Laporan Reses Rabu 27 Juli, Pangkalan Bun Kalteng

0
50

Ahok.Org – Wed, Jul 27, 2011 Yth bp/ibu tim kalteng,acr hr ini ke kantor dukcapil,brangkt dari hotl pk.8pg (blm checkout), sarapan d  ruang mkn lt dasar (sampg resepsionis),mkn siang di hotl kmdn check out pk.11.30.takeoff kalstar pk.13  siang. Tks.”agung”( demikian bunyi sms setiap hari dari staf kepada kami).

Koran RADAR Pangkalan Bun Mearuh pada berita utama terdapat judul “Pernyataan Ganjar Pranowo Dianggap Menyesatkan” judul koran ini sehubungan dengan komentar Ganjar bahwa pemilukada di kab Kotawaringin Barat diulang.

08:18:01 selesai sarapan menunggu untuk berangkat (Infonya pak Ganjar akan kembali dari Jakarta menuju Pangkalan Bun langsung siang ini).

08:30:30, kami tiba di kantor dukcapil setelah melihat sistem admin penduduk, lalu menuju ke kantor Kecamatan,ternyata E-ktp belum siap juga di kantor Kecamatan, belum dilimpahkan ke kantor camat.

10:14:01 setelah dari kantor kecamatan,kami sdg ikut reses DPRD ketemu para kades. Ikut diskusi soal musrenbang per desa, karena APBD tidak cukup, mereka mulai prioritaskan, jadi DPRD khususnya ketuanya pak John, menampung musrenbangnya, sehingga pembangunan 2012 bisa sesuai harapan  rakyat desa setempat, hadir juga perwakilan dari PDAM dan PLN.

Ketua DPRD: ada revisi UU Pemda jadi RUU ttg desa. Saya dikasih kesempatan bicara soal RUU ttg desa, Saya memberikan masukan bawah ada prinsip pembuktian terbalik.

Masalah honor perangkat desa diminta diperbaiki? Kenapa kota Sampit tidak pakai dana APBN untuk membantu mengatasi banjir, hambatan rt/rw untuk buka sawah tidak bisa, minta  komisi IV DPR yang akan lakukan, padahal kalau ada bisa menjadi potensial swadaya pangan.

Giliran pak Hakam yang menambahkan soal RUU ttg desa, usulan kades jadi PNS agak unik karena ternyata di daerah ini penghasilan kades dan  sekdes sebelum menjadi PNS ternyata lebih besar?

10:39:39 :Ada masukan dari Kades,baru selesai diklat di Bandung guna bertemu Asosiasi Kades, meminta para Kades se-kalteng dukung dana 10% APBN langsung masuk ke kas desa, yang menarik, ketua DPRD dalam masa reses ini tetap berpakaian lengkap dinas dan lambangnya, supaya jelas reses bukan masa istirahat,tetapi dijadikan waktu kerja turun ke desa-desa dan rapat resmi bahas musrenbangdes.

Lurah (wanita): sangat mendukung usulan desa, harusnya kelurahan juga diikutkan. (Lurah tidak dapat aturan seperti desa bisa lakukan) yang dimaksud RUU Tentang Desa sebenarnya termasuk kelurahan (sebagai unit terkecil). Ketua akhiri pertemuan tak terduga ini, pertemuan mereka dengan DPRD reses disebelah kantor camat.

10:47:04 pertemuan diakhiri. DPRD dari dapil 2 melanjutkan soal bahas Musrenbangdes mereka (sangat patut dicontoh).
11:02:21 tiba di Hotel , check out ke bandara jam 12 . Harus makan siang lebih awal saja
12:41:27 kami sudah daalm pesawat siap terbang ke Pangkalan Bun dgn pesawat Lalstar Air, jenis ATR 42-300
13:10:02 mendarat di bandara Iskandar Pangkalan Bun, kab Kotawaringin Barat, kalimantan tengah, anggota

DPR tinggal tersisa 8 orang ,yang lainnya, Pulang ? satu anggota wanita sudah tidak ada yang ikut.

13:34:07 kami sedang dlaam ruang vip,mendpt “demo” dari pendukung Pemilukada yang dirugikan oleh putusan  MK. Kelompok ini mendukung pernyataan pak Ganjar (dimana Pak Ganjar tidak ada dalam rombongan, para pendemo mengira pak Kakam adalah Ganjar).

Pangeran M zilin syah, putra ke-14 sultan Kotawaringin yang sampaikan. Sdr kusniadi, Saksi persidangan MK dan yg atur kesaksian di M K (adalah saksi palsu), Sudah diperiksa mabes untuk menyatakan bahwa ada setoran uang ke hakim MUARA KARANG P 8 UTARA NO 27 JKT 14450, siap hadir dimana saja, yang mengatakan Ganjar menyesatkan adalah salah satu saksi di MK yg “palsu”.

