Laporan Reses Pertama Bangka (1 Agustus)

2
116

Ahok.Org – Pukul 11:04:11 siang saya Mendarat di bandara Depati Amir di pulau Bangka, tepatnya di kabupaten Bangka Tengah, walau begitu setelah kita keluar dari bandara tidak jauh adalah wilayah Kota Pangkal Pinang (inilah salah satu keunikan hasil dari pemekaran daerah otonom).

Waktu makan siang disuasana hari pertama puasa, PNS yang makan di tempat makan yang sama adalah Suku Batak ( yang semuanya adalah kelahiran Babel).

15:32:09 Reses kali ini diadakan di bulan puasa, maka saya menggeser pertemuan menjadi di malam hari,apalagi saat ini puasa pertama, biasanya semua berbuka di rumahnya. Heran juga kawan-kawan dari LSM setempat minta acara buka bersama di pink cafe ? Apa ada yang bisa hadir ?

Pemilukada benar-benar jadi masalah buat anggota DPR RI yang pulang ke dapil untuk melakukan reses,kalau yang jadi ketua partainya di daerah merangkap kepala daerah dan merasa saingan lama pemilukada, saya tidak bisa bergerak bersama anggota DPRD untuk ketemu para pengurus partai dan konstituen diatur oleh pengurus partai,akhirnya hanya jalan tanpa ada DPRD Propinsi se-fraksi yang ikut? Di Belitung masih bisa bersama beberapa anggota DPRD-nya. Rencana tgl 6

17:01:26 (disiapkan berbuka bersama di pink cafe 80 orang, awalnya yang hadir tidak sampai 8 org. Saya pikir inilah resiko yang menganturnya juga tidak jelas, asal saling ajak saja dan tidak diumumkan. Ternyata setelah jam 17.15 yang hadir ada 68  orang dewasa hadir dan ditambah  anak-anak berumur 10 tahunan dibawa serta.

Berikut cuplikan tanya-jawab saya dengan masyarakat disana:

Adong: menanyakan kenapa sejak ada kapal isap harga ikan jadi mahal?
2.Didi (Bateng), bagaimana masalah desa tertinggal, tidak pernah dapat apa-apa? Tidak dioperhatikan? Desa Romadon (kec Sungai Selan).

3.Wan (Selindung), saya kira bukan mau reses, tetapi soal pemilukada sudah ada musrenbangdes-pusat, harusnya tidak perlu capai turun ke bawah lagi bagi anggota DPR, kalau mau maju 100% dukung .
4.Mangara Siahaan, sedih sekali kondisi Babel sejak lahir  65 thn lalu sampai saat ini tidak maju, dengan kekayaan alam melimpah, tidak bisa maju seperti Singapura.

harusnya minimal masuk 3 ranking besar nasional dalam hal pembangunan, karena itu butuh pemimpin yang mampu mereformasi propinsi ini.

5.Octaviani, (Selindung) menanyakan perihal sekokah gratis? namun faktanya tetap harus bayar?

18:02:43 habis doa, kami buka puasa.
Sepanjang diskusi sambil menunggu makanan, semua menyatakan aku harus maju Pilgub babel 2012. Saya jawab yang terpenting pembuktian terbalik harta kepala daerah.

18:58:45 setelah foto-foto bersama, pertemuan kami selesaikan karena sudah dekat saat sholat taraweh.

Sambil nunggu pertemuan kedua, saya menghadiri acara hut anak saudara yang mana para orangtua dan temen-teman kakeknya hadir,kebetulan saya tinggal di  komplek rumah saudara ini.

Kami diskusi dari soal korupsi yang menggurita dan libatkan semua pihak, sementara perbedaan sosial yang miskin dan kaya begitu jauh,sampai harga lahan perumahan di Vietnam yang begitu mahal dan maju dibandingkan kita, semua disebabkan tidak adanya saling percaya diantara sesama elite dan rakyat? Saya juga jelaskan kenapa mau maju DKI 1 bukan Babel 1, agar keadilan sosial bisa diwujudkan dan harga lahan yang mahal dijakarta juga bisa dinikmati masyarakat Jakarta yang sudah puluhan tahun bahkan seratusan tahun bisa ikut menikmatinya.

Pertemuan ke 2 :
21:07:56 kami mulai pertemuan di Selindung Pangkal Pinang,

1.Mustafa, kades Riding Panjang, kec merawang, kab bangka .
SKTM dan JKSS sekarang tidak berlaku lagi. Akan dibuat Jamkesmas bisa rujuk sampai ke Jakarta, kab Bangka termasuk membuat KTP elektronik (ada 6 dusun,sudah sosialisasi 4 malam berturut turut. Yakin 80% terlaksana. Selama ada anggota DPR RI dari Babel, baru kali ini ada yang mau bertemu warga. Beda dengan sdr Rudianto tjen (dpr ri pdi-p) sering bakti sosial tiap bulan, Sebabel. Supaya masyarakat lebih dekat lagi. Tolong BTP harus sering turun ke daerah. Jangan hanya lihat di foto saja. Harus perjuangkan dana DAU dan DAK dari APBN. Kemajuan Babel pada umumnya butuh banyak dana turun. Bagaimana warga Babel sejahtera supaya tidak andalkan timah. Mudah-mudahanan periode berikutnya DPR RI terpilih lagi.

Soal pemilukada 2012 kita bicarakan nanti.
2.Dasrin, Pangkal Pinang. Banyak dana-dana pusat yang tidak bisa diambil. Karena yg babel agak sombong? Mau berantas korupsi susah juga.

Masalah orang Golkar adalah masalah BTP juga, makanya korupsi jadi masalah, gedung DPD juga masalah sampai sekarang. Apa yang bisa kami bantu untuk bapak di DPR? Kalau sendiri tidak ada gunanya juga.

Kades riding panjang sudah terima PNPM mandiri 30%,30%,10% dalam 3 bulan selesai, bangun TPA. Total biaya Rp.90jt diterima 2009, tergantung paket @Rp.50jt paket pesew, yang dibutuhkan desa. Tiap desa mendapat 3 paket, 2012 ajukan 6 paket. Mau buat paut (22:16:26 sambil makan. Contoh kec merawang ada 10 desa, @3 paket @Rp.50jtmaka total hanya Rp.1,5M per kecamatan.

Laporan kades.
22:30:25 laporan ishak, desa air nayar, 081377748192 ,lahan peninggalan orang tua ada bambu 80x80m dijual pak dusun ke pak kades.

22:49:12 masih berbincang. Mereka juga mengusulkan PNS yang korup dan pejabat yang kabur, hartanya disita buat negara .

22:53:27 saya permisi.

Pangkal pinang,

BTP

2 COMMENTS

  1. pertimbangkan lah aspirasi masyarakat babel pak ahok,maju lah dalam pemilukada babel 2012,apakah pak ahok tega babel di pimpin oleh orang2 yg tidak jelas perencanaan nya,bravo pak ahok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here