KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » NEWS » Testimoni Ahok, Bagaimana Modus Wakil Rakyat Tilap Uang Kunker ke Maroko, Rekreasi ke Spanyol

Ahok.Org (02/03) – Anggota DPR dari Partai Golkar Basuki Tjahaja Purnama menelanjangi rekannya di parlemen yang melakukan korupsi. Melalui laporan kinerja bertajuk Satu Tahun Ber-DPR, Ahok –begitu dia akrab disapa– mengungkap banyak fakta menarik tentang tingkah polah para wakil rakyat di Senayan.

Dalam laporan itu, Ahok menceritakan pengalaman kunkernya ke Maroko pada akhir September 2010. Dia ikut sebagai anggota delegasi Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR dan Parlemen Maroko. Kunjungan tersebut menjadi pengalaman pertamanya menggunakan paspor dinas berwarna biru.

’’Yang membuat saya gundah, rupanya dalam perjalanan itu juga ada acara ke Spanyol,’’ ungkap Ahok di Hotel Santika, Slipi, Jakarta Selatan, kemarin (28/2). Dia merasa perjalanan ke Spanyol tersebut bukan lagi bagian dari agenda kerja sama bilateral. ’’Toh, terdapat tim lain yang berangkat ke sana,’’ ujar pria kelahiran Belitung Timur, 29 Juni 1966, itu.

Turut hadir peneliti senior CSIS J. Kristiadi, Koordinator Formappi Sebastian Salang, Koordinator ICW Danang Widoyoko, serta pengamat politik dan kebijakan publik UI Andrinof Chaniago.

Tim yang terdiri atas enam anggota DPR tersebut akhirnya berangkat pada 24 September 2010. Menurut Ahok, semua acara seharusnya sudah selesai pada 27 September sore. Artinya, mereka bisa kembali ke Indonesia keesokannya. Tetapi, anggota rombongan yang lain nekat ingin ke Spanyol.

’’Dalam jadwal acara tidak ditulis ke Spanyol. Cuma sampai 29 September, dibuat seolah-olah masih di Maroko kegiatannya dan ditulis pukul 13.20 berangkat dari Casablanca (lokasi bandara internasional Maroko, Red) menuju Jakarta,’’ jelas Ahok.

Yang keterlaluan, lanjut dia, para anggota rombongan yang pelesiran ke Spanyol tersebut tetap menerima tambahan uang saku perjalanan. Di Maroko setiap anggota dihitung USD 200/hari, termasuk hotel. Untuk Spanyol, jatahnya menjadi dua kali lipat, yakni USD 400/hari.

Ahok memutuskan untuk tetap pulang ke tanah air pada 28 September. Meski di Maroko selama lima hari, dia hanya mau menerima uang saku selama empat hari. ’’Perdiem saya di Maroko, setelah dipotong ini itu adalah USD 685,’’ katanya. Bila dihitung USD 1 sama dengan Rp 9.000, USD 685 adalah sekitar Rp 6.165.000.

Sebelumnya, dia malah ditawari menerima uang saku penuh selama tujuh hari, meski tidak ikut jalan-jalan ke Spanyol. ’’Tentu saya menolak hal itu dan meminta apa yang menjadi hak saya saja,’’ ungkap mantan bupati Belitung Timur (periode 2005–2010) tersebut.
Selaku anggota komisi II, agenda kunker pertamanya adalah ke Palu, Sulawesi Tengah. Seperti biasa, seluruh anggota rombongan mendapatkan biaya sistem lumpsum yang diatur staf sekretariat. Mulai uang tiket, uang saku, uang hotel, hingga uang transportasi dihitung dengan standar tertinggi dan termahal di kota yang akan dikunjungi.

Beberapa hari menjelang keberangkatan, cerita Ahok, staf komisi memberikan alternatif antara dibelikan tiket pesawat kelas eksekutif atau ekonomi. ’’Karena berpikir semua untuk penghematan dan kesetiakawanan, saya ikut ekonomi. Ternyata saya malah diberi selisih sisa uang dari tiket untuk eksekutif yang dibelikan untuk ekonomi,’’ kata pemilik nama Tinghoa Zhong Wan Xie tersebut lantas tersenyum.

Ahok menyatakan tidak tenang karena merasa ada etika yang dilanggar. Dari sisi penghematan uang negara, dia setuju kalau perjalanan dinas anggota dewan sebaiknya menggunakan tiket pesawat ekonomi. Tetapi, ketika uang yang dianggarkan tetap berstandar kelas eksekutif dan selisih uang tiketnya masih dikembalikan kepada anggota, justru tidak ada penghematan uang rakyat.

’’Justru anggota dewan yang untung karena mendapatkan penghasilan tambahan. Apakah ini dilaporkan dalam SPT (surat pemberitahuan) pajak?’’ katanya. Dalam kunjungan ke Palu itu, imbuh Ahok, bupati setempat juga ingin membayar uang penginapan. ’’Saya menolak ini dan sempat membuat suasana menjadi tidak nyaman,’’ tuturnya.

Selama setahun di DPR, Ahok mengatakan melihat banyak contoh konkret tentang permainan dalam penggunaan anggaran negara. Mulai permainan jumlah hari perjalanan dan rapat, perubahan tiket perjalanan, adanya dana taktis dalam berbagai kunjungan, hingga pemberian honorarium maupun pembiayaan pembahasan RUU yang sering tidak transparan.

Ditambah lagi, lanjut dia, pengambilan ’’kelebihan’’ uang reses, peningkatan uang kunjungan secara diam-diam, dan tidak jelasnya potongan pajak penghasilan DPR. ’’Memang ini tidak bermasalah dari sisi legalitas. Tetapi, secara etika sangat patut dipertanyakan karena penghambur-hamburan uang rakyat,’’ katanya.

Menurut Ahok, kalau anggota dewan saja sudah terbiasa menilap uang kecil, fungsi pengawasan terhadap kementerian pasti kedodoran. ’’Otomatis prinsipnya kamu ambil punya kamu, saya ambil punya saya,’’ sindir Ahok. Selain mengingatkan langsung, Ahok sudah melaporkan hal itu ke Badan Kehormatan (BK) DPR. Namun, belum ada tindak lanjutnya sampai sekarang.

Ahok menambahkan, praktik ’’bagi-bagi uang’’ juga lazim terjadi di komisi. Tetapi, Ahok menyatakan belum pernah menemukannya secara langsung. ’’Mungkin karena tahu saya begini, saya nggak pernah ditawari. Perjalanan saja nggak mau nilep, apalagi bagi-bagi begitu,’’ katanya lantas terkekeh. [Radar Jogja]

  • Share/Bookmark

442 Responses to “Testimoni Ahok, Bagaimana Modus Wakil Rakyat Tilap Uang Kunker ke Maroko, Rekreasi ke Spanyol”

  1. Jarang sekali kita punya wakil rakyat yang jujur seperti ahok

    Reply
    • sayangnya…anggota dpr yg jujur dan idealis biasanya malah dimusuhi dan berusaha disingkirkan oleh rekan lainnya.
      May God Bless You !

      Reply
      • jangankan di DPR di kehidupan sehari-hari juga begitu.
        yang jujur di musuhi dihinakan di tertawakan, yang jahat tapi banyak uang dicintai…..

        Reply
      • Ya, sepertinya pak Ahok tidak lama lagi akan mendapat banyak musuh di DPR, bahkan ada kemungkinan Pak Ahok bisa disingkirkan 🙂 Tapi saran saya buat Pak Ahok, jangan takut. Bila bapak bertindak dengan benar, Allah pasti ada di pihak bapak. Bila Allah di pihak bapak, siapa yang dapat melawan !

        Maju terus Pak, saya dukung dalam doa !!

        GBU

        Reply
        • BBU (Buddha Bless You)

          Reply
        • ya, Indonesia itu memang aneh. Orang yang baik dan jujur malah dimusuhi… Ayo rakyat Indonesia dukung “pejabat” yg jujur… sehingga DPR bisa segera bersih dari orang2 korup.

          Reply
        • saat ini Memang begitu yaaa,
          dunia terbalik….
          yang jujur malah dikucilkan,
          sementara yang gak jujur malah lebih banyak uang dan banyak memihak…

          tapi tidak perlu takut dengan manusia sesat itu,
          Pentingnya takut Tuhan,
          Tuhan selalu beserta orang yang hidup benar dijalanNYA.

          milliaran lebih manusia mendoakan kesuksesan Pak Jokowi dan Pak Basuki…

          malaikat pun turun tangan membantu…

          Reply
          • Maaf Maaf Mas bukan saat ini saja, tapi sudah turun temurun, CINTA UANG ADALAH AKAR SEGALA KEJAHATAN

      • TUHAN akan mengangkat orang-orang yang takut pada-Nya dan yang melakukan firman-Nya. Amen.
        GOD bless Indonesia.

        Reply
      • mengutip kata soe hok gie dulu..
        “lebih baik hidup terasingkan daripada menyerah pada kemunafikan”

        Reply
    • Yang kaya ahok banyak juga kok, cuman ya kesingkir. Mendingan ahok terima uang saku dpr, tambahan uang saku nggak papa. Tapi beranikah ahok ngebongkar business hartati murdaya, sister it kpu, sistem single identity number yg trilyunan di depdagri, beranikah ahok menjaga rahasia informasi kependudukan yg menggunakan sofware Dan kontaktor asing,,,kok nggak Ada suaranya ahok, padahal itu tugas dia…atau ahok nggak kepikiran sampai ke sana, jangan juga ngembaliin duit sppd, tapi diem dalam proyek trilyunan yg bisa membahayakan negara…tapi ok lah jadi Wagub dki asal berani mindahin ke dubes USA yg gusur gedung syahrir, gedung sejarah yg harus dilindungi.

      Reply
      • tidak segampang itu teman…permasalahan negara berbeda dgn permasalahan provinsi tidak cm dgn modal berani atau tidak berani(memang masi jalam belanda pake bambu runcing?)..harus disertai dgn perencanaan dan stragegi yang matang suapaya jgn mati konyol di medan perang

        ..berikan kesempatan ahok dan jokowi membebahi skala provinsi seperti DKI jakarta…setelah itu baru skala nasional..
        yang penting sekarang sebegai anak bangsa bagaimana kita turut ambil bagian mendukung mereka….. dalam bentuk doa dan tindakan nyata karena mana ada maling yang senang kepada polisi? apalagi yg ini polisi-polisi yang jujur….

        Reply
        • Betul sekali, jangan mati konyol dimedan perang.

          Memang menjadi pemimpin jujur sekarang ini harus harus diikuti dengan modal berani mati, kalau cuma jujur tapi ga berani mati pasti kalau dia buat kebijakan yang pro rakyat tidak bisa dijalankan, karena orang orang korup dan jahat mengancam si jujur.

          Sekarang kita memerlukan pahlawan untuk mengusir penjajah, penjajah dari dalam negara kita sendiri, pahlawan yang harus berani mati melawan mafia mafia, yang menjarah uang rakyat.

          Jangan sampai ada rakyat kita yang berkata lebih baik dijajah daripada merdeka. Atau berkata lebih baik dijajah bule daripada dijajah bangsa sendiri.

          Reply
        • kayaknya si eko adalah bagian dari org-org yg ingin menyingkirkan Jokowi-Ahok. seorang yg lebih suka mengomentari kekurangan org lain lain dan pada menghargai kelebihannya. org sirik akan selalu mencari kekurangan org lain.

          Reply
        • @perantau usa ane stuju banget,ingat ” KEJAHATAN TERORGINISIR DAPAT MENGALAHKAN KEBAIKAN YANG TDK TERORGANISIR”. jadi mo musnahin kejahatan hrus disiapin dulu senjata ma plurunya supaya ga jadi korban pembantaian org jahat.
          Jaga kesehatan Ko ahok 🙂

          Reply
      • Ahok bukan superman yg bisa membongkar semua. KPK saja sulit mendapatkan alat bukti. Apa yg dikemukakan tentang modus operandi anggota Dewan nilep uang rakyat dan berlaku jujur terhadap diri sendiri sudah merupakan hal yang ruarrr biasa. Maju terus pak Basuki… sikat habis koruptor dan kongkalikong di Pemda DKI Jakarta.

        Reply
        • rakyatlah yang akan membasmi para koruptor
          serbu saja rumahnya dan kembalikan semua harta ke rakyat

          Reply
      • Ahok berani mati ttp pake otak, dia dan pak Jokowi pemimpin2 jujur yg langka, skrg mereka lagi bersihin tikus2 ditingkat propinsi; nanti klo tiba sa’atnya ditingkat nasional pasti dibersiin jg. Yg penting seluruh lapisan rakyat hrs bener2 mendukung. Mereka bukan hanya harapan Jakarta Baru, ttp juga Indonesia Baru!

