KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » Catatan Ahok, DPR » Kegiatan Reses Di Beltim (24/4/11)

Ahok.Org – Minggu, Apr 24, 2011 Pukul 04:41:48 sudah ada SMS dan BBM yang masuk bahkan email yang memberitahukan ini hari paskah, Yesus yang disalib telah bangkit dari kubur. Saya akan ikut kebaktian paskah di gereja persekutuan kristen gantung yang berjarak sekitar 200 m  dari rumah.

Pukul 13.00 ada acara maras tahun, acara selamatan kampung di Batupenyu yang jaraknya kurang lebih 4 km saja dari rumah. Tidak ke pulau selat nasik dengan acara yang sama, karena sudah penuh dengan hadirnya para pejabat, karena tradisinya gubernur selalu hadir di acara tersebut, dan seperti biasanya saya tidak diundang oleh pengurus partai Golkar, maklumlah, Gubernur Babel yang juga ketua DPD Golkar Babel berpikir saya akan maju cagub babel 2012 dan menjadi saingan mereka.

Pukul 11:03:54 tiba di rumah setelah tadi sepulang gereja sempat ngobrol dengan pak Yusuf tetangga rumah yang buka bengkel las, ada yang menarik dalam ceritanya, beliau yakin Belitung Timur akan maju kalau rencana pelabuhan kargo petikemas di Dendang (teluk balok) Belitung bagian selatan yang berhadapan dengan laut Jawa dan berseberangan dengan DKI Jakarta tahun depan mulai direalisasikan. Bahkan beliau masih ingat ketika pak Ali Sadikin gubernur DKI, Pak Ali sadikin pernah menginginkan pulau Belitung masuk dalam wilayah DKI saja, sehingga menjadi penopang DKI dalam hal pelabuhan, pertahanan udara dan pertahanan laut termasuk sumber supply makanan laut dan hasil hutannya, dan yang mengejutkan, tetangga saya pak yusuf ini bilang ke saya, “kalau kamu mau sungguh-sungguh dan cepat bisa mewujudkan impian almahum ayahmu membangun Belitung, kamu bisa “rebut” Jakarta sebagai gubernur (setelah saya beri info ada pemikiran saya mau merebut jakarta jadi gubernur) beliau setuju sekali,dengan saya sebagai gubernur DKI di 2012 dan adik saya di Belitung Timur sebagai bupati,akan terjadi kerjasama yang luar biasa saling mendukung menghadapi AFTA 2015 (catatan saya yang infokan ada perdagangan bebas asia tenggara di thn 2015), kalau jadi gubernur Babel 2012 masih harus membangun infrastruktur sudah tidak waktu sudah tidak cukup, tetapi menggunakan fasilitas infrastruktur yang sudah ada dan membenahinya hanyalah ada waktu jika rebut DKI 2012. Saya setuju sekali pemikiran ini 🙂

11:45:05 Menerima mantan kepala PDAM Beltim yang baru lepas dari penjara karena tuduhan korupsi penyalahgunaan wewenang, ditengah obrolan ada telepon masuk dari wartawan pos Belitung soal kapal isap timah di laut, saya intinya inginkan kembali ke kapal keruk yang dilakukan Belanda, dimana kapak keruk terbukti tidak merusak seperti kapal siap, timah laut harus dimanfaatkan buat kesejahteraan rakyat banyak, bukan jadikan pertentangan di antara nelayan karena ada “uang sogok” per kg timah untuk nelayan yang juga pembagian tidak jelas dan tidak cukup, biarkan nelayan tetap mendapatkan hasil lautnya.

