KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BALAI KOTA, BERITA, NEWS, Sudut BTP » Jumlah Gaji Gub dan Wagub Bulan Desember

Ahok.Org – Berikut jumlah gaji yang diterima Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki T. Purnama untuk periode Desember 2012.

Jokowi menerima gaji sebesar Rp 3.406.928 sedangkan Basuki menerima gaji sebesar Rp.2.768.528.

Perincian:

Gaji Pokok Tunj. Istri Tunj. Anak Tunj.Beras Jum. Kotor Jum. PPH Jum. Diterima
Jokowi 3.000.000 300.000 60.000 226.240 3.586.240 179.312 3.406.928
Basuki 2.400.000 240.000 480.000 226.240 2.914.240 145.712 2.728.528

-

Selain gaji, Gubernur dan Wakil Gubernur juga menerima Tunjangan Jabatan Pejabat Negara berdasarkan SE Dirjen Anggaran No. SE-176/A/2000 tangga 6 Desember 2000.

Jumlah Tunjangan Jum PPH Jum Diterima
Jokowi 5.400.000 270.000 5.130.000
Basuki 4.320.000 216.000 4.104.000
  • Share/Bookmark

59 Responses to “Jumlah Gaji Gub dan Wagub Bulan Desember”

  1. Ada yang tahu gaji anggota DPRD yang tidak hadir pada rapat paripurna kemarin (20/12)?
    Kalau gaji dan tunjangannya lebih besar dari Gub/Wagub kita ya keterlaluan!!!

    Reply
  2. Gaji pokok paling gede apa di BI dan DepKeu?
    Gaji Pokok kelihatannya terlalu kecil.. dikit di atas UMR…. Pusing lihatnya… Rasanya sistem remunerasi nya ada yang salah dehh… merangsang pejabat berbuat korupsi…Tunjangan Operasional malah sangat besar…bikin khilaf mata..
    Salam Jakarta Baru

    Reply
    • weleh weleh gaji cuma segitu buat seorang gubernur dan wakil gubernur harusnya sama dengan gaji bos BI.
      bener bener ga masuk akal… aneh bin ajaib
      jadi sengaja di buat wilayah abu abu di tunjangan operasional….agar bisa di mainkan…

      Reply
    • Iye, gaji pejabat BI/DepKeu rata2 diatas 50 jota bos! Tapi yg perne ane denger sih gedean punya orang2 BI bos! Scr mereka yg mengatur cadangan devisa/valas, bank2 di tanah air, dan bank/credit rates (dulu juga ngatur biro jasa keuangan klo ga sale, sblm diambil OJK skrg).
      Kalo sale mo-on maap, ane kurang ahli di bidang ekonomi, baru balajar, masih noob. :D

      Reply
  3. lho kok lebh dikit dari upload yg waktu dulu itu? berarti tunjangan itu dikeluarkan bila perlu ya? wah kalo gtu saya usul gaji Gubernur dan wagub DKI dibesarin lagi dunk…

    Reply
  4. ini asli gajinya????
    gak pantes JB nrima cuman segitu..
    TAMBAHIN!!!!

    Reply
    • asli mas, – ahok.org

      Reply
      • bakso asli apane…? gajih kabeh! jenenge sing pas “bakso gajih”! :D

        tapi ahok.org emang ‘pancen oye’ punya… dah jaminan mutu punya, ya masbrow Sak? ;)

        Reply
  5. salut transparannya..smoga pian selalu sehat dan sejahtera..

    Reply
  6. OMG…. prihatin … Siang malam kerja dlm 7hari/minggu untuk negara dan rakyat sungguh patut dihargai dan dihormati… Angkat topi untuk JB…

    Reply
  7. itu asli bos?
    Gak salah gajinya segitu?
    Jujur, koq dikit bgt ya?
    ga pantes lah JB dpt duit cm segitu…
    Di kantor ane, gaji manajer aja 2 digit bos…
    Ini koq ngurusin ibukota cuma segitu?
    Keluarganya trus gimana?
    Ga mungkin kan ngambil jatah tunjangan operasional buat bayarin anak sekolah?
    Klo mau usul naikin gaji, caranya gimana ya?
    Maaf, buat ane agak mengganggu soalnya klo gajinya cuma segitu…
    Trims sebelumnya :)

