Basuki Bicara UMP Ideal Jakarta

12
220

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, seharusnya pekerja di DKI mendapat gaji ideal dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) mencapai Rp 4 juta. Perhitungan tersebut, kata dia, sudah termasuk biaya pendidikan dan kesehatan satu keluarga.

“Seorang lajang di DKI (gaji) sudah hampir Rp 2 juta. Itu pun tidak ada komponen asuransi. Sedangkan perkiraan kami, kalau di DKI dapat penghasilan Rp 4 jutaan. Nah, itulah UMP yang sesungguhnya untuk sebuah keluarga,” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Senin (1/7/2013).

Saat ini, menurutnya, hanya 40 komponen yang digunakan untuk menghitung Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Ke depannya, ia mengharapkan komponen yang dapat diperhitungkan lebih banyak mencapai 120 komponen.

Menurutnya, 40 komponen itu tidak termasuk asuransi dan biaya pendidikan. Dengan meningkatkan UMP menjadi Rp 4 juta, maka sebuah keluarga dapat hidup di Ibu Kota, dapat menyekolahkan anak hingga jenjang universitas, dan dapat menyicil rumah.

Nilai UMP DKI saat ini Rp 2,2 juta hanya cukup untuk membiayai pekerja yang belum memiliki keluarga. Sementara itu, banyak pekerja Ibu Kota yang telah memiliki keluarga sehingga ia merasa UMP DKI tidak memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Perhitungan di Jakarta pun, menurutnya, tidak bisa disamakan dengan daerah-daerah lainnya. Pasalnya, kebutuhan hidup di Jakarta berbeda dengan daerah lainnya.

“Tugas saya bersama Pak Gubernur itu membuat otak, perut, dan dompet warga DKI menjadi penuh. Kalau dompet mau penuh hasilnya harus Rp 4 jutaan,” ujar Basuki.[Kompas.com]

12 COMMENTS

  1. Idealnya begitu ko Ahok, andai biaya siluman bisa dipangkas, restitusi pajak bisa berjalan sesuai hak nya, dan pengusaha nya tdk serakah, tp memiliki hati mensejahterakan pekerja nya.
    Pasti bisa tercapai.
    Yg ada sekrg, bos2 terus aja teriak rugi, keuntungan sedikit, hutang perusahaan harus dibayar dahulu, hehehehee lagu lama…
    tapi pekerja bisa melihat, asset mereka bertambah terus, kekayaan makin bertambah, rumah, mbl dll… bukan nya iri hati, tapi patut tdk berlaku seperti itu?

    Semoga mereka bisa tersentuh hatinya, krn saling membutuhkan. Di agama pun diajarkan, berikanlah yg merupakan hak nya pekerja nya dengan adil.

    Maju terus duo JB!

  2. pak komponen pendidikan juga mesti di masukin dong, UMP DKI 4jt. orang lulusan SD, SMP, SMA, S1, S2 masa gajinya sama semua. lama2 yg SD,SMP,SMA kaga ada yg mau pake. mendingan pake S1 aja gajinya sama. seharusnya UMP bertahap per angkatan. mulai dari SMP brp, SMA brp, kuliah brp. jadi perusahaan yang kurang mampu pakai yg lulusan SMP saja. dan menjadi pedoman pelajar juga. kalau mau penghasilan lebih besar mesti belajar yang rajin. kalau lulusan SD aja dapet 4 juta per bulan. ngapain cape2 sekolah nuntut ilmu tinggi2. sampai kuliah juga sama 4 juta juga toh.

  3. Kayanya sih pak Ahok pakai teori: Kalau bawah naik, maka menyundul diatasnya ikut naik. Jadi bila buruh ( biasanya klas lulusan SD/SMP)naik maka lulusan SMA sampai Sarjana ikut naik, betulkan?

  4. Malah bisa blunder nih pake ngomong ump 4 juta nanti buruh pada nagih tahun depan , akhirnya pemda juga yg pusing tar buruh demo melulu, pengusaha marah2, hasilnya malah bikin ruwet…hmmmmm

  5. p.basuki..mau usul aja..pembebasan tanah utk RTH kan sdkt ada kendala..mohon suruh p.jokowi utk turun langsung..sbb ini emang udh menyangkut pendekatan thdp kemauan org..kalo setakat wali kota/kadis,kami semua agk pesimis utk ngewujudin berhasil ny program ini…trs masalah kemacetan,,,menurud kami,pemprov seharus ny cepet beli BUS yg baru2 itu secepat ny..agr program genap ganjil biar bs cepet terlaksana..jgn sampek lama2…kamacetan skrg tu udh parah banget..belum lg kalo progres pembangunan MRT & monorel dimulai..lbh macet lg..pembelian BUS baru itu gk cukup seribu,,menurud kami ada 3 ribu lah..knp ?? krn kalo genap ganjil jln,org2 { yg kaya sampai yg miskin } semuany akn di pksa utk naik BUS..jd psti sesak banget..jgn smpai jd gk nyaman krn krg BUS ny..nanti bs di cibir org byk..inget lho ya,,org kaya itu kalo naik BUS,standart ny gini,,”hrs ber AC,hrs duduk,& tempat ny bersih”..jgn sampai mmaksa mrk kalo blm bs ngewujudin ini..malu donk ? soal tarif,mrk ngikut aja..uang ny beli BUS dr mana ? drpd byk silpa,ya di beliin BUS aja..sampai gk ada silpa..satu hal lg..swasta hrs pakek BUS yg ber AC..ibu kota kok bus ny jelek banget kayak gt..wonk kota dipromosiin sampek keluar negri kok bus ny kayak gt..ini wajib..pemprov gk boleh loyo..kalo gk pny duwit,pemprov hrs minjemin..kalo pemprov gk pny duwit,hrs pinjem ke bank..nnti pemprov yg bayarin bungany..sbb ini utk keindahan ibu kota..kemarin itu kt trkejut banget,,wonk macet msh parah,bus2 yg br operasi jelek banget,kok udh berani promosi ke malaysia..? hrs di ukur jg keadaan kt..jgn smpai malah di gunjing mrk nanti2 ny…

  6. Education dan productivity pekerja harus dipertimbangkan juga dong. Kalo productivity rendah dan UMP naik terus, investor dan business owner sudah pasti kabur ke kota atau negara lain. Hal sama sudah terjadi di US dimana perusahan2 besar pindahkan production ke China dll karena mereka tidak sanggup bayar gaji yang tidak sesuai productivity…kalo hal yg sama terjadi di JKT, sudah pasti nanti economy kami anjlok karena banyak orang yg di PHK sehingga sebagian besar masyarakat tidak mampu lagi belanja…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here