KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BERITA, Catatan Ahok, NEWS, Sudut BTP, Tentang Ahok » Laporan Kunjungan Kerja Basuki ke Singapura

Ahok – Berikut laporan langsung kunjungan kerja Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama ke Singapura , 19-21 Oktober 2015.

2.39.14 PM perjalanan menuju ke bandara, bersama bu Tuty Kepala Bappeda.
3.23.24 PM tiba di bandara Soeta
3.40.24 PM nunggu di ruang tunggu. Manfaatkan waktu bicara dgn komut pt jakpro pak Boyke, mendapat penjelasan dan paparan soal capital market dan rencana2, non deal road show yg kami lakukan saat ini ke singapura, dikasih tahu beliau, hanya menyampaikan informasi2.
4.06.19 PM panggilan boarding
4.27.42 PM dlm pesawat, 4.38.41 PM boarding, take off 4.44.27 PM.
Semua rombongan ikut naik kelas ekonomi garuda, komut dan presdir bank dki dan komut jakpro, termasukka bpkad, ka bp bumd pm dan ka bappeda semua di kelas ekonomi, saya pilih ekonomi karena penerbangan di bawah 2 jam
Pakaian yg mau batik tdk jadi, karena bawa tas kecil jas yg akan dipakai besok dicara resmi pasti lecek dan malam ini tdk keburu buat gosok jika acara begitu tiba sampai malam.
Landing, waktu wib , singapura 1 jam lebih cepat 6.10.15 PM , sudah jam 7 10 singapura, acara di KBRI jam 8 (waktu) Singapura
6.24.48 PM mau keluar imigrasi
6.38.48 PM otw KBRI
Dijemput pak Ridwan Hasan, wakil dubes kita di singapura, naik alphard KBRI 7.46.05 PM (singapura)
8.05.15 PM tiba
Lagu Indonesia Raya
8.20.41 PM jadwal 20 30 mulai, lebih cepat dan sesuai jadwal n istri saya hadir juga, ikut rombongan pergi melihat lihat museum2 di singapura, berangkat sekalian bisa share kamar
Habis bicara,

Tanyajawab:
1.usaha apa buat dukung bisnis MEA, soal start up bisnis, soal keringanan pajak, masyarakat kelas menengah ke atas beli rumah?
2.apa ada kesempatan buat bangun start up, IOT (internet of things)?
3.masalah kemacetan hambat pulang ke jkt, siap dgn kriminalitas, solusinya?
4. mau apa yg kami bantu bapak, dan cara rangkul kami kembali ke jkt, jika tdk terpilih lagi, koruptor lagi? Minimal gaji 61 jt
5.pertanyaan dari wa. Org IT bisa dukung smart city,
Jkt tdk aman utk wanita dan anak2, gimana MRT dan LRT seaman singapura
Aset management akan invest diluar negeri
Smart city dan kreatif? Definisi smart city
10.07.26 PM pulang habis foto2 dengan peserta ke hotel
10.23.06 PM tiba kembali ke hotel, mandarin
Besok pagi sarapan bersama LTA singapura, jam 7 30
Mau mandi dan makan, belum sempat makan malam, apresiasi warga indonesia yg hrs diluar karena ruangan dlm tidak muat. Kapasitas ruangan dlm hanya 500, diluar 1000 org
Yg luar biasa, ternyata kbri kita di singapura merupakan KBRI terluas didunia? 3,2ha lahannya

Hari ke-2

5.34.08 AM siap2
LTA pertama bangun LRT di bukit panjang makan waktu 3 thn utk bangun 7 km saja, kami ingin belajar agar bangun 51 km dlm 3 thn bisa terlaksana dgn dokumen kontrak yg benar dan kontraktor kelas internasional yg kerjakan, dokumen lelang dll, ada jakpro, pembangunan jaya ikut, termasuk bank dki, utk sistem tiket dll, mereka dari LTA berempat.
7.42.12 AM mulai pertemuan
Ketemu dengan Mr. Sim Wee Meng dan timnya, mereka butuh 41 bln utk bangun lrt, jelas tdk keburu utk asian games 2018. Pembebasan lahan dan sistem testing butuh 20 bulan, perlu turn key untuk percepatan. Lta pertama kali bangun lrt di bukit panjang pakai performance-based contract, kontrak tidak mengatur spec secara spesifik yang penting kinerja tercapai. Lebih mudah dan cepat, tapi masalah dikemudian hari karena kontrak lemah dan optimasi biaya oleh kontraktor. Kontrak DKI harus kuat di specnya dari awal, belajar dari pengalaman lta.  Lrt  singapura hanya 1-2 gerbong dan pakai rubber wheel sehingga bisa radius 60m. DKI butuh kapasitas lebih besar. Trase yang terlalu meliuk liuk tidak baik, terlalu membebani mesin sehingga sering maintenance.
9.01.59 AM berangkat ke Marina Barrage buat simpan air, bendungan, kira2 350m bendung, sehingga teluk jadi danau, juga untuk pengolahan air minum dan pencegahan banjir. Minum newater, air minum hasil pengolahan air limbah. Jakarta harus leap frog, jangan buat kesalahan yang sama dan pakai teknologi terbaru Singapura.

9.12.15, sampai Ke kontrol room LTA, intelligent transport system centre Rute bisnya sampai 300 an, walau ada mrt lrt dll, brt tetap diandalkan Kuota taxi tdk ada, selama memenuhi standard taxi dan mereka mampu investasi, uber taxi juga mereka minta hrs sesuai perusahaan taxi, jadi uber taxi diijinkan jika mobil2 yg dipakai mendaftar sbg perusahaan rental dan bayar asuransi dan pajak dari pemilik mobil dan daftar bg perusahaan, mobilnya hrs komersial asuransi, bukan asuransi pribadi, daftar bg perusahaan rental/sewa. ERP di Singapura balik dalam 5-6 tahun, kuncinya di enforement. Singapura mau pakai ERP dengan GPS, masih dipelajari karena mahal (investasi 2 juta usd) dan signal tidak konsisten.
11.27.43 AM tinggalkan lokasi, menuju HDB (housing development board)
11.46.33 AM sampai di HDB. Service charge murah, $18-21/bulan. Bisa sistem rental untuk yang kurang mampu, hanya bayar $90/bulan dan dievaluasi tiap 2 tahun.
12.34.38 PM ke KBRI makan siang dgn para pengusaha singapura dan menteri Ong Ye Kung yg dulu dari Keppel Land. Sekarang acting minister of education dan Senior Minister of Defence.

Tiba di KBRI 1.08.17 PM makan siang Sambil diskusi bisnis beberapa aja
2.25.03 PM sekarang ketemu investor sekitar 300 an
2.32.59 PM mulai acara investment and business opportunities in jakarta, paparan 13 proyek investasi dki jakarta.
3.03.29 PM tanya jawab setelah paparan. Banyak pertanyaan seputar project, masterplan transportasi Jakarta, waste management, rusun, erp, reklamasi. Pertanyaan tentang aturan yang memaksa pengendara mobil memakai joki, pandangan atas stabilitas politik dan pengaruh transisi kepemimpinan terhadap pembangunan.
5.09.58 PM tiba di hotel. Intinya segera dirikan perusahaan aset management bersama para investor
5 40 hrs jalan ketemu bos Temasek
5.45.02 PM di jalan,telat
6.00.27 PM sampai. Pihak mereka telat
6.12.00 PM baru tiba, istri gabung makan
6.25.55 PM Pak Dhanabalan datang, mantan Menlu singapura yang jadi senior advisornya Temasek. Madam Ho datang bersama kepala group markets, consumer dan real estate Temasek. Makan tidak terasa sampai 3.5 jam, diskusi tentang rencana asset management, proyek2 pembangunan Jakarta dan keluarga.
9.48.02 PM selesai dikusi dgn madam ho dll, mau teruskan dgn staf ngobrol bentar dgn beberapa org indonesia di singapura
10.37.18 PM pulang ke htl, istri ikut semalam, tdk jadi pulang sore ini, besok pagi ikut bareng, melihat gedung2 tua ke urban development singapura melihat renovasi gedung tua
11.02.59 PM tiba kembali ke hotel, Besok sarapan bersama Menlu singapura dan wkl dubes kita

