Kali Ciliwung Istiqlal Akan Jadi Percontohan Pengolahan Air Bersih

8
284
Kali Ciliwung Dekat Masjid Istiqlal - Foto Detik.com

Ahok.Org – Pemprov DKI Jakarta mencanangkan kerja sama dengan Korea Selatan untuk pengolahan air sungai menjadi air bersih. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, lokasi yang akan dijadikan sebagai percontohan adalah Kali Ciliwung yang mengalir di sekitar kawasan Masjid Istiqlal Jakarta Pusat.

“Ini lagi mau dikerjakan dan sungai di Istiqlal kita olah jadi air bersih,” kata Basuki, di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (24/8/2013).

Salah satu upaya yang untuk menjernihkan air sungai itu adalah dengan memasang mesin pengolahan air limbah. Limbah rumah tangga dan perkantoran tidak akan langsung masuk dan mengalir ke sungai. Namun, diolah terlebih dahulu dengan menggunakan mesin pengolahan limbah.

Mesin pengolahan limbah itu, kata Basuki, akan disediakan oleh perusahaan Korea Selatan tersebut. “Jadi, kita bayangkan sekarang hanya ikan sapu-sapu saja yang hidup di sungai,” ujarnya.

Beberapa bulan lalu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar Korea Selatan Kim Yeong Seon. Dari pertemuan itu, menghasilkan dua kesepakatan. Yakni restorasi Kali Ciliwung dan kerja sama dalam bidang transportasi.

Untuk kerja sama restorasi Kali Ciliwung, Pemprov DKI ingin membuat Kali Ciliwung yang mengaliri sepanjang Pasar Baru-Istiqlal dapat bersih dan dijadikan wisata, seperti sungai-sungai yang ada di Korea Selatan.

Saat itu Gubernur Jokowi mengagumi sungai-sungai yang berada di tengah kota Korea Selatan yang bersih dan dapat digunakan sebagai wisata pada malam harinya. “Kalau saya lihat, sungai tengah kota di Korsel itu diporselen bersih semuanya. Malam hari, sungainya bisa dipakai buat jalan-jalan. Kenapa enggak dicontoh,” kata Jokowi.[Kompas.com]

8 COMMENTS

  1. “Mesin pengolahan limbah itu, kata Basuki, akan disediakan oleh perusahaan Korea Selatan tersebut. “Jadi, kita bayangkan sekarang hanya ikan sapu-sapu saja yang hidup di sungai,” ujarnya.”

    Mudah2an para pemirsa lainnya tak menganggap serius bahwa mesin pembersih-nya adalah ikan sapu2 itu itu sendiri, spt vaccum cleaner di era Flintstone.

      • wah wah, imajinasinya… 😀 kebanyakan nonton action-comics hollywood nih ente..
        .
        tapi gak juga sampe jadi Godzilla kaleee..
        palingan ikan sapu2nya yg jantan punya masalah kejantanan aja, spt ejakulasi terlalu dini, kurang dari 1 msec dah ngecrit2.
        yg betinanya palingan cuma punya masalah kejiwaan akan berat badannya sendiri yg dikira terlalu gemuk, shg depresi berat dan kena sindrom bulimia akut.

  2. Pemimpin JKT orgnya cinta kebersihan , jadi kalau lihat air coklat jadi illfeel he he

    Air jernih indah dipandang – nyaman dihati ya pak

    Pemimpin JKT emang hebat, memeperhatikan segala hal sedetail2nya

  3. Masarakat JAkarta sebenarnya sangat cinta kebersihan, apabila dimulai dng proyek2 besar Sebagai percontohan pasti otomatis semua Akan mengikuti. Apabila project pengolahan air bersih ini terwujud saya yakin setiap orang di JAkarta otomatis menghilangkan budaya membuang sampah yg tidak pada tempatnya. Ini untuk membudayakan kebersihan yg sebenarnya kepada generasi kita selanjutnya.. AYO KITA DUKUNG BERSAMA agar linkungan hidup di sekitar kita menjadi lebih manusiawi. MERDEKA INDONESIAKU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here