        Reply
      • Maaf mas Eko……
        .
        .
        yang CHINESE, KRISTEN, ADIL, PATRIOTIK, PANCASILAIS ADIL dan JUJUR cuman SATU !!! yaitu pak AHOK.
        Selebihnya sampah !!!

        Reply
        • eh maaf nih, selain ahok (turunan)chinese (yg muslim ada juga lho) dan kristen (turunan atau bukan) masih banyak yang patriotik, pancasilais, adil, dan jujur. Hanya yang tembus ke level ahok ya memang baru satu… soalnya memang susah, liat aja perjuangan ahok sampe jadi DKI 2…

          Reply
        • ada pak Kwik Kian Gie , tp dia dibungkam oleh banyak orang < termasuk temannya sendiri

          Reply
          • Hmm Kwik Kian Gie, mungkin jujur, dulu saya sangat menghormati Beliau… Tapi terkadang melihat komentar sebagai pengamat ekonomi, Beliau lebih politis dan tidak netral…
            Mestinya para pakar dan ahli ekonomi ini bisa duduk 1 meja saling membantu dengan masalah yang ada, bukan malah menyudutkan dan menyalahkan..

        • Maaf bro…jangan bawa2 sara lah….coba kita renungkan..kita lahir tidak pernah bisa memilih lahir jadi orang jawa,sunda ,,eropah ..cina..kaya ..miskin atau yg lain…semuanya yg TUHAN YG ATUR..makanya semua itu sama…agamapun begitu…agama banyak di turunkan ,,,kita cuma di suruh memilih apa yg kita yakini…karena akan sangat mudah bagi TUHAN apabila dia mau semua manusia hanya punya satu keyakinan….tapi TUHAN TIDAK MAU BERBUAT SEPERTI ITU …DIA SERAHKAN KEPADA MANUSIA SENDIRI UNTUK MEMILIHKNYA…DENGAN SEGALA KONSEKUENSINYA oleh karena itu kita wajib menghormati pilihan orang..tersebut…nah hasilnya yg TERLIHAT ADALAH PRILAKU ORANG TERSEBUT…APA BAIK APA TIDAK ..JUJUR APA KHIANAT…ITU SAJA BARU SEBAGIAN DARI SEBAGIAN KECIL DARI APA YG DI MAU SAMA TUHAN…….

          Reply
      • yang penting kita semua dukung Ahok,jangan kita semua jadi terpecah belah,percuma nati.kita semua ingin Indonesia jadi lebih baik.Semua masukan adalah baik,maka kita harus saling mendukung utk kebaikan jgn malah jadi bermusuhan

        Reply
      • Bung EKO Seorang Ahok Bkn Dewa atau superman jadi jgn mengharapkan yg tidak2 yg masuk akal lahhh masing2 ada porsi nya. anda juga lahir hrs nangis dulu hrs merangkak dulu bukan nya lsg jalan dan berlari…

        Reply
      • ini juga type koruptor kalau di dpr…org niat baik selalu di lihat segi negatif.
        DPR kita banyakan bobroknya dan tdk bermoral. tdk cinta negara dan rakyat.

        Reply
      • “ Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu! ”

        Reply
    • Nggak papa ahok jadi Wagub DKI, mendingan ngurus pasar, trotoar, sampah yg nggak keurus, Jalanan yg Maret dll, Kali ciliwung biar nggak bau,,siip. Kalo di Komisi II ya nggak cocok. Karena ngawasin kinerja presiden, sekneg, depdagri, sekab dll. Ahok nggak Ada suaranya, karena nggak pas Dan nggak mampu. Cocok di level teknis, Wagub cocok. Siip. Gua pengen lihat gebrakannya. Kita dukung..

      Reply
      • kita rindu pemimpin yang jurdil semoga pasangan JB menjadi contoh buat pemimpin indonesia baru,hai adik-adik mahasiswa ini yang kalian harapkan pemimpin yang transparan dan ingin mensejahterakan rakyat selamat buat JB

        Reply
    • Kelewatan sekali perilaku penghuni Gedung bunder dan cabang2nya. Itu penghuninya pelacur intelektual semua..
      Mana KPK ? Kayaknya sama juga…maling teriak maling

      Reply
    • Persiapan INDONESIA 1 bersama JOKOWI P. segera buktikan agar Jakarta cepet beres.

      Reply
    • selamat pada pak ahok yg telah membuka birokrasi pada rakyat umum saya di saudi arabia mendukung penuh pemimpin seperti anda dan tak lupa ku doakan dari jauh amin

      Reply
    • kalau kita nemukan 100 orang lagi yang seperti ini di ini ,,, peluang untuk membangun jakarta akan lebih terbuka lebar

      Reply
    • Dh,
      Temuan A Hok juga Dijumpai pada SEMUA PNS maupun Karyawan BUMN serta perusahaan yg punya aturan serupa.
      JATAH HARIAN Dan Uang Lump Sum dianggap HAK YG BERSANGKUTAN,
      MAAF, ini berlaku juga ke yang tertinggi ( RI Satu? )

      Reply
    • pak jadi presiden aja dech … minta DPR meng sahkan Hukuman Mati Bagi Para Koruptor.
      Kalo Mereka Nggak Setuju Berarti semua nya Korupsi…….
      Saya Yakin Indonesia Bisa Maju.

      Reply
    • jujur saja tidak cukup. Harus punya nyali untuk melawan arogansi para pejabat publik yang korup dan feodalistis.

      Reply
    • kalo Badan Kehormatan (BK) DPR tidak merespon, berarti mereka pun sudah terbiasa dengan pekerjaan seperti itu.
      saya tidak kaget dengan pemotongan anggaran PU 25%, dan mmg harus begitu. karena tetangga saya anggota PU bercerita ttg hal yang sama dengan pak ahok ceritakan diatas. ya smoga aja tidak ada unsur mark up lagi guna mengembalikan pemotongan 25%.

      Reply
    • cuma ahok yg mau sperti ini.. ini org layak bgt jd president..

      Reply
    • betul…betul..betulll

      Reply
    • mudah2an pilpres 5 tahun mendatang ada AHOk…

      Reply
    • Bung Ahok soal tilep menilep anggaran perjalan dinas itu sudah bukan barang baru lagi, bahkan bisa dikatakan seluruh anggota DPRD dari berbagai Kabuapaten Kota maupun Provinsi termasuk Anggota DPR-RI, justru dengan sengaja berupaya agar setiap bulannya ada saja misi perjalanan Dinas baik didalam maupun keLuar Negeri. Diantaranya Anggaran perjalanan dinas diajukan anggota dewan dengan pesawat Businnes Class, Penginapan Hotel Bintang Lima. Kenyataannya naik pesawat class ekonomi, penginapanpun hotel melati bahkan tidak jarang mereka bermalam di Mess Perwakilan Pemerintah Daerah, nota-nota laporanpun penuh rekayasa itu bukan rahasia lagi bung Ahok

      Reply
    • Itu contoh di DPR, rasanya hidup dengan korupsi sudah mendarah daging di swasta juga begitu,disemua aspek kehidupan.kalau mau tahu ini karena sifat bangsa kita,makadariitu kita dijajah terlama didunia 350tahun.dizaman penjajahan semua orang mau hidup enak kepalanya dikasih ke penjajah makadariitu penjajah bisa lama bercokol di NKRI ini.
      Kita di merdekakan oleh Soekarno yg pemerintahannya berfaham Marhaenisme,artinya bersusah2 untuk sendiri bukan untuk asing,tapi gak bertahan lama banyak goncangan2 didukung asing demi Gold di Irian Jaya dan 1967Founding Father
      kita jatuh dan bersamaan dimulailah kontrak2 tambang dengan
      asing dimulailah juga golkar yang gaji nya kecil gak sesuai sehingga harus blusukan cari under table money.nah itu lah semakin parah mengalahkan ibadahnya.

      Reply
    • benar.. karna menjadi baik itu sangat susah sehingga godaan n cobaannya jg lbh banyak tapi percaya bangkai tdk mudah disembunyikan. jika menjadi baik kita dimusuhi berarti musuh kita sudah pasti org2 yg tidak baik atau orang yang merasa terganggu dgn perilaku baik kita

      Reply
  2. Keep up the good work and may God bless you!

    Reply
  3. wah wah wah, sekali lagi angkat topi kepada ko ahok.Menurut saudara-saudari, apa sih akar permasalahan yang menyebabkan mentalitas wakil rakyat kita itu bisa bobrok seperti ini?

    Reply
  4. Maju Terus Pak. Perilaku bagai air yang menyegarkan ditengah perilaku dunia yang menghalalkan segala cara. Tetap jadi Terang dan Garam. Saya akan terus berdoa untuk bapak dan keluarga.

    Reply
  5. Sebuah contoh yang bagus. Kita perlu wakil rakyat, yang hatinya untuk rakyat dan bekerja untuk rakyat, bukan untuk partai.

    Reply
  6. saya kagum kamu ahok, jaga terus mental seperti itu

    Reply
    • jangan menyerah pak ahok…jangan putus asa.
      jika kamu pikir kamu bisa, kamu pasti bisa.
      keep work honestly

      Reply
  7. Salut ama wakil rakyat yang satu ini

    Reply
  8. Sensational info. I look forward to seeing much more..

    Reply
  9. kemungkinana mulai dari pintu analisis si pak ahok ini sistem bisa pulih sedikit demi sedikit tapi pasti yang jelas pak ahok tidak perlu takut akan hal ancaman orang kurang bertanggungjawab.

    Reply
  10. Kasihan Ahok, emas yg ada di comberan senayan. Semoga rakyat bisa melihat kilau nya, walaupun tertutup busuknya Senayan…

    Reply
    • tullll…..

      Reply
      • tulll….tapi sayang lupurnya terlalu dalam kudu ada yg bantuin bung ahok biar emasnya kelihatan lebih terangg

        Reply
    • Tenang aja kawan.. emas itu sekarang sudah kelihatan kilaunya.. berpasangan sama Jokowi-Ahok di DKI.. Jadi prototype kepemimpinan nasional..yang bener-bener emas murni..bukan emas sepuhan…
      Bravo J-B Indonesia membutuhkanmu…

      Reply
  11. punya wakil rakyat kayak beliau Bapak Ahok yg BTP negara akan maju, disiplin ada komunikasi semoga beliau bukan hanya milik Belitung Tapi milik Indonesia milik cpns teranulir Jateng juga..merdeka..selamat berjuang Bapak kita bantu Doa terbaik buat Bapak dan staf Bpk Kamilus Elu ..Amin

    Reply
  12. Ini yg kt cari bang, ada pertanggung jawaban moral ke rakyat…krn semua itu adalah uang rakyat
    sy pikir jika smua anggota DPR dan pejabat kita seperti itu dari pusat sampai ke daerah….banyak anggaran negara yg bisa dihemat dan diselamatkan..selamat bang..semoga sukses selalu. Amin

    Reply
  13. Saya salut sekali dengan bapak Basuki Tjahaja Purnama mau menelanjangi rekan-rekan wakil rakyat.Itu langkah yang sangat bijak tidak ikut dalam al tersebut.

    Memang sepeti kita lihat,maraknya anggota dewan berfoya-foya atas uang rakyat.Apakah ini yang disebut sudah menjadi budaya korupsi dinegeri ini?

    Yang menjadi pertanyaan saya,apakah anggota dewan yang berprilaku buruk tidak menyadari atau tidak tahu ,begitu banyak warga Indonesia menjerit diluar sana, kelaparan?

    Semoga langkah yang dibuat oleh bapak Basuki,bisa dicontoh oleh wakil rakyat lainnya.

    terus dan teruslah berjuang,kami butuh wakil rakyat yang peduli denga nasib bangsa.

    Reply
  14. bangga sebagai warga Babel punya wakil yg amanah 🙂

    Reply
  15. Hal seperti ini bukan hanya ada di politik pemerintahan saja, di perusahaan – perusahaan swasta juga sering terjadi seperti ini. Sudah jadi budaya dan mendarah daging dalam sebagian besar diri masyarakat Indonesia untuk ikut menikmati apa yang bukan haknya.
    Ada kesempatan siapa tidak mau? Malah mereka yang menolak dibilang tolol, goblok.

    Reply
  16. Pak Ahok, Integritas ada sangat teruji. Anda layak mendapat peran yang lebih tinggi. Bersinar terang terus Pak Ahok, kami bangga punya wakil rakyat seperti bapak.. 🙂

    Reply
  17. Saya kagum dan salut buat keberaniannya membongkar “borok-borok” teman-temannya sesama anggota DPR.
    Semoga Indonesia bisa menjadi lbh baik lg kedepannya….