    Reply
  8. hayo, kepala dinas boleh tuh ‘dihimbau’ serupa :)

    Reply
  9. mestinya tujangan istri dan anak ya yang logis. masa segitu. Ini yang akhirnya memancing pejabat korup. lha yg jujur kayak JB khan kasihan… jujur sediihh bgt liatnya. gaji saya di leasing jauh lebih besar drpd Gubernur. pdhl saya cuma ngurusin kredit mobil saja.. Tolong itu anggaran buat JB dinaikan.. saya usul sebagai warga

    Reply
  10. @Yuno, angka yang diatas itu adalah bersumber dari APBN ada angka yang bersumber dari APBD sejenis TKD (tunjangan Kerja Daerah) yang nilainya max 10 x jumlah diatas (tepatnya saya lupa,silakan kalau ada yang melengkapi)

    Reply
  11. Bangga punya pemimpin yang seperti ini (y)
    sosok pemimpin sejati itu tidak mengutamakan dirinya sendiri tetapi mengutamakan kepentingan bersama :)

    Reply
  12. Saya bingung dengn pembagian gaji dinegara ini. ada dr APBD, APBN, berarti dlm sebulan bukan cuma sekali ya terima gajinya? Kenapa ga digabung aja sekalian APBD+APBN?

    Kalo seperti diataskan kelihatannya sangat sedikit. (MOhon dibalas ya Admin).

    Reply
  13. baru pertama kali saya lihat pejabat transparan mengenai gajinya, salut sm Pak Jokowi & Pak Basuki…

    Reply
  14. Hah gila kali yang buat aturan gaji segiitu…perlu dievaluasi tuh. Staff pajak aja biar ngak korupsi pak SBY naikin gajinya…ini kelola uang trilyunan gajinya segitu apa orang ngak ngiler untuk korupsi ? Kalau ngak Pak JB..bablas kale

    Reply
  15. gila gila gila !!!!!!!!
    Masa Gubernur digaji segitu ????
    Dulu pak kwik pernah usul agar gaji pegawai di naikan secara signifikan tapi kalau ketahuan korupsi dikenai sangsi yg sangat berat. Ini untuk mencegah terjadinya korupsi. kan lebih baik gaji dinaikan tapi a ada korupsi. Daripada kelihatanya gaji kecil tapi korupsi begitu menggurita yg malah bikin negara hancur.
    tapi usulan pak Kwik banyak ditentang oleh politisi2 yg sok membela kepentingan rakyat.
    Akibatnya bisa dilihat sendiri sekarang.
    Pegawai pajak kelas rendahan model si gayus aja bisa punya duit puluhan milyard di accountnya. Itu baru seorang gayus. Gimana dgn ribuan gayus2 lainnya ?? gimana dgn pejabat2 yg lebih tinggi tingkatnya dr gayus????? Kalau Indonesia masih belum bangkrut itu karena Tuhan masih sayang dan sabar dgn Indonesia. Tapi sampai kapan ???
    Ayo teman2 jgn cuma baca dan nulis komentar disini, ayo do something bagi Indonesia yg lebih baik.
    Ayo kita dukung “manusia2 langka” ( Jokowi Ahok ) yg masih tersisa di Indonesia.
    Saya pribadi belum pernah percaya dgn pejabat negara atau politikus di Indonesia kecuali Jokowi dan Ahok

    Reply
  16. @Yati, sudah sejak masa diberlakukan otonomi daerah, sistem pengupahan di daerah bersumber dari dua Anggaran (APBN & APBD), pada prinsipnya semua pegawai yang sudah menjadi PNS adalah pegawai dari NKRI dan bisa dipindahkan kemana saja sepanjang yang bersangkutan mau,diluar dari itu daerah juga punya pendapatan yang mutlak milik daerah yang disebut PAD, makin tinggi PAD nya makin besar insentif yang diperoleh bila ditempatkan didaerah tsb, di Jakarta dikenal dengan nama Tunjangan Kerja Daerah bagi pejabat struktural, sedangkan bagi pegawai fungsional seperti guru nama insentifnya Tunjangan Fungsional, besar kecilnya insentif ini akan sangat dipengaruhi kebijakan sang Pimpinan Daerah dan tingkat korupsi didaerah tempat PNS bekerja.

