Basuki: Jukir Layak Digaji Rp 4 Juta

3
113

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama menilai, keberadaan juru parkir (jukir) layak diberi gaji sebesar Rp 4 juta. Pemberian gaji didasari untuk menghindari aksi kejahatan para jukir yang sebagian memiliki latar belakang mantan preman.

“Kita akan memberi gaji kepada juru parkir yang sebagian di antaranya merupakan mantan preman,” ujar Basuki, di Balaikota, Rabu (3/7).

Dikatakan Basuki, pemberian gaji tersebut untuk menghindari aksi kejahatan para juru parkir yang notabene memiliki latar belakang mantan preman. Sebab, kemungkinan besar gaya premanisme masih diterapkan saat bertugas sebagai juru parkir. “Mereka mesti dikasih gaji yang layak daripada nilep-nilep, mungkin saja lebih dari 4 juta yang ditilep,” kata Basuki.

Untuk merealisasikan rencananya itu, lanjut Basuki, Pemprov DKI akan menggelar tender investasi sistem parkir di ibu kota. “Lelang investasi sistem parkir di ibu kota ini menggunakan mesin dengan juru parkir dan dilengkapi CCTV di areal parkir on street,” tuturnya.

Pemprov DKI, katanya, akan meminta revenue sharing (bagi hasil) minimal 30 persen dari pemenang tender investasi. Sedangkan, 70 persen pendapatan parkir yang diterima  dimanfaatkan untuk operasional. “Nah jukir kami yang dapat sharing 30 persen ini bisa gaji yang layak. Ya, kalau menurut saya Rp 3-4 juta. Sopir Transjakarta saja sudah Rp 7 juta lebih,” kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Sekadar diketahui sistem integrated parking akan diujicoba di kawasan perumahan dan ruko kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Rencananya, jika sistem tersebut berhasil diterapkan maka dilanjutkan ke sejumlah wilayah di Jakarta. Penerapan sistem parkir tersebut akan mendorong masyarakat untuk tidak memarkirkan kendaraannya di sembarang tempa.[Beritajakarta]

3 COMMENTS

  1. Gaji sesuai atw menyesuai kan, kabar baik dari Pak Basuki, maaf, klo pekerja2 Jakarta Baru, ada system Latihan (Wajib Belajar) utk kepada mereka yg naik gaji nambah Up to date?’ Lbh mengenali Seluk beluk yg di tugaskan Pak?’ Agar ada team pekerja yg bangga, dgn hasil maju yg di Capai kelak… 🙂

  2. Bbrp list wacana Pak.Ahok :

    1.Jukir digaji 4 Jt
    2.Pemulung digaji 2 Jt
    3.Sopir Trans-J digaji merata 4 Jt
    4.Pembuatan Pulau buatan & reklamasi
    5.insentif dokter/wilayah 1000 KK 20 jt
    6.pegawai puskesmas diberi 1 juta/kasus
    7.kenaikan gaji pintu air
    8.gaji dokter puskesmas naik
    9.ragunan dibuat spt singapura
    10.1000 bus tahun ini
    11.upah juru kunci makam sesuai UMP
    12.janji busway melintas tiap 3 menit
    13.penaikan gaji guru jakarta
    14.pembuatan tempat UKM bawah tanah monas
    15.penggunaan kendaraan pribadi melalui sistem electronic road pricing (erp)
    16.sewa parkir yang tinggi
    17.pengaturan kendaraan berdasarkan nomor polisi genap-ganjil, dan pengaturan jam kerja
    18.DLL…

    Semoga 3-5 tahun kepemimpinan jokohok semua wacana diatas terealisasi amin..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here