Siapa Ahok?

671
2978

basuki-tjahaja-purnama

 

 

 

Nama : Ir Basuki Tjahaja Purnama, MM

Tempat lahir : Manggar, Belitung Timur
Tanggal lahir : 29 Juni 1966
Agama : Kristen Protestan

Istri: Puput Nastiti D
Anak: Nicholas Sean Purnama, Nathania Berniece Zhong, Daud Albeenner Purnama, Yosafat Abimanyu Purnama, Sarah Eliana Purnama
Nama bapak : Indra Tjahaja Purnama (Alm)
Nama ibu : Buniarti Ningsih

Pendidikan:
• SD Negeri III Gantung, Belitung Timur (1977)
• SMP Negeri I Gantung, Belitung Timur (1981)
• SMAK III PSKD, Jakarta (1984)
• Jurusan Teknik Geologi Fakultas Teknologi Mineral Universitas Trisakti (1989)
• Magister Manajemen Sekolah Tinggi Manajemen Prasetya Mulya, Jakarta (1994)
Perjalanan Karier dan Politik:
• Direktur Eksekutif Center for Democracy and Transparency (CDT 3.1)
• Direktur PT Nurindra Ekapersada (1992-2005)
• Staf direksi bidang analisa biaya dan keuangan PT Simaxindo Primadaya (1994-1995)
• Membangun cikal bakal Kawasan Industri Air Kelik (1994)
• Anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur dari Partai Perhimpunan Indonesia Baru (2004-2005)
• Bupati Kabupaten Belitung Timur (2005-2006)
• Anggota DPR  RI dari Partai Golkar (2009-2012)
• Wakil Gubernur Prov. DKI Jakarta  (2012 – 19 Nov 2014)
• Gubernur Prov. DKI Jakarta  (19 Nov 2014 – 9 Mei 2017)
• Komisaris Utama Pertamina   (sejak 25 November 2019)
Penghargaan:
• Penghargaan 10 Tokoh yang Mengubah Indonesia dari Majalah Tempo (2006)
• Pin Emas dari Forum Demokrasi (Fordeka) (2006)
• Tokoh Antikorupsi 2006 dari Koalisi Kebersamaan Tiga Pilar Kemitraan (2007)
• Bung Hatta Anti-Corruption Award (2013)
• Gus Dur Award (2016), — Kiprah Basuki di bidang politik dan pemerintahan dinilai selaras dengan pemikiran mantan Presiden RI ke-3,  Abdurrahman Wahid yang tegas serta tidak takut menentang arus dalam membuat kebijakan.
• “100 Global Thinkers” 2017, Foreign Policy Magazine — bersama dengan tokoh dunia lainnya diantaranya Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Korea Selatan Moon Jae-In hingga Perdana Menteri Irak Haider Abadi.
• Roosseno Award (2019) — sebagai sosok yang menginspirasi soal integritas dan etos kerja selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, BTP telah membuat terobosan dalam mereformasi birokrasi hingga mengubah wajah Jakarta.
• Nawacita Awards 2022 (di bidang Kemandirian Ekonomi Nasional), BTP disebut sebagai sosok yang menginspirasi banyak hal. terkhusus tentang kejujuran.

PERJALANAN AWAL

Basuki T Purnama  (BTP) yang akrab dipanggil Ahok lahir di Gantung, desa Laskar Pelangi, Belitung Timur.

Ia melanjutkan Sekolah Menengah Atas (SMU) dan perguruan tinggi di Jakarta dengan memilih Fakultas Teknologi Mineral jurusan Teknik Geologi Universitas Trisakti.

Setelah menamatkan pendidikannya dan mendapat gelar Sarjana Teknik Geologi (Insiyur geologi) pada tahun 1989, Basuki pulang kampung–menetap di Belitung dan mendirikan perusahaan CV Panda yang bergerak dibidang kontraktor pertambangan PT Timah.

Menggeluti dunia kontraktor selama dua tahun, Basuki menyadari betul hal ini tidak akan mampu mewujudkan visi pembangunan yang ia miliki, karena untuk menjadi pengelolah mineral selain diperlukan modal (investor) juga dibutuhkan manajemen yang profesional.

Untuk itu Basuki memutuskan kuliah S-2 dan mengambil bidang manajemen keuangan di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya Jakarta. Mendapat gelar Master in Bussiness Administrasi (MBA) atau Magister Manajemen (MM) membawa Basuki diterima kerja di PT Simaxindo Primadaya di Jakarta, yaitu perusahaan yang bergerak dibidang kontraktor pembangunan pembangkit listrik sebagai staf direksi bidang analisa biaya dan keuangan proyek. Karena ingin konsentrasi pekerjaan di Belitung, pada tahun 1995 Basuki memutuskan untuk berhenti bekerja dan pulang ke kampung halamannya.

Perlu diketahui, tahun 1992 Basuki mendirikan PT Nurindra Ekapersada sebagai persiapan membangun pabrik Gravel Pack Sand (GPS) pada tahun 1995. Bagi Basuki, pabrik yang berlokasi di Dusun Burung Mandi, Desa mengkubang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur ini diharapkan dapat menjadi proyek percontohan bagaimana mensejahterakan stakeholder (pemegang saham, karyawan, dan rakyat) dan juga diharapkan dapat memberikan konstribusi bagi Pendapatan Asli Daerah Belitung Timur dengan memberdayakan sumber daya mineral yang terbatas. Di sisi lain diyakini PT Nurindra Ekapersada memikili visi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh.

Berangkat dari visi seperti itulah pada tahun 1994, Basuki didukung oleh seorang tokoh pejuang kemerdekaan Bapak alm Wasidewo untuk memulai pembangunan pabrik pengolahan pasir kwarsa pertama di Pulau Belitung dengan memamfaatkan teknologi Amerika dan Jerman. Pembangunan pabrik ini diharapkan juga memberikan harapan besar menjadi cikal bakal tumbuhnya suatu kawasan industri dan pelabuhan samudra dengan nama KIAK (Kawasan Industri Air Kelik).

KIPRAH POLITIK

Sebagai pengusaha di tahun 1995 ia mengalami sendiri pahitnya berhadapan dengan  politik dan birokrasi yang korup. Pabriknya ditutup karena ia melawan kesewenang-wenangan pejabat. Sempat terpikir olehnya untuk hijrah dari Indonesia ke luar negeri, tetapi keinginan itu ditolak oleh sang ayah yang mengatakan bahwa satu hari rakyat akan memilih Ahok untuk memperjuangkan nasib mereka.

Dikenal sebagai keluarga yang dermawan di kampungnya, sang ayah yang dikenal dengan nama Kim Nam, memberikan ilustrasi kepada Ahok. Jika seseorang ingin membagikan uang 1 milyar kepada rakyat masing-masing 500 ribu rupiah, ini hanya akan cukup dibagi untuk  2000 orang. Tetapi jika uang tersebut digunakan untuk berpolitik, bayangkan jumlah uang di APBD yang bisa dikuasai untuk kepentingan rakyat. APBD kabupaten Belitung Timur saja mencapai 200 milyar di tahun 2005.

Bermodal keyakinan bahwa orang miskin jangan lawan orang kaya dan orang kaya jangan lawan pejabat (Kong Hu Cu), keinginan untuk membantu rakyat kecil di kampungnya, dan juga kefrustasian yang mendalam terhadap kesemena-menaan pejabat yang ia alami sendiri, Ahok memutuskan untuk masuk ke politik di tahun 2003.

Pertama-tama ia bergabung dibawah bendera Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB) yang saat itu dipimpin oleh Dr. Sjahrir. Pada pemilu 2004 ia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Dengan keuangan yang sangat terbatas dan model kampanye yang lain dari yang lain, yaitu menolak memberikan uang kepada rakyat,  ia terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur periode 2004-2009.

Selama di DPRD ia berhasil menunjukan integritasnya dengan menolak ikut dalam praktik KKN, menolak mengambil uang SPPD fiktif, dan menjadi dikenal masyarakat karena ia satu-satunya anggota DPRD yang berani secara langsung dan sering bertemu dengan masyarakat untuk mendengar keluhan mereka sementara anggota DPRD lain lebih sering “mangkir”.

Setelah 7 bulan menjadi DPRD, muncul banyak dukungan dari rakyat yang mendorong Ahok menjadi bupati. Maju sebagai calon Bupati Belitung Timur di tahun 2005, Ahok mempertahankan cara kampanyenya, yaitu dengan mengajar dan melayani langsung rakyat dengan memberikan nomor telfon genggamnya yang juga adalah nomor yang dipakai untuk berkomunikasi dengan keluarganya. Dengan cara ini ia mampu mengerti dan merasakan langsung situasi dan kebutuhan rakyat. Dengan cara kampanye yang tidak “tradisional” ini, yaitu tanpa politik uang, ia secara mengejutkan berhasil mengantongi suara 37,13 persen dan menjadi Bupati Belitung Timur periode 2005-2010. Padahal Belitung Timur dikenal sebagai daerah basis Masyumi, yang juga adalah kampung dari Yusril Ihza Mahendra.

Bermodalkan pengalamannya sebagai pengusaha dan juga anggota DPRD yang mengerti betul sistem keuangan dan budaya birokrasi yang ada, dalam waktu singkat sebagai Bupati ia mampu melaksanakan pelayanan kesehatan gratis, sekolah gratis sampai tingkat SMA, pengaspalan jalan sampai ke pelosok-pelosok daerah, dan perbaikan pelayanan publik lainya. Prinsipnya sederhana: jika kepala lurus, bawahan tidak berani tidak lurus. Selama menjadi bupati ia dikenal sebagai sosok yang anti sogokan baik di kalangan lawan politik, pengusaha, maupun rakyat kecil. Ia memotong semua biaya pembangunan yang melibatkan kontraktor sampai 20 persen.  Dengan demikian ia memiliki banyak kelebihan anggaran untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat.

Kesuksesan ini terdengar ke seluruh Bangka Belitung dan mulailah muncul suara-suara untuk mendorong Ahok maju sebagai Gubernur di tahun 2007. Kesuksesannya di Belitung Timur tercermin dalam pemilihan Gubernur Babel ketika 63 persen pemilih di Belitung Timur memilih Ahok. Namun sayang, karena banyaknya manipulasi dalam proses pemungutan dan penghitungan suara, ia gagal menjadi Gubernur Babel.

Dalam pemilu legislative 2009 ia maju sebagai caleg dari Golkar. Meski awalnya ditempatkan pada nomor urut keempat dalam daftar caleg (padahal di Babel hanya tersedia 3 kursi), ia berhasil mendapatkan suara terbanyak dan memperoleh kursi DPR berkat perubahan sistem pembagian kursi dari nomor urut menjadi suara terbanyak.

Selama di DPR, ia duduk di komisi II. Ia dikenal oleh kawan dan lawan sebagai figur yang apa adanya, vokal, dan mudah diakses oleh masyarakat banyak. Lewat kiprahnya di DPR ia menciptakan standard baru bagi anggota-anggota DPR lain dalam anti-korupsi, transparansi dan profesionalisme. Ia bisa dikatakan sebagai pioner dalam pelaporan aktivitas kerja DPR baik dalam proses pembahasan undang-undang maupun dalam berbagai kunjungan kerja. Semua laporan bisa diakses melalui websitenya. Sementara itu, staf ahlinya bukan hanya sekedar bekerja menyediakan materi undang-undang tetapi juga secara aktif mengumpulkan informasi dan mengadvokasi kebutuhan masyarakat. Saat ini, salah satu hal fundamental yang ia sedang perjuangkan adalah bagaimana memperbaiki sistem rekrutmen kandidat kepala daerah untuk mencegah koruptor masuk dalam persaingan pemilukada dan membuka peluang bagi individu-individu idealis untuk masuk merebut kepemimpinan di daerah.

Ahok berkeyakinan bahwa perubahan di Indonesia bergantung pada apakah individu-individu idealis berani masuk ke politik dan ketika di dalam berani mempertahankan integritasnya. Baginya, di alam demokrasi, yang baik dan yang jahat memiliki peluang yang sama untuk merebut kepemimpinan politik. Jika individu-individu idealis tidak berani masuk, tidak aneh kalau sampai hari ini politik dan birokrasi Indonesia masih sangat korup. Oleh karena itu ia berharap model berpolitik yang ia sudah jalankan bisa dijadikan contoh oleh rekan-rekan idealis lain untuk masuk dan berjuang dalam politik.  Sampai hari ini ia masih terus berkeliling bertemu dengan masyarakat untuk menyampaikan pesan ini dan pentingnya memiliki pemimpin yang bersih, transparan, dan profesional.

Di tahun 2006, Ahok dinobatkan oleh Majalah TEMPO sebagai salah satu dari 10 tokoh yang mengubah Indonesia. Di tahun 2007 ia dinobatkan sebagai Tokoh Anti Korupsi dari penyelenggara negara oleh Gerakan Tiga Pilar Kemitraan yang terdiri dari KADIN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Masyarakat Transparansi Indonesia. Melihat kiprahnya, kita bisa mengatakan bahwa berpolitik ala Ahok adalah berpolitik atas dasar nilai pelayanan, ketulusan, kejujuran, dan pengorbanan; bukan politik instan yang sarat pencitraan.

Tahun 2012 nama Ahok kian mencuat karena dipilih Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta yang diusung PDI-P dan Gerindra, setelah melalui dua tahap Pemilukada, akhirnya pasangan Jokowi-Basuki ditetapkan sebagai pemenang dan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017  pada 15 Oktober 2012.

Pada 14 November 2014, Ahok diumumkan secara resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta pengganti Joko Widodo yang terpilih sebagai Presiden RI ke-7, melalui rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD DKI Jakarta. Ahok resmi dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta oleh Presiden Joko Widodo pada 19 November 2014 di Istana Negara setelah sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur sejak 16 Oktober hingga 19 November 2014.

Senin 25 November 2019, Ahok menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai Komisaris Utama (Persero) Pertamina. [sak]

Hubungi Saya:
Mail : [email protected] dan [email protected]
No HP : 0811 944 728

671 COMMENTS

          • Maaf OOT, btw, buat admin, apa pak Ahok sempat membaca komentar2 di sini? saya banyak pemikiran dan usul buat beliau. kalo ga nyampe ke orangnya kan ngapain juga saya capek2 komentar. btw saya seumuran sama pak Ahok, dulu tetangga juga di Kali Baru Timur, sekampus juga di Trisakti, beda fakultas tapi, dan saya ada kakak ipar yang kenal secara pribadi dengan beliau, tapi saya ga mau bawa2 nama kakak ipar saya. gak enak ah. Saya mau anonim aja.
            Nomer2 SMS juga banyakan di screening sama anak buahnya kayaknya sulit juga kebaca, nomernya juga banyak macem2, yang bener yang mana juga nggak tau.. hehe..

          • Utk jawaban Bpk/Ibu jokergituloh:
            Maaf sebelumnya, saya bukan admin di sini, tapi saya mau kasih jawaban menurut pengalaman.
            Kalo menurut pengalaman saya, beliau tdk bergitu.
            Akhir thn 2013 kemarin saya sms beliau yg isinya ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru.
            Memang balasannya sekitar seminggu lebih, tp dr bahasa isi smsnya, jelas bahwa beliau sendiri yg balas sms tersebut.
            Dan, saya pernah liat videonya di youtube ttg hal itu, beliau berkata begini “Maaf kalo misalnya saya responnya lama. Karna, anda mau saya sendiri yang balas sms anda kan?”
            (Sorry link nya lupa)
            Jadi, saya rasa statement Bpk/Ibu sangat-sangat jauh dr apa yg saya alami.
            Terima kasih.

    • Jokowi-Ahok, saya dukung anda. Saya sangat bisa mengerti bahwa orang jujur dan benar di hadapan Tuhan, saat ada penggeledahan, penangkapan, pencekalan tidak pernah takut ditangkap karena hidup dan bekerja jujur/bersih.Tetaplah maju dengan yakin dan percaya pakailah baju berzirahkan kebenaran, berkasutkan iman, berkacamata kuda supaya jalan lurus. Indah pada waktunya.

      • Saya setuju dengan pendapat anda… semua adalah milik Tuhan, manusia yang diberi kesempatan mengelola, semakin banyak yang dipercayakan, semakin besar tanggungjawab yang harus dikerjakan… seandainya sejak dulu semua pemimpin bangsa seperti pak Ahok, pasti keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan masyarakat adil dan makmur sudah terwujud… semoga muncul generasi muda seperti pak Ahok… Tuhan Yesus memberkati pak Ahok sekeluarga.. Amin

      • Kami pulau kecil di kepulauan seribu sangat berharap kehidupan menjadi lebih baik lagi dengan adanya perhatian dari kepemimpinan bapak. Kami percaya itu melihat sepak terjang bapak yang tegas.

    • tiap abis baca atau liat video tentang kinerja,usaha, serta kepedulian Pak Jokowi ‘n Pak Ahok slalu terharu sampe ngeluarin aer mata bangga mempunyai pemimpin seperti kalian.

      semoga pak Ahok Dan Pak Jokowi menjadi inspirasi untuk yang lainya.

      tuhan selalu memberkati kalian dan keluarga besar kalian.
      semoga amal ibadah kalian diterima di sisi tuhan yang maha esa hingga akhir hayat nanti. amien ya robbal alamin..

  1. Bapak Ahok YTH,

    Maju terus, Rakyat Indonesia Menanti Perubahan. Bosan melihat keadaan politik sekarang. Sangat berharap org2 yang idealis seperti Anda bisa maju untuk memperjuangkan nasib Rakyat walaupun dengan modal dengkul. Gimana caranya? Rakyat menanti..

  2. karena saya bergabung pada pihak yang tertindas dan melepaskan begitu saja kedudukan sosial saya; akhirnya setelah mengadakan kegiatan politik selama hanya delapan bulan, dapatlah saya meyakinkan Paduka Yang Mulia itu bahwa saya merupakan bahaya …. (Poeze, H.A. Pergulatan Menuju Republik. Tan Malaka 1925-1945 p.141)

  3. “….dan ketika di dalam berani mempertahankan integritasnya” — ini sesuai dengan kata-kata Abraham Lincoln, “Nearly all men can stand adversity, but if you want to test a man’s character, give him power.”

    “Jika individu-individu idealis tidak berani masuk, tidak aneh kalau sampai hari ini politik dan birokrasi Indonesia masih sangat korup.” — jadi ingat kata-kata Sir Edmund Burke “All that’s necessary for the forces of evil to win in the world is for enough good men to do nothing.”

  4. Pak Ahok,

    Saya terharu setelah melihat tayangan ttg Anda di Kick Andy malam ini (15 July 2011). Ternyata masih ada orang2 yang mempunyai idealisme dan berani bertarung mewujudkannya. Terlebih jika hal itu datang dari suku (saya tidak menyebut etnis) yang paling disalahmengerti dlm sejarah Indonesia. Bagi saya apa yang Bpk lakukan termasuk JIHAD. Maju terus Pak….!! Allah mendukung hambanya yang berhati bersih dan berani berjihad !!

    • JIHADD???… GAK SALAH BACA NIH GUE???? mikir dongg,, dia tuh NASRANI… APa MAU LO, di pimpin sm IMAM NASRANI,,, gak BERKAH HIDUP LO bung

      • Gak berkah??? buktinya apa??? semua warga belitung dapat fasilitas pendidikan gratis, pengobatan gratis, dan yg meninggal mendapat santunan 500rb. baca berita dulu bang. saya bukan timsesnya mereka, saya hanya org2 yg gak nyangka kl masih ada org yg jujur seperti Pak Basuki di Indonesia ini. Saya jg gak mau kl anda SARA, saya balas dengan SARA. menurut saya itu kurang santun dan bijak.

        • ngga usah napsing ki! siapapun yang mampu harap maju! makanya saya setujunya pilih yang benar bukan yang baik . yang baik itu buanyakkkkkkkkk tapi yang benar cuma satu…. amin

          • Coba contohnya apa yg BAIK tapi TIDAK BENAR itu seperti apa sih??
            trus kalopun misalnya ada, apa penting tidak relevansinya sebagai pemimpin masyarakat yg HETEROGEN (agama)???

          • contohny yang baik tapi tidak benar ya…
            ya presiden negara kita ini mas bro…
            baik terhadap partainy…tapi tidak benar mengurus rakyatny…pencitraanny amat sangat baik…tapi pemerintahanny amat tidak benar…wong menteri kok jatah partai…mangny ngurus negara kyak bikin arisan RT apa…ndableg

      • dany bnyk baca koran berita nd nonton tv yg bnyk beritanya. apa skrng tercurah berkah hidup??? yg ada tercurah koruptor-koruptor. sdh saatnya pilih bkn krn agama,tp krn pny integritas tinggi pd rakyat. berubah cara mikirnya dany kalo mau maju.

      • yaelah, kalo huruf gede kecil aja ga beres mau komen bawa-bawa agama. Kenapa gak situ aja yang calonin diri?

        Bagimu agamamu, bagiku agamaku. Selama ga dicampur adukkan ga masalah.

        Lagipula komen Anda menunjukkan bahwa Anda bukan ummat yang santun, agama Islam yang benar adalah agama yang santun. Anda? adeuh -___-“

        • setuju..!
          dia gak ngerti antara hakikat dan hurufiah (telen bulet2)..
          Yg dimaksud Irwan itu hakikat… hakikatnya sama aja dengan Jihad..

          bukan hanya gak santun tapi “dangkal”..
          sempit banget pola pikirnya…

      • Dany, gw juga muslim. Lo gak usah sara gitu donk… Ini Republik Bung !!.

        Siapapun bisa jadi pemimpin, gak peduli SARA.

        Kalo lo gak mau dipimpin karena soal SARA.. lo tinggal aja sono di gurun pasir Arab, di Iraq, Iran dll…

        Di Iraq aja Parlemennya beda agama, gak masalah tuh.

        Gw pikir otak lo aja yg terlalu sempit.

        • betul skali proud,…karena org2 seprti dany yg puny pikiran sempit ini..mkanya negera kta g pernah maju…hrs diingat..negera kita kan majemuk..dan semua rakyatnya pun majemuk dengn sgala macam later belakangnya masing2…saat ini kita hrs punya pemimpin yng bersih dan mau membawa negera ini kluar dari korupsi, kolusi dan nepotisme yg dah mengakar…jadi berpikirlah yg postif aja…ayo maju terus bang ahok, Tuhan Yesus memberkati semua perjuanganmu..Ora et labora…

      • Wooii Bung dany,,gw juga orang islam dan warga jakarta asli..
        Mau yg memimpin beragama Nasrani Budha Hindu atau Islam,kalo memang Mereka punya jiwa kepemimpinan yang benar dan program kerja yang jelas, mengapa tidak?
        Ini sosial politik bung,bukan masalah beragama,,,PARAH Lo..