    Reply
  17. @sak, tolong di bawah posting ini ditampilkan link ke:
    ahok.org/berita/news/biaya-penunjang-operasional-kepala-daerah-dki-jakarta/
    dan
    ahok.org/berita/news/laporan-penggunaan-biaya-penunjang-operasional-wagub-dki-okt-17-des-2012/
    agar tidak bias.
    Sebenarnya Wagub bisa mendapatkan 350 juta/bulan (jika diambil semua).

    Reply
  18. Kalau gaji segini, ngapain orang keluarin duit sampai milyaran untuk jadi kepala daerah. Pasti ada alasan logis sehingga orang mau mati-matian jadi kepala daerah, apakah demi pengambian, kekuasaan, atau peluang memanfaatkan kekuasan untuk harta?

    Ini sitem gila, tidak masuk akal yang berlaku di Indonesia. Ayo pak Wagub, tolong anda sesuaikan dan hitung berapa pantasnya gaji Gubernur dan Wakil Gubernur.

    Reply
  19. yg hrs dikasihani itu bkn ahok-jokowi yg teguh janji pd sumpah jabatan, tetapi pjbt2 indo laennya yg telah berani makan sumpahnya sendiri.
    PNS = pengabdian.
    bkn/ jgn gaji jadi alasan utk korup, tetapi emang mentalnya jawara maling.

    Reply
  20. Pa Baz, bicara soal pendapatan adalah yang dikenai pajak (PPH), Tunjangan Operasional dll yang tidak kena dikenakan pajak itu daerah abu2 (grey Area).. Pa JokoWi dan pa Baz akan mengembalikan ke Rakyat…
    Jadi Gaji Pokok harusnya yang setara dengan Swasta…
    Ga Pantas dehhh, apa kata duniaaaa

    Reply
  21. Masih pada lom baca link yang sy kasih yak? Link ke dua yg sy post ttg pendapatan kepala daerah diindo malah ga ditampilin..disitu tertulis gubernur danwagub dki bisa dapat sekitar 15 M setahun, ktitis donk, info diatas hanya sebagian pendapatan dr yg didapat pak gubernur dan wagub. tolong info yg disebar ke publik juga yg bs dipercaya..zzzz…sy tidak antipati pd ahok dan jokowi namun tolong infonya yg benar

    Reply
    • Yang besar itu Tunjangan Operasional… dikembalikan ke Rakyat itu semangat Jokowi Bazuki.. jika lebih kembali ke kas daerah

      Jadi berapa dapat per bulannya di tambah tunj Jabatan..??

      Reply
  22. Nah itu yg perlu diketahui bung..bukan data spt diatas yg bisa menyesatkan dan menimbulkan perbandingan/pemikiran jelek pada pejabat lain.seolah olah pak jokowi dan pak baz ini manusia tertindas..zzzz..rakyat indonesia yg pro transparansi dan berjuang melawan korupsi bukan mereka saja kok…mari bersatu dgn mulai berpikir kritis shg tidak gampang terbawa arus…gw brrharap perubahan indonesis bukan hanya sekedar pencitraan.. sekedar saran pak: sukses itu bukan cuma saat anda memegang system tp juga saat system sudah tidak anda pegang. Itu namany management system: pergantian pimpinan tidak membuat sistem goyah. Jika bagus saat masa anda doank, akhirnya nanti kebelakang hanya menimbulkan jejak berupa opini perbandingan antara yg lama dan baru. Salam dari saya (warga negara indonesia)

    Reply
    • @realistis…iya ya org2 koq gak baca dulu

      http://ahok.org/berita/news/biaya-penunjang-operasional-kepala-daerah-dki-jakarta/

      sebelum komen…

      keburu mengasihani dulu…

      btw salut utk transparansi Ahok… di link yg saya quote di atas katanya tunjangan operasional juga bakal ditunjukkan…wah semoga saja terjadi biar makin mantap DKI

      Reply
    • Sy bkn lah pendukung JB, di pilkada br san pun sy nggak coblos mrk, (golput) tp sy mencoba obyektif aja. Dr segi kemampuan, terus terang hingga kini sy masih meragukan apa mrk mampu memimpin Jkt. Tp stl sy baca rekam jejak mrk, sy cukup kagum akan kejujuran dan ahlak mrk dmn mrk pun saat ini kelihatan berusaha memperbaiki kondisi Jkt yg sdh nggak karuan krn pemimpin2 sebelumnya.

