Ahok: Pelanggan adalah Bagian dari Keluarga Besar Pertamina!

0
95

BTP – Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyapa pelanggan Pertamina pada Hari Pelanggan Nasional,  Jumat (04/09/2020), melalui Live Instagram Pertamina.

Menurutnya kepuasan pelanggan adalah hal penting dalam kemajuan perusahaan. Apalagi kini persaingan antar perusahaan sejenis semakin ketat, sehingga perseroan menurutnya harus bisa segera beradaptasi memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Pelanggan itu kan raja dan zaman sudah berubah, sehingga persaingan semakin ketat. Kita nggak ingin mengecewakan pelanggan,” ungkapnya saat menyapa pelanggan bersama Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati melalui Live Instagram, Jumat (04/09/2020).

Untuk itu menurutnya, perseroan harus menjadikan kepuasan pelanggan sebagai salah satu Key Performance Indicator (KPI).

“KPI harusnya memasukkan kepuasan pelanggan, ini kami lagi dorong,” ujarnya.

Agar tidak mengecewakan pelanggan, maka menurutnya penting bagi perseroan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan dan jangan menyulitkan pelanggan. Oleh karena itu, menurutnya perseroan harus mengoptimalkan call center dengan nomor layanan 135 agar pelanggan merasa terbantu bila mengalami kesulitan atau ada keluhan maupun pertanyaan.

“Kita juga penting tahu apa yang mereka butuhkan, karena pelanggan adalah bagian dari keluarga besar kita. Jadi 135 “palugada” (Apa lu mau gue ada) lah,” kata Ahok.

Ahok pun berbincang dengan pelanggan di beberapa daerah seperti Padang Pariaman, Donggala, dan Baturaden.

Kepada salah satu konsumen asal Padang Pariaman, dia menanyakan apakah pelanggan tersebut tahu Pertamini”. Lalu pelanggan tersebut menjawab “tahu, kadang-kadang beli di sana.”

Mendengar jawaban konsumen tersebut, Ahok pun berseloroh “Pertamini bukan Pertamina itu pak.”

Dia pun menanyakan kepada pelanggan lainnya asal Donggala, Sulawesi Tenggara apakah dia kesulitan memperoleh LPG. Lalu dijawab konsumen tersebut “Nggak gampang sih, agak susah sedikit.”

Lalu Ahok bertanya lagi apakah dia tahu ada call center 135? Lalu konsumen pun langsung menjawab “Nggak tahu.”

Menanggapi ada konsumen yang belum mengetahui adanya call center Pertamina ini, Ahok pun mengatakan call center 135 ini seharusnya bisa membuat masyarakat tertolong karena kadang konsumen bingung bisa menghubungi siapa bila butuh bantuan atau ada keluhan maupun pertanyaan.

“Biarlah Pertamina melahirkan call center supaya jadi seperti 911 di Amerika Serikat,” pungkasnya. [cnbcindonesia.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here