Hari ke-3

6.15.12 AM siap2
7.47.46 AM ketemu menlu Dr. Vivian Balakhrisnan didampingi bu Tuty ka bappeda dan pak wakil dubes Ridwan Hassan.
9.28.05 AM selesai
9.32.0 AM ke bandara, bersama pak wakil dubes Ridwan hasan dan pak Michael Gautama vice chairman kadin di singapura
10.03.51 AM tiba di bandara
11.24.38 AM boarding, pesawat telat 20 menit
Banyak wni nginap di mandarin hotel utk keperluan berobat di singapura dan IDI hrs bisa menjawab masalah ini utk kedepannya, alat2 kesehatan tdk kalah dgn singapura
Siap2 take off 11.48.30 AM
1.16.10 PM mendarat di jkt, waktu jkt 12 16 pm
Dari landing sampai turun cukup lama nunggu antrian 12.32.15 PM baru berhenti
12.43.11 PM naik mobil kembali ke rumah nanti jam 15 ada acara konferensi tranparansi di sari pan pacific hotel. Janji ke drg diundur jam 16 30. Kerjaan disposisi dan ttd yg senin selasa rabu, dikerjakan dirumah, tidak mampir kantor dulu.  [Ditulis oleh Basuki T. Purnama]

 

  • Share/Bookmark

23 Responses to “Laporan Kunjungan Kerja Basuki ke Singapura”

  1. Laporannya lengkap Pak bahkan sampai level menit dan detik. Banyak yg dpt kita pelajari dari Sing, ttg LRT, MRT, jaringan transportasi terpadu, pengolahan air minum, air limbah dan banyak lagi. Utk keperluan jkt jangka pendek contohnya Asian Games 2018 perlu cepat alih teknologi , ini bisa dimengerti. Tapi utk jangka panjang perlu ingat utk pembangunan SDM2 unggul yg dpt menghasilkan karya anak bangsa. Indonesia bisa!

    Reply
  2. there is one more important project to be done in Jakarta: renovation of the airport and its Air Traffic Control. Did you saw Changi Airport? isn’t it nice? “bandara Soekarno Hatta bisa dibuat lebih baik arsitekturnya dibandingkan mal-mal di ibukota”

    Reply
    • Soekarno Hatta Airport located in Banten province, not Jakarta

      Reply
    • Bandara Soekarno-Hatta bukan punya Jakarta, Pak. Punya Banten.

      Reply
    • Bgmn bs renov airport and air traiffic control bos?? itu bukan wewenang gub dki, itu wewenang pusat gw rasa itu d kementrian perhubungan ato BUMN. sala alamat lu lapor k pak ahok

      Reply
  3. DPRD pasti ga percaya nih , besok anggarin mau ke s’pore juga , mau kunjungin tempat tempat yg dikunjungi Ahok
    Tetapi Madam Ho , Ga mau terima Topig ,Lulung Dkk , ngapain nemuin sampah
    wkwkwwkwkw

    Reply
    • Akhirnya DPRD cuma pelesiran aja di Ochad Road , sama waktu ke Bali cuma mampir ke Toilet DPRD Bali.
      Ngabisin duit rakyat kaga karuan , hehehehe

      Reply
      • Ember, emang bener, beda nya sama Ahok, kalo pak Ahok urat takut nya putus. Kao dprd urat malu nya putus. Kesamaan nya sama sama putus urat.

        Reply
  4. gak ada pejabat manapun setingkat Gubernur yg laporannya spt ini dan dishare ke publik, hanya baru Ahok aja di dunia…!! Bravo Ahok, maju terus…..!!!!!

    Reply
  5. Great pak Ahok, semoga bukan Jakarta saja yang akan di bangun seperti Sing. Kota2 lain juga. Ngiri lihat sistem transportasi dan fasilitas umum lainnya di sana. Sangat tertata dgn baik. Dan yang penting masyarakatnya juga harus sadar diri dan tertib mengikuti peraturan.

    Reply
  6. sak, vidionya kunjungan ke belanda sama sinapore di up load donk…jgan kebanyakan di edit.gak asik.otreee

    Reply
  7. Penasaran pak ahok,Berangkat ke Singapura habis berapa ya biayanya ? biar bisa dibandingkan dengan wakil rakyat terhormat yang numpang kencing di bali.

