Pemprov DKI Upayakan Makam Mbah Priok Jadi Cagar Budaya

0
142

Ahok – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menjadikan kompleks makam Mbah Priok Habib Hasan bin Muhammad al-Haddad menjadi cagar budaya. Hal ini disampaikan setelah kunjungan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) beserta jajaran kepala dinas terkait di Pemprov DKI Jakarta.

“Lokasi ini karena memiliki arti penting, kita kaji sebagai cagar budaya, proses dipercepat supaya bisa terbit,” kata Kepala Dinas Pariwisata Catur Laswanto di lokasi, Jalan Pasar Koja, Jakarta Utara, Selasa (14/2/2017).

Di lokasi yang sama, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Jakarta Najib Taufieq mengatakan akan mencari solusi terkait status tanah kompleks makam Mbah Priok. Langkah ini lebih mudah karena PT Pelindo sudah mengakui dan tidak menggunakan area ini untuk kegiatan perusahaannya.

“Setelah kita lihat bersama dalam SK penetapan dari Pelindo, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain seperti adanya makam Mbah Priok ini. Tadi kita dengar bersama Pelindo sendiri telah mengakui dan memagari ini untuk tidak menggunakan area ini untuk kegiatan Pelindo. Dengan demikian, kita akan carikan solusi tentang status tanahnya, dan sesuai dengan arahan Pak Gubernur tadi, akan dijadikan cagar budaya, tempat wisata rohani,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Direktur Pengelolaan Anak Perusahaan dan Cabang Pelindo Riry S Jetta mengatakan Pelindo mendukung hal tersebut, dan Pelindo tengah menyiapkan rencana tersebut.

“Sekarang ini kan proses sedang berjalan. Pelindo mendukung, ketika itu sudah ditetapkan, akan mendukung dan menyiapkan apa yang ditetapkan Pemprov DKI,” kata Riry.

Ahok mengamini pernyataan-pernyataan tersebut. Menurutnya, tidak ada persoalan sertifikat tanah di kompleks makam Mbah Priok. Rencana ini sudah dibahas pada saat rapat pimpinan di Balai Kota pagi tadi. Ahok pun merencanakan status cagar budaya untuk makam Mbah Priok diterbitkan pada Februari ini.

“Jadi nggak ada konflik di sini. Dulu saya juga salah paham, saya kira Pelindo nggak mau lepas. Tadi pagi kami rapat pimpinan, ketemuan semuanya, saya kira ini selesai. Pak Riry mau bantu, Dinas Pariwisata dan BPN juga,” ungkapnya.

“(Status cagar budaya) langsung bulan ini kami usahakan,” tandas Ahok. [Detik.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here