      • Saudaraku Danny,
        Tahukah anda, bahwa Nabi kita Muchamad SAW, pada usia mudanya, dibesarkan oleh paman nya yang memeluk agama Nasrani ??
        Nabi kita sudah menjadi yatim piatu, sejak usia muda.
        Dany….perbanyak tawakal…
        Turuti perintah nabi….perbanyak Sholat
        Teruskan belajar tentang Islam,
        agar hidup mu tidak seperti katak didalam tempurung..
        Insyallah….engkau akan Dany yang disayang Allah SAW.
        amin

          • H. Abdullah Kusuma.
            Banyak koreksi buat anda, Paman Nabi gak ada yang Nasrani, hanya penyembah berhala saja. Jadi apa donk agamanya? Kalo menurut para ulama itu Kafir Quraisy (Bangsa Quraisy yang Kafir), bukan nasrani.

            Allah bukan Sallallahu ‘Alaihi Wasallam (SAW), tapi Subhanahu Wa Ta’ala (SWT).

            Muhammad, bukan Muchamad.

            Thanks, just correct aja yooo.. hehehe.

            Buat tanggapan semua pihak sih, saya simple aja, memang bagi yang memeluk Islam Garis keras, memiliki pemimpin non muslim adalah hal yang paling dimurka, akan tetapi kita hidup di negara pancasila, bukan negara islam, jadi siapapun pemimpinnya mau itu Islam, Kristen, Budha, Hindu, maupun Konghucu gak masalah kok, selama tak memerintahkan kita kepada hal kebathilan dan dilarang oleh syariat. Sah-sah saja. Kecuali Sholat, kalo diimami oleh non muslim barulah kita Tolol.

            My Name Is Muhammad Ibnu Idris
            My Religion Is Islam.

            Wassalamu’alaikum.

          • paman ketemu gede…..apa2 sedikit agama…apa sedikit agama….kalian-kalian ini pantas tinggalnya di ruang hampa.emangnya negara ini cuman buat satu agamanya aja…jadi kalau berpolitk juga dilihat dari agama tersebut…nagawur,,,dasar manusia dangdutan…

        • Koreksi banyak yaaaa bukan dikit….

          H. Abdullah Kusuma (sekilas akan terbaca Haji Abdullah Kusuma)

          Setahu saya yang terlahir sebagai seorang muslim, bahwa Nabi bagi umat muslim itu adalah Muhammad (bukan Muchamad) yang pada masa kecilnya diasuh oleh pamannya yang menyembah patung Latta dan Uzza. (tidak beragama nasrani)

          Gelar Nabi Muhammad adalah SAW, yaitu Shallallahu’alaihi wa sallam, artinya sholawat dan salam. Keselamatan dan kesejahteraan kepadanya sebagai nabi penutup beserta seluruh umatnya.

          Dan sebutan bagi ALLAH Ta’ala yaitu ALLAH SWT (Subhanahu wa Ta’ala)yang ber makna Allah (Tuhan) yang Mahasuci dan Mahatinggi.

          Itu yang saya tahu, bagi yang bisa menyempurnakan silahkan…. Wallahu’alam bissawab (والله أعلمُ بالـصـواب) = dan Allah lebih mengetahui yang sebenar-benarnya.

          Untuk pak Basuki….selamat bekerja, hapus KKN di negri ini. Perbaiki kinerja PNS menjadi lebih baik lagi.

      • Danny,
        Presiden kita Islam,
        Menteri Agama kita juga Islam,
        Nazaruddin juga Islam,
        Angelina Sondah, juga Islam.
        Tapi apa yang terjadi…??
        Biaya pembuatan Alqur-an pun di korupsi !
        ini kah yang dimaksud dengan BERKAH ?
        ada pepatah yang mengatakan :
        Semut di seberang lautan kelihatan…
        namun Gajah yang menempel di pelupuk mata, tidak kelihatan,,,

      • Ooohhh Dany ! cetek amat pikiran lu. Jihad itu artinya berjuang. Jihad itu bahasa Arab memang ! Nggak boleh orang Nasrani pake’ istilah Arab. Seperti nama lu : Dany, nama Eropa tapi kampung lu dimana ?

        Astaga kok masih ada ya orang seperti kamu ?

      • Subhanallah, di Australia ( Brissbane)mayoritas non Muslin, tp daerahnya aman, sangat menghargai orang, burung-burung bebas berkeliaran, lingkungan bersih, pohon-pohon tumbuh dg subur, rakyatnya ma,mur, kapan ya negara kita kayak begitu.

        • Nggak akan bisa, jika orang itu hanya mengtamakan agama islam tapi tidak mengenal kebenaran yang sejati, yang sederhana
          Tidak bisa jika dia tidak mengerti kebenaran Allah yang bekerja dihati
          Orang yang yang dibenarkannya.

        • setuju…dari awal kn main topic na pak AHOK..bukan SARA..mending yg comment SARA, dicuekin aja..kalo ga y jadi panjang lebar deh…MAJU TRS PAK AHOK..LAHIRKAN PEMIMPIN2 BARU YG LEBIH HEBAT LAGI

        • setuju.. ni bukan soal SARA..
          nie soal kinerja…

          semua pejabat sebelum menjabat disumpah dulu di bawah kitab sucinya masing2..
          tapi ada yg takut gak ngelanggar sumpahnya..???

          nah Jokowi – Ahok nie bukti mereka yg takut melanggar sumpah..

      • makanya klo sekolah agamanya yang lulus sekalian,jadi gak dikit dikit sara di bawa bawa di jaman nabi juga ada thu raja abessinia yang rakyatnya pada banyak yang islam,toh nabi gak nglarang pemimpin nasrani yang di larang itu jangan menikah dengan beda agama.
        jadi kommentnya ati ati bossss islam itu rahmatan lilalamin buka rahmatan lil dirimu sendiri. saya dukung pak anda berdua tetapkan teruskan jihad menurut pemahaman anda berdua tetapi satu realisasikan apa yang anda ucapkan untuk rakyat!

      • Klo pengertian lo yg dimaksud jihad itu adalah muslim yg suka ngebom, teror dll kale…., ampe kapan jg ya pasti gak bakalan nyambung lah dgn konteks kalimat yg dimaksud sama iwan…

      • saya orang islam … indonesia termasuk sebagai negara terkorup (datanya mana? kemana saja lu nanya beginian?) … padahal mayoritas pejabat agama islam?

        gw gak masalah dipimpin orang atheis sekalipun, asal dia JUJUR ..

        JUJUR tidak ada hubungan dengan AGAMA

      • dany ini orang mana sih? paling2 alay yg baru ngerti joget2 ala abg. ga usah didenger. nulis aja masih gak becus. maju terus jokowi-ahok. jangan dengerin orang2 sisa2 pasukan nasi bungkus yg bisanya cuma jadi provokator

      • yang bikin pecah dan hancur agama kita islam adalah orang-orang diantara kita sendiri….kenapa kita tidak mencontoh dari yang baik prilaku dan kepribadian non-muslim,maaf bung comment anda perlu diayak jangan mengucilkan agama lain sebab Rasullulah aja mengajarkan kepada kita untuk saling menghormati…yg perlu dilihat adalah bercermin sendiri

      • Ogut pikir Ahok lebih Islami daripada pemimpin-pemimpin yang agamanya Islam. Cuma memang Ahok bukanlah muslim.

        Saya ga mempermasalahkan itu..
        kalo kita memang benar-benar mengaku Islam, ayo tunjukkan ke-Islam-an kita (rahmatan lil’alamin)

        hidup orang-orang yang berperilaku islami!!
        hidup ahok!

          • Ahok jujur krn dia mengerti apa perintah yang Maha Kuasa & mau melakukan kehendak Tuhan, bukan krn agama, Semua agama jg ajarkan jujur.
            Kalau ada agama yg haruskan apapun hrs seagama, ini pembodohan umat namanya. bisa ancur negara. juara nyanyi, yg menang kudu seagama, pdhl sdh jelas yg lain lebih merdu.Pertahanan negara yg penting seagama, pdhl ngerti juga kaga. akhirnya negara kita ga maju2, krn mentah terus,belajar dulu, negara lain sdh ditangani ahli2 yg makin mumpuni, kita ditangani yg awam krn seagama,bkn yg expert. stop ah pembodohan umat. Apapun agamamu, cintai negeri ini dgn sumbangsih keahlianmu, apapun latarbelakangmu, jawa ,irian, cina, padang, budha, islam, kristen, ayo kerja!

      • Sabar bung, jangan marah duluan. Saya Kristen, tapi saya bangga kalo Pak Ahok disebut berjihad. Arti kata jihad dilihat dari context yang benar bagus koq. Artinya berani melawan pihak yg melawan kebenaran. Kalau context jihad yg sekarang banyak diputar-balikan, oleh muslim yg ga bener.

        • org kek diatas yg nama.y disebutkan tidak punya jiwa nasionalis, jdi pantaslah pemikiran dia kek gitu terlalu pendek dan sempit. wlaupun sya bukan org jakarta raya namun kepemimpinan pak Ahok yang benar” jujur,integritas dan selalu mendengarkan aspirasi rakyat…. Maju terusss

      • ehh tong.. kalo si pak ahok ni nasrani berani jujur, ente ga malu nape pejabat sumpah di atas qur’an tapi kelakuan kya binatang ??

        ni pemimpin muslimnya pada yg ga bener, ane malah malu ma pak ahok,
        kalo ente mau jihad, coba ikutin cara pak ahok layanin masyarakat, jgn asal bacot doang di dunia maya lo brani, sampah !!

      • Wah, jgn terlalu ekslusif Pak dany. Banyak tuh kepala daerah/pemimpin dinegeri ini yg mayoritas tpi koq pada terjerat Korupsi,Kolusi,Nepotisme???? Yg membawa berkah yg sperti apa pak dany? Melihatx yg realistis dong….

      • Dany…dany.. Kalo lo paling ngerti masalah Jihad ngapain lo msh nagkring di indo, pergi sana ke jalur gazza bantuin sodara2 palestina di sana ato ke mesir n suriah. Kalo mau comment itu logika, hati dan ilmu harus sejalan boss. Maju terus Ahok…. idealisme dan ideologi anda mengingatkan saya akan Soekarno. Kalo Ahok maju capres Indonesia saya ga akan golput lagi.

      • Dany…dany… belajar yang banyak dany…
        ngak usa bawah2 agama,..kamu itu uda di cuci otak barangkali.. wong naik haji aja pakai pesawat.ayo siapa yang bikin… mau naik onta dari indonesia naik haji…….
        Ini negara Indonesia dgn azas Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika ….. tiap hari banyak belajar de… biar terbuka dikit cara pandang…Jihadd adalah bahasa universal di gunakan di mana-mana ….Hidup rakyat yg di peras preman di waduk pluit sekarang uda di apartemen bung dany.. apa ngak berkah itu..

      • eh dani gua juga muslim ,,,,jgn sok tau loe masalah berkah tu gk da manusia yang tau,,,,tunjukin orang mana yang bisa buktikan hidup nya berkah..masalah dosa dan enggaknya cuman ALLAH yang tau,,,,,

  5. hari kemarin hanyalah mimpi, hari esok hanya dapat di tatap. tapi hari inilah yang sedang anda nikmati. Hari kemarin hanyalah mimpi dari sebuah kebahagiaan dan hari esok hanyalah pandangan penuh harap. – Dr. Ibrahim Elfiky -…. semoga kutipan tulisan ini terus sejalan dengan pendirian pak Ahok. maju terus dengan iringan kata Keadilan

    • Ya karena Sejarahnya pak…sama seperti orang bule menanamkan perkataan ini kpd anak anaknya
      “DO NOT TALK TO STRANGER ” saya kawin campur SDH 16 TAHUN pak …ga masalah…..memang saya mau katakan mereka memang selangkah maju di depan pak baik falsafahnya,pemikiranya,kejujuranya,
      tapi ya klo yg rusak..rusak bener paK…

      • KATANYA BER AGAMA ,,KOG SALING MENGHUJAT,,,KATANYA SHOLAT KOG SALIMG MENGEJEK….BUKAN AGAMANYA YG SALAH TPI PELAKU AGAMANYA,,,UDA JELAS2 KORUPSI ITU UANG HARAM MASIH DI MAKAN JUGA,,,ALQUR,AN ITU KITAB SUCI,MASIH DI KORUPSI JG,,JNG DILIHAT SIAPA YG BERBICARA,TPI LIHATLAH APA YG DI BICARAKAN,TIDAK SEMUA ORANG CINA ITU BRENGSEK,,LIHATLAH SISIH POSITIFNYA DARI ORANG CINA,DGN FILOSOFI HIKAYAT CINA,YG SARAT DGN KEBIJAK,AN DAN KESEDERHANAAN,SOAL NANTINYA DIA BERULAH SETELAH TERPILIH KAN TINGGAL DI DEMO GITU AJA KOG REPOT…COBA DULU BARU NGOMELL……MASIH DI AJARIN JUGA SIH KALIAN INI…MACAM TAK PERNAH MAKAN BANGKU SEKOLAH AJA..KAN ADA MASANYA PILKADAH PALING BRAPA THN ,..AJA,,TPI KITA LIHAT HASILNYA,,,JANGAN MENYEPELEHKAN KEMAMPUAN SESEORANG,,,BISA2 DIA AKAN MEMBAWA JAKARTA MENJADI IBUKOTA TERBAIK DI DUNIA NANTINYA,,,JANGAN SALAH BROW,TDK ADA YG TDK MUNGKIN,,KARNA AMANAH RAKYAT ADALAH SUARA TUHAN,,,INGAT ITU…..YA SUDAH,,,,MAKAN…SANNAH……..!!!

    • justru yang menjaga jarak dan yang membeda2kan suku dan ras itu orang pribumi sendiri, dan suka berlaku sewanang-wenang terhadap orang minoritas dari sejak dulu.. dan itu membuat banyak orang tionghua trauma dan menjaga jarak dgn orang pribumi, karena takut disakiti dan ditindas oleh orang pribumi…

    • ketika 28 okt1928, para pemuda seluruh nusantara menetapkan 1 tekad, 1 nusa 1bangsa 1 bahasa, Indonesia…sejaksaat itu tdk ada lg suku2..ras. Kita sebagai orang Indonesia seharusnya sadar siapapun di negeri ini, siapapun dia ketika dia adalah warga negara Indonesia adalah punya hak yg sama. jangan ada lagi kata2 pribumi dan non pribumi. kata2 itu sendiri tlh mengkotakk2kan kita.

    • Pak Arif, anda salah menganggap etnis tionghoa msh “menjaga jarak” dgn suku atau etnis lain ( pribumi ), banyak organisasi-organisasi sosial dan keagamaan terutama dibawah naungan agama budha yg sudah membaurkan semua etnis, suku dan agama lain didalam yayasan sosial, salah satu contohnya : Yayasan Buddha Tzu Ci Indonesia. Di Yayasan Buddha Tzu Ci bukan hanya beranggotakan org tionghoa saja tetapi sudah banyak anggotanya dari suku lain spt suku aceh, batam, jawa, betawi, batak, flores, Kupang dll dari seluruh daerah di Indonesia ( Lihat website Yayasan Buddha Tzu ci Indonesia Atau Channel TV DAAI TV ). Didalam perkumpulan tingkat perumahan RT/RW juga para tetangga etnis tionghoa dan etnis lain juga tdk ada jarak krn dari kegiatan gotong royong, pos ronda atau acara 17 Agustusan jg terlihat kebersamaan diantara mereka. Demikian juga dikalangan artis-artis Indonesia spt chelsie, Ruben onsu, leony, agnes monica, cherrybelle dll juga sudah membaur sampai terkesan mrk tdk terlihat darah tionghoanya. Memang terkesan dari beberapa org non etnis tionghoa melihat org tionghoa msh suka “menjaga jarak” dgn suku lain, hal ini disebabkan krn beberapa org non etnis tionghoa msh melihat org tionghoa sbg keturunan orang asing ( bukan ASLI org Indonesia ) yg tinggal di Indonesia sehingga bebrpa org tsb yg sebenarnya ” menjaga jarak ” dgn org tionghoa. Begitu Loh Pak Arif….. Salam

      • waduh bro abang satenya ngak sekolah mohon di maafkan, klo bro tersinggung ntar selevel sama abg satenya dong 🙂 stay cool and keep funky Indonesian (ngak pake pribumi/non)

      • wew kamu ini gimana, dimana – mana kalau mau beli sate pastilah ada tulisan sate kambing kek atau sate ayam lah atau mungkin sate babi …lu kan bisa baca. jangan gitu dong atau lu mungkin bukan etnis tionghoa …ngaco lu

      • Ini mah humor/becanda ala tionghoa, bos!
        dah lama beredar, gue yg tionghoa aja malah ketawa terbahak-2 tiap kali denger ini, ga pake naek darah tuh.. (kecuali panggilan bernada ejekan, harap jangan dilakukan ya?!)
        .
        lo bayangin aja, abis digituin ntar dia balik liat lagi ke kaca/plang daftar menu di depan, clingukan nyari tau apa dia jual sate babi apa ngga di situ… klo ngga ada, ya berarti ngga diskriminatif si tukang sate, alias ga mau jual ke orang tionghoa… gitu aja maksud humornya (discrimination against tionghoa). kan yg makan babi bukan cuma orang tionghoa yg non-muslim, ya kan? bgmana dgn orang Papua? Batak Kristen? dst. lagian set lokasi-nya juga ga disebutin ada dimana, bisa jadi ada di Medan, ga dilarang jualan sate babi sekitar gereja. juga ga disebutin yg jualan pribumi muslim apa Non-Muslim. Santai aja la…
        .
        klo anda semua dah pernah baca buku “Humor ala Yahudi” pasti ngerti maksud saya.
        .
        Yg laen yg mo ngelawak lagi, ayo tulis disini biar rame dgn humor!
        .Ho.Ho.ho.

      • Saya fully support Pak Ahok dan Pak Jokowi. Indonesia perlu pemimpin seperti Bapak2. Saya berharap semua karma baik Bapak di kehidupan terdahulu dan sekarang, berbuah dimasa ini dan memberikan keselamatan dan kebahagiaan pada Bapak2 dan keluarga.

        Saya tidak bisa berbicara atas nama siapa2, namun, Bapak2 memperkuat idealisme yang makin pudar dalam diri saya. Saya hanya bisa membantu orang2 di sekitar saya. Saya selalu cinta Indonesia dan sadar, dimanapun saya berada, saya membawa dan mewakili Indonesia. Jika saya berlaku baik, kesan orang akan Indonesia jadi baik, demikian sebaliknya. Dan jika saya punya anak kelak, akan saya beri contoh yang baik. Saya percaya, perubahan besar dimulai dari diri kita sendiri.

        Terima kasih telah memberikan contoh yang baik 🙂

    • karena sebagian kecil mungkin 0,5 % warga Indonesia masih menganggap etnis tionghua itu sapi perah.maka org tionghoa yg 0,5 % masih “menjaga jarak” pada hal kenyataannya tdk demikian ,kenyataan nya ko’Ahok mau bersama seluruh warga Jakarta membangun Jakarta.Hai.Teman2 ku jgn diperdaya kelompok2 yang hanya 0,5% menghancurkan bangsa kite,BANGSA INDONESIA

    • etnis tionghoa bukan “menjaga jarak” tp lebih merasa “dibedakan” sehingga merasa dianaktirikan ditanah kelahirannya sendiri.
      Saya saat SD-SMP bersekolah di sekolah negeri, saya bergaul dgn teman2 saya yg semuanya pribumi. Tp mengapa msh ada juga teman2 yg memberikan nama julukan ke saya, memanggil dgn sebutan “Cina”, mengajak bicara saya dgn konotasi menghina misalnya “cingcuala…”
      Dari memori saya itulah, yg akhirnya bikin saya memutuskan, saat SMA saya harus sekolah di sekolah Katolik agar mendpt teman juga etnis cina. Dan saat SMA saya merasa, bahwa saya benar2 nyaman berteman dgn teman2 sesama cina, tanpa ada rasa rasis dan pelecehan yg saya rasakan.

    • saya etnis tiong hua..
      bukannya menjaga jarak,tetapi pada saat kita mencoba mendekatkan diri, malah kita terkadang di jauhi hanya karna kita tiong hua..
      mau di bilang pelit,sombong dll..sebenernya gak semua bgtu kok..krna sifat sprti ini banyak kita temui pada diri orang lain yg bukan org tiong hua jg tentunya..
      dari saya kecil smpai sekarang teman saya banyak yg pribumi dan muslim..dan selama ini saya dan teman2 saya tetap menjaga hubungan baik ini..
      sekian

      @pak ahok : jika saya memiliki hak suara dan kesempatan dalam memilih pemimpin,,saya pasti akan memilih pak jokowi dan pak ahok.. Salam Sukses Selalu
      May GOD Bless You,Us and Our Country

    • bang arif: maaf sebetulnya etnis tionghoa jg sama kok dengan etnis2 lainnya ( saya adalah sala satunya) tapi ga semua suka menjaga jarak kok,saya pun memiliki seorang teman yang bahkan saya anggap seperti saudara saya sendiri walau pun beda etnis dan lagi buktinya banyak jg kok yang sudah membaur di tempat saya, kalo di istilahkan di tiap2 etnis pasti ada yang “garis keras” ya mungkin yang begituan yang masih suka menjaga jarak,tapi paling cuman sedikit bung arif, toh di sekolah-sekolah kalau di lihat mereka-mereka juga sudah mulai berteman kan? asal kitanya aja bagai mana menyikapinya,

    • kasus mei 98 masih menjadi trauma bagi sebagian orang.
      saya sendiri tdk bermaksud menjaga jarak. tapi kalau naik angkot, lewat jembatan penyebrangan, atau cuma naik motor saja, saya sering diteriaki ‘cino!’, mengejek2 dan memandang dgn tidak enak, seperti itu. saya perempuan dan jujur takut ketika diperlakukan seperti itu.
      padahal saya tidak pernah mengejek suku/agama lain, tidak juga membedakan mereka. di sekolah, kampus juga saya beteman dgn siapa saja. saya lahir di negara ini juga padahal. sedih rasanya.

      tapi pribumi juga ada yang baik hati pada tionghoa. 🙂

    • sebenernya gini bung arif, dr jaman belanda, org cina di indonesia dan pribumi di indonesia memang dipisahkan sama penjajah, tujuannya: supaya mereka ga bersatu dan pribumi sebel sama si warga keturunan cina. Nah si belanda ini memperlakukan warga cina sbg warga kelas dua dan pribumi warga kelas tiga. Ini berlangsung2 selama ratusan tahun, dan sama Suharto dibawa lah kebudayaan seperti ini. Makanya muncul sentimen anti cina di jaman suharto. Baru membaik setelah jaman Gus Dur. Sbnrny bukan menjaga jarak, tp Suharto tuh yg bikin org cina jd seakan2 terpisah dr pribumi. Kenapa? Gimana ngga, mau jadi PNS ga bisa, masuk universitas negeri dibatasin, mau kasi nama ada unsur cinanya ga boleh (contohnya gw).. ya mau ga mau org2 keturunan cina ini berdagang untuk melanjutkan hidup.
      Dan ini general rule, dimana2 org yg ditekan hidupnya akan selalu berusaha lebih keras, makanya banyak org cina keturunan yg sukses.. walaupun yg susah pun sbnrny jg banyak. gitu ceritanya, kalo menurut gw kalo mau salahin, salahkanlah Suharto, dia tuh yg paling jahat bikin perpecahan selama 32 tahun..