    Reply
  8. kerennn… bisa yaa sampe detiknya ditulisin.

    mau menanggapi salah satu tulisan bapak tentang alat kedokteran di Indonesia yang gak kalah dengan singapore. emang bener, pak.

    masalahnya bukan hanya pada peralatan aja, pak. tapi penanganan pada pasien. para dokter di Indonesia (kebanyakan) dalam perawatan pada pasien tidak menjelaskan secara detail kepada pasien tentang penyakit dan obat yang dikonsumsi oleh pasien. sedangkan para dokter disana, memberikan penjelasan sangat detail tentang penyakit dan obat-obatan yang akan diberikan kepada pasien. hal tersebut mendatangkan efek ketidaknyamanan pasien dan keluarga pada dokter di Indonesia. sehingga walaupun lebih jauh dan lebih mahal, orang Indonesia lebih suka ke Singapore atau malaysia.

    demikian, pak ahok..

    selamat berkarya bagi bangsa, pak. Tuhan memberkati.

    Reply
  9. Very Good,Pemimpin Teladan.
    Semoga genarasi2 muda indonesia bisa belajar dengan panduan kepemimpinan Pak Ahok untuk re generasi.Indonesia pasti bisa,terus bersatu untuk membangun NKRI yang beragam jadi satu.Sukses buat Pak Ahok,teruslah berkarya untuk indonesia.

    Reply
  10. Laporan yg lengkap, detail dan banyak bermanfaat.
    Rasanya pingin lihat & membandingkan dg laporan kunjungan kerja DPRD-DKI, jamin pasti abal2 & habisin uang rakyat saja.

    Reply
  11. Lain kali kunjungi pelayanan di Town Council,pak. Belajar bagaimana pelayanan di level kecamatan, kelurahan, sampai RT. Juga blajar dari pelayanan kantor polisi. Damkar juga. Sangat berbeda dari jakarta.

    Reply
  12. Yang “paling menarik” adalah komen dari Bestari si kelewat gendut dari Hanura, bahwa dia tidak percaya rundown ini ditulis PakGub sendiri dari kalimat2 dan kata2nya dan randomnya (Mas Iqbal!!halloo) nampak sekali itu hanya gaya BTP. Sejak waktu di DPR Pak Basuki ini selalu mencatat semuanya, telah diberitakan pula!! DPRD itu sepertinya hari2 kerjanya menjadi mata2 untuk setiap gerakan PakGub apapun yang dilakukannya ada komentarnya. Ini ya pekerjaan
    dewan yang terhormat! Insane! Hanya ini pekerjaan DPRD yang dibayar rakyat. Rakyat JKT bubarkan DPRD seperti ini! Kalau tidak disertakan karena itu jangan salah dan ketuanya Bung Pras jangan merengek seperti anak kecil, nah kalau bisamu hanya mata-mata dan mencari-cari kesalahan itu lebih dari memalukan ini wakil rakyat JKT ya dan maunya dihormati, kasep banget!
    Kami menunggu si Soenirman itu bicara dengan uang siapa Bu Vero ikut ke SING perhatikan pembaca sebentar lagi ditanyakan. Itu kerja DPRD numpang kecing semua!

    Reply
    • 1. Sah-Sah aja istri Gubernur mendampingi suaminya dalam kunjungan tugas. Secara kan dia juga otomatis terlibat dalam tugas kedinasan (mis. Ketua Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita DKI, dll…), kalo sekelas bu Vero, bukan plesiran yg jadi agenda utamanya apalagi cuma ke Singapura aja, ga kaya ibu2 pejabat yg dompleng suaminya kalo lagi tugas-(tugasan) ke LN sementara dianya shopping2 pake uang rakyat. Tapi yg pasti Gw yakin kalopun bu Vero pake uang dinas, pasti pertgjwbnnya transparan.
      2. Kalo ternyata bu Vero pake uang pribadi ke Singapura, dan misinya mendampingi & support suaminya dalam bertugas….wooowwww…. terkutuklah kau mereka, pejabat2 dan DPRD yg dah suudzon, bibir nyinyir, iri dengki

      Reply
  13. Paling senang melihat PakGub sebelahan dengan Pak Heru Budi Hartono atau Bu Tuti, selamat menembak every1, keep up the hard work!

    Reply
  14. Salut for DKI 1.

    Reply
  15. bravo pak ahok ! . kalau saja pak BJ Habibie melanjutkan pekerjaannya dibatam , batam bisa seperti singapore sebagai kota industri yang maju di indonesia , namun karena pengaruh yang lain dimana anti pengaruh barat , jadinya batam harus gitu-gitu aja deh. moga aja pak ahok bisa buat anti itu menghilang..

    Reply

Leave a Reply