KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BERITA, NEWS, TENTANG JAKARTA » 35 Kegiatan Semarakan HUT ke-486 Kota Jakarta

Ahok.Org – Sebanyak 35 kegiatan akan memeriahkan perayaan HUT ke-486 Kota Jakarta. Peringatan ulang tahun Kota Jakarta pada tahun ini merupakan yang pertama di bawah kepemimpinan Gubernur Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki T Purnama.

Ketua Panitia HUT ke-486 Kota Jakarta, Sylviana Murni mengatakan, sekitar 35 kegiatan akan memeriahkan perayaan HUT Kota Jakarta tahun 2013. Diantaranya, Jakarta International 10K, Jakarta Great Sale, Jakarnaval, Pekan Raya Jakarta (PRJ) dan berbagai kegiatan olah raga, seni dan promosi lainnya.

“Gubernur Joko Widodo memastikan perayaan HUT Jakarta diisi oleh berbagai kegiatan yang merupakan partisipasi penggiat seni budaya, olah raga, dunia usaha, komunitas tertentu dan jajaran Pemprov DKI Jakarta,” ujar Sylvi, sapaan akrabnya di Balaikota, Senin (6/5).

Dikatakan Sylvi, keseluruhan kegiatan tersebut akan dimulai pada tanggal 2 Juni hingga 31 Juli mendatang. Sedangkan pencanangan HUT ke-486 Kota Jakarta akan dipusatkan di Kawasan Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu (2/6). “Pencanangan serupa digelar serentak di lima wilayah seperti Taman Ayodya di Jakarta Selatan dan Kantor Walikota Jakarta Barat untuk kawasan Jakarta Barat,” ucapnya.

Adapun puncak peringatan HUT Kota Jakarta akan dilangsungkan 22 Juni dengan diawali apel besar yang diikuti seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI Jakarta di Lapangan Silang Monas. “Acara dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-486 Kota Jakarta di DPRD DKI Jakarta dan resepsi makan malam bersama tamu undangan,” tuturnya.

Untuk acara jamuan makan malam, kata Sylvi, akan menyajikan sebanyak 486 nasi tumpeng sumbangan dari warga Jakarta di seluruh wilayah. “Kami juga akan menggelar Jakarta Night Festival pada 22 Juni yang menghibur warga Jakarta dengan 8 panggung hiburan di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), sama seperti perayaan malam tahun baru 2012. Penutupan jalan total akan dilakukan pukul 19.30 hingga 23.00,” katanya.

Ia menuturkan, logo HUT DKI ke 486 terinspirasi penggambaran Jakarta yang penuh keragaman sebagai miniatur Indonesia. Logo yang terbentuk dari beberapa bentuk daun/air yang sederhana berfilosofi keeratan antar seluruh budaya di Indonesia.

Ilustrasi gambar Monas sebagai simbol lambang ibu kota Indonesia dan warna-warni sebagai simbol keragaman. “Logo kali ini juga dilandasi nilai-nilai multikultural, sehingga diharapkan mampu menumbuhkan apresiasi, kepedulian dan kecintaan masyarakat ibukota terhadap karya seni dan budaya anak bangsa, khususnya budaya Betawi,” katanya.

Ditambahkan Sylvi, HUT ke-486 Kota Jakarta memiliki tema “Jakarta Baru, Jakarta Kita” yang  bermakna konsep kerakyatan dalam kebersamaan. “Tema ini juga memiliki arti semangat untuk mengubah dan menata Jakarta yang lebih manusiawi (humanis), bermasa depan yang lebih baik (futuris), memiliki kekhasan (branding) dengan tetap menjaga keragaman yang tumbuh dan berkembang di Jakarta (pluraris),” tandasnya.[Beritajakarta]

Berita Terkait: “Jakarta Baru, Jakarta Kita” Jadi Tema HUT DKI

  • Share/Bookmark

One Response to “35 Kegiatan Semarakan HUT ke-486 Kota Jakarta”

  1. Kami salah satu pelaku industri pariwisata, tentu ingin memeriahkan ulang tahun Jakarta ke 486.

    Sayangnya logo resmi Ultah Jakarta ke-486 ini belum saya temukan alamat unduhan resminya. Mohon informasi dimana bisa saya dapatkan, tentu dalam format standar grafis seperti; .ai , .eps , .pdf atau .wmf

    Salam hangat buat Bapak…

    Reply

Leave a Reply

Spam protection by WP Captcha-Free