KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » DPR, Komisi II » Laporan Reses 3-11 November (Belitung 5)

Ahok.Org – Semalam,saya konfirmasi dengan Basuri soal banyaknya sms yang tidak dibalasnya. Dia nyatakan semua dibalas, hanya waktu saja lama, lawannya sebarkan isu demikian dan soal pelayanan ambulan yang supir tidak ditempat, dan penolakan pelayanan darurat di RSUD buat pasien yang tidak bawa surat keterangan, juga mengherankan Basuri tidak pernah ada sms pengaduan demikian,kenapa tidak pernah diadukan, tapi ketika saya reses dipersoalkan kinerjanya?
09:08:13 Meninjau pertumbuhan pohon sengon yang kutanam 3 tahun yang lalu, belum capai diameter 20 cm. Sekitar 18 cm, sebagian kecil ada lebih, jadi pupuk kandang diperlukan, yang deket dengan rumah penjaga dan kandang hewan, lebih dari 20 cm, diharapkan 6 tahun bisa di atas 50 cm, masyarakat perlu ada contohnya.
09:39:57 Kami menuju Manggar,sesuai janji semalam meninjau proyek APBN untuk penahan lumpur yang beerantakan? (Laporan semalam). Kami ikut truk-truk pengangkut batu ke arah proyek karena batu yang selama ini diambil distop karena tanpa ijin, saat ini kontraktornya membeli batu dari Banten.   10:27:36 Kami tiba di lokasi proyek. Kami bicara dengan perwakilan kontraktor juga ketua RT kadus, saya ajarkan sms ke bupati jika kepala dinas tidak tanggapi usulan-usulannya,
10:55:13 Kami meninggalkan lokasi ada permasalahan tim survei proyek akan gunakan batuan lokal, ternyata kebutuhan sampai 8000 m3 kalau tanpa ijin,pemkab tidak berikan harus ada ijin usaha tambangnya beda dengan masyarakat secara kecil-kecilan kerjakan batu dan jual ke proyek2 pemerintah masih ditoleransi?
11:23:02 Kami makan nasi ayam, bakso ikan di warung makan Manggar di simpang jalan setelah melihat apotik ibu saya yang dikenakan pajak penghasilan cukup besar,,sedang kami teliti,jika memang kurang bayar harus dibayar.
12:15:42 Kami meninggalkan kawasan wisata terpadu Bukit Batu yang karena orangnya sedikit, binatang nyamuknya banyak,karena musim teduh angin laut sangat tenang seperti danau. Saya akan mampir ke pabrik yang saya dirikan dulu yang tidak beroperasi penuh untuk bertemu beberapa pegawai.sebelum menghadiri pertemuan menyerap aspirasi jam 15 di desa Pembaruan kecamatan Kelapa Kampit. Pabrik gravel pack sand ini (www.nurindra.co.id) terletak di desa Air Kelik, kecamatan Kelapa Kampit.
12:50:22 Tiba di pabrik
13:40:35 Kami meninggalkan pabrik,
14:11:16 Kami tiba di pasar Kelapa Kampit,mampir makan bakmi belitong dulu (bakmi pakai kuah udang).
14:34:06 Menuju kantor camat Kelapa Kampit, meninjau proses pembuatan e-ktp. Acara di kantor desa baru jam 15.
14:38:43 Tiba di kantor camat.
14:50:30 Kami meninggalkan kantor camat, dari 12,000 wajib KTP sudah capai 8000an, diperkirakan akan selesai sesuai jadwal di akhir Des 2011. Ketemu pak camat Sayono, kawan baik saya semasa SMP Jaya Bakti (jadi negeri kemudian) dan memakai rauang kelas SD Muhamadiyah (laskar pelangi). Kami menuju ke acara pertemuan.
15:01:46 Acara dimulai. Desa Pembaruan ini adalah desa pemekaran yang saya resmikan kantornya, sebagai bupati Beltim, Saat ini saya hadir kembali dimasa akhir kadesnya (selasa depan) yang sudah menjabat 6 tahun disini karena alasan umur yang batasan tidak lebihi 55 tahun, Saat ini aturan sudah hanya di atas 25 tahun, tanpa batas umur pensiun.
15:04:35 Sambutan pak kades, dihadiri pak camat, bpd, lpn, pemangku adat, tokoh agama, pemuda, tokoh masyarakat yang hadir. Undangan 80 orang, yang hadir 30an saja, karena waktunya yang jam 15 masih banyak perangkat yang jadi pegawai kebun sawit swasta. Cuaca juga mau hujan,mudah-mudahan hujan setelah kami selesai.
15:09:27 Giliran pak camat,
15:11:13 Giliran saya
15:21:34 Selesai sampaikan, harap jangan sungkan,sampaikan apa saja karena pejabat adalah pelayan rakyat yang bertugas melayani,dan bisa mendapatkan jabatan juga karena kuasa diberikan oleh pemilihan rakyat.
15:22:36 Pertanyaan:
1. Pak Samsu, ketua LPM. Katanya dipilih oleh rakyat. Amanah dari rakyat untuk rakyat, masalah paling umum masalah sawit,yang kedua masalah timah, ketiga masalah pemkab. Sudah pernah saya sampaikan ke pak Basuri (bupati), kami buka pintu dan jendela hanya lihat sawit saja, soal timah oknum nangkap dan buka lokasi sembarangan. Soal tanggung jawab otonomi daerah. Beltim akan bangun stadion. Sudah di buldozer, pemandangan tidak enak. Kalau ada orang marathon tidak enak, ada rumah pak Basuki menghalangi disana, coba dipikirkan oleh pak Basuki soal stadion itu bagus, Dihibah atau dijual? Alangkah bagusnya tanah dan rumah pak Basuki dilepas. Minta jiwa besarnya otonomi daerah itu mulus. Ini yang saya harapkan. Harap jiwa besar turut membangun Beltim serahkan.

2. Edi Purwanjaya,ketua komite sekolah. Bapak canangkan soal wajib sekolah gratis, masalah BOS sudah  dipatok di BOS (biaya operasi sekolah), jam guru harus disesuaikan jumlah murid dan kelas. Semua tertumpuk pada guru guru.dengan dana yang besar apa bisa berhasil? Subsidi silang agar yang mampu bayar, yang tidak mampu dari BOS tsb!
15:32:51 Aku jawab.
16:25:12 Selesai jawab,
Pak Samsu pasti tidak suka, aku sengaja kasih kesempatan ke beliau soal hibah gudang aku, dia mengerti. Hanya tetap ngotot. Katanya GOR akan jelek karena depan jalannya ada gudang dan komplek pak Ahok.
3.Pak Kades, UU 22/1999 sebelum otonomi desa paling kecil,terbesar adalah pusat, UU 32/2004 desa jadi diatas, otda buat desa jadi hebat, 44 menjadi kewenangan desa dari 48, akhirnya kades jadi presiden, bupati jadi presiden. Desa tidak dapat berbuat apa-apa semua harus lewat kabupaten jadi perang-perangan dengan bupati, desa paling sakit diubah semua kesejahteraan masyarakat langsung ke masyarakat.Saya masih ingat pesan pak Ahok sebagai bupati, juga ada dokumen tertinggal di meja kerja, semua harus diselesaikan, bisa 1-2 jam selesai,harus diselesaikan. Harap soal fungsi desa diperkuat,. Pemda kalau soal bansos hebat, soal keadilan sosial belum dilakukan. Di era otonomi daerah pemdes harus diberi wewenang,soal buat apbdes petanggung jawaban bisa sampai 5-6 kali perubahan. Kalau UU yang lama soal apbdes, akibatnya biaya administrasi jadi meningkat. Pernah terjadi 2007, desa Lalang sampai 12 milyar dan desa lainnya hanya 300 juta.
4.Romtani (pak tani), ingin sampaikan: Bpk anggota baleg, buat UU, tolong bapak buat UU, sekarang sedang hadapi perkara, kalau partai dibatasi jumlah uang yang diterima.buat aturan semua calon tidak boleh kasih apapun kepada rakyat, intinya apapun tidak boleh kasih apapun waktu calon,
Kenapa pak Ahok tidak loncat jadi ketua Demokrat Babel, mundur dari partai Golkar, pak Ahok masuk partai mana juga kami dukung. Asal maju pilgub Babel 2012.
5. Hamba Tuhan dari Gepekris Kampit, harap sabar saja, posisi dari Tuhan, sejauh mana pengetahuan ko Ahok (pakai ko panggil saya, hamba Tuhan ini suku Batak). Bagaiman perjuangannya soal oil refinary?
6.Fabri, selaku masyarakat mau nanya ke pak Ahok, dari media keliatannya pilgub Babel 2012, Pak Ahok dan pak Eko sama-sama dari partai Golkar, selesaikan satu-satu. Harap pak Ahok selesaikan!belum genap 1 tahun tinggalkan (saya lebih 16 bulan), lebih baik fokuskan di DPR RI agar Beltim tidak diabaikan). Sayang sekali kalau sudah calonkan diri ke Babel, kami kehilangan wakil di pusat. Banyak soal jalan 2011 dibatalkan, permainan birokrasi dan anggota DPRD? Jalan kami dialihkan. Sering saling lempar, kami kehilangan pemimpin!
17:25:19 Selesai jawab. Acara ditutup. Kami mau kembali ke rumah.
18:46:43 Tiba dirumah. Mau siap-siap makan, mandi dan ketempat kedukaan,ada tetangga yang meninggal.
19:59:31 Melayat ke tetangga yang berduka.  Cerita soal politik dengan beberapa pelayat,situasi di DPR, sampai soal orang meninggal kemana?
22:50:21 Kami pamit mau kembali ke rumah masing-masing.
23:05:42 Tiba di rumah. Berjalan kaki saja.

Gantung

BTP

  • Share/Bookmark
Tags: ,

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply