Pemerintah Semakin Mendengungkan Wisata Bahari

0
55

Ahok.Org (24/01) – Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama memanfaatkan ajang Sail Wakatobi-Belitong (SWB) 2011 dengan pembuatan sekuel film Laskar Pelangi yang sukses besar pada 2008 yang lalu.

Kegiatan tersebut akan mengalihkan orientasi pembangunan dari darat ke laut Belitong. “Selama ini pembangunan di Belitung, serta PAD (Pendapatan Asli Daerah) masih berorientasi ke darat. Tetapi secara perlahan, terutama setelah suksesnya film Laskar Pelangi, ada keinginan untuk mengalihkan orientasi kegiatan pembangunan ke laut. Kalau berhasil, sektor pariwisata bahari akan terus ditingkatkan,” BasuriĀ  (20/1).

Film Laskar Pelangin akan dibuat sekuelnya mengingat sukses luar biasa. Film ini penuh dengan nuansa lokal pulau Belitong, dan penggunaan dialek Belitung sampai aktor-aktor yang menjadi anggota Laskar Pelangin juga adalah anak-anak asli Belitung. lokasi syuting juga di pulau Belitung dan biaya produksinya mencapai Rp 8 mlyar yang menampilkan pesona laut serta batu-batuan kepulauan. “Saya diundang Andre Hirata (novelis Laskar Pelangin) untuk rencana sekuelnya. Sehingga kami sudah deal, Pemkab Belitung akan menyediakan 57 hektar untuk desa wisata, dan lokasi shooting sekuel film tersebut. Master plan sudah disiapkan, tinggal bagaimana kita mengemas sehingga film sekuel lebih sukses dari yang pertama. Kalau sukses, sektor pariwisata Belitung Timur semakin berorientasi ke laut,”.

Belitung memiliki berbagai keunikan untuk pariwisata bahari. Tetapi Pemkab akan menggandeng sektor swasta untuk pengembangan pariwisata. Selama ini, pengusaha biro perjalanan yang tahu persis membuat paket-paket wisata ke daerah. “PAD Belitung bisa meningkat sampai Rp 100 milyar, kalau film itu sukses. Selama ini, PAD mash mengandalkan sektor pertambangan terutama timah, aspal, dan lain-lain. Pariwisata belum banyak,”.[Business News 21 Jan 2011]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here