Basuki Instruksikan Wali Kota dan Camat Bereskan Drainase

0
41

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama sudah menginstruksikan kepada para Wali Kota dan Camat supaya memastikan seluruh saluran terhubung dengan sungai agar saat hujan melanda tidak ada lagi banjir atau genangan di Ibu Kota.

Buruknya drainase atau saluran-saluran penghubung menjadi salah satu penyebab banjir di Ibu Kota. Selain banjir kiriman dari Bogor, buruknya drainase juga menjadi pekerjaan utama Pemprov DKI untuk menyelesaikan banjir Ibu Kota.

“Kita sudah instruksikan para Wali Kota dan Camat, nanti penilaiannnya dari situ Jakarta tidak mau ada banjir akibat saluran yang tidak terhubung ke sungai karena tidak digali atau rumah pompa tidak jalan,” kata Basuki di Balai Kota, Selasa (25/11).

Basuki mengatakan, pihaknya juga sudah meninggikan beberapa daerah dengan pemasangan sheetpile atau turap untuk mencegah banjir. Hal itu dilakukan, kata Basuki, dikarenakan daerah resapan di dekat sungai sudah hilang karena fungsinya digantikan oleh rumah-rumah liar.

“Kita buat juga, mau tidak mau buat sumur resapan dan mendorong masyarakat lagi izinkan tanahnya bikin sumur resapan,” ujarnya.

Menurut Basuki, hal itu dilakukan supaya daerah tangkapan air di area-area tertentu bisa tetap ada. Apalagi setiap tahunnya permukaan tanah di Jakarta ini terus menurun. [Beritasatu.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here