      Sy tergelitik dg tulisan pak realistis ini ttg management sukses, dmn katanya suatu sistim bs dikatakan sukses jika ganti pemimpin tp sistem msh berjalan dg baik. Agaknya pak realistis ini mungkin br pulang dr menetap di luar negri dlm wkt yg lama shg blm kenal karakter para pejabat kita :) .

      Mau sistem sebagus apa, sesempurna apa, kl yg duduk menjalankan adl org2 dg ahlak spt yg pejabat2 yg kt pny sebelumnya, apa yakin bs sukses? Sebagian besar sistem ( pemerintahan, hukumlah, aturan lah, dll ) itu sdh cukup okay bahkan bgs pak! Cuman manusianya yg kebablasan! Nggak bs dipercaya.

      Terus terang sy skr mulai ada kepercayaan terhadap karakter JB, meski untuk kemampuan, sy msh hrs lihat hasil nya dulu.

      Reply
  23. Tolong TKD nya di share juga dong…

    Reply
  24. Sekrg setiap org tahu berapa gaji mereka, klo mereka tlh berani membuka tunjangan2 yg diambil dr dana operasional (tlh dilakukan diawal Desember), maka kita semua bisa tahu kira2 berapa besar uang yg mereka dapat sebagai gub dan wagub DKI. Klo melihat data2 yg tlh dikeluarkan dan kerja keras mereka, sy kira mereka pantas utk menerima Rp200-300 Juta per bulan. Sekrg ini gaji mereka terlalu kecil, ini nggak bener!

    Reply
  25. Salam sejahtra Pak Ahok
    Sy kagum dengan transparansi yg Bapak lakukan andaikata semua pejabat Negara seperti Bapak Maka Negara ini kaya .karna bila mereka publikan hal penerimaan mereka Maka masyarakat ikut mengontrol bila ada pelanggaran alias korupsi.

    Reply
  26. wow, itu gaji pokoknya…beneran cuma segitu?

    Reply
  27. kalau setahu saya untuk gaji gub dan Wagub adalah yang paling tinggi seindonesia dibanding dengan gub / wagub yang laen.
    kalau gk salah perbulan 1.2 miliar,

    Reply
  28. Bagaimana Cara Perhitungan ? ? ? ? ?

    Tak terhingga masalah di Jakarta ! ! !

    Alasannya mau terima Gaji Seperti di atas karena Mengabdi kepada Nusa dan Bangsa, tetapi mengapa masih ada aja yang sirik,,, semoga semuanya dapat berjalan sesuai rencana Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur,,,keluarkan kembali semangat ’45 yang telah memudar.

    Reply
  29. saya warga DKI setuju bila gajih Gub adalah Rp 1 m dan Wagub RP 850 jt.

    Reply
  30. masa gajih Gub dan Wagub nggak sampai 5 jt.ini lucu banget

    Reply
    • Biar nanti pemerintah bayar pensiun pemerintah tidak berat??? susah jadi orang Jujur di Indo….

      salam JakartaBaru

      Reply
  31. Ini baru namanya transparansi. Semoaga saya bisa seperti Bapak. atau bahkan lebih baik #Amin.

    Sukses terus Pak Ahok dan Pak Jokowi

    Reply
  32. ini beneran apa sudah semuanya ne……maaf kayak gak percaya aja kalo total nominalnya cuma segitu.
    kalo bener berarti kita semua menjadi tahu dong apa yang dilakuin SUTIYOSO sehingga dia punya duit ampe puluhan bahkan ratusan milyar. PANTESAN NEGARA KAYA TAPI RAKYATNYA DI PERMISKIN

    Reply
  33. salut untuk bapak-bapak ini Jokowi dan Ahok, yang penting tanggung jawab dan loyalitas.. semoga berkah dan di beri kemudahan setiap kerja dan usaha’y untuk membenahi Jakarta.

