Bangun LRT untuk Asian Games 2018

3
61

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama mengatakan, percepatan pembangunan Light Rail Transit (LRT) bertujuan menunjang penyelenggaraan Asian Games 2018. Sehingga, ia memilih PT Jakarta Propertindo dan PT Pembangunan Jaya untuk membangun infrastruktur LRT.

“Kalau kami minta BLUD LRT, mereka enggak bisa groundbreaking tahun ini. Kami ingin tahun ini groundbreaking pembangunan LRT tahun ini unntuk mengejar Asian Games, termasuk jalan layang Semanggi juga untuk mengejar Asian Games 2018, jadi bisa mengurai kemacetan,” kata Basuki, di Balai Kota, Kamis (2/7/2015).

Pembangunan LRT itu juga merupakan instruksi Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi meminta groundbreaking pembangunan LRT dilakukan tahun ini. Setelah jalur yang dibangun PT Jakpro dan PT Pembangunan Jaya rampung, selanjutnya dilakukan lelang tender untuk perusahaan yang mengoperasikan.

“Nanti kalau infrastrukturnya sudah jadi, baru kami beli,” kata Basuki.

Rencananya, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp 500 miliar untuk membangun rel sepanjang satu kilometer pada koridor I (Kelapa Gading-Kebayoran Lama) pada APBD Perubahan 2015. Kemudian, DKI juga akan mengajukan anggaran sebesar Rp 3 triliun pada KUAPPAS (Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara) 2016 untuk pembangunan LRT.

Adapun Pemprov DKI berencana membangun LRT di tujuh koridor. Ketujuh koridor itu, yakni Kebayoran Lama-Kelapa Gading (21,6 km), Tanah Abang-Pulo Mas (17,6 km), Joglo-Tanah Abang (11 km), Puri Kembangan-Tanah Abang (9,3 km), Pesing-Kelapa Gading (20,7 km), Pesing-Bandara Soekarno-Hatta (18,5 Km), dan Cempaka Putih-Ancol (10 km). [Kompas.com]

3 COMMENTS

  1. salah satu penunjang Asia Games yang ‘luput’ dari perhatian pemerintah adalah: upgrade sistem Air Traffic Control di Bandara Soekarno Hatta. Ini PENTING untuk menambah keamanan dari penerbangan, (it will be a crowded skies on that period in Jakarta). Hal ini sejalan dengan visi pak presiden Jokowi untuk meningkatkan standar keselamatan penumpang pesawat terbang di Indonesia.

  2. there are two check list to add: 1. Integrated Vessel & Weather Tracking (supplies weather and vessel location data in combined interface) 2. Flow Management System (regulate air traffic to avoid exceeding airport and air traffic control capacity). Source: Wall Street Journal.

  3. this computer system upgrade will be HELPFUL for both domestic and international PILOTS…and increase the safety of the Passengers…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here