Pemangku adat, “rakyat yg milih 67.000 suara ke pak sugian, hrsnya dilantik, kalau tidak dilantik akan ada kasus sampit jilid 2.

Bisa ada disintegrasi jika MK sewenang-wenang buat putusan seenaknya, mereka mengkritik Mahfud MD yang sangat arogan?

Mereka serahkan spanduk yang berisi cap jempol darah dengan mengatakan NKRI harga mati, maka pasangan Sugianto juga harga mati.

13:47:00 acara “demo” sampaikan aspirasi berakhir. Kami mau menuju kantor Bupati, Sepanjang jalan ditemui ada 2 kelompok pendemo menolak putusan MK yang tidak konsisten?

14:00:36 kami tiba di kantor Bupati
14:24:40 paparan tentang kota ini oleh plh Bupati, sementara diluar demo “siap mati hadapi MK “.
15:26:29 masukan dari DPRD dan SKPD Kobar: Eko soemarno, omisi A FPAN, pasangan sugianto dari FPDI-P yang

dikalahkan oleh MK. (Putusan MK lampaui wewenangnya) Titik sriyanti, anggota DPRD. Kenapa putusan MK yang final dan mengikat, kenapa tidak bisa dilaksanakan.?  Tegakkan supremasi hukum di negeri ini. Kepala BKD, cpns yang lulus kebanyakan diisi oleh org luar (dari Jawa), harus ada kelulusan berdasarkan  putusan gubernur/bupati, bisa yg ranking tdk lulus asal mau didaerah  terpencil bisa diterima. Jika otda yang gagal, dibubarkan dan jadikan daerah administratif saja. 60% CPNS Kobar bukan asli dari sini, karena hasil testnya kalah. Dan yang diluar ini tidak bersedia ditempatkan.

Fauzi.(Kepla DPKD),bagian keuangan daerah, gaji bupati kecil dibandingkan penghasilan Sekda. Perlu direvisi. Belanja pegawai 44% dari APBD.penambahan pegawai yang banyak berimbas ke besarnya persentase tsb. Opini BPK  (tdk wajar),sekarang WDP (wajar dgn pengecualian).

15:56:19 mulai mau akhiri untuk memberikan kesempatan sholat azhar
15:58:50 sudah mau diakhiri ,kata sambutan oleh pak Hakam, ketua rombongan.
16:05:44 saya ikut ngomong soal CPNS yang tidak mau ditempatkan bisa dipecat, ternyata sudah undurkan diri,  dan Menpan atau bkn tidak bisa kasih yg dibawahnya naik, karena sudah ada putusan, harusnya Menpan bukan  memberikan kebijakan khusus supaya hasil test tidak mubazir. Anggota DPRD, Mulyadi mau minta perbaiki kasus Pemilukada (kesaksian para saksi dalam sidang di MK adalah palsu), komisi 2 diharap cari fakta di lapangan. Ingin cepat ada pemimpin definitif, luruskan kembali relnya di porsi yang benar.

16:09:54 akan ditutup ketua. Kami terbuka nerima masukan ,kami sampai besok siang.
16:10:36 acara ditutup plh Bupati.
16:12:16 tukar menukar souvenir .
16:13:17 acara ditutup oleh pembawa acara.
16:32:43 didalam mobil mau nuju ke Hotel, pak Ganjar baru tiba kembali dari Jakarta, ada 2 anggota kembali ke Jakarta malam ini.
19:22:57 kami makan di Hotel, karena melihat situasi tadi siang, lebih baik tetap di hotel saja, Saya habis makan mengunjungi kenalan dekat keluarga yang buka toko dan usaha di Pangkalan Bun, kami  berbincang dan foto bersama, begitu kembali ke hotel di ruang tamu depan kamar hotel ada rombongan  mantan KPUD dan Timses sugianto – eko (juga hadir) untuk memberi keterangan kepada kami agar disampaikan ke panja Mafia Pemilu ,bahwa putusan dari MK tidak sesuai aturan.

Sampai saat ini 21:25:53 masih berlanjut.(Banyak intel polisi dan TNI disekitar hotel untuk amankan.

22:02:56 masih berlanjut,semua berusaha kasih argumentasi untuk meyakinkan kami bahwa Sugiono dan Eko layak dimenangkan karena putusan MK salah.

23:04:16 baru selesai masuk kamar hotel, ternyata pak Sugianto calon bupati yang menang dan di batalkan M K adalah anggota DPR RI dari komisi 9 fraksi pdi-p, (saya yg tidak mengenalnya, dia juga tidak kenal semua anggota DPR RI,atau dia yang jarang masuk? Atau beda komisinya).

BTP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here