Ahok banyak belajar inovasi kepemimpinan dari Kuntoro Mangkusubroto

0
565

BTP – Basuki Tjahaja Purnama atau kerap disapa Ahok mengakui banyak belajar inovasi kepemimpinan dan teguh dalam pendirian dari tokoh energi sekaligus mantan Menteri Pertambangan dan Energi Kuntoro Mangkusubroto yang belum lama ini berpulang.

Menurut Ahok, Kuntoro merupakan orang yang sederhana dan teguh dalam pendirian.

“Pak Kuntoro bukan orang yang cari muka, tapi saya lihat beliau demi untuk sebuah kebenaran, demi untuk sebuah keadilan, demi untuk sebuah kejujuran, dan demi untuk sebuah perikemanusiaan beliau berani berdiri seorang diri,” kata Ahok dalam wawancara bersama ANTARA di Jakarta, Senin (1/4) lalu.

Ahok mengatakan, ia banyak belajar dari sosok Kuntoro. Mulai dari inovasinya dalam memimpin suatu institusi hingga kesungguhannya untuk memberikan kinerja yang terbaik bagi tanah air.

Ia mengatakan kesederhanaan terlihat dari sosok Kuntoro, karena ia enggan untuk menerima ‘ekslusivitas’ ketika melakukan aktivitasnya sehari-hari. Padahal menurutnya kala itu, sosok pejabat dianggap sebagai tokoh yang dihormati dan disegani.

“Tapi Pak Kuntoro datang dengan tidak melakukan itu semua,” katanya lagi.

Menurutnya, generasi muda perlu mencontoh kesederhanaan dan keberanian yang dilakukan Kuntoro demi kemajuan bangsa.

Kuntoro Mangkusubroto meninggal dunia pada usia 76 Tahun, Minggu pagi, 17 Desember 2023.

Kuntoro pernah menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi Indonesia pada era Presiden Soeharto serta Presiden BJ Habibie.

Ia juga ditunjuk sebagai Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) pada Kabinet Indonesia Bersatu II di 2009 pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. [Antaranews.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here