    Reply
    • resikonya sangat menyakitkan : dimusuhi dan dikucilkan sesama rekan kerja….hmmm, semoga tetap tegar.

      Reply
  18. Salut koh ahok! Anda jangan malu pamer perilaku seperti ini ke publik. Biar nanti saya bantu sebarkan ke Kaskus, semoga responnya positif dan booming. Kebetulan saya baru kirim tulisan yg keras ke opini Kompas menyoal etika. Semoga saja redakturnya mau memuat. Hehehe. Salam konsistensi koh!

    Reply
  19. bos..smoga sampeyan tetap istqomah..dan tetap diberi kekuatan untuk melawan segala macam ketdakadilan dan korupsi yang merajalela di DPR sana. kalau butuh kekuatan buat membubarkan DPR..bilang aja..ntar ana kirim pasukan buat bakar tuh gedung DPR !!!

    Reply
    • Jangan bro, itu nanti dana perbaikannya diambil dari uang rakyat juga, dikorupsi pula. Mendingan lu hajar aja anggota DPR yang lu liat gak becus kerja, penampilan parlente, yang parfumnya pakai uang korupsi… Tapi kalau lu gak berani hajar langsung orangnya, ya gak usah ikut pemilu aja hahahaha….

      Reply
  20. terima kasih sudah mengemban tugas yg diberikan rakyat dengan sangat baik.semoga tuhan selalu memberikan segala kebaikan kepada kluarga bapak,
    izin share ya di blog saya

    Reply
  21. wah pak, sama donk sama kelakuan di tempat saya kerja..anggaran besar tapi byk ditilepnya..gmn mau reormasi birokrasi kl mentalnya korup..untung saya sudah keluar dari lingkaran setan itu..

    Reply
  22. selama kesuksesan pemilihan wakil rakyat masih berkorelasi dengan tingginya biaya kampanye, ya mau nggak mau yang kaya gini bakal terus terjadi.

    wakil rakyat yang suka ngasal ya kemungkinan besar niatnya jadi wakil rakyat cuma supaya bisa bergelimang harta,karena gajinya dibayar sama “atasan” sejumlah 200jutaan jiwa.

    nah, apa yg bakal dilakukan oleh pegawai klo bosnya tidak bisa mengawasi dengan transparan? jadi seenak udel aja deh..

    Reply
  23. semoga allah swt menjaga keteguhan jiwa dan raga anda dari rasa tidak suka dan kejahatan yang akan menimpa, krn banyak teman2 sejawat anda merasa khawatir dan tidak nyaman dg testimoni ini.

    Reply
  24. Pengungkapan yang sangat bagus.
    Pertanyaanya mana anggota DPR dari partai yang berlabel AGAMA yang selalu mengungkapkan ayat2 suci. Padahal didepannya dia terjadi kemungkaran.KOK DIAM SAJA?

    Reply
    • loh kan di atas sudah dijelaskan pak ahok, kamu ambil bagianmu, saya ambil bagian saya, kalo udah dapet bagian masing2 ya mulut kejahit rapet, mata mending nonton video hot…getooo loohh….

      Reply
  25. kalau saya sudah ngak heran lagi itu study bandingkan cuma akal2an anggota DPR saja yah gitulah anggota DPR kita apalagi mau bangun gedung

    Reply
  26. MAJU TERUS PAK AHOK

    kalau anda memang bersih dan jujur

    JGN TAKUT!!

    pasti TUHAN dan RAKYAT bersama anda

    Reply
  27. Alhamdulillah…sy ikut bangga meski anda dari Golkar..!! sy hanya bisa lebih berharap dan berdo’a…smg segera mjd mualaf..insyaAllah.

    Reply
    • Mas, jgn picik donk pikirannya, apa semua org hrs jadi mualaf?muslim tidak menjamin org menjadi benar, buktinya banyak anggota DPR yg muslim dan mualaf, tapi apa yg mereka lakukan, maaf atas comment saya, tapi saya hanya mau agar anda juga bisa menghargai agama orang lain.trims

      Reply
      • Negara muslim terbesar di dunia, tetapi juga negara terkorup di dunia. Tanya kenapa..

        Reply
        • Contoh negara yang tidak akan bisa maju, masyarakatnya selalu mengkait-kaitkan segala sesuatu dengan agama.

          Negara ekonomi terkuat itu komunis bung, agama tidak menjamin segalanya menjadi baik. Manusia nya itu sendiri yang dapat merubah masa depan.

          Mualaf saja demen kan memperkosa dan membunuh orang? Maaf tapi tolong berkaca dan menghargai agama lain.

          Salam

          Reply
      • Jgn bawa2 urusan SARA bung, udah ga jaman… Yang penting kita bersaudara… Satu dikhianati dan terancam seluruh negeri akan membela.. 🙂 Hidup Indonesia

        Reply
    • alamakkkk …
      kenapa musti jadi mualaf untuk berbuat baik
      sebagai bangsa dengan mayoritas umat muslim mestinya bisa membuat bangsa ini menjadi lebih baik dong …
      kenyataannya?
      korupsi juga sekencang melantunkan ayat-ayat (maaf ya)

      Reply
    • ya ampun nih org…bener, jgn picik dong mas. qta org indonesia g peduli kok dipimpin sm org islam kek, kristen kek, budha kek, jawa kek, papua kek, tionghoa kek, yg penting bener aja dulu, bs kasih contoh lewat perbuatan. yg sdh2 muslim semua ada yg bener? percuma mas jungkir balik sembahyang ato berdoa katakanlah seratus kali sehari tp g diterapkan. koh ahok nih contoh org yg g sok suci bicara agama tp itu terang benderang terpancar dlm hidupnya. yg ikhlas to seandainya dipimpin sm org tionghoa, kristen, ato cewek sekalipun asal bs membawa negara ini lebih baik buat setiap warganya yg berbeda-beda. g boleh ya? y ini salah satu tantangan terberat koh ahok nantinya, tp sy yakin kok lbh byk sodara2 sy org muslim yg cerdas.

      Reply
    • Agama bukan satu jaminan Mr. Zahdi.

      Apapun agamanya,keberanian menjalankan ajaran agamanya dan rasa takut akan Tuhan-lah yang mendorong orang melakukan hal-hal yg baik di mata Tuhan.

      Ayat suci dari satu kitab agama mengatakan:
      Agamamu,Agamamu dan Agamaku,Agamaku.

