2016, Basuki Ingin Seluruh Pelajar Gratis Naik Bus Transjakarta

3
66

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama merencanakan sistem agar seluruh pelajar di Jakarta bisa naik bus Transjakarta gratis. Kebijakan ini akan diterapkan pada 2016 mendatang. Hal ini menunggu kesiapan jumlah armada bus Transjakarta sudah memadai.

“Intinya ke depan, kalau cukup (armada) kenapa mesti bayar, yang penting jumlah busnya cukup. Ini akan sangat menolong perekonomian. Ada bus wisata, tapi bertahap. Saya kira bisa 2016 lah, kalau busnya cukup,” kata Basuki di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (25/8).

Untuk tahun ini, lanjutnya, Pemprov DKI baru bisa menerapkan kebijakan naik gratis bus Transjakarta hanya bagi siswa pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) saja. Karena siswa pemegang KJP merupakan siswa berasal dari keluarga tidak mampu.

Maka dari itu, bila ada siswa yang berasal dari keluarga mampu ingin mengurus KJP agar dapat naik bus Transjakarta gratis, pasti akan ditolak oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

“Itu akan kita tolak. Dia bisa bayar. Nah sebenarnya ke depan kalau dia mau buka tabungan, kalau dia mampu asal buka tabungan di Bank DKI, bisa saja kami gratiskan. Tapi sekarang kami lagi hitung berapa yang naik dulu. Bukan soal uangnya saja,” ujarnya.

Pada prinsipnya, mantan Bupati Belitung Timur ini menginginkan seluruh pelajar di Jakarta, baik yang mampu dan tidak mampu, dapat naik bus Transjakarta gratis. Kebijakan ini diyakini dapat mendorong orangtua tak perlu lagi mengantar anak-anaknya menggunakan kendaraan pribadi. Dengan begitu, dapat mengurai kemacetan lalu lintas yang hampir terjadi di seluruh wilayah Jakarta pada saat jam masuk sekolah.

“Tetapi, kami khawatir pelayanan Transjakarta jadi terganggu pagi-pagi kalau kita buka semua untuk para pelajar. Karena jumlah busnya belum cukup. Itu alasannya kenapa sekarang kita belum buka semua,” tuturnya.

Basuki berjanji bila jumlah armada bus sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan transportasi bagi pelajar dan warga Jakarta, maka kebijakan itu akan diterapkan. Sebab kebijakan ini nantinya tidak hanya akan berlaku bagi pelajar saja, tetapi juga akan diterapkan bagi TNI/Polri, pensiunan dan PNS DKI juga akan dibebaskan biaya saat naik Transjakarta. [Beritasatu.com]

3 COMMENTS

  1. Senang bayar pajak, kalo semua kembali menjadi manfaat bg masyarakat, bukan ke perut buncit KORUPTOR.
    Semoga nanti, bisa merata dirasakan semua lapisan. Sekrg anak emas adalah lapisan bawah dulu. 🙂
    Maju terus Jakarta BARU.

  2. Ayo kota2 yg lain di Indonesia ikutan…saatnya bergerak maju utk kepentingan bersama…dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat….Gubernur2 di seluruh provinsi harus berani dan bertindak atas nama Rakyat…dalam kebenaran dan keadilan…cintailah rakyatmu seperti Tuhan mencintai mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here