  6. saya salut dengan bapak…
    bukan krn ingin berbeda. tapi ingin hal yg lebih baik. bukan unt pribadi tapi unt semuanya. dan hrs berani memulainya.
    kalo hanya diam dan berpangku tangan tdk akan menghasilkan apapun juga.
    jujur saya bru tau tentang bpk hr ini di acara kick andy. tapi justru hal ini mendorong saya unt melakukan yg ingin saya lakukan dengan kemampuan saya. dan justru memotivasi saya unt mengetahui bagaimana dan apa yg hrs dilakukan nantinya

  7. Salam pak

    saya dari Manokwari Papua Barat dan sempat lihat wawancara anda di acara Kick Andy kemarin malam 15 Juli 2011, saya sangat mengagumi anda terutama mengenai keberanian dan kejujuran anda

    sungguh saya simpati dan mendukung anda

    God Bless Indonesia

  8. bang ahok jadikan pemuda pemuda idealis menjadi ahok ahok berikutnya..karena skr ini masih banyak mafia mafia di garuda didadaku ini bang ahok..dari arek sakera mania bang ahok…….teruskan perjuangan bang ahok…

  9. Maju terus pak ahok. Jadi bupati belitung aja bisa apalagi jadi gubernur jakarta. saya berharap bapak ahok bisa menjadi gubernur jakarta. Berantas kemacetan di jakarta. Tuhan memberkati.

  10. Pak AHOK, saya melihat anda di Kick Andy, saya terkesan dengan anda.. semoga Bapak bisa melanjutkan perjuangan bapak, semoga dijauhkan dari drakula, pocong, vampir, dan setan-setan lain. saya akan selalu mendukung bapak. saya siap membantu deh kalo kekurangan orang.. haha. BBU.

    • Saya pun mendukung Pak Jokowi dan Pak Ahok.
      Siapapun pemimpinnya, tidak peduli asal keturunannya, agamanya.
      Yang penting WNI!

      Saya mengharapkan Indonesia yang lebih baik. Maju terus Indonesia.

      God bless all of you.

    • banyak koq, tapi yg ultra militan gerilya sana-sini ala teroris di media IT cuma saya kayaknya… hehehe… 😀 maklum ga punya power ala penguasa republik… yg laen daftar/ikutan juga dong bantuin ane nee…

      salah satu serangan komentar/pesan saya berhasil membuat si NaRa minta maaf di TV nasional yg juga adalah tempat dia menyinggung/menghina soal SARA sebelumnya… (dalem ati teriak + manut-2 uedan acungin 3 jari metal: YEESSS!!! Jujur ane ternganga ga nyangka ga percaya beneran dia mau minta maaf juga akhirnya di TV nasional).

      Tanggapan NaRa: “Trus gue musti bilang WAAW, gitu?”

      Percayalah masih banyak pejuang anti-korup, anti-SARA, dan anti-diskriminasi yg bergerilya spt saya di media lainnya selain media IT juga… merdeka!

      bantu perjuangan kami ya kawan-2…

    • banyak koq, tapi yg ultra militan gerilya sana-sini ala teroris di media IT cuma saya kayaknya… hehehe… 😀 maklum ga punya power ala penguasa republik, cuma nyali gede demi menegakkan keadilan+kebenaran… yg laen daftar/ikutan juga dong bantuin ane nee…

      salah satu serangan komentar/pesan saya berhasil membuat si NaRa minta maaf di TV nasional yg juga adalah tempat dia menyinggung/menghina soal SARA sebelumnya… (dalem ati teriak + manut-2 uedan acungin 3 jari metal: YEESSS!!! Jujur ane ternganga ga nyangka ga percaya beneran dia mau minta maaf juga akhirnya di TV nasional).

      Tanggapan NaRa: “Trus gue musti bilang WAAW, gitu?”

      Percayalah masih banyak pejuang anti-korup, anti-SARA, dan anti-diskriminasi yg bergerilya spt saya di media lainnya selain media IT juga… merdeka!

      bantu perjuangan kami ya kawan-2…

  11. Maju terus Koh …
    rekaman di MetroTV bisa diputar balik kalo Koh Ahok sudah kursi atas … maju terus patang mundur …masa Indonesia kalah sama negara pulau sebelah
    Cia Yoooooo

  12. Sekedar ide untuk online pak, bisa dibuatkan sebuah halaman di blog bapak, diberi nama mis: “Resources” dan disana diletakkan berbagai alat promosi yang diperlukan oleh pemilik blog/website di Internet.

    Jumlah mereka sangat besar, dan jika disatukan, itu menjadi sangat signifikan.

    Bapak sediakan misal: banner ukuran 468×60, 125×125, bahkan 300×250, kemudian artikel pendek yang menjelaskan siapa bapak, visi misi, goal, mungkin dibawah 500 kata cukup, yang mereka bisa jadikan postingan di blog/post di iklan baris mereka.

    Contoh: http://pasangiklangratis.com/iklan/adakah-pemimpin-bersih-jujur-berani-di-indonesia.html

    Saya yakin bapak juga perlu TEAM yang solid, secara offline bapak banyak memberikan seminar dan diminta bicara dimana-mana, jangan lupa sebutkan blog bapak. 🙂 apalagi namanya udah bagus banget pendek dan mudah diingat.

    Hajar Online dan Offline pak! Kalau perlu rekrut di team bapak orang-orang yang aktiv di online! 🙂

    Dahsyat pak!

    PS: Gerakkan juga, pembicara-pembicara motivasi yang sudah dikenal termasuk maybe orang-orang berpengaruh, jika ini dibangun secara simultan, dan bersama, I don’t think that there is something Impossible! Remember, Impossible is Nothing! 🙂

  13. Dengan modal anti KKN saya berharap suatu hari nanti anda bisa menjadi pemimpin bangsa paling tidak menjadi Menteri bersama dengan Bp Joko Widodo (walikota Solo). Sebagai lulusan S2 Prasetya Mulya kapasitas anda juga tidak diragukan lagi. Maju terus Pak…ciptakan Indonesia Bersih.

  14. maju terus bang Basuki, rakyat sudah muak dengan politisi dan pensiunan yg terlihat religius hanya saat akan ikut pilkada, padahal sama saja padahal cuma pengin kaya bukan mensejahterakan rakyat. Terus maju bang.

  15. Saya suka banget dgn cara bicara Pak Ahok , yg berani , walaupun dr suku minoritas , mudah2an suku mayoritas mau mendukung anda , kami semua sdh bosan dgn pejabat pemerintahan yg selalu korupsi, mudah2an andalah org yg dipilih oleh Tuhan untuk Indonesia negara tercinta ini , Amin

  16. Pak Ahok saya bangga melihat orang kristen seperti anda, yang memiliki jiwa untuk melayani.. sukses trus Pak Ahok anda harapan bagi kami semua.. Thankss JBU Pak

    • Hi Lie,

      Silahkan, just do it aja, mungkin pak Ahok akan sibuk sekali jika harus menjawab setiap komentar yang ada di blog ini, jadi saya bantu jawab aja. Silahkan menyebarkan, mendukung, cerita, sharing, ke sebanyak mungkin orang tentang Pak Ahok, biarkan Indonesia tahu bahwa “plurarisme” adalah sesuatu yang sangat bagus di Indonesia ini. Dan pak Ahok adalah pemimpin yang mengedepankan plurarisme. Ceritaka ke sebanyak mungkin orang, tunjukkan videonya, sebarkan url websitenya(ahok.org) ke sebanyak mungkin orang yang mencintai dan masih berharap banyak bahwa ada kok pemimpin yang Bersih Transparan dan Professional, Hanya dengan dukungan kita semualah, pak Ahok bisa maju sampai ke Indonesia I.

      Tanpa dukungan, pak Ahok tidak kemana-mana. Jadi, ayo dukung rame-rame. Jadikan Indonesia, jauh lebih baik!

  17. pak,saya seorang mahasiswa d medan yg berasal dari siantar. menurut saya negara ini sudah tidak bisa di biarkan lama dalam genggaman org2 yg berkuasa hanya utk kepentingan golongan,oknum2 yang masuk k dalam korupsi pun sudah tidak tahu malu.
    di medan korupsi di setiap lembaga sudah menjadi rahasia umum.saya tidak ikut dalam organisasi,tetapi saya melihat sbg individu yg terjadi.semoga kita mempunyai 1 visi utk Indonesia.

  18. saya seorg mahasiswa,berasal dari flores,Intelektual itu perlu….!!! tapi komitmen dan integritas itu Prioritas dan menjadi tolak ukur terhadap kepercayaan kepada seseorang,,!!!! Karena bicara tanpa action adalah Noncent>>>>>saya sangat mendukung pak ahok!!!!!!

    • Sangat SETUJU dengan Alfian. Figur Ahok Orangnya Idealis, Mengedepankan orang banyak, Nasionalismenya sangat tinggi, dan tegar terhadap apa yang diyakininya adalah sebagian kecil dari apa yang saya pelajari dari berbagai postingan di blog ini, video Ahok di youtube dan wawancara di TV yang rekamannya masih bisa teman-teman ikuti di bagian “Multimedia” blog ini atau lewat youtube.

      Yuk dukung siapapun yang benar-benar memihak kepada rakyat banyak! Dulu Indonesia punya Bapak IR. Sukarno, macan panggung, Master Pidato, sudah lama kita menunggu pemimpin yang benar-benar patut dibanggakan yang memihak kepada kebenaran! Yang sepak terjangnya benar-benar kelihatan nyata, dukung Ahok jadi Gubernur DKI/Presiden RI!

  19. Aku Salut bgt sm Pak Ahok dlm menyuarakan hak rakyat kecil tanpa rasa Takut.
    Saya Merasa bangga bisa melihat keturunan Tionghoa seperti Pak Ahok.
    Maju Terus Pak, Pantang mundur.
    dimana ada niat Baik pasti selalu ada jalan.
    GBU…

  20. Wouw…! Ini yang dicari, ditunggu dan didoakan agar muncul “seseorng” seperti YUSUF anak Yakub pada jamannya. Pemikir, idealis, inovator, tidak mudah menyerah, bermental rajawali. Pak Ahok bukan minoritas, di bangsa ini semua adalah pemilik bangsa, anak bangsa. Maju, pak! banyak sekali n sdh siap dukungannya. Sebaiknya buat Formulir Dukungan yang langa diisi dan dikirim kembali by internet (salah satu) dan para pendukung yang tsb scan KTP n kirim juga. Spy lebih cepat bergerak… SEMANGAT!

  21. intinya indonesia perlu perubahan.. korupsi dan pendidikan adahal 2 hal serius yg harus di tangani, ajarkan lagi pelajaran budi pekerti di sekolah2.saya sungguh melihat anak2 muda skrg ini sdh ngga punya lagi aturan/ norma2 yg baik. sekali lagi saya pesan: KORUPSI di berantas sampai ke tingkat RT dan PENDIDIKAN mutunya harus diperbaiki.
    majulah terus A HOK>>>

  22. Sungguh bangga dan terharu melihat cinta bangsa dan negeri spt bpk Ahok dan keluarga. Saya sll berdoa,agar Bpk dan keluarga diberi kesehatan, hikmat dan bijaksana,kekuatan utk terus berkarya bagi Indonesia. Saya juga akan terus berkarya bagi Indonesia. Walau yg saya lakukan msh sngat kecil dan sederhana. Namun saya percaya dan yakin,tiada yg mustahil bersama TUHAN,mujizat TUHAN itu nyata. Mari,dgn motivasi yg benar dan sama, kita satukan hati dan padukan karya untuk Indonesia tercinta. Saya rindu Indonesia bnr2 layak kita banggakan di pentas dunia.Semangat cinta kita, cinta Indonesia !

  23. Hampir dua minggu saya mengelilingi Beltim, dari setiap orang yang saya temui selalu ada Ahok di ingatan mereka. Membekas sekali di hati rakyat, meski hanya beberapa saat memimpin Beltim. Masih banyak puncak-puncak tinggi dengan tebing-tebing terjal yang harus Ahok daki untuk mengibarkan panji KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.

    Marilah kita berdoa, agar Ahok sampai ke puncak itu dan panji-panji itu berkibar, terlihat dan terasakan oleh seluruh anak negeri. Semoga Tuhan memimpin Ahok menuju sana dengan selamat.

  24. Zhu Rongji berkata, “Berikan saya 100 peti mati, 99 akan saya kirim untuk para koruptor. Satu buat saya sendiri jika saya pun melakukan hal itu.”?.
    Mungkin moto Anda tdk perlu segalak itu :).
    Cukup dengan :”siapkan satu petimati,jika saya ternyata melakukan korupsi ”
    Jika anda berani berkata demikian,tentu masyarakat Indonesia akan mendukung Anda !,
    Rakyat Indonesia rindu akan pemimpin yang Bersih ,merakyat dan rendah hati.
    Kami dukung perjuangan anda!!!

  25. Saya setuju Banget BANG AHOK! maju untuk menjadi Gubernur DKI, tolong perhatikan rakyat yang lemah dan bantu orang-orang tertindas dan sikat habis KORUPSI. Demi Jayanya INDONESIA. Sukses semoga Tuhan merestui perjalan anda. Amin.

  26. Ko ahok, maju terus, bila perlu saya siap jadi wakil nya, semoga rakyat indonesia, khusus nya warga ibu kota mendukung ko ahok menjadi orang no.1 di ibu kota, bahkan ko ahok akan di calonkan menjadi RI-1 pada 2014

  27. KEJUJURAN yg didasari rasa takut kepada Tuhan, KEJERNIHAN berpikir utk mencari solusi bagi kepentingan rakyat, KEBERANIAN bertindak sekalipun harus melawan arus, KEMAUN untuk berbuat dan mengabdi sekalipun harus keluar dari zone nyaman, ini merupakan syarat mutlak utk menjadi seorang pemimpin dan hal tersebut di atas secara lengkap ada dalam diri AHOK. saya berani menyimpulkan hal tersebut berdasarkan bukti yg secara jelas saya ketahui…” aku benar2 diuji Tuhan dengan memberi kekuasaan saat aku dalam keadaan kekurangan” inilah ucapan yg masih saya ingat ketika kami ngobrol berdua saat Ahok masih menjabat bupati Beltim.. “Ada juga ya pejabat indonesia yg menolak pemberian jam seharga 150 juta”..mungkin inilah komentar pengusaha sawit malaysia ketika Ahok mengembalikan sebuah hadiah.

  28. Maju terus Koh,kami butuh Inspirator spt Anda.
    Cuma tolong dipertahankan akan janji & idealisme Anda untuk membangun Indonesia yg lebih baik
    (biasanya kalo dah diatas lupa..he3x.
    Tue Pu Ji agak pedes koment nya,Koh…

    • Hari ini saya terima selebaran copy BTP Relawan, saya ajungkan semua jempol saya, besar harapan saya ada banyak orang yang mau menambah ajungan jempol ini dengan mendukung perjuangan Bapak. Keluar dari Zona Nyaman untuk menjadi Saksi TUHAN melalui Motto dan Visi yang Dipercayakan Rakyat untuk Bapak, Percaya Bapak … Doa kami menyertai perjuangan Team Bapak agar Bangsa Indonesia keluar dari segala belenggu dosa … menuju negeri yang mengalami pembebasan dan dipenuhhi aliran berkat dari surgawi yang mensejahterkan rakyak melalui kepemimpinan Anak-anak bangsa yang BERSIH, TRANSPARAN & PROFESIONAL. maju terus Bapak, Tuhan dipihak kita. Amien

  29. diBlt tmr sdh adakarya nyata utk kemakmuran rakyat kecil.jika kehendak tuhan pak ahok menjadi gubernur jakarta akan ada perubahan besar dijakarta.

  30. Siippp semoga Indonesia bisa lebih maju dan makmur dan sejahtera dengan orang orang seperti anda, terus maju dan berjuang, saya siap mendukung anda sepenuhnya………….biarkan indonesia ada perubahan, sukses selalu……

  31. mantapp pak ahok..Sy dukung…Indonesia perlu org2 yg berintegritas dan tdk hanya sekedar ngomong..
    especially di pemerintahan..Saya sndiri merasakannya even saya baru masuk sbg staf di pemerintahan.
    saya lihat betapa ribet dan sulitnya birokratis disini. Spt banyak hak2 yg “diacuhkan” dan aturan2 yang tidak jelas, alias ngambang. Hopefully Indo bisa “dibenerin”

  32. karena kepemimpinan bapak sudah terbukti 5 tahun di belitung timur dapat mensejahterakan rakyat dan kami mendukung bapak BTP sebagai pemimpin bangsa ke depan, maju terus doa kami menyertai bapak…

  33. Saya asli Anak Bangka, sangat salut. smoga bapak mau kembali mencalonkan kembali menjadi gubernur dan membangun Bangka belitung.

    Saya sangat mendukung sekali, smoga masyarakat sekarang sudah tau kinerja yang sekarang seperti apa.

    Jadi akan berpaling untuk mendukung Bapak

  34. pak ahok..
    saya mahasiswa beltim..
    mohon lanjutkan proyek anda di beltim (KIAK) kawasan industri aik kelik..masyrakat beltim sudah kesusahan dengan harga timah yg tidak menentu,,bahkan mungkin cdangan timah habis mau dikemanakan mereka,,jadi dengan (KIAK) ini potensi perikanan rakyat dimanfaatkan semaksimal mungkin…

  35. A= Anda H= Harapan O= Orang K= Kecil Slogan yg luar biasa dari Ide pak Yakub Sofyan .Saya sangat setuju sekali Pak .Ayo rakyat indonesia segera dukung sosok yang luar biasa dari Sdr.AHOK untuk mewujudkan Negara Indonesia yang Makmur ,Sejahtera dan Bebas Korupsi.GBU

  36. Pak Ahok, maju terus kita rakyat biasa udah muak dgn keadaan sekarang yg penuh dgn carut marut politik, korupsi. Hayo maju terus lakukan perubahan
    , kami menunggu agar kami bisa hidup lebih tenang. Maju terus Pak Ahok.

  37. Bpk Ahok, maju terus sampai mencapai posisi tertinggi, jika sudah sampai di posisi tersebut, mohon ingat jangan lupa untuk melihat ke bawah. Kalau bisa 130% untuk mendukung Bpk, kenapa harus kasih 100%. Sukses Bpk Ahok. Salam.

  38. Pada Prinsipnya dalam hal mengkaji hasil kerja adalah dengan realita, oleh karenanya yang dapat menjadi tolak ukur adalah Kemauan,Keberanian dan tekad yang tulus untuk perbaikan Negara ini dengan sekuat tenaga , tanpa kuatir dan takut akan dampak dan resiko serta yang terpenting tidak memiliki agenda yang terserubung. Hal inilah yang kami sangat harapkan dari Bapak Basuki / AHOK agar jangan pernah MUNAFIK sehingga mengecewakan kami. Oleh karenanya kami sangat mendukung bapak sekuat tenaga untuk melakukan perubahan bagi Anak cucu kita. Maju terus pak Ahok kami berada dibelakang anda.

  39. Pak Ahok yang terhormat, perubahan ke arah yang lebih baik sedang dinantikan oleh publik Indonesia secara khusus masyarakat ibu kota Jakarta, oleh sebab itu maju terus pak, wujudkan mimpi, visi dan misi pak bagi Indonesia tercinta, istimewa kota Jakarta yang aman, damai dan sejahtera. Kami dukung pak dalam doa. Tuhan memberkati perjuangan pak. Sukses untuk pak Ahok. Amin

  40. Semoga bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik di Jakarta. buktikan kalo bangsa ini demokratis, bisa menilai orang tanpa melihat suku dan ras, tetapi bisa menilai orang lewat karakter dan kepemimpinannya.

    I have a dream that my four little children will one day live in a nation where they will not be judged by the color of their skin but by the content of character. – Martin Luther King Jr.

    semoga isu SARA tidak menjadi hambatan. Tuhan beserta kita semua. Indonesia Jaya!

  41. ahok maju terus jadi gubernur Jakarta benahi Jakarta yg semrawut seperti sekarang gak ada gunernur yang mampu semua hanya pintar korupsi cuma janji janji setelah jadi gubernur boro2 kerja rakyat di peres terus

  42. Belanda menjajah untuk memecah kekuatan di indonesia yang KAYA akan SDA nya, jika masih ada orang yang mengkotak2kan strata sosial saat ini dengan pemikiran yang neandrethal maka negri ini tidak akan maju dengan pemikiran ini, kita harus bersatu putih, sawo, hitam, kuning manusia beragama dan berbudaya…Indonesia harus berubah dimulai dari Jakarta saya dukung Ahok jadi Gurbernur DKI! Dengan tidak melihat enis dan ras atau agama manusia dimata TUHAN Equal and Justice for All..Bismillah.

    • sy dukung BpAhok & Bp.jokowi menjadi RI-1
      berantas korupsi sampai ke akar2nya,
      tuntaskan KASUS 2 yg masih menggantung:
      -KORUPSI dr jaman Soeharto
      -kasus Centuri
      -Kasus wisma Atlit
      -Kasus Hambalang
      -Kerusuhan mei 98
      -dll kasus masih bnyk yg belum terungkap
      sita harta mrk utk membantu Rakyat miskin
      MAJULAH NEGARA KITA INDONESIA

  43. pak ahok…semoga anda bisa berkibar terus di jalan benar ini

    dan semoga anda bisa menjadi orang tionghoa pertama yg bisa berkibar di politik negeri ini

    tuhan memberkati anda dan keluarga anda

  44. Saya tidak tinggal di Jakarta, tapi saya duku pak anda jadi Wagub DKI bersama Jokowi.

    Sumbangan 20.000 dari 20.000 dari warga DKI saya juga akan kasih (kalo bisa lebih 😉

  45. maju terus, buat perubahan.
    tidak jadi soal menjadi minoritas tp mampu memberi contoh & tauladan bagi mayoritas.
    saya dukung anda & pak jokowi utk rubah jakarta. Tuhan berkati.

