Juni, Bus Baru Mulai Ganti Bus Lama TJ

4
72

Ahok.Org – Armada baru TransJakarta segera melayani warga Jakarta. Bus-bus anyar itu diperkirakan beroperasi pada Juni 2015.

“Tunggu waktu saja, saya kira mulai Juni sampai 2016 bus kita akan penuh. Kita akan banjiri bus banyak. Juni mulai kita akan datangi bus. Janji delivery pertama Juni dari pemesanan tahun lalu,” janji Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (5/5/2015).

Kehadiran armada baru tersebut diharapkan bisa mengganti wajah bus-bus usang yang masih beroperasi. Tidak sedikit di antara bus yang beroperasi di busway itu berusia di atas 10 tahun dengan kondisi tidak layak.

“Kita mau memaksa sebetulnya supaya pemain bus ini ada tanggung jawab. Kalau sekarang kenapa dia nggak mau ganti bus bagus karena nggak ada juga kamu terpaksa mau naik karena pemerintah itu salah nggak bisa memberikan pelayanan publik yang baik,” terangnya.

“Akhirnya terjadi ‘pemerasan’ oleh pemilik ke warga,” sambung Ahok.

Ahok menginginkan agar seluruh bus umum di Ibu Kota, seperti APTB, Kopaja dan Kopami bisa bergabung dalam manajemen PT Transportasi Jakarta (TJ). Adapun sistem pembayaran yang ditawarkan dengan cara Rupiah per Kilometer (Rp/Km). [Detikcom]

4 COMMENTS

  1. Operator minta fasilitas mulu dari pemprov DKI Jakarta, tapi warga tetep dikasih bus bobrok, kasih batas umur bus yg boleh beroperasi melayani penumpang umum warga DKI Jakarta…

  2. utk kepentingan masyarakat, bus harus diberi ambang batas, utk memisahkan yang layak operasional dari yg tidak.
    .
    kelayakan ditentukan oleh badan kir yg independent (badan kir di dishub di seluruh ri seperti selama ini, sangat tidak layak dipertahankan}.
    .
    utk transisi, mungkin bisa pakai sucofindo misalnya, or melalui kerja sama dng sister-city.
    .
    kuncinya di maintenance routin di internal, safety control oleh badan kir yg independent n operator yang kredible, capable n well-paid, bukan di sekedar umur.
    .
    contoh : di hongkong, bus tidak baru-2 amat, sopir usia pensiun 67 th, laki or perempuan, tidak perlu pakai jas, tapi berbudaya dalam peri laku. kita nyaman tuh pakai jasa mereka, dan benar-2 dapat kemudahan.
    .
    ini, kayanya juga perlu dipertimbangkan.
    .
    salam,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here