Laporan Kunker Kamboja Bagian Kedua (Pembukaan AIPA)

0
41

Ahok.Org – 07:54:53 Kami sudah berada bis menanti beberapa rekan DPR lain yang belum siap, seharusnya jam 7.45 sudah siap di lobby.(Baru ada 6 anggota), ketua pakai mobil khusus). Kami nunggu wartawan dan staf saja,lalu berangkat 07:57:50

08:35:01 Tiba dalam ruangan inaugural ceremony, kantor parlemen Kamboja. Acara courtesy callnya? Langsung ke inaugural ceremony.(Dalam buku acara ada courtesy call dengan Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen.
09:16:46 baru akan dimulai, president AIPA memasuki ruangan, Lagu mars AIPA dikumandangkan oleh paduan suara dan orkestra .
09:27:18 suguhan tari-tarian tradisional kamboja.
09:47:58 acara tari-tarian dan prosesi bendera masing-masing negara selesai.
09:51:59 kata sambutan  Mr.hon.post Chum Riep Su, (Senat kerajaan kamboja).
09:58:15 selesai kata sambutan.
09:59:58 perdana menteri Hun Sen, menyampaikan pidatonya
10:22:01 selesai pidatonya.
10:23:19 pidato presiden AIPA dan ketua parlemen kerjaan Kamboja, Samdech Heng Samrin.
10:41:07 pidato selesai.
10:46:45 acara foto bersama ketua parlemen selesai, acara bubar, Setelah rehat , 11:38:15 kami mulai acara sidangnya, Kami pakai headphone penterjemah, karena president AIPA pakai bahasa Kamboja.

11:43:34 Diteruskan acara perkenalkan masing-masing delegasi, dimulai dari Brunei Darusalam.
11:48:03 giliran Indonesia.
Waktu diperkenalkan namanya, tidak ada yang berdiri, Giliran Laos,malaysia,myanmar, Philipina,Singapore, thailand.vietnam,cambodia.

12:04:52,giliran negara-negara peninjau untuk perkenalkan diri, ada negara Australia, Canada, China, parlemen Europe, India, Japan, Russia, sekretariat parlemen ASEAN (anggota-anggota DPD yang hadir ditempatkan sebagai peninjau dari parlemen ASEAN), parlemen Belarusia (belarus). DPD RI (yg sampaikan kata sambutan adalah pak La Ode), Sabin institute yg dibiayai yayasan bill gates bekerja di 15 negara berkembang.

Sekarang pemilihan ketua AIPA berikutnya yang pasti terpilih adalah tuan rumah sidang AIPA berikutnya. Otomatis Indonesia yg ketua DPR adalah presiden AIPA berikutnya (Disetujui ).

Selanjutnya soal penerimaan anggota parlemen Myanmar menjadi anggota penuh AIPA. Ketua sidang minta seluruh hadirin memberi komentar soal resolusi ini? Semua diam, artinya resolusi myanmar jadi anggota penuh sudah bisa diterima jd anggota penuh.

12:17:09 tanda tangan resolusi yang baru saja disetujui.
12:24:46, giliran masing-masing ketua delegasi sampaikan pidatonya. Mulai dari Brunei lalu dilanjutkan Indonesia, intinya sangat mendukung AIPA untuk membawa kesejahtraan rakyat ASEAN. Intinya Indonesia ingin mengusulkan bahasa Indonesia/malay/melayu dapat dijadikan bahasa “working language” selain bhs inggris di AIPA, (ndak ad ayg tepuk tangan waktu disampaikan?).

14:22:48 saya masuk kembali dari makan siang dan ke toilet, acara sudah dimulai, 10 menit, bersama pak Hidayat yang habis sholat (disediakan ruangan sholat khusus), ternyata peace palace ini adalah kantor perdana menteri, yang baru dipakai awal tahun ini.

15:11:02 penyampaian dari masing-masing negara selesai,sekarang sekjen ASEAN sampaikan pernyataan.
15:21:03 giliran penyampaian pendapat dari European parlement. Hampir semua sama, memang dengan masuknya Myanmar, yakin ASEAN akan jadi besar dan sejahterakan rakyatnya, butuh kerjasama antar anggota, normatiflah, tidak ada yang singgung perlu pembuktian terbalik harta pejabatnya.

15:37:55, dari Australia sampaikan pendapatnya , parlemen Australia adalah negara pertama yang bekerjasama dengan AASEAN. Australia yang ekonominya meningkat akan terus berusaha membantu dana bagi ASEAN guna kepentingan rakyat ASEAN.

15:49:18, giliran delegasi Canada menyampaikan pendapat.
16:10:00 kembali dari toilet, sudah giliran delegasi China, diantaranya, China mendorong impor produk-produk keunggulan komparatif dari ASEAN, dan akan berbagi keberhasilan China dengan negara-negara ASEAN agar ada pembangunan ASEAN bisa mencapai kesejahteraan rakyat, china menawarkan dana utk pembangunan infrastruktur di ASEAN. Intinya china, kerjasama saling menguntungkan dan kerjasama pragmatis .

16:20:46 giliran India (juga sebagai peninjau), mukanya mirip turunan china tidak mirip india benar2 gbran khas muka asia di ruangan ini. India akan mendorong tercapai 70 milyar US dolar transaksi perdagangan dgn asean, karena itu india akan pererat free trade india asean, terutama akan bantu IT negara2 asean dalam hal produksinya. Bangaimana wujudkan perdamaian, stabilitas, dan keamanan di negara ASEAN.

16:29:08 delegasi Jepang, terima kasih soal bantuan ke Jepang peristiwa tsunami dan gempa. Dan Jepang mendorong agar ada suatu kode etik perbatasan terutama di laut china selatan, dan tentu semua berharap ketegangan diperbatasan ini harus diturunkan, dan kekuatan senjata harus bisa dikendalikan, kita harap sesama asean,dan AIPA bisa mempengaruhi negara2 asean agar damai dan tdk bertikai.
Soal nuklir, ASEAN banyak bencana, dan dari pelajaran kasus jepang, kita hraus revisi soal kerjasama nuklir.Jepang menyesal atas kecelakaan pltn di jepang, buat banyak negara kuatir kerjasama nuklir ini. Jepang akan capai selesai penanganan kasus pltn pd akhir thn ini. Energi diperbarukan ini akan dpt terus dilanjutkan sejalan dgn kebutuhan karena peningkatan ekonomi.

16:39:14 usai Jepang, giliran Rusia, Membantu negara-negara yang dialiri sungai yang sama, agar bisa dimanfaatkan buat kesejahteraan. Minta perhatikan budaya dan bahasa Rusia.
16:47:02 selesai.

Komentar presiden AIPA lagi. Bhs kamboja, tanpa terjemahan penterjemah!
16:47:43 sambutan ketua ICAPP (International conference of Asean political party), dalam bahasa Inggris.
17:13:32 selesai pidato, presiden AIPA deklarasi selesainya sidang pertama hari ini. Malam ada jamuan makan malam dari first vice president of the national assembly of the kingdom of cambodia . Hon,Mr.nguon nhel . Jam 19 di ball room hotel kami menginap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here