  46. Semoga anda berhasil dan memberi bukti bukan janji,rakyat sdh bosan dgn janji2 dan perlihatkan contoh yg baik kepada pejabat2 lainnya dan terapkan pola hidup sederhana yg benar,jgn hanya omong doang tapi pakai baju batik harganya 5 juta rupiah,salam dari Sydney,Gbu

  47. Sebagai warga negara Indonesia, saya sangat bangga masih ada pemimpin kita yang bersikap seperti pak Ahok. Semoga semua rencana yang sudah dibuat dan sedang dijalankan berjalan dengan lancar. Semoga Tuhan selalu menyertai setiap langkah dan rencanamu.
    Salam

  48. mari kita galang agar masyarakat DKI melek bahawa sudah hadir DKI 1 dan DKI 2 yg tidak KKN dan selalu mementingkan kepentingan umum jangan kaya yg dulu ” MUNAFIK “(kecuali Bang ALI tidak) Pak JOKOWI dan Pak AHOK ambil ilmunya Bang ALI ,SELAMET BERJUANG BRAVO

  49. Ketika muncul di TV sbg narasumber, saya terkejut bhw masih ada org yg seperti beliau yg memiliki integritas tinggi. Ketika itu beliau menceritakan bagaimana beliau memimpin Belitung Timur sbg bupati. Beliau mengupas dan menelanjangi praktik korupsi birokrasi. Mengenal beliau saat itu, dalam hati pun sy berdoa semoga beliau kelak bisa jadi pemimpin yg sangat berpengarug terhadap perubahan di negeri ini menuju Indonesia baru bebas dari KKN. Krn sekarang beliau maju sbg cawagub DKI, sy berharap kpd seluruh warga DKI yg mengharapkan Indonesia maju, maka pilihlah pasangan Jokowi-BAsuki Tjahaja Purnama (Ahok). Allh swt memberkati kalian untuk memimpin DKI serta kelak Indonesia. amin.

  50. anda dan pa jokowi sedang di atas angin,semoga pasangan anda menang,saya punya saran hati2lah anda bicara,bicara tentang foke atau calon siapapun jangan di ulangi lagi,saya harap anda harus meniru pasanganm anda yang low prof,jangan sampai anda jadi beban untuk pasangan anda semoga anda menang.

  51. visi misi nya dulu boss diperjelas jangan maen pilih aja… lebih baik kita menilai dulu siapa yang akan memimpin dki jakarta ini,,, drpd nyesel dikemudiannn…. gw seh ogah… drpd jakarta makin kacau..

    • Visi misi emang diperlukan tapi kalo ga dijalankan sama aja dgn NOL BESAR! !
      YANG PENTING JADILAH PEMIMPIN YG TDK KKN DAN TDK BERLAKU KEJAM THD RAKYAT. HRS ARIF BIJAKSANA.
      HIDUP JOKOWI AHOK!!!
      MERDEKA!!!

  52. ada benarnya juga apa yang dikatakan oleh orang kaya ini,tapi menurut saya visi misi juga gak menjadi jaminan, yang penting pemimpin itu harus beriman, jika Landasan Iman kuat, Negara makmur. Jadi liat dulu pak, ibu, om, Tante, Koh, Nci, Nyak, Babe, dan sodare2 sekalian, Gimana tuh Iman si Ahok..

    • hehehe…ngomongin iman..dari mana anda menilai iman seseorang?
      apakah iman yg anda maksud seperti imannya seorang nazarudin?

      seorang atheist memimpin australia,tanpa iman,buktinya bisa men-sejahterakan rakyat nya..

      dalam politik bukan iman yg jadi acuan seseorang menjadi baik..

      • kate siape brooo, justru kekuatan iman itu yg wajib ditanam and di perkuat,jgn slh arah broooo, ok???? menurut gue pemimpin harus muslim. krn mayoritas indonesia muslim. itu baru setuju. ikuti jejak rosulullah brooo. nabi terakhir kite Nabi Muhammad saw yg menjadio sauri tauladan bagi seluruh alam. hidup di dunia hanya sementara, maka bekali diri dengan iman and taqwa. ok. biar ga terjerumus ke neraka.

        • Itu tandanye otak anda msh terindoktrinasi sama SARA… Gak bisa liat terang di depan mata, ga bisa objektif, yg ada subjektif terus…agama gue kudu yg mimpin…bukannya liat kualitas org dengan mata dan pikiran terbuka.
          Kalo pun ada muslim kayak Ahok, gue pasti dukung penuh….gue yakin banyak yg lurus n jujur…

          • Mamak kodok, cepatan keluar dari dalam tempurung, ntar tempurungnya dilindas sama truk…..Haree gini masih merasa dirinya benar sendiri….bangun…hei bangun…. pantasnya lu tinggal di Arab san tuh…bir perkosa tuh TKI asal Indonesia…. itu yg lu sebut beriman….

        • saya nd perduli imanmu apa..tapi yang penting mau jd teladan…BUKTI dari pada iman yang hidup adalah adalah perbuatan ……. MAJU TERUS PARA PENELADAN INDONESIA
          JOKOWI AHOK YESS

  53. Indonesia membutuhkan figur pemimpin yang jujur, berdedikasi, profesional, idealis dan bisa membuat perubahan bagi bangsa dan negara untuk mengejar ketinggalan dari negara tetangga.

    Maju TERUS !
    Realisasikan “INDONESIA BARU dan BERSIH dari KKN” !

    Kami akan berikan doa dan restu untuk Anda.
    God Bless U !

  54. Indonesia sudah semakin menjadikan banyak timbulnya para pesimistis people… sudah saatnya tokoh seperti anda maju dan ingat Bapak Ahok setelah mendapat amanah yang lebih besar jangan sampai lupa diri karena pasti cobaan yang datang akan lebih besar, berjuanglah selalu dengan nilai yang tulus karena saya yakin pasti jalan itu akan menuju jalan menuju kebaikkan.
    Semoga anda bisa berbuat yang terbaik untuk siapapun dimanapun anda mendapat amanah.

  55. Selamat berjuang saudaraku jokowi dan ahok. Berbuatlah Ɣαηƍ terbaik tuk Jakarta selanjutnya INDONESIA menunggu karya dan sentuhan anda tuk menjadi bangsa yang besar. Kuberikan nama tuk anda berdua. KO WI HOK. Ingat lah 4 penjuru dunia adalah saudara tdk ada mayoritas dan minoritas semua terbingkai dlm satu wadah kebhinekaan

  56. Alhamdulillah, ternyata “Balian of Belitung” telah dipertemukan Allah SWT dengan “Salahudin of Solo”. smoga anda berdua dipermudah jalan oleh Tuhan YME untuk menjadi Pemimpin Sejati, Pemimpin Generasi Muda Indonesia Sekarang dan yang akan datang. Pemilukada DKI adalah pintu awal. Tetaplah menjadi Ahok apa adanya….

  57. Saya ini seorang yang pesimis terhadap orang2 dunia perpolitikan di Indonesia >>>muak<<< mudah2an Bpk. Ahok seorang yang terpercaya untuk memakmurkan dan mensejahteraan rakyat di negeri ini, kami sudah lelah dalam situasi kondisi seperti sekarang ini… amiiiinn 🙂

  58. AHOK
    阿福=HOK artinya hoki atau keberuntungan(berkat). biasanya yang bernama ahok itu artinya anak yang diharapkan membawa kelimpahan berkat bagi sesama.amin.terus lah menjadi terang dunia,gbu

    • orang yng akidah/agamanya dangkal pasti membeda2kan agama. ingat! agama bukan dilihat dari identitas, tapi tingkah laku. dan Bpk Ahok lebih Islami daripada orng islam yng gemar korupsi. … !!!

      • pak jangan asal njeplak ya…bagaimana bisa islam kalau masih takut pada salib? kalau orang islam yang gemar korupsi bagaimana bapak bisa bilang dia islam kalau tidak takut pada Allah (dan laranganNya)..ente sendiri bukan islam…karena ente tidak mengerti…hati2 tertipu wahai pemirsa

  59. Bagi yang belum daftar Pilkada DKI 2012, daftanya di Kelurahan masing2 ya pak. Persyaratan yang perlu dibawa apa? Ditempay tinggal saya masih ada beberapa yang belum terdaftar. Tolong info-nya.

    TQ – GBU

  60. Maju Teruk Pak Ahok..ada banyak orang idealis di luar sana, namun tak semuanya sanggup merealisasikannya…smoga nilai nilai keluhuran di diri anda tidak akan terkikis oleh cobaan-cobaan yang akan datang nantinya.

  61. Giiila!!! Saya habis nonton beberapa wawancara dan cara kerja Pak Ahok di youtube.. Pak Ahok, bapak menginspirasi sekali…!! Banyak sekali yang sudah bapak buat untuk negri ini….
    Lha saya….? belum ada ya kayanya… hahaha… Saya pengen dah bisa seperti bapak!!! Berani berdiri di jalur yang benar sampai2 orang lain yang mengikuti bapak, bukan sebaliknya….
    pak Ahok hebat 😀

    Sayang saya tidak bisa ikut menyumbang suara, karena anak perantauan… Tapi saya mendoakan semoga semuanya lancar, Pak Jokowi-Pak Ahok menang menjadi gubernur dan cawagub untuk kebaikan dan kemajuan bangsa Indonesia ini… amin 🙂

  62. Maria sitompul kasian dech lu hr gini masih persoalkan Agama. Sadar maria yang kita pilih kepala pemerintahan bukan memilih kepala Agama. Org2 seperti andalah yang membuat Indonesia terpuruk.

  63. calon kuat untuk menang, tapi siapapun pemegang amanat Gubernur DKI, taruhannya surga dan neraka, karena rakyat jakarta jumlahnya buuuaaanyak sekali dan harus dipertanggungjawabkan kepemimpinannya

  64. Salam bang semangat terus saya kenal bang ahok sdh 2005 bang ahok orang yang supvel dan mudah bergaul,, merakyat dan mantap pokok nya pilihan anda tidak salah untuk DKI Jakarta saat ini sukses terus kawan kami sekeluarga mendoakan

  65. Di tengah2 kemuakan dan kejijikan masyarakat DKI yg melihat para pemimpin nya hanya memikirkan kepentingan kelompok dan keluarganya,dan di tengah stigma masyarakat yg kalau jadi pejabat harus punya rumah mewah,mobil mewah,kemana2 dikawal ajudan dan ormas bayaran….

    Suatu kabar yg sangat membahagiakan,jika seorg Basuki Tjahaya mau maju jadi DKI 1,dari sejak beliau jadi bupati di belitung,saya sdh sangat kagum dg kejujuran,kecerdasan,dan kesederhanaan beliau,sudah bukan waktunya lagi kita masyarakat DKI memperdebatkan suku,ras dan agama seseorg,yg penting kinerjanya…apakah benar2 bisa mensejahtrakan Rakyat,atau hanya jualan nama Rakyat spt yg sdg berlangsung saat ini,Indonesia Butuh org2 spt Basuki dari Babel,Jokowi dari solo,Dahlan Iskan dari Pacitan,jika negri ini dipimpin org2 spt saya sebut di atas,tdk akan ada lagi sekolahan roboh,jalan hancur,gepeng dimana2 dan rakyat menderita di daerah,guru yg telat dibayar gajinya…dan satu lagi yg terpenting Tidak ada lagi Diskriminasi…Maka kita benar2 bisa hidup dialam indonesia yg sebenar2 nya….NKRI,Pancasila,Bhineka Tunggal Ika sesuai harapan para pejuang kemerdekan RI, saya akan dukung anda dg cara yg saya bisa Pak Basuki!

  66. Mo suku bangsa apapun, (bahkan dari agama apapun) asalkan dia MAMPU membawa Indonesia lebih maju, bersatu, mandiri, dan berintegritas silahkan memimpin…!!

    Indonesia dibentuk oleh para Founding Fathers dgn berlandaskan Pancasila & Bhineka Tunggal Ika..
    Kesatuan untuk kesejahteraan bersama mengatasi perbedaan suku bangsa, agama, dan budaya…

    NKRI Harga Mati! Maju Terus Pancasila!!!

  67. WOI ABANG SAMA MPOK.
    MAU ORANG ARAB, ORANG TIONGHOA, ORANG AFRICA. YANG PENTING :
    1. BUAT KTP,KK,SEMUA BIROKRASI GA PAKE PELICIN. MAU JADI PNS GA PAKE SETORAN.

    2. GA MACET ?/ ( HARI GINI KLISE BANGET…) KALO ANE YG PENTING NOH TERATUR TUR..MACET SELAMA PRASARANANNYA BELUM ADA, MAU SAMPE DIGANTI BARACK OBAMA, JAKARTA BAKAL TETEP MACET..!!! BANGUN PONDASINYA SUPAYA 10 TAON LAGI BARU LANCARRRR…MINIMAL KELIATAN DAH MAU ARAHNYA KEMANE NIH JAKARTE.
    3. BERANTAS GEPENG2…KAPAN NIH JAKARTA MAU MAJU, KALAU PENGHASILAN GEPENG = 2X DARI BURUH??? BRANTAS SEKALIAN OKNUM YG PELIHARA GEPENG TERSEBUT. JANGAN MUNA LAH KITA SAMA TAU AJA, GEPENG2 ITU KAN ADA SETORANNYA. BUAT WARGA JAKARTE YG SUKA KASIH UANG KE GEPENG “STOP” MIKIRIN ORANG LAIN, KALAU MAU SOSIAL KE TEMPAT YG RESMI, KALIAN CUMAN BIKIN JAKARTA KUMUH.

    ITU AJA DEH BANG..MAUNYA ANE..3 AJE

  68. Org keturunan Chinese dan Kristen jadi presiden??
    Buat saya anda gila!
    Dan Indonesia butuh org segila anda!
    Semua org revolusioner awalnya dianggap gila, dan hanya org yg cukup gila yg berani melawan pejabat2 korup!
    Jalan anda tidak akan mulus, tapi saya jamin nama anda akan tercatat dalam sejarah, setidaknya cerita kehidupan anda akan terdengar sampai cucu2 saya..
    Jadi selamat bung Ahok, anda cukup gila untuk merubah Indonesia! God bless

    • Saya yakin ada yaitu ROY THANIAGO
      anak saya. dia paling tidak senang melihat
      tingkah laku pejabat2 kita yg berfoya &
      mengkorupsi uang Negara,sama sekali tidak
      peka dengan keadaan Negara & keadaan sebagian besar Rakyat masih hidup dibawah garis kemiskinan,ia tidak membeda-bedakan
      Ras atau keturunan. ia juga ber-cita2
      ingin memajukan Negara Indonesia yg ter-cinta ini

  69. Ya Tuhan… yang awalnya saya iseng-iseng saja buka page ini karena penasaran dengan anda berdua (Jokowi-Basuki), diakhir page saya benar-benar jatuh cinta pada anda!!!
    Andai saja semua warga Jakarta sudah mengetahui kiprah anda, andai saja orang Jakarta cukup smart dan lurus untuk memilih anda.
    Semoga anda berdua terpilih, demi kebaikan dan kemajuan bangsa ini, dan demi saya yang bisa kembali berharap, seseorang yang lurus dan kompeten bisa menjadi pemimpin negeri ini 🙂

    • Btw, saya seorang muslim dan saya juga mengenakan jilbab, namun bagi saya, regardless apapun SARA anda, Jokowi-Basuki merupakan calon terbaik pemimpin Jakarta.
      Maju terus pak! Dan pertahankan selalu intergritas kalian!

      • Selamat Datang Titi,

        Kalau anda datang kembali besok atau lusa, maka akan ada berita yang baru di website ini. Nah sebagai wujud terima kasih, ajaklah lebih banyak saudara teman, tetangga datang kesini.

        Saya sama seperti Titi, mengenal web ini secara nggak sengaja, dan benar kata Titi, beberapa jam kemudian saya sudah Jatuh cinta dengan Jokowi Ahok.

        Masih banyak orang Jakarta di luar sana yang belum tahu. Tugas kita bersama untuk memberitahukan mereka bahwa ada loh pemimpin bersih jujur dan transparan seperti Jokowi Basuki. Saya dari Bali, dan saya setuju, apapun SARA mereka berdua, nggak jadi soal selama mereka terbukti berjuang untuk masyarakat banyak! Ayo Titi, ajak lebih banyak orang mencoblos Jokowi Basuki no 3!

  70. Tetaplah jadi Seseorang yang mengandalkan Tuhan, melakukan dan memutuskan segala sesuatu dengan bnar. Semoga Tuhan slalu memberkatimu, agar bapak bisa jadi berkat bagi org lain 🙂 GBU

  71. Ini pertama kali saya mencari tahu siapa Pak Ahok…., paparan siapa Pak Ahok disini, membuat cukup mengaguminya…, tapi yang lebih luar biasa adalah ketika membaca komentar-komentar rekan-rekan sebangsa, sepertinya kita sudah bisa menjadi bangsa yang kembali memegang sumpah kita sendiri…

    God bless Indonesia.

  72. This is it..
    THE POWER OF “WORLD PRAYER ASSEMBLY 2012”
    Bapak Ahok Yth, selalu humble ya..
    Ini bukan bapak yang buat, Yang Maha Kuasa yang buat 🙂
    MAJU TERUS !!!!!!!

  73. sukses terus pak AHOK.
    percayalah kami mendukung. jangan takut. sudah saatnya Indonesia tidak memilih pemimpin dari agama dan ras (SARA) tapi dari kinerjanya. buktikan bahwa kaum minoritas juga berhak duduk di bangku pemerintahan. junjung terus pemerintahan yang bersih ya pak, biar bisa jadi panutan bagi pemerintahan selanjutnya. HIDUP JOKOWI-AHOK!!!!

    Tuhan memberkati. Amin. 🙂

  74. Saya dan Keluarga memilih dan berharap kepada Bapak yang kita yakin akan membawa perubahan pada jakarta.
    Bapak JOKOWI – AHOK layani siapa[un mau 100 putaran tetap saja Pilihan Rakyat.
    JOKOWI AHOK GOES TO RI 1 and RI 1
    Tuhan Memberkati Orang Benar dan Takut akanNYA

  75. Budi pribadi (ex mantan pengawal spiritual Bu Megawati Soekarno Putri waktu masih jadi RI 1 tdk ada bencana alam di NKRI)harapkan atmosfir semangat besar warga DKI Jakarta pilih ” Jokowi&Ahok ” menang putaran 1 bisa berlanjut ke putaran ke 2 20-9-2012 sebagai momentum ” Arus Perubahan Atas Kesadaran Warga DKI Jakarta Yg Nati Juga Bisa Imbas ke Pilpres RI th 2014 Utk Buat Perubahan Positip Demi Kebangkitan Kembali NKRI di forum international “.

  76. silahkan saja memilih jongkokwi dan haiya ahok ..jangan mengeluh jika indonesia maju seperti singapura..(modern dan chinasisasi)..kamu orang melayu memang pantasnya jadi budak dan kuli.. haiyaa…mampus lo semua

    • kamu udah diperingatin kan?

      Ali Imran(28) Janganlah mengambil orang-orang yang mukminin orangorang yang kafir jadi pemimpin lebih daripada orang-orang yang beriman. Dan barang siapa, yang berbuat demikian itu maka tidaklah ada dari Allah sesuatu juapun. Kecuali bahwa kamu berawas diri dari mereka itu sebenar awas. Dan Allah memperingatkan kamu benar-benar akan diriNya. Dan kepada Allahlah tujuan kamu.

  77. Jadikan momentum terbaik dalam Pilkada Gub&Wagub DKI Jakarta 2012 dengan jiwa besar&bersih&tidak main politik uang&tidak main tekanan walaupun beda aspirasi,terlebih ” Jokowi&Ahok ” menang di putaran ke 2 tgl 20-9-2012 juga Budi harapkan buktikan&realisasikan janji ” Jokowi&Ahok ” di DKI Jakarta (Pak Jokowi sudah buktikan kan di Solo Jawa Tengah+Ahok juga kan) nanti kita sebagai WNI dengan semangat arus perubahan positip tuju&raih kemenangan&buktikan hasil di Pilpres th 2014 utk buktikan NKRI mampu bangkit kembali&diakui&dihargai di Forum International!Merdeka yo ! (versi paranormal Bu Megawati yo )Ojo dumeh ah !

  78. Budi hanya ingatkan kata2 mutiara dari alm Soekarno + John Friedgarz Kennedy ” Buktikan Bangsa Indonesia Bukan Bangsa Mental Tempe + Don`t ask to your self what your country give to your self,but please ask to your self what can you give the best your self to your country ” .Tanya ke Bu Megawati Soekarno Putri juga ke kel besar dinasti Kennedy di USA Nation termasuk ke H.Cinton ya !

  79. It is an honor for me to know Pak Ahok as one of Daud’s teacher in Kindergarten. I want the best for Jakarta and this made very interested to follow up this governor’s election since the start. I am very proud to have this man–Pak Ahok– as a candidate for Vice Governor in Jakarta and Jokowi as a Candidate for Governor in this Governor and Vice governor race. I know that both has the capacity to make a great IMPACT to this city that has tons of problem. By God’s grace and wisdom, it is my prayer Jokowi and Ahok will lead Jakarta into prosperity that would tickle down into the poor of the city. It really saddens me to see mothers picking up garbage to feed their children and see children picking up garbage instead of being in school studying. I hope that the people in Jakarta can see the difference that these two candidates possess and will vote wisely to create a concrete change that will make Jakarta a a more humane place to live. Jokowi-
    Ahok is a breath of fresh air to this city that is darkened by pollution and problems that seems to be too complicated. By God wisdom and guidance, I believe these two candidates will pave the way for lasting change. It would take a process and I admit that it will not be easy. We have to support them and be ready to roll our sleeves to work with them. God bless Jakarta! Praise God for raising up leaders such as Jokowi and Ahok in such a time as this.

  80. Saya sangat terharu membaca tulisan2 di blog ini…. speechless dan sangat terharu. Semoga Tuhan memberkati Pak Jokowi dan Pak Ahok beserta keluarga. Mereka seperti malaikat (mungkin terdengar hiperbola) tp seperti itulah pendapat saya.

  81. Ko Ahok baiknya berbisnis saja, dan menjadi WNI yg baik. Jika merasa berlebihan secara ekomomi, bantu saja Jakarta dng uangnya+ide2nya.

    Biarkan negri ini dipimpin para TNI karena rakyat negri ini memang masih perlu DIDISIPLINKAN dengan TEGAS, KERAS tapi BIJAK, yg DAPAT MEREKA TERIMA lewat tangan pribumi saja.

