Jokowi: E-KTP Saya Juga Sering Difotokopi

19
236

Ahok.Org – Ketidaktahuan bahwa e-KTP tak boleh difotokopi rupanya tak hanya dialami masyarakat umum. Bahkan, pejabat sekelas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun mengaku tidak mengetahuinya.

“Saya juga enggak tahu, e-KTP saya saja sering difotokopi,” ujarnya sambil tertawa di gedung Balaikota, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta itu mengaku belum mengetahui jelas surat edaran Mendagri Nomor 471.12/1826/SJ, 11 April 2013 lalu bahwa e-KTP tidak boleh difotokopi, distapler dan diperlakukan buruk hingga merusak fisik kartu. Terlebih, Jokowi pun belum mengetahui soal pengadaan mesin pembaca e-KTP di setiap instansi pemerintah guna menjadi alat bantu kevaliditasan e-KTP milik orang tertentu itu.

“Beneran, saya belum tahu. Ya mau bagaimana lagi dong,” lanjut Jokowi sambil terus tertawa.

Sebelumnya, Surat Edaran Mendagri Nomor 471.12/1826/SJ yang dikeluarkan 11 April 2013 menjelaskan bahwa e-KTP tidak boleh difotokopi, distapler, dan diperlakukan buruk, hingga merusak fisik kartu. Sebagai pengganti, cukup dicatat Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nama lengkap warga yang bersangkutan.

Hal tersebut pun menimbulkan kekecewaan di masyarakat. Ada beberapa warga yang kecewa lantaran informasi tersebut tidak diberitahu sejak awal. Pasalnya, ada warga yang telah memotokopi e-KTP sehingga menyebabkan fisik kartu tersebut sedikit rusak.[Kompas.com]

19 COMMENTS

  1. Mendagri emang ngawur, mana ada sih urusan dlm kegiatan warga yg tdk diminta foto copy ktp??? mulai dr urusan di lurah, camat, pembuatan macam2 akta, hubungan dgn bank dst…nah skarang jka dilarang ft copy, ada gk pilihan lain u/memenuhi syarat tsb???
    ga jlas mendagri ini datangx dri planet mana???!!!

  2. Pemberitahuan selalu datang terlambat !!!
    Tahun depan akan datang pemberitahuan tambahan :
    – e-KTP tidak boleh kena air
    – e-KTP tidak boleh ditaruh dekat alat elektronik
    – e-KTP tidak boleh berdempetan dengan SIM
    – e-KTP tidak boleh didudukkin
    – e-KTP tidak boleh kena sinar matahari
    .
    # LoL #

  3. Kartu kredit dan kartu2 lain yg berhubungan dengan chip saya taro di dompet di tekuk2,di photo copy ngak ad masalah tuh…setiap x debet lancar alhamdulillah…yg penting ad dananya mas bro

  4. pada sadar ga sih, e-ktp ini ternyata proyek besar yg berkesinambungan menghabiskan duit negara. e-ktp sendiri mahalnya minta maaf. sekarang ditambah dg alat pembaca e-ktp, alat ini tentunya mahal dan banyak banget nanti pengadaannya, krn setiap kelurahan, instansi, bahkan tiap unit kerja hrs punya. ga mungkin kan 1 kota cuma ada 1 alat, bisa lumutan kalo urus apapun yg butuh hasil screening e-ktp. hmm… kira-kira setelah alat ini apa lagi ya???

  5. e-ktp saya juga udah dipake fotocopy berapa x, gmn tuh kalo rusak, baru april pemberitahuannya , ntar gw dijadiin objek lagi neh kalo e-ktp gak fungsi mesti ganti baru zzz

  6. Mgkin memory chip nya, kelas abal2, model flashdish 32gb murah meriah, bbrp kali ngisi data, udah ilang deh kapasitasnya…..
    Mana lg mau pemilu thn depan….kacau benerrrrr

  7. pas datang ke customer care salah satu bank swasta, mbak cc nya minta ktp. langsung saya keluarin e-ktp. malah ditolak, katanya ga bisa dipake krn ga ada tanda tangannya. udah dikasih tau, ya namanya jg e-ktp, tanda tangan, sidik jari dll udah kerecord semua. mbak cc nya akhirnya ngejelasin kalo instansi2 ternyata blm pada punya card reader nya.
    bgmn ini pak mendagri? urusan card reader aja blm beres malah udah ngeributin foto copy.

    • itu isu emg sengaja di b uat tu ama pusat, supaya ntar kan pasti ada “TENDER” card readet nya…. biasa lah…. buat ajang cr lahan basah

  8. ini udah jelas pasti ada permainan bagi yg menang tender tidak sesuai dengan kalsifikasi dan perlu diusut olek kpk karena diluarnegri aja bisa ngapain udah triliunan uang keluar gak bisa ini itu.. usut kpk mentri dalam negri dan pejabat pembuat komitmen

  9. nunggu usutnya, nunggu penyelesaiannya, ahem, ga berharap dapat e-KTP aja dah… pa lg kalo ilang 50.000 yah? kalo card bank ilang, lapor,gpp dganti baru, karena ada passwordnya, lhah KTP ilang, dibuat baru pun, yg lama msh bisa dipakai… trus utk cek-nya read sidik jari? wkkkk ky jaman dulu saat org msh buta huruf ga bisa ttd donk… tiap urus apa2 kudu tempel sidik jari…

  10. Selamat pagi bapak wakil gubenur prov. DKI Jakarta yang saya hormati.

    kemarin saya menjalani proses penerimaan CPNS tahun anggaran 2014 dan saya memilih lokasi ujian di Jakarta (asal saya Medan), singkat cerita saya ingin mengurus SKCK saya yang nanti kedepannya guna untuk pendaftaraan ulang jika saya sudah lulus seleksi penerimaan CPNS, tetapi ketika saya mau menggurus surat penghantar dari kelurahan, pihak kelurahan menolak pengurusan tersebut dengan alasan bukan KTP domisili Jakarta (KTP domisili saya di Medan). yang saya pertanyakan, bukannya E-KTP berlaku untuk skala nasional? mohon maaf jika ada kalimat kurang dimengerti. Trim’s.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here