BTP Ajak Swasta Bangun Apartemen untuk Wisma Atlet Asian Games

6
116

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan akan mengajak pihak swasta untuk membangun fasilitas penginapan bagi para atlet yang terlibat event Asian Games 2018. Ahok menyebutkan, dia ingin wisma atlet itu berbentuk apartemen.

“Kita maunya apartemen, jadi nanti ada kira-kira 13 ribu atlet. Jadi kita mau sistemnya mereka (swasta) bangun apartemen yang baru, tapi sebelum dia lepas ke orang lain dia sewain dulu ke kita. Setelah dua minggu, mereka (atlet) pergi, baru dijual,” kata Ahok kepada wartawan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (23/9/2014).

Lokasi untuk penginapan itu nantinya akan dibangun di kawasan Kemayoran. Ahok sedang meminta kepada pemerintah pusat agar memberikan aset tanah di kawasan tersebut untuk dikelola pemprov.

“(Tapi jika nanti tidak di sana) ya terserah di mana saja. Ada banyak lokasi. Kelapa gading saja banyak begitu besar. Untuk tranportasinya kita bikin rel kereta ringan (light rail transit) ke GBK,” imbuh Ahok.

Dia menyebut ada 7.000 unit apartemen yang diperlukan untuk menampung sekitar 13 ribu atlet nantinya. Jumlah itu diharapkan rampung dalam 3 tahun ini. Pengembang yang siap diajak kerjasama akan diberi izin SIPPT (Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah).

“Itu tidak terpusat di Kemayoran. Siapa saja yang mau ikutan kita kasih izin bangun. Nggak pakai lelang, kita kasih izin SIPPT-nya. Kita mesti hitung waktunya yang nanti kira-kira bisa selesai sebelum event itu,” jelasnya.

Ide sistem apartemen ini dicontohnya setelah berkunjung ke Korsel yang saat ini menjadi tuan rumah Asian Games XVII. “Di Korea tuh begitu, atlet bayar USD 50 per malam. Itu apartemen yang mau dijual, tapi dibuat ranjang yang sederhana, setelah mereka pergi baru apartemennya boleh dijual,” pungkasnya. [Detikcom]

6 COMMENTS

  1. Masalah yang akan ada pasti Pak Ahok di nilai hanya bisa meniru & tidak kreatif dsbgnya, karena Ide sistem apartemen ini dicontohnya setelah berkunjung ke Korsel.

    System nya memang meniru akan tetapi masih bisa di kembangkan lagi dengan bantuan saran & ide2 yang membangun + positif.

    Harapan saya pribadi hanya 1, semoga masyarakat indonesia khususnya Jakarta mau terbuka mengenai ide Pak Ahok ini. Tidak langsung menilai buruk apalagi pemikiran negatif seperti korupsi dsbnya.

    Tetapi nyatanya banyak sekali yang ga suka & menentang.. Pak Ahok, padahal ini kan demi rakyat & untuk rakyat.

    No offense, hanya pemikiran saya pribadi aja.

  2. pakaian yg saya pakai, cara makan saya, tata cara hidup harian saya dlm banyak hal, termasuk banyak istilah dlm ikasi n doa, adalah hasil “peniruan” entah dari mana.
    .
    selama hal itu tidak jelek, nyaman dilakukan dan bermanfaat, why not?
    .
    emangnya kita bisa mengkotak-2 dunia? melarang angin, air, dari sono masuk kesini? dan hanya mau pakai udara n air yg “asli” sini???
    .
    tobil, tobil,
    .
    salam,

  3. Penyelenggaraan Asian Games merupakan hajatan besar & Indonesia secara resmi telah ditunjuk untuk tahun 2018. Secara pribadi melihat kondisi negara kita spt saat ini memang agak mengkhawatirkan, namun inilah kesempatan dan tantangan besar kita sebagai bangsa..kita di tantang untuk menyelenggarakan hajat besar dimaksud dg cara terhormat sekaligus memuaskan peserta dr neg lain. Maksud saya kalau mungkin even ini bukan hanya menguntungkan secara moril saja tetapi bagaimana juga secara materiil. Ini memang membutuhkan keseriusan kita sbg bangsa..teriring doa tulus semoga penyelenggaraannya sukses….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here