    Anda seorang Kristen bukan? Maka dari itu IKUTILAH TELADAN Yesus yg selalu MENOLAK ikut dalam urusan dunia yg bisa menjadi batu sandungan bagi misinya. Misi utama seorang pengikut Kristus adalah mengabarkan KABAR BAIK bagi semua manusia: bahwa Kerajaan Allah sudah dekat dan “AKHIR” itu datang dengan bergegas dan ia TIDAK AKAN TERLAMBAT.

    Ingatlah peringatan bahwa “manusia,yg berjalan,tidak memiliki kuasa mengarahkan langkahnya, dan “Manusia menguasai manusia hingga ia celaka”. YUSUF, seperti Timotius, adalah teladan INTEGRITAS MORAL bagi kaum muda dalam menyikapi godaan perzinahan/percabula(godaan rutin dari istri Potifar)dan teladan dalam MEMAAFKAN kesalahan atas sesama manusia(saudara2nya yg telah menjualnya), dan teladan IMANnya thdp Allahnya(sewaktu ia dipenjara oleh Potifar).

    PATUTKAH ORANG KRISTEN BERPERAN DALAM POLITIK??
    1. Kesanggupan manusia sngt terbatas, cenderung gagal(Yer 10:23, Maz 146:3)
    2. Pengaruh “allah sistem ini”(Yoh 14:30, 2Kor 4:4)

    3. Org Kristen sejati HANYA menyatakan loyalitas kepada Kerajaan Allah(Wahyu 11:15). Benang merah dari seluruh isi Alkitab adalah mengenai Kerajaan Allah, spt dlm “Doa Bapa kami”.

    Meskipun org Kristen sejati tidak berperan dalam politik, apkh mereka tidak berminat unt membuat masyarakat selitar memjadi lebih baik? Jawabannya sngt jelas dari Alkitab, HIKMAT TERTINGGI dari atas: Berita Kristus — Yesus berupaya MENGUBAH HATI, bukannya institusi politik. Orang2 yg BERUPAYA MEMERAPKAN PETUNJUK PRAKTIS dari Yesusakan mendatangkan MANFAAT bagi dirinya, keluarganya dan masyarakat sekitarnya. Ingin lebih bnyk informasi yg luar biasa?

    • Jangan terlalu NAIF mengartikan ajaran Alkitab, pake bawa nama2 Yesus lagi bro….
      Intinya :
      1. Perbuatan tanpa Iman = 0
      2. Iman tanpa Perbuatan = 0

      Yang Kedua ini yang sedang anda lakukan. Bukankah di Alkitab di ajarkan juga :
      Kasihilah orang lain sama dengan dirimu sendiri?

      Ahok cuma berusaha untuk menuntut kejujuran, kasih yang sama oleh pemerintah untuk semua lapisan masyarakat,Tidak melihat SARA.

      Jadi menurut saya Usaha, Kredibilitas, dan Kejujuran yang di tunjukkan AHOK lebih dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

      Indonesia lebih butuh 1 orang AHOK dan Jokowi daripada 1000000000 Komentar tidak berguna yang anda berikan.

      Jadi daripada duduk diam, menulis komentar Naif lebih baik anda membuat diri anda sedikit berguna dengan memilih AHOK. Salam Damai^^

  82. Dengan kemenangan pasangan Jokowi-Ahok diputaran pertama, masyarakat sudah sadar bahwa negara Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika, dan siapapun berhak menjadi seorang pemimpin tanpa melihat keturunan dann Agama, semoga yg belum faham kini mengerti bahwa Jakarta butuh pemimpin yg membawa perubahan yg lebih baik , dan setelah saya baca Biografi pasangan Jokowi-Ahok lah yg layak memimpin ibu kota yg kita cintai saat ini… Semoga anda (mas Jokowi dan Bang Ahok) akan memenangkan Pilkada putaran ke2.. Saya bersama warga lingkungan saya mendukung anda..

  83. Maju terus, Bung Ahok. Sukses dan bermanfaat untuk warga DKI dan rakyat Indonesia. Tantangan pembangunan DKI ke depan memang tidak mudah bahkan cenderung sangat berat. Tetapi sinergisitas Bung Ahok dan Bung Jokowi, insya Allaah akan menghasilkan perubahan. BRAVO!!!

  84. Baca Commennya sampai merinding… Inikah saatnya Negara ini lebih bermartabat, Lebih peduli sesama?
    Semoga!! Mari kita berdoa Pasangan Jokowi-Ahok menang.. Jangan mikirin SARA, Karena agama tidak menyelamatkan tapi Imanmulah yang menyelamatkan.
    Mari Kawal sampai TUNTAS!!

    Buat Pak AHOK Sabar iya pak Inilah Indonesia kita, banyak yang terlalu Pintar, Saking pintarnya iya hasilnya seperti ini. Semoga kepercayaan masayarakat Jakarta bisa dijalankan pak!’
    Terima kasih, Tuhan Memberkati

  85. Sudah saatnya saya bang kumis turun singasana karena ga becus ngurus jakarta
    biar jokowi dan ahok yang ngurus jakarta, saya udah korupsi sebanyak banyaknya buat sangu

  86. Salam sejahtera bang Ahok

    Sejaka say amenyaksikan tayangan dg Kick Andy dan lainnya saya bangga dan kagum dengan niatan baik unutk memperbaiki kondisi birokrasi yg memuakan serta empaati anda unutk rakyat di Belitung Timur.Selamat dengan keberhasilan Pilkada DKI kemarin bersama masa Jokowi. Walau saya tidak sempat melakukan menggunakan hak pilih saya karena saya berada di luar Indonesia dukungan saya sepenuhnya untuk bang Ahok dan mas Jokowi. Maju terus dan selamat bekerja. Salam dari London.

  87. Bapak..
    saya kagum dengan karakter bapak, walaupun keturunan Tionghoa, tapi rasa cinta tanah air dan bela negara Anda terhadap Indonesia cukup besar, dan mungkin melebihi rasa cinta tanah air warga pribumi sendiri..

    terlihat sekali bahwa perilaku seseorang/kel orang tertentu bukan terkait akan suatu etnis atau suku, melainkan pribadi/individu masing2.

    semoga selalu sukses dan tetap membela rakyat kecil..

  88. ada manusia spt dany dan edie dunia tidak bisa damai.kenapa anda ini pintar sekali dimana sekolahnya??????aku bingung ko tuhan menciptakan orang spt itu.

  89. Seru sekali baca berita ini dengan komentar-komentarnya. Paman nabi yang mana yg nasrani, setahu saya paman nabi Muhammad, yakni Abu thalib adalah mukmin. Tp kembali kpd Bapak Ahok. Saya sampai bercucuran air mata membacaa kisah hidup, visi misi dan idealismenya. Sangat jarang seorang wakil rakyat yang memiliki integritas seperti beliau. Mari kita do’akan, Jika Tuhan Meridhoi, smg warga DKI jakarta bisa menggunakan hak pilihnya untuk memberi kepercayaan pada pasangan ini. Jokowi-Ahok.

  90. Sebagai Muslim, soal memilih pemimpin itu harus yang “ISLAM BETULAN”, terutama sekali pro rakyat kecil, gaul dan mudah berkomunikasi, berani berkata benar, transparan, dan tidak korup. Itu semua ada pada JOKOWI-AHOK..

    Walaupun ada kritik JOKOWI penganut Freemason dan AHOK Kristen Protestan, kami TETAP BERHARAP pasangan CAGUB ini mampu memberikan perubahan berarti untuk IBUKOTA Indonesia. Yang dibukuhkan JAKARTA hari ini adalah bangkitkan ekonomi rakyat kecil, jangan sampai ada pengemis dan anak jalanan lagi (karena sudah dilatih dan diasuh dg baik), tidak macet dan semrawut lagi.

    http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fwp.me%2Fp1Glhw-14k&h=OAQFW0ZQE

    Maju Terus.. WE SUPPORT YOU FULL

  91. Sebagai Muslim, soal memilih pemimpin itu harus yang “ISLAM BETULAN”, terutama sekali pro rakyat kecil, gaul dan mudah berkomunikasi, berani berkata benar, transparan, dan tidak korup. Itu semua ada pada JOKOWI-AHOK..

    Walaupun ada kritik JOKOWI penganut Freemason dan AHOK Kristen Protestan, kami TETAP BERHARAP pasangan CAGUB ini mampu memberikan perubahan berarti untuk IBUKOTA Indonesia. Yang dibukuhkan JAKARTA hari ini adalah bangkitkan ekonomi rakyat kecil, jangan sampai ada pengemis dan anak jalanan lagi (karena sudah dilatih dan diasuh dg baik), tidak macet dan semrawut lagi.

    http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fwp.me%2Fp1Glhw-14k&h=OAQFW0ZQE

    Maju Terus.. WE SUPPORT YOU FULL

  92. Setuju banget buat jadi pimpinan DKI.. biar DKI ngga semerawut.. bisa tertata lebih baik.. Bisa jadi Ibukota yang membanggakan…. kenapa ngga jadi Presiden RI sekalian saja… Butuh pimpinan yang peduli bangsa dan pintar mengatur dan cari uang buat bangsa, bukan buat diri sendiri.

  93. saya seorang keturunan tionghoa dan sangat mengagumi gus dur. Saya sungguh terharu dan juga sedih membaca komen di atas. Terharu karena mayoritas muslim tidak lagi melihat sesuatu dlm sudut pandang yang sempit dan SARA, terlebih ahok adalah seorang tionghoa dan kristen. sedih karena masih ada segelintir orang yang berpikiran sempit dan dangkal. agamaku y agamaku, agamamu y agamamu.

  94. salut banget buat bapak. ini baru pelayanan yang sejati. sukses pak, kita rakyat jakarta sangat rindu sekali dengan pemimpin yang peduli akan rakyatnya. GBU pak!

  95. Maju terus Jokowi dan Ahok. Bersihkan Jakarta dari yang tidak bener. Buat yang suka SARA sebaiknya anda pergi noh ke Irak perangi tuh Amrik disana, kali aja anda sukses disana…

  96. Saya pasti mendukung Jokowi-Ahok. Pemimpin-pemimpin muda inilah yang sanggup mengadakan perubahan bagi Jakarta.

    Rakyat sudah muak dengan keadaan pemerintahan Jakarta yang jauh dari harapan….bahkan sangat jauh dari kata ‘layak’.

    Semoga akan ada sosok pembaharu yang membuat pembaharuan, menjadikan Jakarta Baru itu sebuah realita bukan mimpi semata!

    Catatan saya:

    http://sosbud.kompasiana.com/2012/07/24/hak-untuk-dipilih-dan-ayat-ayat-konstitusi-politik-dan-agama/

  97. Buat yg ngga ngerti ttg ‘adanya korupsi di tingkat RT’ yg dibicarakan sdr rachmat dan lainnya.

    Ketua RT (dan RW) itu satu-2-nya jabatan TIDAK RESMI pemerintah yg berafiliasi dgn pemerintah yg wajib diakui warganya (dan pemerintah sendiri) sbg perwakilan warga dgn Kelurahan, yg bisa ditunjuk oleh Pak Lurah kalo warga ngga ada yg mau milih Ketua RT-nya (alias cuma ‘Ketua Kelas’ warga level-nya). Tapi dalam perkembangannya, berhub. Kelurahan rada malas ketemu dan ngurusin warganya, maka Ketua RT dibebani (meski tetep dapet uang kompensasi sbg Ka-RT) sebagian tugas Kelurahan, yaitu mendeteksi warga sekitar (nantinya berupa surat pengantar RT utk perpanjang KTP dsb) dan menjaga lingkungan sekitar warga (nantinya berupa iuran RT utk kebersihan/keamanan yg ditarik dari warga sekitar), termasuk kerukunan warga (kalo Pak RT-nya yg bikin malah rusuh/resah warga dgn pungutan liarnya gimana pak?). Masalahnya kebanyakan Ketua RT dalam menjalankan tugasnya tidak transparan dan sarat korupsi dan bisa jadi bukan yg diinginkan warga sbg Ka-RT. Lha Kelurahan aja yg wajib transparan aja masih bisa korup apalagi cuma agen TAK RESMI pemerintah spt Ketua RT, meskipun katanya dipilih warganya (lha aku koq ngga pernah diundang kalo ada pemilihan Ka-RT? atau dicalonkan gitu?). Kan, tau sendiri, ada RT yg pungut iuran RT (pake ngancem malah, kalo mau surat pengantar keluar, bayar semua iuran yg ditagihkan! diktator kecil nih ye! pager malah makan tanaman!) ada yg nggak karena dirasa tidak perlu dan telah berembug dgn semua warga (ini yg baik). Karena ngga transparan, besar iuran RT bisa beda antar warga satu dgn lainnya, kroninya (baca: KKN) tentu ngga perlu bayar, tapi yg jalanin bisnis di pinggir jalan biasanya kena super gede tagihannya, yg nyewa sama pemilik tempat kena bayar iuran RT dua-duanya padahal masih satu tempat tinggal dan bukan kontrakan petak/kos-2-an, dst – cari sendiri deh dosa-2 oknum ‘preman’ Ketua RT ini, dah banyak yg tau koq…
    Kalo saya sih setuju aja dibubarkan sistem RT/RW yg rentan korupsi jabatan ini, toh negara maju lain banyak ngga pake sistem RT/RW ini fine-fine aja koq, dan bebas korupsi dari warganya sendiri (ingat, ketua RT cuma ketua kelas kita! kenapa malah jadi preman yg malakin kita?).

    Akhir kata: “Maaf, pajak yg kita setorkan ke kas negara yg begitu besar jumlahnya, pada kemana ya? Koq ngga dipake buat kenyamanan warga? Ini malah RT-nya perlu minta iuran wajib buat urusan sampah dan keamanan warga yg notabene adalah ke-WAJIB-an negara dalam melayani warganya yg telah taat bayar pajak! Sudah bayar ke negara tapi HAK paling mendasar saja negara TIDAK MAMPU memberikan! hehehe, cuma NKRI (Negeri Korup Republik Indonesia) yg bisa begini…”

    Makanya kita butuh orang-2 seperti ahok n jokowi ini bro… supaya ‘NKRI’ bisa kembali ke makna yg aslinya sbg ‘Negara Kesatuan’, sebelum bangsa ini terpecah belah akibat korupsi yg merajalela dgn mengatasnamakan SARA tertentu.

  98. Andai Tangerang punya calon seperti ini pasti pemilihan gubernur kemarin saya ga golput. Bikin visi yang masuk akal aja ga usah muluk2 dan banyak2 karena mampunya manusia itu terbatas. GBU

  99. pemimpin yg cakap dan sejati adalah yang mampu menyeimbangkan pelbagai kepentingan, al kepentingan orang miskin dan kaya, buruh dan pelaku usaha,kelompok minoritas dan mayoritas dan lain-lain.
    dalam sejarah bangsa indonesia baru ada satu pemimpin yang pernah menerapkannya yaitu BUNG KARNO dengan NASAKOM nya, mudah-an JOKOWI-AHOK berani menjadi pemimpin kedua dinegeri ini mengikuti pahlawan revolusioner bangsa kita.

  100. saya setuju dgn keinginan bro ultra-nasionalis, mending dibubarkan saja sistem RT/RW ini, jadi sarang korupsi binti diskriminasi tersembunyi.

    baru tau ane RT ane kenain iuran RT/lingkungan kpd ane lebih gede daripada pribumi sekitar, emangnye ane orang kaya ape?
    mau bacot/berubah anti-diskriminasi kaya apa pemerintahnya di media massa.., yah cuma sebatas bacot doang alias tebar pesona tok… yang dibawah tetep ngga mau nurut/nerima.. dah enak meres non-pri dari dulu ngapain juga berenti kalo ngga ada yg ngancem copot jabatan kalo ketauan… ya nggak?

    yg jadi pertanyaan ane: bisa ngga ko ahok ini berantas diskriminasi etnis non-pri sampe ke akarnya spt RT ini (yg katanya agen ngga resmi pemerintah, spt kata bro ultra-nasionalis – koq bisa ya lolos sensor politik barang ngga resmi gitu alias KW3 atawa BM bekas klonengan?).

    ya udah kita coba ko ahok aja yg notabene ‘barang baru’ daripada ngga ada yg bisa dipercaya lagi… ngga heran gara-2 soal diskriminasi ‘kecil’ gini bisa bikin rasa nasionalisme makin luntur aje… logikanya, ngapain juga maksa tinggal di negara yg masyarakatnya dan negaranya punya mental ‘preman mirip komunis’ gitu, ngga perlu dipaksa/di-indoktrinasi kaya rejim orba kita juga bakal betah tinggal di negara yg serius menjalankan praktek anti-diskriminasi… rasa nasionalisme koq pake dipaksa-paksa? apa-apaan tuh? kaya kita anak kecil aje…
    kalo negara/masyarakatnya nerime kite apa adanya tanpa diskriminasi maka rasa nasionalisme akan tumbuh dgn sendirinya, ngga perlu pake indoktrinasi gaya komunis gitu… BTW, TKI pribumi itu punya rasa nasionalisme ngga sih? koq malah jadi babu di negri orang bukannya bantuin negara sendiri? apa alasannya: kalo bisa kawin sama WNA Arab sukur ngga bisa ya pulang kampung tuker real, masih bisa untung koq…

    atau mungkin musti nunggu populasi sama banyak dgn yg katanya ‘pribumi’ (ehm pribumi yg mana ya? negeri Indonesia baru diresmikan taon 1945, jadi siapapun yg tinggal lama di Indo pd taon itu termasuk pribumi dong, mengingat Indo adalah penyatuan beragam etnis dari Sabang s/d Merauke katanya) baru bisa setara, spt negeri malingsia itu tuh…

    hehehe.. selama belum fifty-fifty/seimbang rasio populasinya, rasanya ngga punya hak bacot tuh yg dianggap minoritas… tanya kenaaapaaa…

    atau kita buang aja semua kakek-2 kita yg oon tukang nelen sampah doktrin dan tukang bikin sensasi dan kita ganti semua dgn anak muda yg berpendidikan tinggi yg maju & bebas pemikirannya, mungkin baru bisa ilang ‘budaya’ diskriminasi itu… dan jika itu terjadi baru saya yakin Indonesia bisa jaya yg sesungguhnya spt yg diinginkan founding fathers Indonesia dulu, tidak spt sekarang, cuma roman picisan tok… mulus diatas tapi bawahnya busuk-burik luar biasa akibat birokrasi reyot yg sarat korupsi+premanisme… makanya investor besar & hi-tek pada ogah kemari, eh malah belok ke malingsia/sgpore/thai/filip… tanya kenapa… bahkan perwakilan aja ogah manteng disini, malah di sgpore/malingsia baru ada… ngga ada yg mikir disini kenapa bisa begitu… brarti ada yg ngga beres kan dgn sistem birokrasi kita yg reyot ngga jelas gitu? malah bikin takut investor…

    mungkin ini saatnya pengusaha yg jadi pemimpin (spt JK yg efisien-cepat-taktis) dan birokrat bermental preman/rasis mundur aja supaya cepat beres negara ini…

    ko ahok+jokowi jika terpilih nanti harus bisa buktikan bahwa pengusaha lebih mampu manage Jakarta (dan negeri ini kalo bisa, insya Allah) daripada birokrat yg terbukti banyak bermental preman binti rasis (ngga semua tapi pada umumnya begitu)…

    jangan kecewakan kepercayaan kita pd anda ya, ko ahok+jokowi…

    wassalam…

  101. Kalau bicara pemimpin itu dicari yg baik, jujur & ikhlas serta amanah. Kita tdk mempermasalahkan dia itu dari suku, agama, ras & golongan mana, krn yg paling utama adalah apakah dia bisa membawa daerah atau negara yg dipimpinnya membawa perubahan yg sigfnifikan & dirasakan oleh seluruh masyarakat yg dipimpinnya. Krn mengelola suatu daerah, apalagi negara itu tdk mudah hanya dengan slogan atau janji-janji yg muluk saja, dimana diperlukan terobosan2 yg amat berani dg menerjang berbagai penghalang, spt hambatan, rintangan & tantangan yg mgkn bakal dihadapi selama kepemimpinannya. Kalau pemimpin spt itu bisa melewatinya, kmgkn dia adalah satria pinangit, yg dinanti-nantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Apakah itu akan terjadi di Indonesia, msh kita tunggu perubahan itu ?

  102. Ternyata Alm. Gus Dur masih bisa melucu. Begini ceritanya..

    Suatu hari seorang wartawan harian Republika bertemu Gus Dur di surga. Kebetulan mereka sama-sama sudah meninggal.

    “Gus Dur, menurut Anda bagaimana rakyat Indonesia harus bersikap terhadap setiap pemilihan kepala daerah (pilkada) atau pilpres.”

    Gus Dur, “Pilih yang mampu dan mau. Jangan pilih yang tidak mampu tetapi mau!”

    Wartawan Republika, “Terus ngomong-ngomong bagaimana tanggapan Gus Dur terhadap isu Jawa non-Jawa, Pri dan non-Pri, Kristen Islam Hindu, Tentara atau Sipil, setiap pilkada atau pilpres? Seperti pernyataan Bang Haji Rhoma Irama terhadap pilkada DKI putaran 2? Di mana Bang Haji bilang pilihlah yang seiman dan jangan pilih orang Jawa!”

    Gus Dur, “Gampang saja. Suruh semua warga Jakarta kumpul di Gelora Bung Karno. Nanti saya pidato.

    Yang Jawa atau Muslim, silakan pilih Jokowi. Yang non-Muslim dan bukan Betawi, silakan pilih Ahok.

    Gitu aja kok repot…”

    🙂

  103. sy lahir n besar di Manado, dibesarkan bersama dgn teman2 Moslem, bermain, bersama berteriak “Allahu Akbar” pada malam hr menjelang Idul fitri, saling silahturahmi dll, besar di samping Masjid, lebih lagi ada sodara sy moslem, angkat anak dll. mnurut sy, agama tdk menyelamatkan sy, tpi perbuatan sy, dan tdk ada agama yg mengajarkan kejahatan. sy melihat, btuh perubahan buat negara kita oleh org2 yg bermoral / berakhlak baik. Berantas korupsi dan kemaksiatan!!! maaf walaupun diluar daerah, sy membaca sempat2 sy bc ini, hehehe..

  104. maju terus pak ahok jadilah penjabat yang perduli akan nasib rakyat
    buktikan lah bahwa kita suku tiong hua bukan seperti orng pribumi katakan…bhwa kita suku tiong hua jg masih ada rasa perduli terhadap siapapun…

  105. Yth: Sobat Ahok

    Semangat menuju Jakarta Baru, Yakin bahwa publik WP Jakarta sangat cerdas.

