Laporan Kunker Kalteng 25-26 Juli 2011

1
68

Ahok.Orang – Mon, Jul 25, 2011 06:31:22 take off 06:41:58 Tiba sekitar pukul 08.00, kami menunggu di VIP lounge, pukul 09.00 berangkat ke kantor Gubernur pukul 09.30 Kami mulai rapat gabungan dengan Gubernur Kalteng beserta jajaran Muspida Kalteng di kantor Gubernur,sekaligus Komisi III juga bersamaan.

10:54:04 setelah kata sambutan,sekarang paparan gubernur tentang keadaan Kalteng, luas wilayahnya 1,5 kali pulau Jawa (ada 6 gubernur di pulau Jawa), di Kalbar 1 km2 dihuni 14,000 orang. Di Kalteng 1 km2 dihuni 14 orang. Tahun 1957, kota Palangkaraya sempat akan dijadikan kota pemerintahan RI, terletak di antara Sabang-Merauke, posisi tengah asia pasifik. Ketiga terbesar setelah Papua dan Kaltim. Jumlah penduduk 2,202,599 jiwa. 1 kota dan 13 kabupaten.

12:10:01 kami makan siang (ishoma), nanti akan dilanjutkan dengan mitra terpisah komisi II dan Komisi III
13:17:42 kami mulai rapat di kantor KPUD Provinsi Kalteng, KPUD Kotawaringin Barat diberhentikan sementara, lalu 3 dari antara 5 diberhentikan tetap. KPUD propinsi sesuai KPU, karena tidak mau laksanakan putusan MK.

14:11:54 Banyak pertanyaan soal data, tidak bisa dijawab, padahal kasus Kotawaringin Barat ini sangat sensitif. Alasan sabtu minggu libur ,jadi hari ini tidak siap, banyak yang tidak hadir dan data tidak mereka miliki, padahal sudah difax surat sejak 11/7, bagaimana bisa baru tahu Sabtu kemaren. Sangat mengecewakan. Kami akhiri saja. Minta hasil keputusan dewan kehormatan secara komplit kenapa ada 3 anggota kpud yang dipecat.

14:15:01,penjelasan dari anggota KPUD, ibu ketua sedang di opname di Jakarta karena sakit.(Hanya tinggal 2 orang KPUD yang hadir).
14:17:14 kami akhiri saja .14:22:11 bis jalan menuju hotel , tiba di hotel 14:30:16, janji ketemu mahasiswa kalteng pukul 17:12:44, Pukul 19.30 kami makan malam di rumah Dinas Gubernur (istana Isen Mulang Palangkaraya).

Pukul 22:18:43 pintu kamar hotel saya diketok ketika saya baru mau tidur, staf komisi II mengantarkan sisa uang dinas ,yang mengejutkan seperti biasanya dibuat 4 malam 5 hari ,ternyata kami hanya 3 malam 4 hari saja (laporan lengkap akan dibuat tersendiri jumlah uangnya).

Tue, Jul 26, 2011
09:00:08 kami mulai rapat dengan BPN kalteng dan seluruh kepala BPN kabupaten kota, kecuali kota Palangkaraya tidak hadir karena ibunya sedang sakit di rumah sakit.

10:42:51 nunggu jawaban dari bapak Kakanwil, ada 2 rekan ijin pulang lebih awal ke Jakarta Saya menanyakan kondisi lahan-lahan di Kalteng yang 67% masuk kawasan hutan, dan kenapa kantor Pemprop Kalteng semua bisa dapat sertifikat,kenapa yang lain tidak dapat? Termasuk biaya prona yang katanya gratis,nyatanya masyarakat tidak dapat buat karena tidak mampu uangnya? soal kekurangan juru ukur dan penyebaran juru ukur yang menumpuk di kantor Kanwil. Jawaban tertulis ada di staf komisi.
Masalah Prona juga dipersoalkan , biaya-biaya gratis ternyata masih dibebankan ke masyarakat, harusnya benar-bemar dibuat gratis saja, BPN ada penerimaan negara bukan pajak.

11:11:57 Giliran memberikan kesempatan anggota real estate (REI, nama suparjo asal Jawa ) sebagai pengurus REI Kalteng memberikan masukan. Mereka sudah kehabisan lahan, karena masuk kawasan hutan saja. Mau bangun perumahan rakyat subsidi, lahannya sulit .
Masalah utama adalah RTRWP (Rencana Tata Ruang Wilayah Propinsi) Kalteng yang tidak selesai di komisi IV DPR RI. Jika selesai, semua masalah tuntas disini, termasuk pertumbuhan ekonomi akan cepat?

