Jokowi Beri Inisial Wagub Ahok D dan R

2
60

Ahok.Org – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku telah mengantongi nama calon Wakil Gubernur dari Presiden Terpilih Joko Widodo. Bahkan, Basuki memberi tahu inisial nama calon wagub pendampingnya itu.

“Pak Jokowi kasih saya inisial calon Wagub yang ideal buat saya, D dan R. Dian Sastro dan Raisa. Ha-ha-ha,” kata Basuki tertawa, di Balaikota, Jumat (17/10/2014).
Pria yang akrab disapa Ahok itu mengaku tidak ambil pusing untuk mengurusi nama-nama calon Wagub DKI. Sebab, hingga saat ini, ia masih menjabat sebagai Plt Gubernur DKI. Sebagai Plt Gubernur, pihaknya tidak memerlukan Wagub DKI. “Aku juga berharap, DPRD tidak melantik aku jadi Gubernur, biar saja jadi Plt (Gubernur) terus. Beda sejuta doang gajinya sama Gubernur,” kata Basuki.

Sebelumnya, Basuki mengaku terus berkoordinasi dengan Jokowi untuk mencari calon Wagub ideal. Pada Kamis (16/10/2014) kemarin, Presiden SBY telah menerbitkan Keppres Nomor 98/T/2014. Di dalam surat itu disebutkan persetujuan pengunduran diri Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Pengangkatan Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Status Basuki bakal berubah menjadi Gubernur DKI Jakarta setelah DPRD menggelar sidang paripurna. Setelah perubahan status Basuki disepakati di sidang paripurna, DPRD DKI Jakarta akan mengusulkan ke Presiden bahwa Basuki berhak dilantik menjadi Gubernur definitif DKI Jakarta. Mendagri bakal melantiknya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Basuki memiliki tiga sosok calon wagub ideal untuk bersama memimpin Ibu Kota. Ketiga tokoh itu unggul dalam pengelolaan sebuah kota. Yakni mantan Wali Kota Blitar Djarot Saiful Hidayat, mantan Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono, serta Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Sarwo Handayani. Namun, dua nama yang paling kuat mencuat dalam bursa calon Wagub DKI adalah Boy Sadikin dan Mohamad Taufik.

Beberapa waktu lalu, muncul nama Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Nachrowi Ramli yang akan menjadi calon Wagub DKI. Bahkan, Basuki juga menyepakati usulan Nachrowi daripada mendukung dua nama terkuat yang bakal dicalonkan PDI-P dan Gerindra. Terakhir, nama Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani juga dipertimbangkan menjadi pendamping Basuki membangun Jakarta Baru. [Kompas.com]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here