    Harapan sy, pertahankan integritas dan tetap pro rakyat, jgn cuma menghadapi pilgub sj, naumn sy yakin Sobat bisa mempertahankan itu. Karena bila tidak harganya sangat mahal untuk mengingkari fakta dan janji…

    Selamat dan Sukses menuju Pilgub DKI 20 September 2012.

    Insya Allah…..Berhasil. Amin

  106. saya..berumur 24thn, saya jg berdarah cina dan beragama sama seperti anda, saya punya kecintaan utk daerah saya namun saya belum yakin akan terjun ke dunia politik. tapi anda benar2 menjadi contoh dan teladan bagi saya. untuk Indonesia, saya pun akan berjuang dengan setia dan jujur dalam setiap hal2 kecil yang dipercayakan. anda adalah bukti bahwa harapan itu masih ada untuk indonesia. anda tidak hanya idealis namun juga berintegritas. thanks God. terima kasih untuk perjuangannya ko Ahok, teruslah berjuang… Tuhan memberkati.

  107. Berita tentang anda menyejukkan hati saya, membangun optimisme saya..
    Karena tidak berKTP DKI, saya hanya bisa mendukung dengan doa dan atribut kotak2 pada tanggal 20 September.
    Selamat berjuang di jalan yang benar.

  108. Semua tionghoa pilih ahok, kecuali yg di glodok, takut dibakar lagi sama si fokek!
    Bingung ane ada pendukung cinanya si foekek ini padahal dah dihina/diperas/dikerjain/dst sama orang-2 macam si FOKEk-HARAm ini, macem soeharto aje, tetep aja ada penghianat cinanya yg jadi sapi perahan dia masih mau aja lagi… Bingung banget ane liatnya di tipi… %( Dibayar berapa seh sama si fokek??? koq mau jual harga diri buat duit recehan gitu? Diancem mau dibakar dan diobrak-abrik tokonya kayak taon 98 kalo foekek kalah, kale ya? biasanya seh alasan yg terakhir yg lebih masuk akal…

    Cina ga pernah jajah Indo, tapi sebaliknya (warga tionghoa jadi sapi perahan Indo setelah belanda pergi).

    Jepang pernah jajah Indo, tapi tidak sebaliknya (warga Indo tetap terjajah dgn invasi budaya Jepang saat ini).

    Belanda/bule pernah jajah Indo, tapi tidak sebaliknya (warga Indo malah ketularan lifestyle dan budaya barat/bule dan mendewakan mereka – Habibie/Fokek bangga bisa bacod Jerman, dan menghina Mandarin! Orang Jawa pada umumnya bangga bisa bacod/hidup gaya Belanda/barat, tidak ada yg bangga kalo bisa bacod Mandarin atau hidup gaya orang Cina, kecuali Gus Dur). FPI? Alaah… orang FPI makan KFC juga koq, ane pergokin sendiri waktu lewat di depan KFC.. moenaafeeq!

    Pertanyaan saya: Kalo melihat fakta-2 diatas, apa Indo musti dijajah Cina dulu baru bisa menghormati dgn wajar warga tionghoa dan budayanya? bukan cuma merampas hartanya dgn cara memeras/kerusuhan, merampas budayanya dgn cara ganti-nama/pembelokan fakta, tapi menindas/menghina/ga butuh orangnya.

    Just my 2 RMB

  109. kami warga tionghoa Pluit, Kelapa Gading dan Pinangsia merasa sangat terhina atas ucapan/’sapaan’ bang NARA di MetroTV hari minggu tgl 16 lalu. bagi kami itu lebih terkesan menghina/menyindir daripada sebuah salam, karena kami tidak ber-‘haiya’ lagi spt itu saat ini, cuma nenek moyang kami terutama yg dari pesisir pantai timur Cina yg tidak bisa berbahasa Indonesia (totok berat) masih spt itu dan nyaris sudah punah alias ngga ada yg pakai ‘seruan/salam’ ala pesisir pantai Cina spt itu lagi, bahkan terdengar asing di telinga kami yg sudah lebih dari generasi kelima di sini, terutama bagi para Mandarin speakers modern saat ini.
    Kami cuma minta pak Nara meminta maaf secara sungguh-2 kepada semua warga Tionghoa di Indonesia dan Jakarta pada khususnya atas penghinaannya tersebut. pak Ahok tidak mewakili kami kaum tionghoa scr keseluruhan, jika dia tidak merasa tersinggung itu urusan dia sebagai orang politik, tapi kami bukan orang politik dan sudah sering dihina sejak dulu oleh aparat pemerintah dan para anteknya, jadi kami tahu benar mana yg bercanda mana yg menghina, apalagi bicara spt itu di TV nasional lagi, itu pelanggaran SARA/penghinaan berat thd kaum Tionghoa!
    Kampanye Foke-Nara sebelumnya sudah punya track record yg buruk yg dgn sangat berani menyinggung SARA dan menghina kaum Tionghoa pada khususnya (Non-Pri = Tionghoa scr umum), jadi jika si NARA bicara spt itu di debat nasional di TV nasional sudah pasti konotasinya menghina! kecuali dia tidak pernah terlibat dalam agenda penghinaan terencana nasional thd kaum tionghoa dlm kampanye, maka kami mungkin tidak langsung menuduh demikian. Masalahnya dia sudah pernah dan berulang-ulang lagi, jadi jelas sudah tujuannya dia apa bicara spt itu di TV nasional.

    Tolong jangan diulangi lagi kesalahan fatal spt ini lagi bagi yg belum paham seluk-beluk budaya kaum Tionghoa di Indonesia.
    (Kalo mau belajar silahkan kunjungi “budaya-tionghoa.net” sbg permulaan)

    Sekian dan terima kasih atas dimuatnya komplain kami ini.

    • Setuju dgn peryataan anda. Saya orang Jawa. Melihat Nara ngasih salam ke Ahok kayak gitu, menurut saya emang murni PELECEHAN. Saya heran sama Nara. Dia kan mantan prajurit TNI. Perwira Tinggi lagi. Tapi kenapa otaknya udang sekali. Harusnya dia jiwanya jiwa Pancasila. Tapi ya sudahlah… semoga Tuhan menuntun orang2 Jakarta dalam memilih gubernurnya, tidak salah pilih.

  110. amin…
    tapi dicukur dulu mirip kumis Hitler, baru dilengserkan, trus suruh kasih kata sambutan penutup dlm bahasa jerman (foke lulusan jerman kan?), baru pas…

    Hitler (bagaimanapun) akhirnya lengser juga, bro! 😀

    Aufwidersehn, Fuhrer!
    Gutentag, Indonesien!

  111. Sdr. Basuki, majulah terus! Bersama Jokowi ubahlah ibukota ini menjadi JAKARTA BARU seperti apa yang anda berdua cita-citakan! Jangan lupa Roma 12:12!

    Majulah dengan tegap-gagah – walaupun kalah – dan ingatlah selalu fakta sejarah bahwa orang Indonesia keturunan Tionghoa sudah ikut berjuang melawan penjajah Belanda sejak sebelum lahirnya NKRI.

    Selamat berjuang!Kami mendoakan!

    Salam persaudaraan,

    F.X. Indrapradja
    (lulusan SMA Kanisius [1962], sekolah yang sama seperti Foke; tapi pro pemimpin-pemimpin yang jujur dan bersih serta merakyat dengan tulus, seperti anda dan Jokowi.

  112. Nggak perlu pakai SARA, si DKI banyak ragamnya.. pakai saja akal sehat yang logis he3x..

    Intinya Jangan Pilih yang sudah kelihatan gagal, jangankan programnya wong wakilnya saja sudah dianaktirikan sehingga gagal jalan bersama sampai akhir wkwkkwkwk… Pilih yang ucapannya sopan baik dengan pers dan rakyat.

    Hidup pembaharuan… semoga yang baru lebih menjanjikan, dan nggak ada salahnya mencoba yang baru untuk kebaikan bersama daripada kita tidak mencoba sama sekali he3x…

    Mari kita coblos pembaharuan … jangan GOLPUT ya …

  113. Akhirnya, terbukti kalau warga tionghoa mau bersatu dan melepaskan ego pribadinya bisa mencapai apa yg diidam-idamkan mayoritas warga Jakarta atas pemimpin baru yg lebih bersih, jujur, dan dekat dgn segala jenis warga Jakarta dgn berbagai SARA, bukan cuma dimulut saja dan malah tetap memelihara diskriminasi SARA pada prakteknya melalui antek-2-nya diberbagai level pemerintahan, termasuk RT utk level yg terendah.

    Untung warga tionghoa di KG dan Pluit gak liburan lagi ya… 😀 kalo gak bisa sulit menang JB ini, terutama di wilayah JakUt…
    Senang juga, biar kecil berbagai usaha kami utk menyadarkan agar warga tionghoa tidak golput lagi di putaran kedua ini akhirnya berhasil. Thanks to you all, bro/sis!

    Terima kasih juga kepada warga JakUt lainnya yg telah tetap konsisten memilih JB shg bisa membuat pasangan JB ini menang telak di JakUt, tanpa kalian perolehan suara JB sulit bisa mencuat jauh gitu lho dibanding putaran I… 🙂
    Ini bukti kalau pri dan non-pri bekerja sama bisa membuat keajaiban, jadi gak perlu pake cara-2 diskriminatif lagi dalam bersosialisasi di masyarakat dan berurusan dgn pemerintah, apalagi kalau pemerintahnya malah tetap meng-endorse cara diskriminatif spt itu, meski katanya gak ada diskriminasi lagi – tapi nyatanya ‘kan selalu lain – bicara beda dgn tindakan nyata, bos. Semoga kita tidak ketemu lagi hal-2 yg konyol spt ini lagi di jaman Jokowi-basuki berkuasa nanti…

    Jadi, terbukti sudah warga tionghoa gak minoritas banget di Jakarta lho… alias patut diperhitungkan suaranya, bener gak pak Foke…? Jangan nyesel sudah mendiskreditkan suku/kaum kami selama ini, salah sendiri, ane bilang juga ape, kejeblos sendiri dah… Ridwan Saidi aje paham soal ginian, jadi ati-ati banget kalo bacod soal SARA/Non-Pri..

    Akhir kata, terbukti bukan SARA yg membuat usaha ini berhasil, tapi bersatunya keinginan warga agar Jakarta mendapat pemimpin yg sesuai keinginan bersama warga Jakarta.

    Ini adalah kemenangan bersama seluruh warga Jakarta yg cerdas !!! Primordial? Ke laut aje!

    Hidup Jokowi dan Basuki/Ahok !!!
    Welcome to Jakarta’s ultimate throne!
    Tugas berat sedang menanti kalian nanti…

  114. Selamat sudah terpilih jadi Gubernur dan Wakil Gubernur, pak Jokowi dan koh Basuki !!!

    Singkat saja, semoga setelah anda berdua terpilih, masalah kami dan pada umumnya warga yg tinggal di pinggir jalan raya, bisa teratasi saat anda berdua berkuasa.

    Masalah kami adalah soal kebersihan. Kalau di luar negeri terutama di kota-2 besar, layanan kebersihan selalu ditangani oleh pemerintah termasuk itu layanan pengangkutan sampah produk dari rumah tinggal ataupun toko/ruko bisnis, dan TIDAK ADA UANG YG KELUAR SEPESERPUN, ALIAS GRATIS! Karena ongkos kebersihan/buang sampah sudah termasuk dalam uang pajak yg sudah dibayarkan rakyat, apalagi pajak PBB yg dibayarkan warga yg tinggal di pinggir jalan raya jauh lebih besar daripada yg tinggal di gang yg jauh dari jalan raya – kenapa kami masih dimintain uang kebersihan oleh Ketua RT setempat ??? Padahal kami langsung buang sampah ke trotoar yg diperuntukkan utk buang sampah (seharusnya pemerintah membuat box sampah logam spt yg sering kita lihat di film-2 barat, shg warga pinggir jalan bisa buang sampah disitu, bukannya malah menuruh warga buang sampah di trotoar, pake diatur lagi waktu buangnya! cuma boleh setelah jam 18:00 s/d 06:00 krn katanya merusak pemandangan/keindahan jalan). Kami tidak mau lagi diperlakukan spt orang tolol, disuruh bayar iuran kebersihan ga jelas dan diatur-atur jam buangnya lagi! INI JAKARTA, BUNG! KOTA BESAR! Kenapa disamain dgn desa/kampung yg musti punya armada angkutan/layanan kebersihan kampung sendiri shg harus dibiayai oleh iuran RT warga setempat???
    Dulu saya punya tempat sampah sendiri, dibuat dari beton, pake uang sendiri, tapi dihancurkan seenaknya tanpa ijin saya oleh orang Kelurahan dgn alasan mengganggu pemandangan/keindahan, lalu saya tanya buang sampahnya dimana, tapi dia cuma angkat bahu dan pergi (spt biasa, kan merasa raja bukan pelayan warga). Akhirnya saya ikutin warga lain yg tinggal sekitar jalan raya (termasuk yg jauh dari jalan) yg buang sampah di trotoar yg spotnya dipilih acak, sekarang sih jadi tempat ‘resmi’ buang sampah oleh warga sekitar dan oleh truk pengangkut sampah pemerintah yg besar (yg biasanya anda lihat di pasar-2 induk/besar) yg pernah nawarin saya utk memberikan kantong plastik sampah yg sedang saya bawa (jadi saya tahu merekapun biasa angkut sampah di trotoar itu tiap jam 5-6 pagi).

    Kenapa saya harus tetap bayar iuran kebersihan (yg jumlahnya cukup kecil utk ukuran Jakarta) kalau bisa dipotong dari uang pajak yg saya bayarkan yg jumlahnya lumayan besar? Kenapa ini bisa terjadi di Jakarta saat kota besar lain di luar negeri menikmati layanan publik wajib spt kebersihan ini oleh pemerintah tanpa perlu bayar lagi utk itu ke ketua RT setempat? Oh maaf, negara maju ngga pakai sistem RT/RW, jadi ngga ada masalah ‘korupsi uang kebersihan’ ini, semua ditangani langsung pemerintah termasuk keamanan lingkungan. Bahkan kalo dirasa perlu oleh warga tertentu utk menjaga keamanan, mereka cuma bikin semacam ‘Neighborhood Watch’ dan FREE-OF-CHARGE tentunya, namanya juga cuma siskamling! ngga perlu maksa kalo ga mau siskamling bareng, ga perlu ngancem-2, pokoke tanggung sendiri akibatnya, ga akan ngaruh buat urusan surat-2 pengantar kayak disini, freedom to choose.

    Jadi yg saya minta sbg warga Jakarta, khususnya warga yg tinggal di pinggir jalan raya:

    1. Buat tempat sampat khusus, semacam box logam besar yg sering kita lihat di film-2 barat, yg bisa dengan mudahnya diangkat oleh truk pengangkut sampah utk diambil isinya. Taruh di sisi jalan tiap interval tertentu misal tiap 50-100 meter. Kita bukan New York! Sulit cari lorong dibelakang gedung, semuanya dempet abis! Jadi harus ditaruh di sisi jalan raya/trotoar. Ga usah mikirin soal keindahan! Ada-2 aja alasan Kelurahan saya ini, lupa kalo ini kota besar yg sering macet parah dan bising, bukan kampungnya dia yg asri di desa! kalo sampah numpuk di trotoar tanpa tempat/box yg menampung itu semua bukannya lebih parah jadinya? bukannya malah lebih merusak ‘keindahan’ yg konyol itu? Lagian berapa banyak orang/toko yg mau disuruh buang sampah malem-2 dan pagi buta, padahal tokonya dah tutup jam segitu, masa musti begadang lagi buat buang sampah? KONYOL LUAR BIASA BANGET !!!

    2. Uang Kebersihan (Iuran RT utk kebersihan). Karena meski jumlahnya kecil tapi jadinya bikin kesal krn ditagih tiap bulan, apalagi harusnya bisa dicover oleh uang pajak yg sudah kita bayarkan – Tolong, jangan lagi kami ditagih utk sesuatu yg harusnya gratis karena sudah jadi kewajiban pemerintah utk urusan sampah/kebersihan ini.
    SAYA BAYAR PAJAK itu utk URUSAN KEBERSIHAN/SAMPAH dan KEAMANAN saya, itu saja!!! Masa duit 10 juta pajak yg gua bayar ga cukup buat itu semua??? gua ga minta yg lain yg aneh-2 spt beresin macet (relatif, lumrah di kota besar apalagi sekaligus ibukota dan gue juga jarang ngukur jalanan), itu aja dulu beresin!!! Mending sampah gue banyak, tiap bulan cuma 2 kali setor ukuran kantong plastik normal (tiap beli barang di supermarket kan dapet tuh kantong plastiknya, kita bisa manfaatkan jadi kantong plastik), masih kena iuran kebersihan lagi padahal ga ada yg dibersihin sekitar rumah saya yg saya lihat, alias musti bersihin sendiri!

    Jadi, STOP iuran kebersihan a/n iuran RT ini !!! Ini kewajiban pemerintah Jakarta utk mengurus kebersihan warga Jakarta, khususnya warga pinggir jalan raya yg sudah bayar pajak begitu besar, tapi ga ada hasil yg dirasakan warga spt kami ini.

    kalau keamanan sptnya sekarang sudah ditangani Kelurahan langsung, ada yg patroli tiap malam lewat tengah malam. jadi itu sebabnya, tak tertulis ‘keamanan’ di iuran RT yg pernah ditagih ke saya (kan biasanya pasangan tuh iuran kebersihan/keamanan dari RT). So, terima kasih kepada Kelurahan kami utk soal keamanan, shg ga ditagih iuran keamanan lagi (krn emang sudah kewajiban pemerintah utk urusan keamanan dan kebersihan, selain kita juga turut membantu menjaga keamanan+kebersihan properti kita sendiri).

    3. Kelurahan harus pro-aktif jemput bola ke warga atau bisa bypass sistem RT/RW yg konyol ini (banyak ga berfungsi scr efektif utk urusan admin kependudukan/dsb, surat yg harusnya diberikan ke warga malah tak sampai alias warga yg musti nanya/mampir ke RT – bgmana warga bisa tau ada surat dari Kelurahan buat mereka coba kalo gak dikirimin? keburu lewat waktu lah!), shg kalau Ketua RTnya malas/bermasalah dgn warganya, warga tetap dapat layanan dari Kelurahan scr normal dan optimal (buat apa sih surat pengantar RT, kalo itu saja masih bisa dipalsukan oleh RT dgn barter uang? tinggal di Bogor tulisnya di Jakarta – orang US/SG/AU gak perlu tuh minta ‘petunjuk’ dari RT setempat, karena gak punya dan gak perlu! cukup urus langsung ke Kelurahan terdekat, 1 hari beres, gak perlu nuggu 3 hari kayak disini! pake bayar lagi, meski tertulis gratis!)

    Saya koq lebih suka orang-2 RT/RW ini diserap masuk dlm Kelurahan, jadi pegawai resmi pemerintah, digaji jelas, punya jam kerja dan SOP/aturan jelas, shg mudah ditemui dan bisa ditindak kalo bikin masalah dgn warga lagi kayak saat ini (spt: malas distribusi surat dari Kelurahan/KPU, maunya warga yg sowan ke dia kayak warga jajahan mau kasih upeti ke raja, malas bersihin lingkungan padahal warga dah bayar iuran kebersihan, dst). Kemarin saja saya lihat di TV ada warga yg sulit ketemu pak RT, lha itu dimana pelayanan warganya kalo utk ketemu aja sulit???

    Maka saya ingin lihat implementasinya atau bukti nyatanya nanti, katanya pak Jokowi dan Basuki adalah pelayan warga Jakarta (mereka sendiri yg bilang lho!) jadi otomatis semua bawahan mereka alias aparat pemda DKI s/d Kelurahan dan RT/RW adalah PELAYAN WARGA DKI JAKARTA. BTW, koh Ahok, ‘pelayan’ ini termasuk aparat POLDA JAKARTA juga, gag?
    Aneh juga nanti kalo liat polisi di mabes/polres gak lagi bentak-2/sok galak/berwibawa sok gak terima suap waktu kita tanya ttg sesuatu hal, tapi ntar kalo gak ada yg liat minta ‘duit bacod’ alias ‘UUD’. 😀 Gak semuanya kayak gitu lho, terutama yg masih muda (masih bersih/noob/polos), cuma yg merasa tua aja yg begitu, setau saya.. lha abisan abis liat SIM/KTP saya tiba-2 rubah intonasi jadi lebih ramah, aneh kan? emang kalo punya kumis langsung berasa tua/dituakan begitu ya?

    Kita lihat saja nanti bukti nyatanya, karena FOKE jelas GAGAL TOTAL di sektor ini!
    Lha masih mentalnya penguasa semua, bukan pelayan warga! Setidaknya itu yg saya rasakan, baik langsung maupun tak langsung s/d saat ini.

  115. Hahaha… Iuran RT (kebersihan/keamanan) bisa lenyap dari medan Jakarta??
    Ini baru berita baru… secara Jakarta itu wilayah preman gitu lah, spt tetangganya Tangerang yg lebih parah lagi. Yg resmi (aparat pemda) dan bukan (warga biasa) saja gag ada bedanya tuh… hehehe… paling bedanya cuma terang-terangan minta sama ‘bawah tangan’ aja…

    Ya kita lihat saja nanti buktinya, kalo memang serius jadi pelayan warga, gak perlu minta-minta iuran RT dan semacamnya lagi ke warga setempat, toh APBD Jakarta luar bisa besar karena setoran pajak warga Jakarta juga besar, jadi gak salah dong kalau mereka nanya “KEMANA SAJA UANG PAJAK SETORAN KITA YG BEGITU BESAR DIPERGUNAKAN KALAU UTK BAYAR JASA KEBERSIHAN (DAN KEAMANAN) STANDAR/BASIC SAJA MUSTI KELUAR DARI KANTONG KITA SENDIRI LAGI?”.
    Ya, memang wilayah ‘depan/pinggir jalan raya’ (bisnis/ruko/toko) jangan disamain dgn warga perumahan/apartemen yg punya sistem/aturan sendiri yg disepakati warganya sendiri (apalagi yg tinggal jauh dari jalan raya), apalagi utk apartemen mereka punya badan sendiri semacam RT juga (manajemen gedung?) utk urusan pemeliharaan gedung dan bisa di demo setiap saat kalo mulai ngaco/korup, lah aku tak pernah dengar Ketua RT didemo warganya karena soal Iuran Kebersihan/Keamanan di Jakarta ini, semuanya cuma bisa terima nasib.

    Kalau dulu era si kumis: “Mana mungkin lah yao… wibawa preman ane mau dikemanain?”
    Kalau sekarang era si kotak-2: “Kita buktikan, kita BISA jadi pelayan warga!”

