Anggota Pansus Menandatangani Kontrak Politik dari Mahasiswa

0
56

Sepak terjang Panitia Khusus (Pansus) yang dibentuk oleh DPR untuk mengusut kasus Bank Century akan senantiasa menjadi sorotan media dan masyarakat. Panitia khusus yang berisi 30 orang lintas fraksi tersebut akan mengemban besarnya harapan publik yang ingin mengetahui ada apa di balik skandal yang menguras trilyunan uang negara ini.

Setelah membentuk struktur kepemimpinannya, para anggota Pansus Bank Century Senin lalu (7/12) menerima perwakilan mahasiswa dari berbagai kampus yang tergabung dalam Jaringan Kampus Nasional (JKN). Dalam kesempatan tersebut mahasiswa menyodorkan kontrak politik tertulis untuk ditandatangani oleh seluruh anggota Pansus. Para mahasiswa berpendapat kontrak politik diperlukan untuk menjaga komitmen anggota Pansus agar semaksimal mungkin menuntaskan pengungkapan skandal besar ini.

Sempat terjadi perdebatan alot antara mahasiswa dengan beberapa anggota Pansus, dan juga perdebatan antara sesama anggota Pansus itu sendiri, namun pada akhirnya pimpinan Pansus bersedia menandatangani draft kontrak politik yang disodorkan oleh para mahasiswa.

Isi draft kontrak politik yang bermaterai dan ditandatangani oleh pimpinan Pansus tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kami ketua dan anggota panitia angket Century akan menjalankan tugas dengan sebenar-benarnya dan secara transparan sampai tuntas.

2. Kami ketua dan anggota panitia angket Century bersumpah tidak akan menerima suap atau money politik sampai kasus terungkap secara jelas dan transparan.

3. Kami ketua dan anggota panitia angket Century tidak akan sedikit pun dan dengan alasan apapun menggunakan hak angket sebagai bargaining politik.

4. Kami ketua dan anggota panitia angket Century akan mengumumkan secara terbuka hasil investigasi Bank Century dan menuntut yang salah sesuai peraturan yang berlaku.

5. Apabila kami melanggar, kami siap mundur sebagai anggota DPR 2009-2014.

Basuki T. Purnama (Ahok) yang dihubungi secara terpisah menyatakan bahwa beliau menanggapi positif kesediaan anggota Pansus untuk menandatangani kontrak politik tersebut. Walaupun secara legal formal mungkin sulit untuk menjadi pegangan, dalam artian akan sulit untuk digunakan sebagai alat bukti di pengadilan. Namun paling tidak hal tersebut bisa bermakna dua hal, yaitu memberikan secercah harapan bagi masyarakat sekaligus tekanan moral bagi para anggota Pansus Bank Century

Selanjutnya, Pansus Bank Century akan melakukan rapat pleno keduanya pada 14 Desember nanti. Salah satu hal yang akan dibahas adalah mekanisme pelaksanaan rapat Pansus, apakah akan dilakukan secara terbuka ataukah tertutup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here