Tanah Masyarakat Diserobot Perusahaan Sawit?

2
103

Ahok.Org (14/11) – Reses hari ke tujuh (Jumat,13  Nov , 2010), saya mengunjungi desa Pangkal Buluh, Kecamatan payung Kab Bangka Selatan.

Diawali dengan laporan lewat SMS dan permintaan mengunjungi mereka yang tanahnya masuk dalam ijin lokasi seluas 20.000 hektar yg diberikan oleh Bupati setempat pada tahun 2007.

Kasus yg dilaporkan, masyarakat sebagian besar tidak setuju tanahnya dilepas untuk perusahaan Sawit karena jauh lebih bermanfaat kalau dikelolah sendiri. Sementara perusahaan tidak perduli, tetap melakukan pembersihan lahan dan dengan cara pembakaran sehingga bukti tanam tumbuh milik masyarakat menjadi hilang, pihak aparat desa juga tidak bersedia memberikan surat keterangan, kecuali ada persetujuan dari masyarakat ingin melepas tanah tersebut, pihak desa baru mau mengurusnya dan membantu menyelesaikan ganti ruginya.

Ada juga laporan ada lahan kebun karet yang sudah panen dan tanpa ijin lokasi dari Bupati, tetapi pihak perusahaan tidak perduli dan tetap membuka lahan tersebut, bahkan seluruh pohon karet milik masyarakat juga digusur tanpa bekas.

Kasusnya dilapor ke Polisi tetapi  didiamkan dan tidak ditindak lanjuti,Adanya persoalan pencatutan nama di daftar ganti rugi lahan, ada masyarakat merasa tidak menerima uang, tidak memiliki lahan, tetapi dalam daftar ganti rugi oleh pihak desa, ada namanya (“dipinjam?”), ybs merasa keberatan dan merupakan perbuatan fitnah memakai namanya mengambil ganti rugi dari perusahaan sawit.

Setelah menerima keterangan dari mantan Kades dan pihak LSM dan pemilik lahan, saya sampaikan akan membela lahan yg memang tidak mau dilepaskan agar di keluarkan dari peta lokasi perusahaan, jika mereka menggusur paksa akan kita pidanakan dan berikan ganti rugi.

Kalau masalah pencatutan nama oleh pihak desa, sebaiknya diklarifikasi ke kadesnya. Jika memang benar, ada nama yang dimanfaatkan, segera lapor ke Polisi, termasuk lahan yg digusur paksa bisa dilaporkan ke Polisi secara tertulis, sehingga kalau ada oknum Polisi yang menolak menerima laporan, bisa dijadikan bukti oleh kami di DPR untuk pertanyakan kepada Kapolri soal sikap anak buahnya di daerah yang menolak laporan masyarakat yg diserobot tanahnya.

Persoalan mau minta tambahan bayaran atas lahan yg sudah dibebaskan dan menerima pergantian, maka saya katakan dengan tegas tidak bisa lakukan , karena sama saja ini mau memeras perusahaan.

Saya juga janjikan akan minta keterangan kades dan pihak perusahaan atas keterangan ini. Kalau benar perusahaan melakukan tindakan tersebut maka akan Aku pertaruhkan seluruh jabatan saya untuk membela masyarakat terhadap perusahaan yang memeras berkuasa dan sewenang wenang dengan berkolusi bersama oknum pejabat dan oknum aparat.

Perjalanan dari pangkal pinang, butuh 1,5 jam.
Pertemuan dimulaipada pukul 14:00 dan diakhiri kurang lebih pada pukul 17:00, disertai dengan makan nasi (disediakan oleh masyarakat,ketika saya mengutarakan mau ganti uang makan, mereka menolak, dengan alasan kedatangan saya menanggapi permintaan mereka untuk menerima pengaduan sudah sangat berterima kasih). Waktu mau pulang masyarakat yang hadir minta foto bersama.

20:31:16 baru keluar cari makan malam, sambil berbincang dgn pengusaha SPBU dan distributor makanan, info yang didapat  Situasi bahan bakar minyak di Babel utk tahun 2010 sudah tdk bisa lagi nambah, padahal jumlah kendaraan bermotor bertambah begitu besar, sehingga menyebabkan langkanya persediaan minyak/bensin dan membumbungnya harga minyak bensin di eceran luar spbu mencapai 6000 – 7000 liternya.

Pertamina tidak bisa menambah lagi jumlah pasokan BBM, tahun depan baru bisa diadakan pengajuan baru.
Ruko-ruko di Pangkal Pinang dengan pasaran di atas Rp 1,5 milyar harga sewanya berkisar 35 -50 jt/ tahun.
Perkembangan harga property yang menonjol adalah sepanjang Pangkal Pinang menuju ke Bangka Tengah (bandara), sudah berdiri hotel baru Santika dan Novotel sepanjang jalan ini, harga tanah dan bangunan meningkat tajam di daerah ini .

Sabtu,13 Nov , 2010
19:33:17

BTP

Suasana pertemuan dengan masyarakat Bangka

Masyarakat yang lahannya diserobot, nyatakan akan tetap konsisten melawan ketika saya minta angkat tangan yang mau konsiten pertahankan lahannya

Menikmati makanan yang disuguhkan masyarakat Bangka yang menyediakannya dengan cara bergotong royong

2 COMMENTS

  1. SELAMAT BERTUGAS BAPAK AHOK SEMOGA TUHAN MELINDUNGI BAPAK DAN SELURUH KELUARGA BESAR BAPAK AHOK. AMIN. dari Honorer Teranulir Jateng. Salam hormat dari kami 1225.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here