    Mari kita tunggu saja bersama implementasi janji Jokowi-n-Basuki ini, bisa hilang tidak ‘iuran RT siluman’ ini dari Jakarta.

    makin sering baca postingan-2 forum ini, makin sok pintar saja aku ini jadinya… hahaha…

    Oh ya, selamat atas terpilihnya anda berdua dan selamat bekerja keras utk bang Jokowi dan Ahok… gak mudah merubah mental aparat pemda 180 derajat jadi pelayan warga lho… soalnya dah biasa jadi raja & bersikap arogan sejak dulu kala, kalo gak salah sejak 2000 tahun SM. Wah, Julius Caesar aja masih belon berkuasa tuh… 😀

    • Betul sekali bang Emerson! Saya aja jadi malu kalo bandingin Jakarta dgn kota besar lain di luar negeri waktu masih belajar di LN dulu, kesannya bahuela banget manajemennya padahal ibukota gitu. APBD Jakarta gede banget tapi utk urus perpanjangan KTP aja masih dimintain duit sama RT dan Kelurahan, belon lagi utk urusan bikin paspor/ganti KK.

      Ini saya quote lagi biar keliatan jelas sama koh ahok dan semua pemirsa, mudah-2-an kita masih punya urat malu dan segera diperbaiki/diimprove dgn sungguh-2:

      “KEMANA SAJA UANG PAJAK SETORAN KITA YG BEGITU BESAR DIPERGUNAKAN KALAU UTK BAYAR JASA KEBERSIHAN (DAN KEAMANAN) STANDAR/BASIC SAJA MUSTI KELUAR DARI KANTONG KITA SENDIRI LAGI?”

      Dan quote tambahannya yg saya baca dari postingan forum yg lain:

      “UNTUK URUS PERPANJANG KTP SAJA, BUKAN BIKIN BARU LHO, MUSTI KELUAR DUIT LAGI, MINTA TERANG2-AN, PADAHAL TERTULIS DI DINDING [Rp. 0] ALIAS GRATIS, UDAH GITU MUSTI NUNGGU 3 HARI BARU SELESAI, KIRAIN SAAT ITU JUGA – GILA!” (Harusnya GRATIS ya kalo musti nunggu 3 hari selesai, tul gak?)

      “E-KTP YG SUPER CANGGIH ITU YG BERBASIS DATA TERPUSAT HARUSNYA GAK PERLU PAKE ACARA PERPANJANG TIAP 5 TAHUN SEGALA KAYAK MODEL KTP DULU YG NYUSAHIN DAN RENTAN KORUPSI, JADI HARUSNYA BERLAKU SEUMUR HIDUP, TOH KALO DATANYA GAK PERNAH BERUBAH KENAPA JUGA MUSTI DIPERPANJANG TERUS, ANEH KAN? KALO MASIH PERLU DIPERPANJANG LAGI BERARTI APARATNYA MASIH INGIN KORUPSI LAGI, DAH JELAS TERLIHAT MOTIFNYA!”

      Tambahan saya:

      “INGAT! APBD JAKARTA SUPER BESAR, HARUSNYA BIAYA-2 UTK URUSAN BASIC SPT INI DI KOTA BESAR APALAGI IBUKOTA – SEMUA BISA TERCOVER OLEH APBD DAN WAJIB LEBIH DIDAHULUKAN DULU DIBANDINGKAN URUSAN LAINNYA. KECUALI JAKARTA MAU DISEBUT CONTOH IBUKOTA MISKIN KRN KORUPSI (kalau rekan saya yg sangat kritis dgn singkat bilang: IBUKOTA CACAD! – KEDENGARANNYA MISKIN TAPI ASLINYA KAGAK)”

      Yang lain boleh silahkan nambahin…

  116. Kalau di game simulasi manajemen kota SimCity yg populer itu (PC game, zone management govermental game) akan terlihat jelas penerimaan dana utk kas gubernur/pemda hanya dari pajak dan setoran layanan transportasi spt toll/ERP, trem/monorail, bus, train/kereta, subway, dst – setidaknya itu yg saya tahu. Selebihnya, semua layanan warga keluar dari kas pemda/gubernur alias gratis utk warga gak perlu bayar lagi krn merupakan KEWAJIBAN gubernur/pemda dalam rangka pelayanan warga atas pajak yg telah mereka bayarkan, ini termasuk sekolah s/d kelas 12 (High School), kesehatan, sampah/kebersihan, keamanan/polisi, pemadam kebakaran, taman-2 kota termasuk arena olahraga basic spt basket/tenis, dst.
    Utk sekolah dan kesehatan bisa kita sesuaikan/semi-gratis sesuai budget kas pemda, tapi utk yg terakhir spt layanan KEBERSIHAN/SAMPAH, KEAMANAN/POLISI, dan PEMADAM KEBAKARAN itu SANGAT WAJIB GRATIS karena merupakan layanan basic/utama/standar utk ukuran kota besar apalagi ibukota spt Jakarta ini. Semua negara maju pasti menggratiskan layanan standar/utama ini, bahkan beberapa negara kelas medium di kota-2 besarnya sudah menstandarisasi aturan gratis utk layanan standar ini agar sama dgn standar negara maju. Masa sih Jakarta yg sekaligus ibukota juga mau kalah dari mereka? Atau kita masih termasuk negara berkembang saat ini? Karena layanan basic spt itu saja musti bayar lagi dari kantong warga sendiri, kesannya kere banget pemdanya gitu, gak malu ya? apa kata dunia? nah tak balikin lagi sindiranne ke DJP/Dirjen-Pajak dan MenKeu.. Ingat, Jakarta adalah barometer dunia atas Indonesia scr keseluruhan, banyak kedutaan besar disini yg memonitor situasi. ya, gak heran mereka tetap mengganggap kita negara kere, lha wong utk urusan kebersihan dan keamanan aja mesti bayar sendiri lagi padahal pajak dah bayar, gede lagi, piye to iki? weleh… isin aku jadi warga Jakarta kalo spt iki kondisine…

  117. Wah, bagus tuh berdua (Jokowi-Basuki) bisa serius bagi-2 beban kerjaan, soalnya emang berat ngurusin kondisi Jakarta yg kacau-balau ini hampir di segala sektor kalau cuma sendirian. Akhirnya gak salah pilih saya milih JB/JoKi, kalau milih Foke-Nara, nanti kasusnya mirip dulu lagi deh, tengah jalan nanti dipecat si Nara macam si Prijanto, lah soalnya dua-2nya eks militer juga, cuma jadi centengnya si Foke doang – kapan selesainya masalah Jakarta nanti kalo gitu lagi kejadiannya.

    BTW, koh Ahok, kalo ada kerjaan level manajerial/kontrol yg lowong boleh dong bagi-2 tugas ke saya, pengen ngerasain juga kerja di sektor pemda, sekalian pengen tau apakah saya yg anti-korup bisa ketularan virus korup juga di lingkungan pemda – itung-2 experimen idealisme lah, toh bisa dipecat kan kalo saya kena virus korup nanti – gak masalah dong. Saya gak butuh yg aneh-aneh tunjangannya, cukup buat bayar tagihan/pajak/sewa rumah, makan dan transpor saja dah cukup koq, yg penting jangan dibatasi umur max 27 tahun ya kayak management trainee :D.

    Pokoknya gak usah khawatir soal transpor deh kalo takut telat dateng kerja, saya bisa naik MasWay (BusWay buat Cowok) atau MbaWay (Busway buat Cewek) dgn resiko ditendang keluar lagi 😀 [“Yg Merasa Batangan, KELUAR!” kata mba kondekturnya.]
    Banyak koq berseliweran disini dan dekat rumah saya jalurnya, tinggal jalan kaki sekitar 70 meteran lah.

  118. Ini mungkin jawaban yg mendekati atas pertanyaan bung arif dan pernyataan billy diatas sebelumnya.
    .

    ketua rt ane betawi, sama arogannya dgn gubernurnya, mungkin karena efek satu suku ya, ngikutin gaya otoriter pimpinannya tanpa perlu disuruh.
    .
    begitu diperkirakan bakal kalah di putaran kedua oleh banyak survey krn masalah isu SARA, ketua RT ane berbalik 180 derajat jadi lebih ‘sopan’ dan ‘sok baik’ waktu ketemu di tps.
    .
    aneh tapi nyata…
    .
    mungkin mereka (pimpinan dan bawahannya) lupa Jakarta bukan milik betawi saja, tapi daerah melting pot raksasa apalagi juga merupakan ibukota Indonesia.

    Ini pelajaran buat guberner wilayah lainnya supaya saling menghormati dan tidak bersikap arogan hanya karena mereka putra/putri daerah yg sedang berkuasa.
    .
    btw, ane tionghoa, entah kenapa suka banget dgn urusan politik/birokrasi meski lulusan teknik.. dan saya gak debil soal TUN atau birokrasi shg gak perlu dibentak-2 kalo nanya sesuatu sama penguasa (termasuk aparat polisi/militer) seolah-olah kita itu budek dan tolol gak ngerti urusan birokrasi pemerintah/aparat atau wajib dihina dan direndahkan spt itu hanya karena kita tionghoa, sipit, dan berkulit kuning…
    .
    pelajaran yg mahal utk kalian berdua, bukan begitu bang foke dan nara? utk aroganers yang lain, mau ikutan terjerumus spt mereka?
    .
    oh ya, nasionalisme kami tergantung seberapa besar acceptance dan perlakuan kalian yg mengaku ‘pribumi’ thd kami yg dianggap ‘asing’ (tionghoa), dan dimana-mana hukum itu yg berlaku… gak percaya? silakan lihat yg terjadi di bumi papua. Kenapa musti ada pemberontakan kalau mereka memang diperlakukan setara dgn warga Indonesia lainnya?

    .
    Banyak dari kaum yg merasa ‘pribumi’ yg kurang berpikir panjang (kurang pandai) cuma mengikuti kelakuan zalim sang penguasa yg juga merasa paling ‘pribumi’, spt virus yg merusak pola pikir banyak kaum pribumi yg prinsipnya cuma asal ikut arus saja biar aman, biar ga diculik tak kembali lagi, dst, mereka lupa program politisasi banyak bermain dlm pemrograman pola pikir warga pribumi demi kepentingan kelanggengan kekuasaan sang penguasa yg merasa ‘pribumi’ itu, pernah dengar kan frasa “politik itu kotor!”? inilah sebabnya.
    Ketika sang politisi kotor bermain di wilayah yg warganya sebagian besar sudah pintar dan sekuler, dan tetap menggunakan strategi pembodohan spt isu SARA yg dilakukan Foke-Nara, maka bisa anda lihat sendiri peta demografi warga Jakarta itu spt apa dari hasil final peraihan suara kedua pasangan kandidat Gub-WaGub Jakarta yg baru saja selesai hasil QuickCount-nya.
    Dari TV dan survey-2 pun kita bisa lihat siapa, tingkat pendidikan, dan usia rata-2 pendukung kedua pihak yg bersaing tsb.
    Yang jelas, kaum muda (pri dan non-pri, kalau mau dijabarkan/disegmentasi) yang smart tak mudah disetir oleh pola pikir yg merusak oleh politisi busuk dan kotor dan ingin perubahan nyata tanpa diskriminasi lagi di Jakarta jadi pendukung Jokowi-AHok. Mereka juga adalah pengakses internet yg setia kalau tidak mau disebut keranjingan berat :), jadi ga perlu lagi diragukan ‘kepintarannya’ krn dgn mudah setiap saat kapan saja bisa cari perbandingan info di internet kalo ada info yg meragukan, daripada cuma dengar dari satu sumber saja, yaitu dari mulut sang politisi saja.
    .
    Jadi saya harap kita yg ‘pintar’ ini tidak lagi mengajari anak-anak/generasi muda kita dgn cara sama busuknya spt politisi/penguasa yg busuk/kotor itu, cukup berhenti pada generasi tua saja yg dulu kurang mendapat info yg benar dan cukup (internet dulu ‘kan gak ada/mahal banget, jadi cuma bisa denger bacod si politisi busuk tanpa bisa membandingkan info lagi, apakah benar/tidak infonya), apalagi kebanyakan juga cuma cari aman saja setelah terus-menerus diancam/diopresi penguasa/politisi busuk tsb dan antek-2-nya (termasuk agen-2 mereka yg menyamar sbg warga biasa yg terus menghembuskan isu SARA, loe kira ane kagak tau ape?). Mungkin hal ini juga menjawab kenapa masih ada orang tionghoa memilih si foke spt yg saya lihat di TV, ternyata sudah tua usianya spt yg sudah saya duga, ga heran, cari aman ya koh?
    .
    Sekian ‘essay pendek’ saya kali ini dan terima kasih atas dukungan yg diberikan kepada Ahok yg non-pri oleh pribumi yg smart/cerdas (bukan karena ada pak Jokowi saja kan? :)). Memang lebih baik beri kesempatan utk membuktikan bahwa tionghoa/non-pri juga mampu memimpin meski cuma jadi wakil, daripada cuma menolak dan menilai tadak mampu sebelum diberikan kesempatan utk bekerja/membuktikan, apalagi jika penolakan hanya karena alasan SARA yg menjijikkan itu. New York City tak akan
    terkenal di seantero dunia sbg lokasi favorit para imigran kalau isu SARA jadi jualan politik, krn sejak dulu sudah jadi melting pot para imigran dari hampir seluruh dunia. “Bloomberg (Gubernur NYC) yg Yahudi koq kasih tempat buat Mesjid di Ground Zero? so what gitu loh?! Ini bentuk implementasi real soal kesetaraan/kesempatan yg sama dlm memiliki kepercayaan/agama di NYC, USA, bukan cuma asap wacana spt di Indonesia yg cukup memalukan di dunia itu – terkesan negara/pemerintah kalah pamor/kuasa sama maunya ormas-2 ekstrim, gitu loh (kesannya malah sengaja dipiara negara, sudah brutal tindakannya melebihi polisi dan terjadi berkali-2 koq gak langsung ‘disegel’ ya? aneh). Apakah lalu kita bisa say good bye to Bhinneka Tunggal Ika yg diagung-agungkan itu? Not yet! Kita masih belajar utk paham tentang ide pluralisme yg diinginkan founding fathers kita – Gus Dur sudah dgn tegas dan jelas memulai kampanye ini lagi, tinggal kita yg muda dan smart yg harus meneruskan cita-2 mulia bangsa ini – bukan mereka yg (tua) busuk yg masih bercokol/berkuasa diatas kepala kita… takut dilengserkan.. takut kere, gak bisa korup lagi… gak bisa jalan-2/pelesiran lagi pake duit rakyat, dst… Ke laut aja deh sono!”
    .
    Kalau TV-TV pada nanya kenapa foke kalah, ya ini sebabnya… ‘kan udah pada tau sebabnya kenapa.. koq masih pada nanya? 🙂
    .
    Mari kita mulai bekerja bersama-sama tanpa memandang soal SARA lagi mulai saat ini, bersama dgn ide “Jakarta Baru” yg diusung pasangan JB/Jokowi-Basuki ini dan semoga bisa jadi “Indonesia Baru” juga nanti, semoga!
    .
    oh ya, selamat bekerja keras buat pak Jokowi dan Basuki/Ahok… kami akan tetap mendukung dan mengawasi kinerja anda berdua ke depan nanti…
    “Cya L8er!”

    • Iya, bener juga, pak.
      jadi inget waktu cari kerja taon 1998 bulan Mei kira-2 sebelum kerusuhan Mei terjadi.

      waktu itu saya sedang cari lokasi perusahaan yg buka lowongan di sebuah gedung mentereng di Thamrin, lupa namanya. lalu lagi sedang bingung mencari, ketemu pegawai berseragam (petugas kebersihan sptnya, tapi ga yakin juga) yg sedang berjalan menuju ke arah saya, lalu saya coba tanya kepadanya alamat/lokasi perusahaan yg sedang saya cari. orangnya sih cukup ramah, dan ketika ia hendak menjawab pertanyaan saya, tiba-2 muncul temannya dari belakang (kita sedang ada di lorong menuju lobby kecil) sekitar 5-10 meter jauhnya dan berseru: “Eh, ngapain lu bantuin Cina! Usir aja pergi!” Orang ‘ramah’ yg sedang saya tanya mengurungkan niatnya dan beringsut pergi ke arah temannya dan sebelumnya berbisik cepat ke saya: “Maaf, saya tak bisa bantu”. Saya cuma terbengong heran, ada apa ini, karena intensitas kebencian thd tionghoa begitu terasa terang-2-an dari seruan itu (dan setelah kerusuhan terjadi baru tahu saya alasannya). Ini terjadi di daerah Thamrin yang notabene banyak perusahaan multinasional asing yg beroperasi disini. Apakah mereka tidak mendidik pegawainya agar lebih santun dan tidak menyinggung soal SARA berhub. yg tinggal disitu kebanyakan elit kelas dunia dan multiras?

      Oh bukan, spt yg anda bilang, ini kerjaan busuk agen-2 pemerintah yg pimpinannya busuk yg telah dilakukan sejak lama dan ditingkatkan intensitasnya khusus utk order Kerusuhan Mei 1998. Entah ini kerjaan CIA+orang dalam atau pemerintah kita sendiri saya ga tau. yang bisa saya petik dari kejadian tsb, bahwa pada dasarnya, warga Jakarta biasa sebenarnya ga problem banget dgn isu SARA, tapi satu saja bikin isu SARA, ya bisa dgn mudahnya menyebar spt virus flu terutama di kalangan yg kurang berpendidikan yg ogah cari kebenaran sesungguhnya, alias terima gosip apa adanya dan males cari info yg benar krn begitu meyakinkan cara penyampaiannya, jadi sudah pasti benar lah, mungkin begitu pemikiran mereka yg sudah terpengaruh isu busuk tsb.
      Nah, politik busuk kan memang termasuk mengeksploitasi isu SARA yg mudah berkobar di Indonesia, tentu saja dimanfaatkan politisi busuk buat tujuan mereka sendiri, toh warga tionghoa sudah sering dikorbankan sejak dulu jaman Belanda berkuasa, so kenapa tidak utk operasi “kerusuhan 1998”.

      Saya kadang heran dgn kehebatan agen-2 dan politisi busuk ini utk menyulut kemarahan warga pribumi, karena dgn mudahnya melemparkan kesalahan yg mereka perbuat sendiri kepada warga tionghoa tanpa disadari warga pribumi biasa yg sedang dikompori – ‘celotehan’ mereka tentang jeleknya orang tionghoa (eksklusif, tidak mau bergaul, dst) masih bisa didengar/dilihat sampai saat ini, bahkan di forum ini juga. Saya hanya tertawa melihatnya, karena apa yg dicelotehkan tsb juga dilakukan warga pribumi juga terutama yg kaya (emangnya mereka mau ikut kerja bakti juga? biasanya malah nyuruh pembantunya tuh spt yg saya lihat sendiri, bahkan yg ngaku ‘kere’ aja punya pembantu – luar biasa! So, sama aja bagi saya mau itu tionghoa kek atau pribumi kek, ga beda!) dan aparat/pejabatnya yg korup itu (apakah anda mau bilang aparat/pejabat pribumi kita yg aslinya korup yg berseliweran dgn mobil mewah, pelesiran ke luar negeri dgn merampok duit rakyat, dan ngeles dosa dgn memasang gambar segelintir pengusaha tionghoa yg kroni/piaraan mereka sbg koruptor dari duit yg mereka rampok – bukan seorang jahanam yg busuk luar biasa? yang mana yg koruptor sebenarnya? setau saya yg koruptor itu pastinya pejabat/aparat alias biang maling, kalo kroni pengusaha-nya ya antek koruptor alias antek maling, dimana-mana juga begitu sebutannya – kalau ngga ada pengusaha (yg jadi korban) mana bisa korup si pejabat/aparat korup beraksi sbg alasan berbuat korup? jelas bagi-2 keuntungan, lah! You dapet ini, I dapet ini bagiannya – lalu kenapa yg jadi korban/ditangkap/diburu cuma antek/anak-buahnya saja? mana biangnya, koq bebas aja jalan-2? Untung aja KPK cukup responsif atas keinginan kami dgn memburu dan menangkap keduanya).

      Luar biasa, gara-2 segelintir oknum tionghoa egois yg jadi piaraan/antek koruptor, semua warga tionghoa jadi korbannya! Pake acara bakar orang lagi! Ngga cukup cuma dijarah hartanya! Kita takkan lupa kejadian yg memilukan di bulan Mei 1998 itu sampai kapanpun!
      Luar biasa! Tiba-2 lupa jasa kami buat negeri ini sejak dulu kala, hanya karena perbuatan segelintir oknum ini.
      WOW!
      Luar biasa rakyat Indonesia ini!
      Setan SARA jahat ternyata ada dimana-mana!

  119. Baru masalah Ahok aja juga sdh pada ribut.
    Ada yang abiz abizan mbela……….
    Eh..Ada juga ternyata yang nentang…….
    Ya inilah kebebasan perpendapat.
    Tpi stay cool dah.
    Kita liat aja perjuangan Koh Ahok bersama Pak Joko Wi.
    Gak nyaman berantem,……biarin Dany berpikir bgitu,,,, lakan cara ikirnya kan sampai segitu masak harus dipaksain
    Ya gax cint ?????????????

  120. Jika seluruh tokoh politik,,pejabat seperti Bpk AHOk mempunyai Motto dan cara pemikiran,,kejujuran,bersih,anti korup,membela rakyat yg butuh keadilan,intelligent,mendengar dan mendekati rakyat yg membutuhinya,kerajinannya,saya yakin 100% bahwa Negara Indonesia adalah negara yg termasuk negara yg sangat populer,sebenarnya Indonesia adalah negara yg kaya akan alam,perikanan,pertambangan,cuma koruptornya tdk bisa diberantas,makanya yg kaya makin kaya,,dan rakyat yg miskin tetap miskin spt petani kerja keras&sgt miskin juga tiada lowongan kerja,,jadi timbul byk criminal,krn mereka juga butuh nafkah utk hidup.Saya harap kalo koruptornya bisa diberantas,kita mempunyai kesempatan merubah negara Indonesia yg makmur dan otomatis merubah nasibnya org miskin..Mudah-mudahan bpk a Hok definitif sbg wakil Gubernur dan suatu hari bisa menjadi Bpk Presiden Indonesia..May God Bless you and protec you,Jgn mundur,nasib masyarakat terletak ditangan Tuhan dan anda.Yg murni tetap murni,koruptor tdk akan sehat dgn hasil korupnya..

  121. Maju terus… lae ahok saya dukung abis-abisan… saya salut…
    Saya sudah banyak baca artikel video dan lain-lain. Saya dukung tiap langkah nya… terus di jalur keadilan… menurut saya anda tipecal smart dan jujur tetap pertahankan… reputasi nya dan ayo buktikan…

  122. I do not care who is the leader, the important thing is he can be an example and role model for the younger generation., krtsten up to him, catholic, muslim, tioghoa, Buddhist. This is a huge problem that we often face a lot of dubious people just because religious backgrounds in anut.kalau this kind of thinking continues to grow, Indonesia will be very difficult to grow .. i just hope for the best to lead the people. although I’m not a citizen of Jakarta, but let’s hope for the best with., and can be an example for the province the other provinces especially where I live WEST KALIMANTAN

  123. Gw setuju sama konsep Bp Jokowi & Basuki, untuk itu diperlukan sebuah system yang transparansi dan secure.

    Untuk menghindari system administrasi di kelurahan yang gak jelas,bisa gk semua biaya administrasi mengenai kependukukan di blast ke web, sehingga masyarakat bisa mengantisipasi biaya yang akan dikeluarkan jika ingin berurusan dengan rt/rw/kel/kec.

    caymailer.co.cc

  124. saya sangat terkesan atas video live atas kunjungan inspeksi ke balaikota DKI jakarta. dengan bahasa yg ramah,simple dan mudah dicerna oleh telinga yg mendengarnya. saya sangat berbangga hati dan beruntunglah pemda DKI Jakarta memiliki figur yang terpilih pd saat ini. dan mudah2han akan menjadi cikal bakal perubahan menuju yg lebih baik dari yg baik pd saat ini.dan saya rasa..saya teringat pesan salah satu presiden Amrik yaitu : “jgn kau tanyakan apa yg akan kamu berikan buat bangsa dn negaramu…,TAPI janganlah engkau menanyakan apa yg akan negara dan bangsa mu berikan kepada mu..!!!”. selamat berkarya,bekerja dan semangat demi mewujudkan Indonesia yg terbaik dimasa yg akan datang. dan 1 pesan saya : Indonesia akan menjadi baik, HANYA dimulai dari org-org yg baik dan TERBAIK pada saat ini.”( [email protected]).

  125. Gimana kalo Mas Jokowi & Mas Ahok di GILIR ke setiap PROPINSI, biar seluruh warga negara indonesia mendapatkan :

    *SEKOLAH GRATIS

    *PENGOBATAN GRATIS

    Yang setuju tolong di share ke teman-teman yang lain…

    • PSK kale ‘digilir’… 😀

      Pijat = GRATIS
      ‘After-Pijat’ service = GRATIS

      Pijat++ gretongan/GRATIS di setiap PROPINSI ??
      Abah mah benar2 Se-tu-juuuu..!!! 🙂

      • Pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang..
        sebenarnya walaupun beda suku dan beda agama tetapi bila saling kenal satu sama lain, kita warga negara indonesia yang berbeda-beda suku dan agama tidak akan mudah terpecahkan..
        saya yakin semua agama pasti mengajarkan hal yang baik kepada umatnya..
        bila seseorang yang bergama apapun dan melakukan kejahatan, yang bersalah bukan agamanya, yang bersalah adalah orang itu sendiri..
        jadi agama tidak bisa diperbandingkan mana yang benar, mana yang jelek..
        Semua agama itu SAMA.
        SAMA = Mengajar kita untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta..
        utk jokowi & ahok, semoga sukses membangun negeri..
        thanks

        • Ferius nih ente? ga salah tempat bahasin soal agama ke ane? 😀
          perasaan ane ga bacod soal agame, apa hub-nya dgn pijat++ yg ane ‘bahas’ brow?
          .
          btw klo ente mo bahas ini juga, ane ga beragama tapi bukan berarti atheis (ini kesalahan dasar cap orang pd umumnya, klo ga beragama = atheis, seolah2 semua orang beragama atau atheis, tidak ada wilayah abu2 lagi diantaranya) – coba baca lagi dgn baik definisi agama dan atheis brow, lalu pikirkan kenapa kaum beragama harus ‘menyingkirkan’ kaum yg tak beragama dgn mempreteli sedikit demi sedikit kebudayaan leluhurnya yg sudah dijalani berabad2 lamanya (‘kepercayaan’ tdk sama dgn agama di NKRI ini brow) dgn mencap pemujaan berhala atau apalah, kaum kafir bertuhan banyak, dst – seolah2 merasa yg beragama dan bertuhan esa adalah yg terbaik di dunia dan didukung sang pencipta itu sendiri.
          ooo..yea? lalu kenapa kaum beragama ini senag bertengkar dgn sesamanya sendiri, bahkan dgn aliran sendiri yg ‘sedikit’ berbeda kalau memang pada dasarnya sama? mungkin itu azab dari sang pencipta sendiri bagi ‘kesombongan’ yg diciptakan oleh kaum beragama ini yg menajiskan kepercayaan lain yg berseberangan kepercayaan dgnnya.
          Dan satu hal lagi, menurut pengkaji agama yg pintar, semua agama TIDAK SAMA – silakan cari di internet. Logikanya masuk akal, krn kalau semua agama sama, mending kaum beragama ini melebur saja jadi satu sekte agama saja – maukah kalian?
          Well, kita sudah tau jawabannya langsung dari TKP, brow…
          Begitu anda mengorganisasikan ‘kepercayaan’/agama (alias ‘kepercayaan’ pada Sang Pencipta yg PUNYA dan berDASAR pada KITAB SUCI) maka anda sudah terlibat dgn politik agama/kepercayaan termasuk intrik2nya, mirip nuansanya dgn sistem organisasi pd umumnya – contohnya sistem pengumpulan massa dlm sebuah kelompok dan struktur hirarkis dlm kepemimpinan, sistem pembiayaan organisasi, dan sistem penyebaran pengaruh/aliran kepercayaan ke masyarakat, dst. Ini yg membedakan aliran ‘kepercayaan’ baru (agama) dgn yg lama/kuno (aliran kepercayaan) – ORGANISASI, yg berlandaskan agama/kepercayaan.
          Spt yg sudah pernah saya bilang sblmnya: “Pasal 1 Pancasila bunyinya bertentangan dgn paham BHINNEKA TUNGGAL IKA yg kita anut, krn tidak mengikutsertakan kaum/masyarakat yg tak beragama tapi percaya dgn adanya dan kuasa Sang Pencipta (mono/multi-theis) yg dikategorikan sbg ‘aliran kepercayaan’ di NKRI ini.” Selama tidak diperbaiki/diamandemen agar mengikutsertakan kaum ‘aliran kepercayaan’ ini maka azab dan keributan akan selalu menyertai perjalanan keberagaman kepercayaan pd sang pencipta di negeri ini.
          Mungkin saja ‘Tuhan’ murka dibilang cuma satu jumlahnya, maka ‘dipermainkanlah’ olehNya sekte2 agama tertentu yg percaya akan Tuhan Esa ini.
          “Siapa kamu berani2nya menyebut dan memstikan jumlah diriKu? Aku yg berkuasa bukan kamu! Bukan urusannmu aku ingin satu, dua, tiga, bahkan tak terhingga jumlah keberadaanKu, PAHAM!?”
          Mungkin perlu direnungkan kembali logika dasar yg sederhana ini, tanpa perlu ‘menceramahi’ kami berat2 dgn ajaran agama anda lagi – krn maaf, kami sudah punya dan percaya kpd kberadaan dan kuasa Sang Pencipta sejak dulu kala tanpa perlu diorganisir dgn buku aturan AD/ART yg bernama KITAB SUCI itu. Setidaknya kami tidak kenal dgn namanya istilah ‘perang antar agama’ krn merasa agamanya lebih baik drpd agama saingannya, krn kami memang tidak punya agama dan tidak berniat menyebarkannya ke seluruh dunia dgn ‘penuh semangat’ spt itu (tipikal organisatoris).
          Terima Kasih.
          Oh ya, saya tetap bisa hidup jujur dan ‘lurus’ sama spt orang normal lainnya, meski tanpa ‘agama resmi’, sama spt ketika saya dilahirkan, bersih murni tanpa status terikat dgn ‘pakaian’ agama tertentu.
          (Ketika kita semua dilahirkan, yg keluar bunyinya cuma Oek2 biasa tanpa makna agamis [jangan ngarang2 maksa lagi soal ini ya?] khas bayi merah yg baru dilahirkan, bukan tiba2 ‘menyanyi’ dgn mantra2 suci memuja tuhan yg bait2nya berlafal agama tertentu.)
          “Mari lestarikan budaya bangsa termasuk tradisi2 dan aliran2 kepercayaan yg dianut beberapa suku bangsa kita tanpa perlu meng’kafir’kan mereka, atau bahkan memaksa utk pindah ke agama yg diakui negara hanya agar kolom agama di KTP tidak perlu dikosongkan lagi.”
          Salah sendiri ‘dikuliahin’ balik ane, abis ‘nantangin’ ane soal filsafat agama dan kepercayaan sih… 🙂

          • Tuhan yang Esa bukan yang satu,kalau satu seperti anda tapi kalau esa,pada waktu yang sama dapat hadir ditempat yang berbeda.itu koreksi dari saya,namun demikian saya setuju dengan anda sebelum agama timur tengah masuk bisa saja penduduk pribumi sudah mengenal tuhan yang esa ini ,mungkin saja karena tidak terdifinisi sehingga dianggap aliran kepercayaan.Tentang esa,anda mungkin akan lebih memahami dengan melihat film anak serial litle krisna

          • @trimuljana:
            memang maksud saya spt itu pak, sang pencipta punya kuasa utk bisa berwujud apa saja, bisa ada dimana2 dlm satu saat, dst.
            Masalahnya kan, sering kepercayaan2 pribumi yg sudah lama ada di bumi pertiwi sering dianggap sama agama2 impor ini (yg berbasis Taurat khususnya) yg percaya tuhan esa (maksud mereka jumlahnya satu, tidak boleh ada A/B/C/dst) sebagai penyembah berhala hanya krn mereka menyembah dewa A trus B trus C. Orang ‘bodo’ mana tau soal abstrak dan filsafat theis modern, tapi yg mereka yakini ya menyembah pada yg maha kuasa, hanya caranya saja yg berbeda dgn agama taurat lakukan (mereka pakai sarana patung/obyek suci apapun itu, sedangkan agama taurat memakai sarana yg ditulis di kitab suci mereka utk melakukan cara penyembahan – jadi bagi saya sama saja menyembah pada sang pencipta hanya beda cara saja).
            Kalau anda rajin membaca mass media, saat ini banyak kepercayaan kuno ini lenyap/langka dari masyarakat ‘kuno’ kita, shg yg tinggal budaya tari2an (inipun masih kena sensor agama, luar biasa!) dan rumah2 adat tapi kepercayaan mereka sudah lenyap berganti dgn agama yg ‘diwajibkan’ utk mereka peluk (terutama yg perlu berurusan dgn pemerintah) di negara ini.
            Jadi saya cuma mengungkapkan keprihatihan saya atas punahnya kepercayaan2 kuno warga ASLI bangsa kita, yg sptnya ‘wajib’ digantikan dgn agama2 impor ini hanya krn beda ‘cara nyembah’ saja menurut mereka.
            Ya, kita mnghancurkan sendiri budaya dan adat-istiadat, termasuk kepercayaan kuno yg dianut – jadi ga perlu nyalahin orang/negara laen yg ‘membajak’ budaya bangsa kita krn kita sendiri toh memang tak perduli (siap2 aja budaya Asmat diakui asalnya dari budaya aborigin Aussie nanti krn yg di Indonesia sudah ganti kepercayaan kuno nya dgn agama baru alias ‘invalid Asmat culture’).

            Ya enaknya ga beragama gini, kita bisa bebas diskusi soal sang pencipta tanpa beban, netral tanpa punya preferensi/kecenderungan-memihak thd ‘organisasi’ dimana kita seharusnya ‘wajib’ terikat padanya. Banyak yg gagal ketika coba diskusi soal ‘perbandingan agama’ scr modern (netral) dgn tujuan baik tanpa debat kusir, tapi akhirnya ga bisa netral shg ‘perang agama mana yg lebih baik’ nyaris sering terjadi ujung2nya (bahkan sang host kadang ‘jilat ludah sendiri’ krn ‘terpaksa’ dia harus mempertahankan nama baik agamanya, krn kalau sudah ‘terikat’ akan sulit netral).
            Kalo ga jadinya ‘perang mana-yg-terbaik’ ya paling ‘basa-basi’ aja diskusinya, takut nyinggung soalnya.
            Kesimpulannya, anda musti netral dulu baru bisa bersikap netral, setidaknya akan lebih mudah daripada masih ‘terikat’.

          • @Taz
            terlalu banyak logika lu ngomong brow, perbedaan agama ga ush dibahas bahas, ga akan ada yg menang dan ga akan jg ad yg kalah, karna memang ga bakal ada yg mau kalah. agama lu ya pnya lu, agama gwe ya pnya gwe. blm tentu jg lu taat sma perintah2 di agama lu. basi lu

  126. ternyata pak ahok mempunyai pribadi yang cukup menarik.
    Website ini juga baik sekali saya senang membacanya.
    pasti di kelola oleh tim yang provesional.
    semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua…
    salam,
    himawan
    jogja

  127. Tahun 2012 msh zaman ya SARA.. jgn berpikiran sempit dong..DKI Jakarta butuh figur pemimpin seperti Jokowi dan Ahok.. saya akan slalu mendukung Jokowi dan Ahok.. 🙂 teruslah berjuang Jokowi dan Ahok.!

  128. Udeh lu yg di atas jangan pada banyak bacot. Pake bawa2 filsafat. SAMPE KAPANPUN AGAMA KAGA BAKAL KELAR DIBAHAS PK ILMU FILSAFAT! AGAMA PUNYA TUHAN, MANUSIA YANG SOK BERFILSAFAT OTAKNYE KAGA BAKAL NYAMPE.
    FILSAFAT CUMA NYANYIAN ORANG2 YANG SOK PINTER YANG COBA MENTAFSIRKAN ARTI DARI ASPEK2 HIDUP BERDASARKAN MAUNYE MEREKA. ALIAS SOTOY.

    KALO LU BERAGAMA, JALANIN AJE YANG DIPERINTAH TUHAN LU MASING2 SELAMA LU YAKIN AGAMA LU ITU BENER.

    KALO KGA YAKIN LU COBA BACA2 KITAB/AJARAN AGAMA LAIN. KALO LEBIH BENER JANGAN MALU BUAT NGAKUIN.

    JANGAN MENTANG2 LAHIR DARI KELUARGA ISLAM/KRISTEN ATAU AGAMA LAENNYE TRUS NGANGGAP AGAMA ITU PALING BENER. KALO ADA YANG KAGA SREG ATAU GANJIL COBA TANYA KE AHLI AGAMA ITU, KALO KAGA BISA JAWAB ATAU KAGA NYAMBUNG BERARTI ADA YANG KAGA BERES AMA TUH AGAMA. BERES KAN.

    Jadi nyasar dah bahasannye..
    Gue orang betawi, tadinye kaga rela dipimpin sama Jokowi-Ahok. Tapi makin kemari kayanye kaga ada yang salah sama mereka. Gue dukung dah, asal bener. Soalnye terus terang pilkada puteran 1 & 2 gue kaga nyoblos padahal bini gue nyoblos Jokowi Ahok.

    Tapi asal jangan Ahok punya tujuan laen selaen berpolitik bersih untuk kesejahteraan rakyat, bukan cuma untuk golongannye.

    Ahok sering ngangkat isu SARA, tapi kalo die ntar malah mentingin golongannye (gue nyebut golongannye karena gue yakin 100% orang yg sesuku/seagama sama die milih JokowiAhok)& kaga adil sama orang2 yg di luar golongan die, ntar gue juga bakalan ikut ngeganyang Ahok.

    Ahok, buktiin kalo ente pemimpin yang kaga punya tujuan SARA. kalo ente berhasil buktiin, gue kaga ragu2 buat ngedukung ente kedepannye, selama ente masih dipercaya rakyat. tapi bukan berarti ntar ane bakal milih ente, karena di agama ane kga boleh milih pemimpin yang kaga seiman. jadi sampe kapan juga ane kaga bakal milih ente, tapi kalo ente kelanjur kepilih ya ane dukung dah.
    fair kan?

    • sapa maksud ente ‘yg diatas pada banyak bacot’? ane termasuk?
      Kalo ya, ente juga sotoy klo pake definisi ente sendiri, trus ahli2 agama juga jadi sotoy, yg ngaku2 tau soal tuhan, agama itu asalnya dari tuhan juga sotoy (yakin? cek lagi baik2, search on internet again and deeply – take your time, don’t rush it – then use your logics/brain god have gave you to understand why god must bother to send one of god creations to teach other creations if god can simply plant another ‘revision’ to human brain to change human’s way of life – much faster and easier), dst. Dah koar2 sotoy pake kibor rusak, eh ngaco semua definisinya, belajar dulu apa itu filsafat dan sejarahnya, baru debat lagi ama ane ye…
      BYE!

      • huek.. ada filsuf nih.. daripada kaga ada kerjaan muter2in kata2 mendingan ente ngerjain yg laen dah yg lebih guna..

        ungkapan inggris ente di atas jelas2 ente cuma copy paste omongan orang..
        emang bener poinnye manusia diciptakan untuk saling mengisi, tapi klo konteksnya udeh sotoy2an kaya di atas (adu filosofi yg bukan berasal dri Tuhan itu sendir/kitab/Qu’ran) ya jelas gue bilang SOTOY karena pengutaraan filosofi tersebut berdasarkan referensi dari pemikiran2 manusia juga. emang ada manusia yg maha benar?
        Poinnye maksud gue, kalo ngajarin orang seperlunye aje yg bener2 kita paham, beyond that.. kaga usah ngebacot lah..

        kalo tulisan gue di atas sih simple, kaga bertujuan ngajarin orang, justru ngajak orang kaga usah banyak bacot. kalo dukung ya dukung pake tindakan nyata, kaga usah ngebacot!

        yes. sampe kiamat juga kaga bakal kelar ngomong sama ahli filsafat kaya ente.. hehe..emang ente pernah nemu orang yang ngaku ahli filsafat mau ngalah? hehe.. ntar kalo udeh kiamat baru pada nyadar sepinter2nye lu ngakuin diri lu pinter, otak lu kaga ada ape2nye kalo kebakar di neraka.
        Pemahaman ente sebatas googling, yang menurut gue justru kaga pake otak sendiri alias ngecap filosofi orang.. hehe..
        Kaga perlu gue belajar filsafat. mending belajar agama. debat sama lu? sori kaga ada waktu.. karena gue bilang tadi, ampe mampus kaga bakal kelar.. lu kan ahli filsafat.. huehehehe..

        Goblognye lagi.. definisi gue yg salah yang mane ye? i wasn’t trying to define anything.. hehehe..

        Kalo gue bilang Islam agama yg dateng dari Tuhan itu sejuta persen gue yakin, kecuali kalo yg lu maksud agama2 lain yg bikinan manusia.

        Kayanye ente atheis nih.. soalnye ane liat ngarahnye beda.hehe

        ya sudahlah ..ente kayanye lulusan fakultas filosofi dr universitas ternama.. jadi ane ngalah dah.. kaga bakal menang.. huehehehe

        #padahal tulisan ente juga banyak yg kaga nyambung sm tulisan ane.. 😀

        kl ane sih nulis niatnye cuman iseng doang..

        • huek cuih…
          oh, anak baru toh..
          pantesan asal jeblak aje..
          nilai ane aje sotoy beeng, baca teliti dolo baru bacod, ketauan ga baca semua tapi ati da dongkol dolo.. tipikal anak SMA..

          silakan cari klo emang cuma copas, trus posting disini link referensinya, jangan banyak bacod ente bisanya.

          liat ente bacod sotoy ngajarin orang gitu tapi bilang ga ngajarin, wah so much dusta tuh. apalagi sok yakin agama ente paling bener (nah kan persis yg udah ane bilang, ga akan bisa netral mo boong kaya apapun..).

          Ya emang ga bakal bisa debat, ente cuma modalnya percaya sama yg udah indokrtinasi ente, gue gak bisa maksa.
          Kan bedanya agama dgn filsafat, agama berbasis kepercayaan (ga bisa didebat, kan wajib percaya to?), filsafat berbasis logika (bisa didebat kapan aja) – jadi sampe kapanpun ga bakal klop, palagi yg SOTOY kayak ente, belajar ogah bacod sotoy kemana2.
          Kan udah ane bilang klo belon ngerti soal filsafat ga usah SOTOY – belajar dulu yg bener sejarahnya baru bacod, ane juga ogah debat sama orang yg ga pake logika, sori ye ane juga ga ada waktu sama orang SOTOY merasa PALING BENAR kayak ente. apalgi modalnya cuma agama alias percaya buta sama bacod orang laen – bukannya itu ‘orang merasa lebih tinggi ilmunya drpd sang pencipta’? Sok ngajarin orang laen mana yg paling bener cara nyembahNye.
          Huek.. ada ektrimis-fanatik toh. ga perlu diskusi ato debat ama orang sotoy fanatik kayak ente – ga bakal selese.
          BYE!

          btw, kompie yg ente pake hasil bikinan kaum filsuf jurusan science, jadi jangan dipake ye kalo anti filsuf.. pake aja mulut ente yg gede buwat bacod koar kemane2. oiye.. jangan pake toa juga ye, itu penemuan kaum filsuf jurusan science juga. pengen tau bacod ente ada yg denger kaga modal pita suara aje.
          Eh, itu ID ente ganti aje klo anti inggris.
          pake nyumpe2 cerita punya binilah, kenal cina banyaklah padahal cuman copas dari tetangga aje. yg baca aja dah tau ngaco dodol semua ceritanya ga nyambung, ah namanya juga karangan basi buwat provokasi dah banyak yg pake. langsung aje ente bilang anti-cina sama anti-kristen lah, ga usah ngalor-ngidul gitu biar semua langsung tau monya ente ape, gaje monya ente tau.

          Ga nyangke pasukan nasi bungkus Foke masih aktif sampe sekarang. masih ade sisa kontraknye ye? wkwkwk 😀
          mo iseng doang koq repot2 pake nulis panjang2 provokatif gitu… mo boong koq ketauan mulu.. ketauan yg cuman modal copas ga belajar bener (selain agama ye yg penting? cuman taunya klo ga kaum agama ya kaum atheis doang… cupet amir otak ente.. wkwkwk)..

          Oh ane ingetin lagi: ANE GA BAKAL BALES komen ente lagi, islakan ente mo bacod apa kek, dah jelas ente sape skrg, ga selevel otaknye ama ane sampe kapan pun (bukan kiamat, ente diboongin lagi tuh sama orang sotoy).
          Huek.. cuih!