11:31:43 masalah transmigran dimana lahannya sudah dijual bawah tangan ke non transmigran, jadi penyebab tidak mendapatkan sertifikasi tanah transmigrasi.

Kakanwil BPN pak Gunawan Sasmita juga menjelaskan Larasita tidak salah, untuk daerah-daerah terpencil sangat terbantu karena biaya transportasi ke kantor pertanahan jadi hilang termasuk kesempatan mendapatkan uang karena tidak bekerja, Larasita sama dengan kantor pertanahan di gedung-gedung, sifatnya mobile.

Tue, Jul 26, 2011 pak kakanwil mengakhiri jawaban-jabawab, dan pimpinan Pak Hakam mengucapkan terima kasih .BPN selalu lengkap tiap kali kami kunker. Beda dengan KPUD kemarin yang mengecewakan. Pak Hakam minta jangan kaget bahwa target dan realisasinya terlalu jauh dan timpang, pak kakanwil baru 2 tahun bertugas disini.
Budiman sujatmiko mau kasih apresiasi saja 11:50:01 (butuh BPN yang ceritanya sukses/success story).selain

Jateng dan ternyata Kalteng juga diharapkan bisa lakukan hal yang sama buat lakukan program reforma agraria bagi petani.
11:52:24 pak hakam masih neruskan. Program pusat harus jalan dan disempurnakan, tidak ada istilah “mission imposible” bagi rakyat dapatkan sertifkat.

Kami akan bertukar cinderamata? Giliran Kakanwil lagi,saling terima kasih atas perhatian dan dukungannya. 11:54:10 tukar souvenir, ke kota Waringin Timur dan Barat. Setelah ini makan siang, sudah disediakan, ruangan kami rapat dilantai 3 tanpa lift dan tanpa AC, pakai kipas angin besar yang pakai air! Sangat sejuk. kantor sederhana ,yang penting pelayanan prima. 11:55:41 selesai serah terima plakat,kami disilahkan makan siang.

12:21:40 habis makan, mengobrol sambil menunggu jadwal akan berangkat butuh 4 jam sampai ke Kotawaringin timur dari Palangkaraya.
17:06:48 tiba di hotel kota Sampit kab. Waringin Timur, setelah diperjalanan berhenti makan durian yang enak sekali, alangkah kekayaan alam Indonesia ini sungguh luar biasa, durian Malaysia banyak dari kombinasi bibit durian Kalimantan?

Pukul 19.00 kami akan ke rumah Dinas Bupati kab Kotawaringin Timur (Bupati yang masih muda baru berusia 35 tahun dan mertuanya adalah bupati kabupaten sebelahnya dan istrinya juga anggota DPRD propinsi Kalteng dari PDIP).

Contoh sms dari staf komisi II untuk kami setiap sebelum berangkat:”Yth bp/ibu tim kunker, acr mlm ini ptemuan dg bupati, DPRD,KPU,PANWAS n Kakan BPN KOTIM. Brangkt dari hotl pk. 19.00wib. Tks. “agung””
20:09:17 setelah makan malam , kami sudah dengarkan 1/2 jam paparan Bupati soal wilayahnya dan visi misinya .

20:29:53 giliran ketua Delegasi komisi II yang memberikan kata sambutan.
Kunker untuk melihat daerah-daerah apakah lebih maju dengan otdanya dan hasil pemilihan langsung. Ketua DPRD kotim ini baru berusia 32 tahun. Perputaran uang Rp.23 T / bln di kabupaten ini. BI akan buka kantornya lagi setelah ditutup habis kerusuhan 2001 sampit.

Kami inginkan soal kepegawaian ditata dengan baik, juga melihat implementasi UU yang kami hasilkan bisa jalan di daerah-daerah. Juga lihat daerah2 yang “bangkrut” APBD-nya.

20:53:35 acara tukar cinderamata diteruskan dialog.
Bupati menanyakan soal moratorium PNS, pendidikan dan perawat kurang (faktanya seluruh indonesia kelebihan, hanya penyebaran tidak merata)
21:55:21 kami kembali ke hotel.
21:58:07 tiba di hotel, rumah dinas dekat dengan hotelnya (hotel Idola).

Kota sampit kab kotawaringin timur, kalteng

BTP

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here