      God Bless You Mr.Zahdi

      Reply
    • komen kok nggak mutu too…?!

      Reply
    • Zahdi goblok… kamu manusia yg picik.
      mulai menggunakan Sara menjadi isu lg..
      Bangsat kau

      Reply
    • Mas Zahdi,

      Religion is like a penis. It’s fine to have one and it’s fine to be proud of it, but please don’t whip it out in public and start waving it around… and PLEASE don’t try to shove it down my child’s throat.

      Reply
  28. Teruskan bung Ahok….. saya bangga punya wakil rakyat seperti anda…. teta konsisten dan ugkap terus untuk perbaikan bangsa di masa yang akan datang

    Reply
  29. kalau cuma menelanjangi sih biasa
    laporkan ke kpk

    Reply
  30. Seandainya seluruh anggota legislatif & eksekutif bermental spt Ko Ahok,negara kita ga bakalan banyak utang koq. Tapi bagaimana bisa? Guru2 SD saja ada yg sudah terbiasa menerima suap dr ortu murid hanya karna supaya anaknya dapat bintang,coba bayangkan mental sang murid kelak.
    Untuk Ko Ahok,berjuanglah trus demi kebenaran & keadilan. Tuhan selalu menyertaimu.Amin.

    Reply
  31. yang begin meetings jade presiden, setup ga?

    Reply
  32. Indonesia membutuhkan orang-orang seperti pak Ahok. Kami doakan pak Ahok agar kehidupan bapak menjadi benih yang akan membawa dampak perubahan watak di bagi para pemimpin di negara Indonesia.

    Reply
  33. kelihatannya pak ahok ini, sulit diangkat lagi jadi anggota DPR yang akan datang

    Reply
  34. Perlu keberanian, kepribadian, Akhlak dan iman yang luar biasa untuk apa yang sudah Pak Ahok lakukan. Terima Kasih Pak!
    Saya yakin Pak Ahok sangat mencintai negeri ini. Semoga kejujuran Bapak terlihat atau terdengar dan di tiru pejabat2 negara lainnya. God bless Indonesia!

    Reply
  35. kalian semua kan tau saya tidak pernah keluar negeri, wajar donk kalo saya plesir barang 2 hari ngilangin stress.

    saya ini juga wakil rakyat, jadi saya mewakili rakyat indonesia yang tidak bisa keluar negeri.
    nanti saya ceritakan kepada rakyat gimana kehidupan di luar negeri. biar rakyat bisa belajar dari cerita saya..

    Begitu maksudnya…
    Mudeng ra son..?

    Reply
  36. salut sih cuma hati hati saja, sekali berbuat salah anda akan di hujat sampai nenek moyang disebut2,seperti ibu elka pangestu,berjuang terus ko Ahok

    Reply
  37. Terus lanjutkan Pak Ahok…Jadikan Indonesia semakin baik. Semoga banyak generasi penerus yang mengikuti jejak bapak. Kalau ada banyak orang yang berkomitmen seperti bapak, Indonesia pasti bisa bangkit. Maju Terus

    Reply
  38. Tidaklah gampang meruntuhkan “kerajaan korupsi” tetapi inilah “Titik Terang”. buat ko Ahok lanjutkan , Rakyat akan membantu anda.

    Reply
  39. Maju terus pak Ahok!!

    Reply
  40. maju terus pak ahok, basmi korupsi

    Reply
  41. Sayang sekali bahwa orang berintegritas seperti pak Ahok kemungkinan besar ga akan dapat kesempatan kedua kali menjadi anggota dewan. bakal dihalang2i oleh teman 1 partai yang korup.

    Reply
  42. Semoga pak Ahok panjang umur. Saya bangga sama pak Ahok dan akan terus mendukungmu pak Ahok.

    Reply
  43. Anda politikus dari Partai Golkar, sebuah partai nasionalis bukan partai agamais. Saya sangat salut kepada Anda, pada keberanian Anda, dan sikap amanah Anda. Singaktnya, meski Anda bukan seorang penganut Islam, tapi perilaku Anda, selaku pengemban amanah orang banyak, justru sangat Islami ketimbang para politisi dari partai-partai pengusung asas Islam.
    Bravo Bung Ahok. Anda pernah menjadi bupati, tidak tertutup kemungkinan Anda bakal menjadi Gubernur Babel, dan menjadi menteri untuk selanjutnya dan seterusnya.

    Reply
  44. setitik terang di tengah lautan kegelapan . . .

    Reply
  45. setitik terang di tengah lautan kegelapan . . .

    Reply
  46. maju terus!!!!!!

    Reply
  47. pak saya bingung karena saya sering mengalami hal itu.. tp gimana sbnernya cara ngembaliin dana2 tersebut…?

    Reply
  48. Semoga semangat ini bisa meng-Indonesia. God Bless u

    Reply
  49. Setelah lihat Kick Andy 16 Juli 2011, baru tau kalo ada anggota DPR yang bisa bikin saya kagum

    bukan cuma pinter, pandai bersilat lidah, tapi juga bersih dan jujurm serta berani.

    doa saya selalu besertamu Ahok

    saya berdiri di belakangmu

    Reply
  50. ko.. tolong dikumpulin dong orang – orang yang punya perspekttif seperti ko ahok..trus sebarin ke publik biar publik juga bisa akses, menilai dan kontrol..siapa-siapa aja yang layak dan patut ikut mengelola negara. menurut saya sih genmerasi yang masih doyan ambil cara gampang dalam menyenangkan hidupnya sendiri harus segera dibunuh-bunuhin ko..

    Reply
  51. lanjutkan perjuangan ko ahok, dari rakyat biasa menjadi pengusaha, dari pengusaha menjadi bupati, daribupati menjadi anggota dewan, dari anggota dewan menjadi gubernur, mudah-mudahan nanti bisa jadi presiden. kami butuh pemimpin seperti ini yang ga cuma pinter ngomong doang tapi kenyataannya cuma untuk ngakalin duit rakyat dan memperkaya diri sendiri dan membodohi rakyat…….lanjutkan ko ahok……………..

    Reply
  52. mental seperti ini yg diharapkan bisa merubah ‘nasib’ bangsa yg terpuruk
    bila ada kesempatan sy mendukung anda

    Reply
  53. Terus maju Pak, kami mendukungmu, sudah saatnya indonesia berubah menjadi lebih baik.
    Bagi teman2 yang sudah putus harapan, jangan menyerah, dan ingat matahari pasti akan bersinar kembali

    Reply
  54. ane ntar pilih ente kalo ente tidak berubah ke yang lebih buruk

    Reply
  55. ahok ente harus calonkan diri jadi presiden…

    Reply
  56. Bapak adalah Domba di tengah2 serigala…

    Ini Domba Khusus yg Tuhan Kirim Bagi Indonesia.

