KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BERITA, NEWS, PERTAMINA » Ahok Ingatkan Truk Industri Jangan Pakai Solar Subsidi

solarBTP – Solar mengalami kelangkaan di Riau. Sejumlah masyarakat yang kesal karena antre berjam-jam di SPBU, mencurigai adanya penyimpangan dalam penyaluran BBM subsidi tersebut.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan stok solar aman. Dia menyebutkan, per 7 Maret 2022, ketahanan stok solar nasional dipastikan aman hingga 22 hari ke depan.

Dia pun melarang truk industri menggunakan solar subsidi yang selama ini disinyalir kerap terjadi.

“Pertamina berkomitmen menyalurkan solar subsidi sesuai kuota yang ditetapkan mengacu kepada SK BPH Migas No. 04/2020. Kuota ini ditetapkan dari level provinsi hingga ke lembaga penyalur atau SPBU,” kata Ahok saat dikonfirmasi, Selasa (8/3).

Ahok menegaskan, Pertamina bersama pemerintah melalui BPH migas terus melakukan sosialisasi terhadap penggunaan solar subsidi agar tepat sasaran.

Ahok juga kembali menekankan bahwa berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014, disebutkan bahwa truk industri tambang dan perkebunan tidak dibenarkan untuk menggunakan solar subsidi.

“Truk industri, tambang dan perkebunan agar membeli solar nonsubsidi. Pertamina pastikan stok produk subtitusi solar nonsubsidi tersedia di SPBU,” tegas Ahok.

Dia juga memperingatkan agar tidak ada yang bermain dalam penyaluran solar subsidi ini. Dia meminta masyarakat agar melaporkan apabila ditemukan adanya penyalahgunaan dalam penyaluran solar subsidi tersebut.

“Jika ada indikasi penyalahgunaan penyaluran solar subsidi, laporkan ke aparat berwenang. Jika kesalahan di SPBU, Pertamina juga akan melakukan penindakan,” tegasnya…. [Merdeka.com]

  • Share/Bookmark
Tags: ,

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply