IKJ akan Semarakkan Kawasan Kota Tua

1
59

Ahok.Org – Institut Kesenian Jakarta (IKJ) turut dilibatkan dalam revitalisasi gedung di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Melalui kerja sama itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama berharap, kegiatan seni dapat menyemarakkan kawasan tersebut. Dengan demikian, menarik wisatawan lokal maupun mancanegara tertarik untuk berkunjung ke sana.

“Memang harus ada kegiatan di sana. Jadi wisatawan kalau datang ke Kota Tua, dia bisa lihat pertunjukan juga. Mahasiswa-mahasiswa (IKJ) kalau lagi latihan seni, kan juga jadi tontonan gratis,” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Salah satu gedung yang akan dimanfaatkan untuk pengembangan IKJ merupakan pemberian PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

Pemberian gedung tersebut ke IKJ ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) rencana pemanfaatan di Jalan Malaka 7 dan 9. Penandatanganan dilakukan oleh CEO PT Pembangunan Kota Tua Jakarta Lin Che Wei serta Ketua Yayasan Seni Budaya Jakarta Slamet Rahardjo. Basuki turut menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman tersebut.

Pria kelahiran Belitung Timur 48 tahun lalu itu mengaku sulit menemukan kawasan bersejarah seperti Kota Tua di provinsi lainnya. Sehingga, kelestarian kawasan itu harus terus dijaga. Adapun kawasan pertama yang akan dilakukan revitalisasi adalah Masjid Luar Batang. Sebab, dari lokasi itulah, VOC pertama kali masuk ke Indonesia.

“Di Masjid Luar Batang ada dua tower. Nah, di sana itu, VOC masuk ke Indonesia. Kemudian baru dibangun masjid, sejarahnya jelas sekali,” kata Basuki.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara PT Pembangunan Kota Tua Jakarta dengan Kelompok Pelestarian Budaya Kota Tua bersama PT PPI. Mereka menyepakati rencana revitalisasi gedung-gedung bersejarah yang terancam runtuh di kawasan Kota Tua milik PPI. [Kompas.com]

1 COMMENT

  1. Pak Basuki

    Renovasi Kota Tua jangan tangging tanggung

    1.
    Gunakan kontraktor kelas dunia
    krn kita mau tarik wisatawan dunia
    jangan dilakukan sendiri atau perusahaan yg tidak bonafide nanti 2 kali kerja

    perhatikan :
    -keamanannya cctv dan petugas
    -Kebrsihannya
    -Fasilitas umum, telpon umum ,toilet dll
    -Mutu souvenir yg dijual
    -Mutu makanan dan rasanya
    -lightingnya
    -transportasinya
    -akomodasinya
    -map dan petunjuknya
    -tertib lalu lintasnya
    -keramahannya

    2.
    Tambah acessories
    -patung2
    -air mancur
    -show room handycrafts dan batik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here