kenapa kita mati seperti ayam di lumbung padi dan bagaimana bersikapnya?
21:59:06 jawaban selesai, acara pun kami selesaikan sampai disini.

  • Share/Bookmark

One Response to “Kegiatan Reses Di Belitung Induk dan Beltim (20/4/11)”

  1. Semoga hari harimu menyenangkan mendengar aspirasi rakyat wajib dilaksanakan karena bung ahok merupakan wakil mereka di senayan

    Reply

Leave a Reply