Cara Ahok Tekan Harga Beras di Ibu Kota

2
105

Ahok – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki cara buat menekan harga beras di pasaran. Selain mendistribusikan lewat warung waralaba, beras murah dijual melalui toko online. Ini menjadi salah satu teknik untuk menekan harga beras di pasaran.

“Harga murah kualitas bagus. Nanti produsen lain pasti turunkan harga,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (14/10/2016).

Ahok mencontohkan, jika produsen swasta menjual beras Rp12 ribu per kilo, DKI bakal melego Rp8 ribu per kilo. Harga beras bisa murah karena dibeli langsung dari petani dan diproduksi sendiri.

Kewenangan mengelola beras itu diserahkan kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Foodstation Tjipinang. “Kita punya mesin packaging beras sampai poles beras. Enggak ada swasta yang berani bikin pabrik untuk mesin poles di Jakarta,” ujar Ahok.

Beras DKI bermerek Food Station alias FS. Food Station akan menambahkan lambang DKI sebagai pertanda merek yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Ahok juga menjamin penjualan dan kualitas beras tidak kalah dengan swasta.

“Mudah-mudahan Food Station, Dharma Jaya dan Pasar Jaya bisa gabung. Supaya kita bisa kuasai kebutuhan pokok,” kata Ahok.

Di gerai online, PT Food Station memperdagangkan beras, minyak goreng, dan gula pasir dengan merek FS. Beras FS terdiri dari sejumlah varian, di antaranya beras Rojolele kemasan 5 kg dijual seharga Rp 71.900, Setra Ramos kemasan 5 kg seharga Rp 62.900, dan Pandanwangi kemasan 5 kg seharga Rp 74.900. Selain itu, PT Food Station juga memperdagangkan beras premium.

PT Food Station juga menawarkan minyak goreng merek FS dengan kemasan 900 ml dan 1.800 ml masing-masing seharga Rp 11.500 dan Rp 22.500. Sementara gula pasir merek FS kemasan 1 kg dijual seharga Rp 14.900.

Beras berlabel FS ini bisa ditemukan di pusat-pusat grosir maupun perbelanjaan modern, seperti Indomarco, Indogrosir, Ramayana, PT Lion Super Indo, PT Shunsine Food Group, PT Berlian Inti Makmur, Save Max, hingga Smart Club. [Metrotvnews.com]

2 COMMENTS

  1. Ini berita untuk pasangan BASWEDAN UNO semoga selalu bicara cengan data yang akurat terbuka dan bisa dibaca! Orang-orang yang mendapatkan pendidikan di mancara negara tetapi tidak bisa paham open data dan membaca data, sungguh disayangkan!!

  2. Tuk beras harga msi one. Tp beda tipis dengan merk topi koki. Cuma selisih 200-300perak per kg nya. Sdgkan minyak n gula MSI kalah bersaing ni ama online shop, blm lg online shop suka promo n free delivery.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here