    Never Give up…!

    Dosa adalah Dosa, dosa bukan sekedar Masalah.
    123 Yess !!

    Reply
  57. sepertinya anda hrs mencari partai baru yg sejalan dgn misi mulia anda. surya paloh bersih ga ya? yg jelas kedepannya hrs jd calon presiden jgn wakil krn wapres adlh boneka presiden. maju trus pantang mundur. jangan gentar, kl anda diancam dibunuh anda akan mati sebagai pahlawan nasional yg pasti dikenang sepanjang masa. GBU

    Reply
  58. Sudah lama saya mencari info tentang Bapak… Sore ini pada siaran ulang Kick Andy baru ketemu. Maju terus Pak!

    Reply
  59. Pak Ahok yang pertama memulai dengan sikap yang transparan dan benar yang lain pasti lambat laun akan dapat meniru perbuatan yang bapak lakuin. Bapak sudah menjadi contoh anggota DPR yang baik dan benar. Saya berharap anggota DPR yang lain dapat membaca berita ini dan Badan Kehormatan (BK) DPR anggota juga dapat dapat melihat apa yang dilakukan Pak Ahok ini. Maju terus bapak revolusioner Indonesia. Maju untuk menjadi lebih baik. Tuhan dukung dan memberkati.

    Reply
  60. Maju terus pak Ahok, jangan takut dimusuhi,seperti kalimat Soe Hok Gie,

    Reply
  61. Saya cuma mau comment: BTP bukan hanya Bersih,Transparan & Profesional tapi bisa juga: BTP = Berani, Terus-terang & Peduli!
    Maju terus pak Ahok, kami bangga punya pemimpin yg “Takut akan Tuhan”

    Reply
  62. kami akan selalu mendukung orang-orang yang tulus mengabdi kepda rakyatnya seperti bapak. Maju terus pak …!!!Semoga Tuhan selalu melindungi bapak.

    Reply
  63. Bagaikan Embun Pagi ditengah padang pasir yang panas…

    Reply
  64. terus terang stelah acara kick andy, saya langsung cari web site ahok ini. kalau saya berharap, pak basuki/ahok, tetap di DPR pak, dan tidak mencalonkan jadi DKI I, sebab siapa lagi yg akan menyampaikan informasi kegiatan DPR selain bapak.DPR/secara nasional masih membutuhkan bapak.

    maaf kalau ada kekeliruan.

    Reply
  65. MAKANYA KABAR KIAMAT THN 2012 ITU BUKAN BOHONG, TAPI DIUNDUR KARENA NERAKA SEDANG DIRENOVASI / DIPERLUAS UNTUK MENAMPUNG SAKING BANYAKNYA KORUPTOR2 N PENJAHAT/PERAMPOK UANG RAKYAT YANG ADA DI NEGERI INI…

    Reply
  66. Cukup Riskan pak hanya bapak sndiri mengahadapi 559 anggota DPR yg lain..jika 559 anggota DPR membuat tranparasi sperti bapak,,pasti Pemerintah tdk akan membuat mark-up pembangunan di negara ini. Tapi skrng kekuasaan DPR sgt besar dr mulai membuat UU sampai membuat anggaran di setiap daerah…hal itu sgt riskan membuat terjadinya perilaku koruptif

    Reply
  67. ruksak benar mental pejabat negara ini, tidak malu yah sudah jadi pejabat masih makan uang rakyat! sebetulnya yang miskin itu siapa ? Pak, saya juga kesel…pejabat pejabat dengan alasan audit tau-taunya minta duit…ayoo pak semangattt..

    Reply
  68. MErdeka!!! Maju terus Buat Bapak.
    Hati-hati pak!

    Reply
  69. Saya bangga dengan Saudara, karena ini dapat dijadikan teladan!

    Reply
  70. Wow… informasi yang sangat keren pak Ahok, sejak menonton Kick Andy, saya semakin mengenal siapa anda. Benar-benar patut dibanggakan perjuangan, sikap, slogan dllnya. Anda berani mengatakan dan melakukannya. Saya dukung pak Ahok!

    Reply
  71. saya melihat info Pak Ahok di KickAndy…Two tumbs up Pak Ahok….keep moving…GBU!

    Reply
  72. terus berjuang pak ahok……

    Reply
  73. Berarti selama ini rakyat ditipu. Cukup Tuhan yang tau. Maju terus Pak.. Tuhan Memberkati..

    Reply
  74. Maju terus, waktulah yg akan menilai. Kebenaran pasti menang.

    Reply
  75. itulah faktanya kelakuan “anggota dewan yang terhormat”.
    DPR = DEWAN PENIPU RAKYAT.
    tetap fokus pada prinsip bapak, doa saya selalu untuk bapak dan orang2 lain di Indonesia yang mempunyai prinsip seperti bapak.

    Reply
  76. hanya satu kata untuk pak Ahok…SALUT.maju terus pak, semoga pak Ahok lah calon pemimpin bangsa ini.

    Reply
  77. fight the power pak ahok telanjangin aja para koruptor, yang bikin negara ini tidak maju

    Reply
  78. beta dukung kk, bila perlu anggota2 komisi 1,2,3,4,5 dst, pimpinan dpr macam si marjuki ali atau pimpinan mpr sekaliipun, yang korup. habisi saja mereka. beta dukung kk punya program

    Reply
  79. Maju terus pak Ahok setitik cahaya didalam kegelapan akan mengusir kegelapan.
    Hati2 ya Pak Doa kami menyertai perjuangan anda.GBU All the Best

    Reply
  80. Untuk semua saudara2 sebangsa dans etanah air yang sama2 merindukan kemajuan bangsa, sebaiknya perlu dipikirkan bentuk dukungan yang lebih real kepada koh ahok, supaya ko ahok tidak jadi bulan2an para penyamun di DPR, karena menurut saya semakin besar dukungan/pendukung semakin gentar orang untuk berbuat jahat kepada orang seperti ko ahok. semoga ada pemikiran yang cemerlang untuk memberi dukungan yang real. trims. salam

    Reply
    • bravo…..!!!mendukung pemerintahan yg jujur dan berani memperjuangkan kebenaran, kita juga hrs bisa menjadi rakyat yg jujur dan berani mengikuti jejak pemimpin nya….!!!

      say no to KKN.(jika melihat dan mengalami segera laporkan atau publikasikan seluas2 nya ke masyarakat/rakyat Indonesia)

      karena secara langsung,rakyat yg dilayani birokrasi pemerintah lah yg dapat merasakan dan melihat dgn sangat jelas tikius2 birokrasi.

