KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BERITA, Foto, NEWS, TENTANG JAKARTA » DKI Kembangkan Budidaya Ikan di Tiga Pulau

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menebar 4.000 benih ikan kerapu di tiga pulau yang berada di Kabupaten Kepulauan Seribu. Ini sebagai dukungan budidaya ikan di Pulau Seribu.

“Program ini saya harap bisa diterapkan di seluruh Indonesia. Panen pertama dari penebaran ikan untuk dibudidayakan diperkirakan pada Februari 2017,” ujar Basuki, di Pulau Pramuka, Selasa (30/9).

Basuki mengatakan, untuk bisa mengembangkan budidaya perikanan di Pulau Seribu telah ada delapan orang lulusan Sekolah Tinggi Perikanan yang akan membantu.

“Nantinya, mereka akan menjadi agen perubahan bagi warga Kepulauan Seribu untuk beralih dari profesi penangkap menjadi pembudidaya ikan,” ucapnya.

Untuk program tersebut, lanjut Basuki, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI membuat sistem bagi hasil. Dengan persentase 80 untuk pembudidaya, dan 20 persen untuk pemerintah.

“Pemprov DKI memberikan bantuan tidak hanya benih ikan, tapi jaring dan pakan juga. Bagi hasil dari budidaya ikan sekitar 80 dan 20 setelah dipotong biaya modal,” tandasnya.

Budidaya ikan ini akan dilakukan di Pulau Panggang, Karang Lebar dan Semak Daun. Program ini akan mendapatkan pendampingan langsung dari Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI. [BeritaJakarta]

  • Share/Bookmark

2 Responses to “DKI Kembangkan Budidaya Ikan di Tiga Pulau”

  1. Selamat pagi Jakarta, baru saja selesai mendengarkan video ke Pulau1000 ini, itu ada Ibu bertanya (pada menit 36:44) mengenai budidaya pertanian. Pertaniannya sering gagal tidak berhasil dan dia minta Gub mengirim orang yang bisa memberikan pelajaran atau petunjuk agar bisa bertani dengan lebih baik/berhasil. Gub menjawabnya justru pada pemasarannya jadi hasilnya pasti bisa dibeli PasarJaya ini pasti dan menunjuk juga kepada Ibu SKPD Pertanian yang serta supaya beliau mengurusnya.
    Dengan kata lain PakGub menjawab yang tidak diajukan Ibu itu. Mungkin Pak Dardjamuni bisa membantu dan mengkompensasi “kesalahjawaban” Gubernur.
    PakGub kurangi bicaranya ini bukan di Beltim!

    Reply
  2. OmSak kelihatan diawl lalu tidak ada lagi. OmSak tolong sampaikan Gub ya, banyak terimakasih. THX.

    Reply

Leave a Reply