BTP: Biar Tak Disalahgunakan, Denda Parkir Dibayar lewat Bank

9
146

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ingin supaya pembayaran denda terhadap kendaraan-kendaraan yang parkir sembarangan langsung melalui bank.

Hal ini karena banyaknya oknum yang sering menyalahgunakan uang denda tersebut. “Kalau tidak langsung lewat bank, saya khawatir oknumnya minta (komisi),” ujar Basuki di Balai Kota Jakarta, Senin (1/9/2014).

Setelah pemilik kendaraan menyerahkan bukti transaksi dari bank, barulah kendaraan bisa diambil kembali. Peraturan ini berkaitan dengan penerapan Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Daerah.

Dalam perda tersebut tertulis untuk penderekan dan penyimpanan kendaraan yang diderek dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 500.000. Basuki mengatakan banyak peraturan pemerintah yang mengalami kegagalan ketika di lapangan.

Basuki tidak ingin peraturan retribusi ini juga gagal oleh ulah oknum. Sehingga, dia menegaskan pembayarannya harus melalui layanan bank. Namun, Basuki menolak jika kebocoran uang retribusi ini menjadi fokus utama dalam permasalahan parkir.

Fokus utama tetaplah mengembalikan kebiasaan masyarakat agar tidak parkir sembarangan. Apalagi, kemdaraan yang parkir sembarangan ini juga termasuk salah satu penyebab kemacetan di ibu kota.

“Boleh dikatakan mungkin 20 persen kemacetan disebabkan parkir sembarangan,” ujar Basuki. [Kompas.com]

9 COMMENTS

  1. Pak Basuki, saya rasa perlu dipikirkan bukan hanya mobil yang parkir sembarangan, tapi juga motor banyak yang parkir secara liar dan malah ada jukirnya segala, sehingga usulan saya :
    1. perlunya aturan yang jelas dan tegas perihal wilayah larangan parkir dan petugas parkir yang bertugas (atribut, dsb)
    2. Denda yang tegas dan jelas untuk pelanggar parkir sembarangan dan penyelengara (jukir) parkir liar

    Biasanya pemilik motor atau mobil tidak mau sembarangan parkir kalau tidak ada yang jagain…jadi jukir liar ini juga perlu disiapkan Hukum Denda atau Pidananya…kalau ngak ya susah juga berantas parkir liar ini…Salam..Go…JB

  2. TEST CASE paling sip, DEPAN ITC ROXY MAS, disana sdh dibangun lahan baru buat parkiran motor dan mobil , tetapi tetap, tdk berdaya hadapi preman2 setoran, Motor parkir merajalela, bahkan lawan arah pun santai rame2.
    Depan Roxy SQUARE juga sdh banyak.

  3. pak wali kota jakarta barat,pak camat dan pak lurah kok tidak tahu di jalan KHM.Mansyur/jembatan lima jakarta barat tiap hari macet.metro mini 80 jurusan kali deres tiap sore hari sampai besoknya belasan metro mini parkir berjejer di jalan KHM Mansyur/jembatan lima jakarta barat.tolong perhatikan bapak bapak pejabat yang terhormat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here