KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BALAI KOTA, BERITA, NEWS, Video & Audio » BPK Awasi Transaksi Pemprov DKI di Tiga Bank (Video)

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tentang akses data transaksi rekening Pemprov DKI Jakarta di beberapa bank BUMN seperti BNI, BRI, dan Mandiri secara online. Hal ini dilakukan dalam rangka pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah.

Penandatanganan dilakukan Ketua BPK Hadi Poernomo dengan Gubernur DKI Jakarta Jokowi, Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo, Direktur Utama BRI Sofjan Basir, dan Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin, di kantor BPK, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (16/4).

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan, kerjasama ini merupakan salah satu langkah keterbukaan penggunaan anggaran. Nantinya BPK, bisa memantau langsung semua transaksi yang ada di tiga bank tersebut.

“Kita ini memang sudah terbuka total. Bukan masalah data tapi masalah transaksi keuangan kita di Bank DKI, BNI, dan Mandiri. Sudah diberikan total pada BPK. Setiap transaksi Pemprov DKI, di menit apapun, detik apapun bisa dipantau dan diaudit oleh BPK,” kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, langkah itu dinilainya sebagai usaha pencegahan untuk mempersempit dan menghilangkan kesempatan orang untuk berbuat menyimpang. Kerjasama ini merupakan yang pertama kali di Indonesia dan diharapkan ke depan akan diikuti oleh kota-kota lainnya. “DKI ingin memulai dan DKI adalah yang pertama,” ujar mantan Walikota Solo itu.

Ketua BPK RI, Hadi Poernomo mengatakan, penandatanganan kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan akses rekening pemda di Bank Pembangunan Daerah (BPD) serta Pemprov DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

“Semula kita tidak bisa akses rekening, tapi karena Pak Jokowi sudah mengizinkan, ya bersyukur. Karena kita ingin menciptakan keuangan daerah yang transparan, terbuka, dan akuntabel,” kata Hadi. [Beritajakarta.com]

  • Share/Bookmark

12 Responses to “BPK Awasi Transaksi Pemprov DKI di Tiga Bank (Video)”

  1. Pak Ahok sakit apayah bung Sak?
    Sudah kangen nih nunggu beritanya Pak Ahok.
    Semoga lekas sembuh ya Pak Ahok.

    Reply
  2. Pak Ahok, Sekedar infomasi saja, hari ini saya menggunakan bus trans jakarta naik dari pancoran arah ke pluit, saya turun di halte Polda, bus articulated ( gandeng ) dengan no lambung BMP-050 gardannya sudah bunyi, sama seperti bus yang umurnya sudah diatas 20 tahun beroperasi, tolong disampaikan ke dishub yang terhormat, suruh mereka naik bus itu, beli bus dari cina yang murah komisinya besar, dan hanya kuat dipakai tidak sampai 2 tahun operasi sudah hancur, coba deh korupsinya dikurangin, beli bus yang sekalian mahal, dan teruji. Gimana mau minta warga jakarta tinggalkan mobilnya, wong naik busnya aja penuh rasa was-was, takut mogok, atau bannya copot

    Reply
  3. Udah capek komplainnya ke management TJ yg super lemot sampai ke pak Wagub BTP-Ahok, bus-bus koridor Pluit-Priok, sampai segitu lamanya menunggu, ini sdh jelas kekurangan jumlah bus nya…tapi masih cuek bebek!!!

    Reply
  4. Pak Jokowi, nanti rekening APBN dibuat terbuka juga ya menit per menit….salut juga nih.

    Reply
  5. Saya mendukung semua program dari pak Jokowi dan pak Ahok.

    Maju Indonesiaku 🙂

    Reply
  6. Semoga pak Ahok cepat sembuh dari sakitnya.

    Reply
  7. Semoga pak wapres cepat sembuh, kita udah sakaw menantikan berita dari pak ahok. Sampai searching detik,tempo, merdeka beritanya yg lama2 semua. Yg ada cuma berita presiden jokowi, semoga wapres ahok segera muncul kembali

    Reply
  8. om sak makin malas nih kerjanya, update beritanya lelet

    Reply
  9. SElamat Bagi Para Pemimpin yang bersih, Pak Jokowi Dan Pak Ahok,
    Semoga Tuhan selalu berkarunia untuk kepentingan Indonesia dan Dunia.

    Namaste,

    Reply
  10. Teruskan perjuangannya untuk Pak Jokowi Dan Pak Ahok,buat DKI ato bahkan Indonesia lebih maju Dan he bat.God with us.

    Reply
  11. mantan ketua bpknya korupsi ,kacau negara ini!!!

    Reply

Leave a Reply