    masalah gaji (uang) adalah efek samping yg penting halal, apabila anda berhasil.. maka kami rakyat indonesia pun tak segan memilih anda-anda jadi Peresiden kami.

    semangat terus pak…

    Reply
  34. Terima kasih karena begitu tulus sharing informasi gaji Bapak-Bapak sekalian. Gajinya terlihat sangat kecil. Saya sangat kagum dengan ambisi Bapak, membaktikan waktu dan tenaga untuk memperbaiki keadaan DKI yang kacau-balau, meskipun dengan gaji yang begitu kecil dibandingkan dengan tanggung jawab gubernur dan wakilnya. Semoga usaha Bapak-Bapak berhasil dan menjadi contoh untuk para pemimpin yang lain.

    Reply
  35. Sebagai warga negara ya perlu diketahui bagaimana Kiprah Jokowi di Solo. Karena semasa jabatanya, dia tidak pernah mengambil gajinya sendiri, dan mengembalikannya untuk kebutuhan masyarakat. Tuhan tidak akan menghambat rizki mereka atas perbuatan baiknya. Oleh karena itu, inilah saatnya sebagai penerus bangsa, sebagai pemuda, kita tiru cara hidup&sosial Pak Jokowi-Basuki. Biarlah yang lain menikmati uang-uang haram mereka. Memang sudah saatnya, bukan hanya di Jakarta yang perlu dirubah, tapi diseluruh Indonesia dengan cara-cara seperti beliau (Jokowi-Basuki).

    Reply
  36. gak jadi ah nyalon jadi gubernur :D

    Reply
  37. Untuk kelas gubernur dan wakil gubernur sebuah kota dengan anggaran 46 triliun gaji segini betul2 tidak layak. Sudah saatnya politisi dan birokrasi diupah setara dengan gaji profesional biar tidak ada kesenjangan dengan swasta dan menimbulkan hasrat korupsi

    Reply
  38. Total penghasilan gaji, operational, insentif pajak, dll + jabatan yg lain (di pemprov dki)
    Gubernur = -+ 1.2M
    Wagub = -+ 1.1M

    Mau 5Milyar juga saya dukung bila sesuai dengan pelayanan yang baik di segala bidang demi memajukan Jakarta Baru….(jangan lupa ya pak bagi2 ya hehehe)

    Reply
  39. Salut !!! Jokowi – Ahok – Mantap !!!
    Semoga muncul lebih banyak lagi orang-orang seperti Jokowi – Ahok di Indonesia.

    Reply
  40. pak coba sekalian kitir gajinya di scan

    Reply
  41. kasian amat kerja banyak gaji segitu

    Reply
  42. Semangat Pak…tujuannya kan bangun wilayah JKT.. masalah gaji jangan sampe buat hilang arah apalagi sampe mengambil yang bukan hak nya… Kalo gajinya dianggap terlalu kecil….berarti kurang ikhlas dong njabatnya… pokoknya buat Pak Jokowi – Ahok…semangat deh…yg di SBY sini juga dukung kok selama itu baik untuk rakyat semua..khususnya di Ibu Kota Negara,,semoga esok JKT bisa jadi lebih Baik dari sebelumnya..salam dari Surabaya.

    Reply
  43. Salut, salut, salut …… Mestinya para birokrat yg secara pangkat lebih rendah dari Jokowi dan Ahok,…tp bisa beli mobil Alphard, BMW, Merci, rumah mewah, aparatemen mewah ,,,,MALU, MALU dan MALU,,,,tp ya kl sdh bermental birokrat bobrok, ya mau diapakan lagi selain dipecat aja.

    Reply
  44. Ternyata gaji bapak gub dan wagub setara dgn ka skpd … relatif kecil dibandingkan tanggungjawab yang diemban.

    Reply
  45. semoga jakarta bebas macet
    bebas banjirr
    hidup jakarta

    Reply
  46. pak ahok cocok jadi presiden

    Reply
  47. maju terus,, kalo mau bersih memang yang terganggu.

    Reply
  48. Gaji gubernur emang kecil,tunjangan besar.
    klo buruh kemaren minta gaji 3.7 apa kaga mikir ya??

    Reply

Leave a Reply

Spam protection by WP Captcha-Free