      Reply
  81. Luar biasa…!!!
    Hampir tak percaya saya membacanya. Jika ada dimusuhi, itu wajar… jika kemudian teman-2 anda mengikuti jejak anda, itu yg tidak wajar…:))

    Reply
  82. Salut untuk anda Pak Ahok…Tetap Optimis….MAJU TERUS untuk INDONESIA YG LEBIH BAIK

    Reply
  83. Maju dan berjuang terus untuk kebaikan dan kejujuran pak Ahok…, kita semua mendukung sepenuh hati

    Reply
  84. Hidup Bang Ahok.
    Bantai semua bang tikus2 kantornya.

    Reply
  85. Maju Terus Pak Ahok…Jadilah Terang. Keep on fighting, jadikan Indonesia Better

    Reply
  86. ANGGOTA DPR RI YG LAIN HARUS MALU SAMA ORANG DAERAH YG SATU INI. UBAHLAH SEGERA KEBIASAAN JAHAT MEMBOHONGI RAKYAT

    Reply
  87. Salut buat pak Ahok, untuk jiwa besar dan nasionalisme nya.
    maju dan sukses trus….

    Reply
  88. jika semua wakil rakyat mirip anda mkn kesejahteraan rakyat tercapai tapi memang berat kehidupan bapak yg dikelilingi oleh koruptor pemakan uang rakyat pak ahok is the best god bless you…

    Reply
  89. Saya sangat bangga dg cara kerja anda. Bangsa ini butuh org spt anda Pak Ahok. Berani mengatakan TIDAK utk hal yg tdk benar. Saya berharap anda tdk gampang menyerah & dapat mencapai yang anda cita”kan terhdp bangsa ini & menjd contoh yg baik & benr utk bangsa ini pula. Semoga bangsa ini melahirkan org” yg mempunyai potensi utk membenahi sistem & memperjuangkan rakyat utk kepentingan rakyat.

    Reply
  90. Salut buat pak Ahok yang berani membongkar kebusukan di DPR. Saya dukung bapak menjadi Gubernur DKI Jakarta

    Reply
  91. Mungkin orang kayak pak Ahok ini cuma satu. Tapi satu sudah cukup membuat orang kayak saya untuk memiliki harapan. Semoga yg satu ini tidak padam ditelan si banyak, agar si satu nantinya bisa menjadi dua dan dua menjadi empat…

    Reply
  92. Sudah bukan zaman nya lagi melihat integrity org dari Agamanya….sdh usang…Bahkan gara2 Agama dunia Perang terus…itu karna merasa agamanya paling benar,dan kalau org lain beda,mereka menyerang….ini sdh jadi kebiasaan org yg katanya Ber Tuhan,jadi menurut saya mengukur org itu dari track record dan integritasnya,Pak Basuki ini sdh membuktikan,meski dia Org Nasrani tapi malah dia bisa bikin org yg non nasrani hidupnya lebih sejahtra,jadi dia tidak Jualan Agama karna mungkin Mayoritas,sehingga jualan itu lebih laku,tapi setelah jadi pejabat,malah korupsinya yg dibesar2in,apa dia peduli sama kalian yg memilihnya…jadi berhentilah! Membahas Agama ditengah2 Negara yg berdasarkan Pancasila ini,kita semua punya kesempatan yg sama,apapun agaamanya sukunya,ras nya,Negara ini sdg sakit,Butuh org2 spt Basuki(Ahok) dari Babel,Dahlan Iskan dari pacitan,Jokowidodo dari Solo,saya yakin Indonesia Akan sejajar dg bangsa2 lain…selamat berjuang Pak Basuki,God Bles You

    Reply
  93. GOD BLESS AHOK….. HARAPAN MASIH ADA….

    Reply
  94. MR .SBY MUST READ THIS!!!!!!!!

    Reply
  95. There is always HOPE, NOTHING IS IMPOSSIBLE !!!! jadilah seperti Yusuf di tengah Bangsa Mesir 🙂

    Reply
  96. jangan lupa selalu awali dengan Doa ko AHOK ,Tuhan kita adalah Allah yang DAhsyat danselalu berserah kepadaNya agar diberikan keberanian n kebijaksanaan seperti Daniel(belsazar) di jaman Nebukadnesar

    Reply
  97. Kita tidak boleh berharap hanya pada 1 orang saja! Satu lawan 1000 hampir mustahil. Ko Ahok hanyalah pencetusnya buat semua rakyat Indonesia di manapun berada untuk bangkit membangun negerinya. Apapun suku, bahasa, agama dan latar belakang keluarga Anda. Terutama Anda-Anda yang masih muda dan memiliki visi misi untuk Indonesia lebih baik. Ingat! Salah pilih anggota dewan, bupati, gubernur sampai presiden maka menderita selama 5 tahun!

    Reply
  98. Saya yakin Pak Ahok pasti di benci tmn2 nya yg korup di DPR… tapi apapun resikonya JANGAN PERNAH MUNDUR PAK !!! Rakyat tetap bersama Bapak. Buat tmn2 yg lain mari kita dukung PaK Ahok dlm menyuarakan kebenaran tsb.. ada yg punya usul ttg bentuk dukungan??? “misalnya.. DUKUNGAN MORIL BUAT AHOK DI FB/TWET” atau ada masukan lain???

    Reply
  99. Maju terus P’Ahok……

    you are like a candle in the dark…..
    Gbu.

    Reply
  100. wah wah hebat sekali ada orang seperti ini di negara kita, tidak sangka

    Reply
  101. Pak,

    mau tanya :
    klo suatu saat terpilih jadi Presiden
    apa bisa anda menjaga hati nurani n kesetiaan pada rakyat ?

    thanks

    Reply
  102. izin re-post pak. harus sebanyak mungkin rakyat indonesia yg baca beginian. masih ada org baik kok di Indonesia, so ga bakalan hancur cepat bangsa ini. apalagi yg dtunggu cuma sampai 2014.

    Reply
  103. maju terus pak ahok… GBU