14:10:45 acara dimulai, kata sambutan dari Pemuka kampong (dukun), nanti kades, camat, bupati diwakili dan saya dikasih kesempatan memberikan pesan-pesan.
Ada kades desa tetangganya, 2 dukun dari Tj rusa belitung,

Anggota DPRD Belitung Timur yang tinggal di desa ini pak Ardian dari partai Hanura .
14:26:16 kata sambutan kades Batu Penyu.
14:35:02 kata sambutan Camat Achmad Tisur.
14:48:58 sambutan Bupati Beltim diwakili staf ahli pak Arbaie.
15:15:29 setelah kata sambutan aku dan doa secara Islam, kami tutup dan acara ramah tamah
15:36:56 kami foto-foto dengan pak dukun dan pejabat lainnya.
16:04:28 tiba di rumah, mengajak teman-teman dari Univ paramadina melihat SD Muhamadiyah lokasi aslinya dan didepannya terdapat SMP Negeri 1 (smp jaya bakti) tempat saya sekolah, dan dengan diantar staf saya, teman-teman dari Univ. paramadina melihat lihat SD PT Timah dalam film, dan SDN 3 tempat saya sekolah. Saya tidak ikut, teman-teman dari Univ paramadina ketemu ibu muslimah guru aslinya SD muhamadiyah dulu, sekarang sudah jadi PNS.

Malam ini janji ketemu pak Kades Batupenyu mau bicarakan pembangunan di desa dengan menggerakkan gotong royong dana masyarakat, caranya setiap keluarga komitmen menyumbang tiap bulan berapapun, selama masa pembangunan, saya akan ikut menyumbang sesuai dengan yang masyarakat lakukan,dan aku akan lebih besar dari mereka termasuk pengusahanya, ini pelajaran untuk gotong royong dan kebersamaan, bukan menjadikan pejabat sebagai “Robin Hood” yang mencuri untuk rakyat dari APBN/APBD, semua harus bedasarkan keihlasan dan kemampuan sesuai penghasilan halal dan sah.

20:04:19 Berbincang-bincang dengan rekan-rekan dari Bangka yang menginap di homestay hotel di rumah, karena ikut lomba motocross.
20:21:21 ternyata pak Kades yang janji ketemu sudah di rumah, beliau tidak enak ganggu aku yang sedang ngobrol di belakang .
21:21:19 pak kades meninggalkan rumah, saya memberi bantuan Rp.1 juta untuk pembangunan sanggar seni, dan kepada yang rumahnya tidak layak, saya juga berikan bantuan Rp.1 juta.
Saya juga mengajarkan ke pak kades untuk berperilaku transparan memasukan dalam APBDES sumbangan-sumbangan pihak ketiga/pengusaha dan setiap rencana pembangunan tercermin dalam APBDes dan melalui musyawarah rencana pembangunan desa (musrenbangdes).

Kalau tidak bisa dianggap temuan oleh inspektorat dan bisa masuk penjara kadesnya. Tawaran sumbangan sukarela bulanan ke masyarakat tidak jalan, karena masyarakat curiga dan tidak percaya kepada Pemdes, Masyarakat tahu selama ini Pemdes suka minta bantuan ke pengusaha di wilayahnya, hal ini jelas pungli tidak sehat atau sumbangan sukarela tanpa tekanan yang membuat biaya ekonomi tinggi dan rawan penyimpangan dari tingkat desa-pusat? Sebaiknya semua harus masuk resmi ke kas dan tidsk ada pungutan atau sumbangan tidak resmi kepada pengusaha, kalau ke rakyat adalah bagian keikhlasan dan azas gotong royongnya.

21:46:39 masih ada 1 tamu ingin tahu apakah saya akan ikut Pilgub Babel 2012 atau tidak, saya tahu orang yang sama juga laporkan ke gubernur, Saya jawab sederhana, kalau gubernur saat ini berani stop kapal isap timah yang merusak dan hanya ijinkan kapal keruk untuk beroperasi, maka saya demi lingkungan dan biota laut juga mata pencaharian rakyat di laut, rela tidak maju di pemilihan gubernur Babel, tetapi jika tidak,cmaka saya terpaksa mencalonkan diri demi melawan usaha perusakan lingkungan ini.

21:48:42 saya akan keluar temui orang tersebut lagi. Akhirnya ujung-ujungnya dia minta dana juga buat ke Bogor karena mertuanya meninggal disana. Jadi jujur saja orang yang seperti ini selalu ujung-ujungnya minta dana dan minta bantuan.

BTP

  • Share/Bookmark

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply